Cara Gampang Menyiapkan Tomate Farcie (tomat isi daging) yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada September 27, 2023

Tomate Farcie (tomat isi daging)

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Tomate Farcie (tomat isi daging) yang gampang Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Biasanya Tomate Farcie (tomat isi daging) yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Tomate Farcie (tomat isi daging), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Tomate Farcie (tomat isi daging) ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kalau mau lebih enak boleh kok dikreasikan Tomate Farcie (tomat isi daging) dengan kreasi dan ide kreative kamu sendiri. Dengan bahan-bahan yang simpel, hidangan ini pastinya akan sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga. Mommy bisa menyajikan Tomate Farcie (tomat isi daging) memakai 25 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ya.

Di Perancis, tomate farcie adalah makanan sehari-hari. Tomate farcie siap saji mudah ditemukan di setiap supermarket di Perancis, tapi saya lebih suka buat sendiri. Tomat bisa diganti dengan terong ungu yg berbentuk bulat (yg sudah dibuang isi rongga dalamnya) , atau zucchini berbentuk bulat. Makanan ini kaya gizi krn mengandung daging dan sayuran. Cocok utk anak2 dalam masa pertumbuhan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tomate Farcie (tomat isi daging):

  1. 2 kg tomat apel ukuran besar, pilih yg masih ada tangkainya
  2. secukupnya Garam
  3. Bahan isian daging :
  4. 250 gram daging sapi cincang
  5. 250 gram daging babi cincang (bisa diganti ayam / sapi)
  6. 60 gram keju parmesan parut
  7. 1/4 sdt lada hitam
  8. 1/4 sdt thyme kering
  9. 2 sdm peterseli cincang
  10. 1 sdt garam
  11. 200 gram bawang bombay, cincang halus
  12. 2 siung bawang putih, cincang halus
  13. 2 sdm mentega untuk menumis
  14. Saus:
  15. Isian rongga tomat
  16. 3 buah tomat, cincang
  17. 100 gram bawang bombay, cincang halus
  18. 1 siung bawang putih
  19. 1/4 sdt oregano
  20. 1/4 sdt basil
  21. 1 lembar bay leaf
  22. 200 ml kaldu ayam/sapi
  23. Sedikit garam
  24. 2 kg tomat apel ukuran besar
  25. secukupnya Garam

Langkah-langkah untuk membuat Tomate Farcie (tomat isi daging)

1
Panaskan oven 180 C. Cuci bersih tomat, potong melintang kurang lebih 1 cm dari tangkai tomat. Dengan sendok teh, keluarkan isinya, tampung isi tomat dalam mangkuk dan sisihkan. Taburi rongga dalam tomat dengan garam. Telungkupkan tomat sambil ditiriskan seperti di gambar, selama 30 menit (tujuannya utk mengurangi kandungan air di daging tomat). Jangan buang sisa potongan tomat yg ada tangkainya.
Tomate Farcie (tomat isi daging) - Step 1
2
Isian daging : panaskan mentega dengan api kecil-sedang, tumis bawang bombay, thyme dan bawang putih sampai harum. Matikan api. Campur semua bahan isian dalam mangkuk besar, aduk sampai rata. Isikan daging ke dalam rongga tomat sampai penuh (isian daging berlebih sekitar 1 cm dari permukaan tomat).
Tomate Farcie (tomat isi daging) - Step 2
Tomate Farcie (tomat isi daging) - Step 2
3
Beri "topi" dari potongan bagian atas tomat yg ada tangkainya. Tata dalam loyang, tutup drngan aluminium foil. Panggang selama 50 menit. Setelah itu, buka aluminium foil dan panggang kembali selama 20 menit.
Tomate Farcie (tomat isi daging) - Step 3
4
Saus: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan seluruh bahan saus, kecilkan api, biarkan mendidih selama 20-30 menit, aduk sesekali sampai airnya berkurang dan saus mengental. Cek rasa. Kalau kurang kental, bisa ditambahkan sedikit larutan maizena (saya suka yg masih agak encer sausnya).
5
Tomate farcie siap dihidangkan dengan nasi hangat, saus, dan tumis sayuran.
Tomate Farcie (tomat isi daging) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Babi Kecap dengan Kentang dan Bombay

Babi Kecap dengan Kentang dan Bombay

Lagi pingin makan samcan tapi porsi kecil saja. Bumbunya pakai yang biasa dipakai Papa, aku modif sedikit dengan kapulaga, jinten, jahe, cabe kering, dan bombay biar makin mantap. Rasa kuahnya ada sedikit pedas dari cabe rawit yang aku keringkan sendiri. Ga terlalu pedas sih aku cuma ingin lebih menaikkan rasa saja. Biasanya orang pakai lada saja cukup kok.. Untuk daging kapsim bisa ganti has dalam ya. Dagingnya cukup diiris, ketebalan sesuai selera. Aku kebetulan ada sisa irisan daging untuk tumisan. Jadi itu yang dipakai. Untuk rasa, saya cenderung suka ada manis asin. Jadi silahkan sesuaikan saja ya... Kirimkan foto dan komen kamu buat yang udah coba ya..❤️❤️ #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunity_Jakarta

2-3 porsi
Macaroni schotel lembut gurih

Macaroni schotel lembut gurih

Cuma masak untuk orang dua, bahan yg dipakai pun mini”😅ternyata jadinya banyak juga😅

Ham, Mushroom and Sausage Carbonara

Ham, Mushroom and Sausage Carbonara

Berhubung sedang musim liburan anak-anak, pasti lagu butuh ide menu yang anak-anak sukai ya?? Hehehe Kalau pasta, carbonara biasanya yang paling sering dipesan anak-anak. Rasanya gurih dan creamy. Masaknya juga simple. Saya menggunakan cooking cream tetapi boleh juga diganti dengan susu UHT. Tetapi bagi sahabat, yang gunakan susu UHT. Jangan lupa tambahkan sebutir kuning telur. 1 butir saja kok jadi sama sekali tidak terasa amis. Tujuannya hanya mengentalkan saus nya saja.

