Bagaimana Menyiapkan Gulai ikan mas yang Menggugah Selera

Dipos pada April 2, 2023

Gulai ikan mas

Hari ini saya akan berbagi resep Gulai ikan mas yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Umumnya Gulai ikan mas yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Gulai ikan mas, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai ikan mas di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Kira-kira porsi penyajian Gulai ikan mas yaitu 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Mommy boleh saja menambahkan variasi Gulai ikan mas bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Walaupun bahan-bahannya cukup sederhana, masakan ini mungkin akan menambah kehangatan dan kenikmatan dirumah. Kalau kamu mau, masakan Gulai ikan mas memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Ponakan suami memberi ikan mas pancingan dengan berat berkisar 2 kilogram. Langsung deh saya eksekusi menjadi gulai ikan mas.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai ikan mas:

  1. 2 kg ikan mas. Bersihkan, cuci bersih, tiriskan
  2. 250 gr kacang panjang. Petik-petik sepanjang 10 cm. Cuci bersih
  3. 2 liter santan dari 1 butir kelapa tua
  4. 2 buah tomat segar, potong 6 setiap 1 buah
  5. 2 batang serai digeprek
  6. 5 cm lengkuas digeprek
  7. 5 lbr daun salam
  8. 3 lbr daun jeruk purut
  9. 10 buah rawit campur merah dan hijau
  10. 2 buah jeruk nipis ambil perasan airnya
  11. secukupnya Garam
  12. 5 buah asam kandis kering
  13. Bumbu yang dihaluskan:
  14. 10 buah cabe merah kriting
  15. 5 buah rawit merah
  16. 9 siung bawang merah
  17. 4 butir bawang putih
  18. 3 cm jahe
  19. 5 cm kunyit tua
  20. 5 butir kemiri

Langkah-langkah untuk membuat Gulai ikan mas

1
İkan mas yang besar boleh dipotong menjadi 4 bagian. Dan yang sedang biarkan utuh. İkan yang sudah dibersihkan, lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Biarkan sekitar 10 menit. Lalu cuci bersih. Tiriskan. Kemudian susun di dalam wajan.
Gulai ikan mas - Step 1
2
Masukkan bumbu halus, serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, dan santan. Pasang api kompor maksimal. Tunggu sampai mendidih sambil diaduk-aduk pelan agar tak pecah santan. Kemudian tambahkan garam sesuai selera. Kalau saya suka agak asin. Karena santan ketemu garam rasanya gurih dan lezat. Jadi, gak perlu pakai vetsin atau bumbu penyedap.
Gulai ikan mas - Step 2
Gulai ikan mas - Step 2
3
Masak terus sampai masa santannya sudah aman (tak pecah santan bila tidak diaduk). Kemudian tambahkan asam kandis, kacang panjang, cabe rawit utuh, dan potongan tomat. Masak hingga santan menyusut dan kental.
Gulai ikan mas - Step 3
Gulai ikan mas - Step 3
4
Setelah matang, matikan api kompor. Tunggu sekitar 30 menitan, barulah gulai ikan mas lezat disantap dengan nasi hangat atau nasi dingin.
Gulai ikan mas - Step 4
Gulai ikan mas - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai  Ikan Nila

Gulai  Ikan Nila

Resep ini aku dapat dari tetangga ku yg berasal dari malang,, Jadi kangen sama dia😁😁

Gulai ikan patin

Gulai ikan patin

Siapa tau gulai ikan ini bs jadi ide utk menu buka puasa nanti sore. Bu ibu, utk santan sy ganti dengan fiber creme, tp bu ibu gak harus gunakan fiber creme tetap gunakan santan saja gak apa2. Untuk asam ny kl ada Pakai asam gelugur tapi saya punyanya asam jawa, jd pakainya asam jawa.

Gulai sapi

Gulai sapi

#cabeku. #kelapaseribumanfaat. Hari2 akhir2 ini selalu hujan. Cocoknya makan masakan yang bersantan supaya tidak hambar. Dingin2 makan yang pedas gurih kental ehmmmm cocok sekali... Supaya serumah bisa makan semua maka Kita masak gulai sapi bukan gulai kambing. Karena kita yang sudah tua2 pantangan makan daging kambing.

Gulai nangka

Gulai nangka

#recookdepok_dian #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok Recook gulai nangkanya mbak Dian. Saya tambahkan telur rebus.

