Cara Gampang Membuat Babi Kecap yang Enak Banget

Dipos pada November 17, 2023

Babi Kecap

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Babi Kecap yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Babi Kecap yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Babi Kecap, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Babi Kecap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Kalau mau lebih kreative boleh kok dibuat variasi Babi Kecap bisa kreasi sendiri atau dengan teman-teman di rumah kamu. Meskipun tidak menggunakan bahan premium, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Anda mungkin bisa mengidangkan Babi Kecap memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

#PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Babi Kecap:

  1. 300 gr daging babi, potong sesuai selera
  2. 4 siung bawang putih, haluskan
  3. 6 siung bawang merah, haluskan
  4. 1 buah bombay, cacah
  5. 10 buah cabe rawit, gurat
  6. 2 kuntum bunga lawang
  7. 3 tangkai cengkeh
  8. 5 sdm kecap manis
  9. 2 sdm saus tiram
  10. Kecap asin, agak banyak
  11. Merica, agak banyak
  12. 3 sdm gula pasir

Langkah-langkah untuk membuat Babi Kecap

1
Rebus daging babi, asal mendidih aja, kemudian buang airnya dan bilas. Kemudian tiriskan.
Babi Kecap - Step 1
Babi Kecap - Step 1
Babi Kecap - Step 1
2
Tumis bawang merah, bawang putih dan bombay hingga harum.
Babi Kecap - Step 2
3
Masukkan daging, tumis sebentar. Kemudian tambahkan air secukupnya, asal daging kerendam aja.
Babi Kecap - Step 3
Babi Kecap - Step 3
4
Bumbui dengan kecap manis, kecap asin, saus tiram, merica dan gula pasir. Masukkan juga bunga lawang dan cengkeh, serta cabe rawit.
Babi Kecap - Step 4
Babi Kecap - Step 4
5
Tutup dan masak hingga semua bumbu meresap dan air menyusut.
Babi Kecap - Step 5
Babi Kecap - Step 5
6
Koreksi rasa, taburi irisan bawang daun. Sajikan.
Babi Kecap - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Spaghetti Carbonara

Spaghetti Carbonara

Kemarin ikut cookalong bareng orang-orang Italia dan kita masak bareng via zoom. Sebenernya resep aslinya pakai Guanciale (Pipi babi), nah kita modifikasi pakai Beef Bacon / Beef Belly dan rasanya gak kalah enak!

2 porsi
45 menit
Ubi Bacon MozChedd

Ubi Bacon MozChedd

Makan ubi gaya Barat. Anak anak pasti suka. Daging bacon bisa diganti dgn smoked beef. Mantap πŸ˜€

Paha babi dan tahu tumis kecap buat bumil

Paha babi dan tahu tumis kecap buat bumil

Ini asupan protein buat bumil. Lagi bosan telur rebus.. Hehehe. Tadinya pingin ditumis dengan doubanjiang. Udah kangen sama rasanya. Tapi pas baca baca, eh ada sedikit kandungan alkohol. Kalo seingat aku, klo dimasak, alkohol akan menguap, seharusnya ga apa-apa ya.. Tapi karena ini hamil pertama, ga mau ambil resiko, dan juga udah lapar, maka ga sempat baca-baca lagi ttg alkohol yang dimasak. Akhirnya ditumis kecap deh.. Aku bikin dominan ke asin karena lagi pingin yang gurih.. Pakai paha babi karena pingin tekstur yang agak kenyal kalo dikunyah.. Pedas dan bawang putihnya udah dikurangin, biar cocok sama bumil. Sekali-kali dikasi cabe sedikit bolehlah.. #CookpadCommunityJakarta.

2-3 orang
Tomate Farcie (tomat isi daging)

Tomate Farcie (tomat isi daging)

Di Perancis, tomate farcie adalah makanan sehari-hari. Tomate farcie siap saji mudah ditemukan di setiap supermarket di Perancis, tapi saya lebih suka buat sendiri. Tomat bisa diganti dengan terong ungu yg berbentuk bulat (yg sudah dibuang isi rongga dalamnya) , atau zucchini berbentuk bulat. Makanan ini kaya gizi krn mengandung daging dan sayuran. Cocok utk anak2 dalam masa pertumbuhan.

Babi Kecap (non halal)

Babi Kecap (non halal)

Imlek kali ini benar2 berbeda, gak bisa kumpul2 utk dinner di resto seperti tahun2 lalu. Akhirnya th ini mesti masak sendiri hidangan khas imlek, salah satunya babi kecap ini. Setelah cari2 resep, akhirnya nemu resep otentiknya cicie cantik Giok Lian di youtube. Bumbunya memang cukup komplit, tapi memasaknya sangat mudah, dan rasanya gak kaleng2. Akhirnya bisa juga bikin sendiri babi kecap yg gak kalah dengan yg dijual di chinese resto😊😊 Untuk protein bisa ditambahkan chukiok/titee/kaki babi, paru, usus dll.

