Langkah Mudah untuk Membuat Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) yang Enak Banget

Dipos pada November 4, 2023

Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal)

Bagaimana membuat Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal), seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) kira-kira 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang diperlukan dalam memasak Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) diperkirakan sekitar 35 menit.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) oleh krasi mommy. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda bisa membuat Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) memakai 25 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

Mulai masak lagi di rumah. Dan ini jd salah satu andalan masakan di rumah. Sangking kangen nya masakan ayam & babi kecap, maka di execusi deh hari ini. (Bisa di ganti daging ayam semua / daging babi semua). Ini masak secukupnya aja, dan Gampang krn tinggal tumis & celup2 aja. Jadi deh. Nyam nyam..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal):

  1. 150 gr daging babi (bs pake yg ada lemaknya. aku pake daging aja
  2. 500 gr daging ayam, potong
  3. 5 bh jamur kancing, potong iris tebal
  4. 2 bh tahu putih, potong2 dadu
  5. 5 siung bawang putih, geprak cincang
  6. 1/2 siung bawang bombay, iris cincang
  7. 7 bh cabe rawit (optional), tdk di potong/boleh di iris miring
  8. 3-4 bh Pekak
  9. 2 ruas jahe, iris korek api (kali ini saya gak pake)
  10. 3-4 sdm kecap manis
  11. 4 sdm / sesuai selera gula pasir
  12. 2 sdm / sesuai selera kaldu jamur
  13. 1/2 sdm / sesuai selera garam
  14. 1/2 sdm / sesuai selera lada
  15. 1 sdm kecap asin hitam (dark soy sauce)
  16. 2 sdm saos tiram
  17. 3 sdm minyak goreng
  18. 500-600 ml air matang
  19. utk rendaman daging:
  20. 1 sdt garam
  21. 1 sdt lada
  22. 1 sdm saos tiram
  23. 1 sdt kecap hitam
  24. 2 siung bawang putih, geprak cincang
  25. secukupnya bawang goreng untuk taburan. (optional saja)

Langkah-langkah untuk membuat Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal)

1
Cuci & Potong2 daging ayam & iris tipis/ tebal daging babi sesuai selera. Campur daging ayam, & daging babi dalam bahan rendaman. Aduk rata. Sisihkan. Masukkan kulkas. +/- 20 menit sampai meresap.
2
Siapkan bawang putih, bombay, cabe rawit, jamur & Tahu.
3
Panaskan minyak goreng
4
Tumis bawang putih, bombay hingga layu & harum. Masukkan cabe rawit / jahe, jamur, tumis sebentar.
5
Masukkan daging ayam & babi. Aduk rata. Tambahkan air matang.
6
Masukkan garam, gula pasir, kaldu jamur, lada, kecap manis, kecap asin hitam, saos tiram & pekak. Aduk rata. Cek rasa. Tutup wajan sekitar +/- 15 menit. / Sampai air berkurang / sesuaikan selera mau berkuah banyak / sedikit. (Masak dgn Api sedang saja). Masukkan tahu putih. Tutup lagi 5 menit.
7
Buka tutup, cek rasa. (Kalo saya lbh ke suka ke arah sedikit manis tapi gurih).
8
Sajikan dengan nasi panas.
9
Sbg tambahan menikmati lauk ini, saya jg buat sambel cabe rawit kecap asin. Bahan : 10 cabe rawit hijau potong2, 3 siung bawang putih, 1 bh jeruk nipis, dan secukupny kecap asin putih. (Light soy sauce).
Ayam & Babi Kecap Manis Gurih (Non Halal) - Step 9
10
Note : bisa jg di tambahkan telur rebus dlm masakan ini. Dan jamur kancing bisa di ganti dengan jamur shitake, rasa lbh enak. (rebus jamur shitake hingga lembut, buang batang jamur, iris tebal).
11
Kalo sudah dingin masih bisa di panaskan lagi. Makin enak krn makin lembut dan berminyak.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi kecap rempah

Babi kecap rempah

Karna tak ingin kehilangan kenangan bersama alm.mama, maka hari ini tuk mengobati rindu dengan mama, maka saya masak masakan non halal yang dulu selalu memasaknya bersama alm.mama, semua bumbu sdh pas sama seperti yang mama ajarkan, hanya ini lebih berani dan lebih menyengat bumbunya. Kepoin yukz siapa tau bisa jadi inspirasi masak bunda. Salam...