Gulai Nangka Muda Iga Sapi Ala Padang

Gulai Nangka Muda Iga Sapi Ala Padang

Idul Fitri pertama dirumah aja bingung masak apa, sesuai request suami bikin gulai ini. Bisa jadi alternatif nih moms jadi temen ketupat atau lontong dihari lebaran. Ini ala padang ya jadi gak pake gula😊

Gulai daun singkong

Gulai daun singkong

Sy punya persediaan daun singkong frozen. Caranya, daun dipetiki, dicuci, rebus dlm air mendidih yg diberi sedikit garam. Tiriskan daun, masukkan ke air dingin. Peras, potong2, simpan dlm plastik zip, bekukan. Mau masak tinggal ambil dr freezer. Kali ini sy recook dr Desi Putri Indah.

Gulai kambing tanpa Santan

Gulai kambing tanpa Santan

Bismillah.... Cocok banget sama selera semua masakan yg di share mbak @byviszaj terimakasih mbak... Menu2 nya mengingatkan masakan jiddahku Allahuyarhamha... Gule ini rasa rempahnya halusss ramah di lidah semua...Ndak Mahteh jadi yg Ndak begitu suka dengan masakan yg rempahnya "nyolok lidah" masih bisa menikmati gule ini lezat dan segerrr...Masyaa Allah....😍😍😍 #cookpadersjawabali #cookpad_denpasar #cookpadcommunity #cookpadindonnsia #masakitusaya #Bagikaninspirasimu #tidaksekedarmasak #cookingwithhearteatingwithlove

Gulai kepala ikan kakap resep nenek buyut

Gulai kepala ikan kakap resep nenek buyut

Nenek buyut ku selalu sayang aku.. aku satu-satunya cucu cewek saat itu. Beliau selalu mengajari aku masak sejak aq masih duduk di bangku smp. Ini adalah salah satu resep beliau yg jadi favorit ku. Rasanya hampir mirip. Tapi masakan beliau jauuuhh lebih enak dan sedap. Walopun tanpa msg ato penyedap rasa. Masakannya selalu enak. Sayangnya beliau meninggal saat aq SMA. Saat belum semua resep diajarkan padaku. Entahlah.. mungkin resep ini gak 100% sama dengan resep beliau. Tapi aromanya familiar..

6 orang
1jam
Keladi Sereret Gule

Keladi Sereret Gule

Flashback masa kecil dikampung, ini cemilan favourite saya. Sore2 ditemani segelas teh buatan Ibu ..duuhhh sampe ngga bisa ngomong apa2..secara mulutnya penuh keladi 😅😝🤭

Gulai Nangka Selera Rumah

Gulai Nangka Selera Rumah

Jadi org rumah sukaa gulai nangka ala padang versi yg begini . Kl versi santan kuning mereka lbh suka isinya daun singkong atau jantung pisang . Disimpan di cookpad supaya gak lupa resepnya .

6 porsi
60 menit
Gulai ikan THE BEST

Gulai ikan THE BEST

The Best memang gulai ikan ni, anak anak paling suka, cabai rawitnya kasih terakhir setelah setengah porsi udah di angkat untuk anak anak, setengahnya untuk atok 🥘

Gulai daun singkong campur2x sederhana

Gulai daun singkong campur2x sederhana

Mumpung masih ada tahu dan bakso di kulkas, dan jarang makan sayur. Buat gulai daun singkong aja di campur dengan bahan yang ada😊

10 porsi
Gulai Sayur Pakis

Gulai Sayur Pakis

Suka deh makan sayur ini, baik makan bersama nasi dan lauk pauk, atau dimakan dengan lontong atau ketupat juga enak. Untuk cabe rawit nya, bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera pedas. Bisa juga pakai cabe rawit merah 😊

Gulai Ikan Pedas

Gulai Ikan Pedas

Masak apa mam hari ini?? Udah hampir 2 minggu #dirumahAja nih.. biar gak bosen kita utak2ik stok bahan di kulkas yuk. Kali ini mommy wulan mau bikin gulai ikan. To krna stok ikan tinggal lele jadi kita eksekusi ikan lele aja ya mam.. utk gulai ikan ini bisa pakai ikan apa aja yg mommy suka loh. #dirumahaja #gulaiikanpedas #olahanikan #masakannusantara

4 porsi
Gulai ayam tahu telur puyuh

Gulai ayam tahu telur puyuh

Paling suka kuah gulainya. Tapi kalo isinya ayam aja, anak saya yang paling kecil ga mau makan. Akhirnya kasih tahu. Eh doyan 😁