Bagaimana Membuat Gulai Ikan Patin yang Enak

Dipos pada May 6, 2023

Gulai Ikan Patin

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Gulai Ikan Patin yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Gulai Ikan Patin yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Gulai Ikan Patin, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Gulai Ikan Patin bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Gulai Ikan Patin sendiri di rumah. Bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, hidangan ini jika disajikan hanyat akan menambah segar dan nikmat serta memberikan kesehatan. Anda bisa membuat Gulai Ikan Patin memakai 15 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

#Berburucelemekemas #Resolusi2019 #Cookpadindonesia #Bagikaninspirasimu #Masakitusaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Gulai Ikan Patin:

  1. 1 ekor ikan patin
  2. 3 buah terong ungu
  3. 1 ruas lengkuas (di geprek)
  4. 1 batang serai (di geprek)
  5. 1 iris jahe
  6. 700 ml santan
  7. Bumbu halus:
  8. 4 siung bawang merah
  9. 3 siung bawang putih
  10. 7 buah cabe merah
  11. 5 buah cabe rawit
  12. 4 butir kemiri
  13. 1 ruas kunyit
  14. 2 lembar daun jeruk
  15. Secukupnya garam

Langkah-langkah untuk membuat Gulai Ikan Patin

1
Kupas kulit terong ungu selang seling. Belah 2 terong kemudian potong 3. Lalu cuci bersih. Sebenarnya mau pakai terong bulat juga boleh. Pakai terong apa aja tetap enak koq.
Gulai Ikan Patin - Step 1
2
Blender semua bumbu halus. Masukkan, serai, jahe dan lengkuas. Lalu tumis sebentar. Tuang santan, masak sampai mendidih.
Gulai Ikan Patin - Step 2
Gulai Ikan Patin - Step 2
3
Masukkan ikan patin. Aduk-aduk sampai merata. Jika ikan sudah mateng, masukkan terong. Gak usah masak terlalu lama. Karna terongnya cepat lembut. Koreksi rasa.
Gulai Ikan Patin - Step 3
Gulai Ikan Patin - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Gulai Paku / Pakis

Gulai Paku / Pakis

Source: Gulai Paku Mangka - Teh Yanithea Alhamdulillah Akhirnya bisa share resep ini karena baru "nemu" pakis lagi di pasar ๐Ÿ˜€. Padahal recook'nya udah lamaaaa bgt. Kmrn bikin gulai ini utk nemenin maem Pesor. #SatuResepSatuPohon #OneRecipeOneTree #TeamTrees

Gulai Nangka dan Telur

Gulai Nangka dan Telur

Rasanya enak sekali seperti di RM nasi padang.

Gulai Daging Kacang Panjang

Gulai Daging Kacang Panjang

Share resep yang belom sempet ditulis di sini #JustSharing #cookpadcommunity_kalsel

223. Gulai Ayam Creamy

223. Gulai Ayam Creamy

Rabu, 15 Januari 2020. Assalamu'alaikum. Pagi buibu syantik para penggoyang dapurs. Sering banget bolos ikutan godapaders karena magers ya ampun ๐Ÿ™ˆ semoga 2020 lebih semangat lagi berbagi resep masakan. Aamiin. Ikutan godapaders TEMA : Aneka gulai. Nah menu kali ini "Gulai Ayam Creamy" seperti biasa non santan ya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa cookmark & recook ya ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜๐Ÿค— . . #GoDa_GulaiLuNdro #Godapaders #Komunitaspaders #cookpad_paders #cookpadindonesia

4 porsi
Gulai Ayam

Gulai Ayam

Beberapa hari lalu liat acara tv masakan bersantan warna merah kok jadi kepengeeeeeen gitu, kebetulan dapet oleh - oleh daging ayam, cus deh bikin gulai ayam.

Gulai Putih Telur dan Sayur Kol

Gulai Putih Telur dan Sayur Kol

Gulai kesukaan kalau lagi gag mau makan yg pedas2.. #PejuangGoldenApron2 #Minggu1 #GulaiPutih

Gulai ikan tongkol

Gulai ikan tongkol

Saya beli ikan tongkol ah saya bikin gulai saja sama kacang panjang .