Babi kecap telur ayam

Babi kecap telur ayam

Sudah lama sekali tidak masak daging babi, kebetulan kemarin beli jadi bolehlah share resep Kalo buat anak-anak cabe rawit utuhnya skip aja ya.

4 porsi
Real Carbonara Pasta (dapat resep dari orang Italia)

Real Carbonara Pasta (dapat resep dari orang Italia)

Dapat resep ini dari orang Italia. Untuk membuat carbonara otentik itu gampang gampang susah. Gampangnya karena bahannya simple, susahnya karena bahannya itu harus sesuai. Orang Italia ternyata ga mau masak Carbonara pakai pasta lain selain Linguine!😄 ((baru tau)) Well mungkin buat orang Indonesia rasanya terlalu simpel atau kurang medok. Tapi kalau bahan-bahannya berkualitas bagus rasanya dijamin enak! Kalau mau follow resep-resep aslinya, silakan cek Cookpad UK dengan nama penulis Gaia Riva 😊 #Tim_LaperTerus #PejuangGoldenApron3

2 Orang
#30 Bread Machine Pizza

#30 Bread Machine Pizza

Grab and go meals nya anak2 hari Jumat biasanya pizza, tapi ternyata bukan pizza menunya.. Mereka sempet kecewa, dan karena duoJe puasa full, emaknya ga tega, isenglah bikin biar anak2 seneng ye kaaaan.. meski lagi #DiRumahAja, tapi hati kita harus tetep happy.. biar gak makin stres!! Hahahaha.. Resep asli dari allrecipe.com by soxinsc dengan perubahan disana sini sesuai isi pantryku.. #RamadhanPenuhIdeMasakan

2 loyang
Sup tulang lobak

Sup tulang lobak

Hujan2 pengen sesuatu yang hangat dan bergizi Tentu juga simple aja buatnya... Gak usah ribet ketika hari turun hujan..dan akhirnya buka kulkas tersisa tulang babi ,sedikit wortel,dan satu buah lobak.. oh ya... Bisa juga diganti dengan tulang sapi atau ayam ya... Sesuai selera deh..

±30menit
Bola Babi Saus Tomat dan Kecap

Bola Babi Saus Tomat dan Kecap

Sisa daging has dalam babi sedikit aja di kulkas, yauda coba dibuat gini aja. Bingung jg namanya apa. Porsinya segini buat 1x makan jadi lah 😝

Babi lada hitam ala papa kembud

Babi lada hitam ala papa kembud

#berburucelemekemas #resolusi2019 #harigizinasional #week4 #cookpadcommunity_bali Ini resep alm.bapak... Ya tuhan pas masak aja airmataku meleleh..baunya.. aromanya smuanya mengingatkan saya pada kenangan waktu remaja dulu. Dikala kesibukannya bapak menyempatkan diri masak dirumah,bliau sangat bahagia kalau kita bisa kumpul dan makan bersama. Untuk resep babi lada hitam khas bapak..selalu ditambahkan susu untuk meredam sediikit rada pedas mericanya dan memberikan rasa gurih. Perlu 2 hari untuk merampungkan proses penulisan resep ini..krn kecampur emosi ya. Maaf ya cookpad..jd curhat.. Demi cookpad jeg keluar dah sudah resep legendaris papa kembud kesayangan. Astungkara rahayu... #tributetowayanulam

Rebung kecap Daging Babi

Rebung kecap Daging Babi

Kangen masakan mami menjelang imlek selalu ada menu ini, tp namanya beda tangan pasti beda rasa.. lumayan mengobati kerinduan.

Pork Rice Bowl

Pork Rice Bowl

1 porsi
Spagethi saus bolognese

Spagethi saus bolognese

Resep favorit Keluarga :)

Paikut Stim ala dimsum (iga babi steam kukus)

Paikut Stim ala dimsum (iga babi steam kukus)

Inspirasi resep dari dada taste, tp ak ada ubah resep sedikit 😄

Spaghetti Bacon Black Pepper

Spaghetti Bacon Black Pepper

Pasta adalah salah satu makanan Italia yang sangat saya suka, saya mencoba utk membuat resep ini, semoga teman-teman suka dan mencobanya 🖤Chrissy

2 orang
40 menit
Resep Babi Kecap (Batak)

Resep Babi Kecap (Batak)

8 porsi
30 menit
Babi Kecap Resep Kuno

Babi Kecap Resep Kuno

tiba tiba kangen resep babi kecapnya si oma mirip rasanya :)

Ishiyaki Udon / Fried Udon

Ishiyaki Udon / Fried Udon

Suka banget sama fried udon!!! Yuu dicoba yg suka juga.. Simple kok asal disiapkan bahannya dulu ya 😉

4-5 porsi
Spicy beef korean stir fried keto fase konsol

Spicy beef korean stir fried keto fase konsol

Hal terberat dalam diet keto adalah mengalami penurunan nafsu makan dan eneg...pengennya makan yang pedes...

1 porsi
1 jam