6 orang
Broccoli & Bacon Lasagna

Broccoli & Bacon Lasagna

Menu baru abis lebaran ya momies πŸ˜ƒ. Pengen sayur yg ijo2 plus gak terlalu ribet masaknya dan gak banyak bumbu. Akhirnya terciptalah ide lasagna ini moms 😍. Bernutrisi dan tinggi protein, ngenyangin plus endul banget moms. Cocok bwt yg lagi diet dan pengennya gak banyak karbohidrat. #tiketmasukgoldenapron3

4 prorsi
50 menit
SPAGHETTI CARBONARA ala WilzGoz

SPAGHETTI CARBONARA ala WilzGoz

Mau masak bareng bojo yang simple tapi MEWAH dan ENAK. Akhirnya lihat YouTubenya WilzGoz, jadilah masakan ini. Lupa difoto, ini foto hasil dari Instagram Story pake filter πŸ˜‚πŸ˜­.

3-4 porsi
Tun nyuk Hakka/Babi hong πŸ·πŸ–

Tun nyuk Hakka/Babi hong πŸ·πŸ–

Makanan khas daerah suami d singkawang.. wajib Ada d rumah klo Ada acara2 apalagi Pas imlek..Kami sekeluarga kurang suka daging yg berlemak.tpi kalo dimasak ini pasti dihajar 😊😊.. klo anak2ku cuma suka sayurnya..trus klo masak ini bs istirahat masak 2hri..Karena tinggal Panasin aja trus semakin dipanasin makin enak lho..dagingnya makin empuk..puk..puk

Babi Kecap

Babi Kecap

Salah satu resep Ibu di Bali yg selalu ngangenin ❀️

Homemade Nasi Tim Babi Kecap MPASI 1 tahun+

Homemade Nasi Tim Babi Kecap MPASI 1 tahun+

Babi nya bisa diganti ayam ya moms. Jadi ga masalah utk bumbu2 nya tetep sama

1 jam 30 menit
Lawar Babi Khas Bali 🐷

Lawar Babi Khas Bali 🐷

Makanan terrrrr..fav 🐽 Untuk pertama kali buat lawar sama Ayah.. Adik...PamanTokir, Papogit. Karna ini bner bnyak bgt bahanya..πŸ˜‚ Dan butuh tenaga extra... Biasanya dibali pada saat HariRaya Galungan kebiasan kebiasan disetiap kluarga di bali..Ngelawar..lalu kita bagikan ke sodara2 (ngejot) Dulu pernah ikut bantu2 diruma nenek..ketika Alm Uwak masih adaπŸ’› Karna Ayah sama sekali ga pernh mau buat diruma sndiriπŸ˜‚πŸ˜‚ (ini Ngelawar perdana diruma, sekalian membicarakan buat Bale bali)πŸ™ Pas bgt ada event #CpBali_Lawar #CookpadCommunity_Bali

10 orang
Samcan Goreng

Samcan Goreng

3 orang
Babi Cincang Kecap

Babi Cincang Kecap

Mensiasti si sulung yg susah makan daging yaa dengan ara seperti ini πŸ˜‰

Nasi Goreng Serai Happy Call

Nasi Goreng Serai Happy Call

Mingu2 ngga bikin nasi... Lapar melanda... Menu tersimple: nasi goreng. Hasil ubek2 lemari es nemu lombok, maling , lapjong dkk.. sekalian lihat tanaman serai tetangga... Menggoyahkan iman....mari kita eksekusi....

4 porsi
Babi kecap (non halal)

Babi kecap (non halal)

Yummyyyy Dimakan dengan nasi panas πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

Babi lada hitam ala papa kembud

Babi lada hitam ala papa kembud

#berburucelemekemas #resolusi2019 #harigizinasional #week4 #cookpadcommunity_bali Ini resep alm.bapak... Ya tuhan pas masak aja airmataku meleleh..baunya.. aromanya smuanya mengingatkan saya pada kenangan waktu remaja dulu. Dikala kesibukannya bapak menyempatkan diri masak dirumah,bliau sangat bahagia kalau kita bisa kumpul dan makan bersama. Untuk resep babi lada hitam khas bapak..selalu ditambahkan susu untuk meredam sediikit rada pedas mericanya dan memberikan rasa gurih. Perlu 2 hari untuk merampungkan proses penulisan resep ini..krn kecampur emosi ya. Maaf ya cookpad..jd curhat.. Demi cookpad jeg keluar dah sudah resep legendaris papa kembud kesayangan. Astungkara rahayu... #tributetowayanulam

Babi Sambal Kecap Sederhana

Babi Sambal Kecap Sederhana

Tiba-tiba kangen makan daging babi yang dipanggang sama bapak. Berhubung di kontrakan ga bisa manggang, jadinya babi sambal kecap ala-ala emak aja dulu.. Really missing my home..

4 porsi
30 menit
Lobster ala beatus

Lobster ala beatus

Garlic butter lobster ala beatus