6 orang
1,5 jam
Hot Salad (Salade Chaude)

Hot Salad (Salade Chaude)

Chude = Hot in French Step your game up with the ready to go salad ~ Aku nemu resep ini di mbah google waktu iseng” browsing menu salad, well... gaada salah ny d coba kan ? TERNYATAAA !!! Menu ini ccok banget buat aku yg krg suka sayuran mentah πŸ˜‚ yuk d coba

Yakimeshi

Yakimeshi

2 porsi
Pork with Radish

Pork with Radish

bosen lobak di masak sop aja? cobain d lobak ditumis..simple banget masakny..dan pastinya enak..buat temen temen yang muslim daging bisa diganti daging sapi ya....

2 porsi
Lapis babi Manado (non halal)

Lapis babi Manado (non halal)

Kalo di Manado namanya Lapis karena pakai daging lapis babi kali yaa. Ini makanan kesukaan saya dari kecil. Tiap hari raya Natal di rumah oma sering buat ini. Dan ini paling saya cari-cari di antara semuanya. Hanya resep oma saja yg paling kusuka. Pernah makan di acara-acara di kampung, tapi rasanya beda dengan resepnya oma.

Babi kecap pedas manis kampung

Babi kecap pedas manis kampung

Yuk ah, ngolah daging babi dari mertua β™₯️

Resep Babi Kecap (Batak)

Resep Babi Kecap (Batak)

8 porsi
30 menit
Basil Carbonara without creme

Basil Carbonara without creme

Pata carbonara dengan pasta basil? Kenapa tidak? Ternyata rasanya liar biasa! Yuk simak Basil Carbonara ala UtabiπŸ‘©β€πŸ³β€πŸ˜˜~

2 org
15 menit
Pork Lard

Pork Lard

1 jar
Spaghetti Carbonara Express

Spaghetti Carbonara Express

Easy and delicious Italian recipe

4 porsi
30 menit
Babi Kecap

Babi Kecap

rasanya sedikit pedas, manis. Kalau yang tidak begitu suka pedas, cabai bisa di kurangi. Selamat mencoba πŸ‘©β€πŸ³

Babi genyol bumbu bali

Babi genyol bumbu bali

DIJAMIN 100% JOSS..BUMBU BALI BISA DI APLIKASIAN UNTUK MASAKAN APA SAJA

10 porsi
Sup paikut lobak

Sup paikut lobak

Pgn masak kuah tp pgn masak yg simpel... Jadi deh sup paikut lobak😊😊

Babi Kecap

Babi Kecap

Lagi pengen makan daging babi kecap. Kebetulan ponakan msh drmh. Langsung deh cuss masaknya...Makin byk bumbu makin mantaf rasanya..πŸ˜‹πŸ˜€ #PejuangGoldenApron3 #week1

7. Soto babi

7. Soto babi

Kangen masakan mama πŸ₯° Minta dikirimin resep salah baca ternyata ga perlu isi bawang merah. Resep mama simple banget cuman bawang putih & jahe. Tp enaknya ga kalah. Tp di resep ini aku ada tambah beberapa bahan. Untung rasanya gak aneh hehe Selamat mencoba

4 orang
1 jam
Bacon wrapped chicken tenders

Bacon wrapped chicken tenders

Suami minta makan malam pakai bacon, bikin yg simple saja karena sedikit malas malam ini. πŸ˜„ Ini cocoknya dimakan sama mashed potato, tapi karena malas ya makan sama kentang goreng saja. Kilat, beres, enak, kenyang.πŸ˜„