Ikan Patin Gulai Kuning

Ikan Patin Gulai Kuning

Ikan Patin Gulai Kuning

5 Porsi
Gulai cumi tanpa santan

Gulai cumi tanpa santan

Sore moms.. kali ini saya masak gulai cumi tanpa santan, rasanya sama enaknya. Yuk dicoba:))

Gulai Udang Sedap

Gulai Udang Sedap

#SatuResepSatuPohon #TeamTrees #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Batam

Gulai cancang atau cincang khas padang

Gulai cancang atau cincang khas padang

#semuatentangibu #SelamatUlangTahunIbu #saturesepsatupohon Masakan ini favorit ibu dan selalu ada saat ulang tahun ibu. Masaknya udah kemarin tapi baru post sekarang ๐Ÿ˜˜๐Ÿ˜˜

5 porsi
Nasi Gulai Gegancang

Nasi Gulai Gegancang

#AntiRibet #sekarraduhin #cookpadcommunity_bengkulu #MasakanKhasBengkulu Untuk resep kali ini yang spesial itu cara memasak nasi, biar nasi lebih pulen dan enak dimakan saya tambahkan agar agar putih, lebih enak lagi jika di tambahkan daun pandan nasi nya akan harum alami, tapi untuk kali ini saya skip karena lgi gak ada daun pandan nya. Nah untuk lauk sekaligus sayurnya biar tidak ribet jadi saya masak seklian yaitu kali ini saya ingin kembali memperkenalkan jenis masakan daerah kami yaitu gulai gegancang. Gulai gegancang ini terbuat dari ikan( biasanya ikan sungai, karena dagingnya teksturnya lebih lembut & manis) & ditambah lagi dengan sayur sayuran. Sayurannya bebas terserah apa saja, seperti labu Siam, kacang panjang, wortel, kisik, terong, jamur dll.bumbunya pun Simple Simple saja. Kenapa di sebut gulai gegancang? Ya.. Itu karena gak ribet..๐Ÿ˜๐Ÿคฃ๐Ÿ˜‚. Gegancang itu artinya menurut bahasa Bengkulu selatan yaitu cepat. Dan namanya gulai gegancang itu bumbunya hanya diiris dan tidak memakai santan. Untuk masyarakat Bengkulu khususnya Bengkulu selatan sebenernya lebih sering memasak gulai dengan menggunakan santan. Mungkin karena didaerah sini banyak menghasilkan buah kelapa.hampir sepanjang pinggir pantai yang di tanam kelapa. Gulai gegancang ini rasanya tetap enak dan segar banget, biasanya nenekku ( kami Kedurang & Padang guci) menyebutnya Nining. Sering masak gegancang kalau ingin pergi ke kebun / sawah pagi banget & bangunnya kesiangan. Jadi solusinya ini.๐Ÿ˜๐Ÿคฉ

4 porsi
Gulai Ayam Khas Batak

Gulai Ayam Khas Batak

Tetiba rindu makanan khas batak, dimana kondisi sekarang sedang di ujung timur Indonesia dan tidak ada yang menjual makanan khas batak. Akhirnya mencoba masak sendiri dan seneng sekali sewaktu suami bilang yummy sambil acungkan dua jempol ๐Ÿ˜.

1 jam
Gulai Cincang

Gulai Cincang

Seandainya emak msh ada Tgl 30 Desember nti tepat emak berusia 71 thn, tp ternyata Allah berkehendak lain, tepat 4 bln sblm hari kelahiran emak dipanggil Yang Maha Kuasa pergi utk selama2nya... ๐Ÿ˜ญ Tidak pernah ada perayaan ulang tahun di keluarga kami, cukup kumpul, doa dan makan bersama ala kadarnya, pernah suatu waktu emak masak gulai cincang, biarpun emak bkn org Padang tp gulai cincang masakan emak ga kalah sm gulai cincang yg di RM Padang, krn apapun yg dimasak emak istimewa buat saya...tapi sayang sy blm sempat catat resepnya ๐Ÿ˜ฅ Yaumul Milad Mak, emak sdh tenang disana di SurgaNya Allah,Insya Allah Aamiin ๐Ÿ’•๐Ÿ˜˜ ยฒโตยนยฒยนโน Source : Novi Ummu Husna #berburucelemekemas #resolusi2019 #SemuaTentangIbu #SelamatUlangTahunIbu #onerecipeonetree #teamtrees #cookpadcommunity_bogor #cookpadindonesia #cookpad_paders #komunitaspaders #gulaicincang #bydapurdien