Cara Gampang Membuat Classic Japanese Gyoza yang Bikin Ngiler

Dipos pada October 30, 2023

Classic Japanese Gyoza

Hari ini saya akan berbagi resep Classic Japanese Gyoza yang gampang Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya Classic Japanese Gyoza yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Classic Japanese Gyoza, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Classic Japanese Gyoza sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Kira-kira porsi penyajian Classic Japanese Gyoza adalah 9 porsi (36 pcs). Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan sampai lupa ya, perkiraan waktu untuk memasak Classic Japanese Gyoza diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Ga mesti ikut bahan-bahannya, boleh kok ditambah variasinya sesuai selera untuk resep Classic Japanese Gyoza sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda mungkin bisa mengidangkan Classic Japanese Gyoza memakai 23 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut adalah langkah-langkah membuatnya.

each serving: 221 kcal. Gyoza atau Japanese dumplings adalah salah satu hidangan klasik jepang terfavorit saya. Cocok banget makanya dengan ramen. Apalagi setelah saya makan asli nya di jepang... wah jatuh cinta banget. Sayangnya di Indo harganya mahal dan gak sama rasanya dgn yg di jepang (mungkin utk cocokin lidah indo). Makanya setelah byk bereksperimen, inilah resep yang menurut saya paling mirip dgn japanese gyoza yg original. Ketika dimakan panas2 itu kulitnya tipis lembut, gak kering, dan rasa juicy daging yg dipadukan dengan dipping saucenya.. terbaik deh! Mungkin keliatannya susah ngelipat gyozanya diawal, tapi dgn latihan berulang2 pasti akan mahir juga. I'll be with you every step of the way, tinggal tanya kalau bingung. Jangan takut mencoba! Gak masalah klo awalnya masih bentuknya kurang cantik. Selama masih bisa berdiri dan rasanya enak, you're doing great! A delightful way to make homemade gyozas! #gyoza #dumpling #kuotie #masakanjepang #makananjepang #jepang #japan #babi #pork #pangsit #masakanrumah #klasik #appetizer #makanmalam #ramen #dimsum #japanese #benikasdelight

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Classic Japanese Gyoza:

  1. 1 bks (300 gr) Gyoza wrappers
  2. Filling / Isian
  3. 350 gr Babi giling
  4. 140 gr Kol (bagian daun) atau Sawi putih
  5. 2 Daun bawang
  6. 2-3 Jamur champignon
  7. 2 siung Bawang putih
  8. 1 ruas (2.5 cm) Jahe
  9. 2 sdt Kecap asin
  10. 1 sdt Minyak Wijen
  11. 1 sdt Mirin
  12. 1/2 sdt Garam
  13. 1/4 sdt Lada Hitam
  14. 1/4 sdt Merica
  15. Untuk memasak (10 gyoza)
  16. 2 sdm Minyak sayur
  17. 50 ml Air
  18. 1 sdm Minyak Wijen
  19. Dipping Sauce
  20. 1 sdm Mirin
  21. 2 sdm Kecap asin
  22. 1/2 sdt Minyak wijen
  23. 1/2 sdt Chili flakes (atau bon cabe)

Langkah-langkah untuk membuat Classic Japanese Gyoza

1
Siapkan semua bahan filling. Potong halus kol, jamur, daun bawang, dan bawang putih. Parut jahe.
Classic Japanese Gyoza - Step 1
2
Dalam mangkuk besar campur semua bahan filling, kecap2an, lada dan garam. Aduk dengan tangan sampai rata tercampur. Sisihkan dan lebih baik dibiarkan semalam di freezer supaya bumbu meresap.
Classic Japanese Gyoza - Step 2
Classic Japanese Gyoza - Step 2
3
Siapkan di meja kerjamu; sedikit tepung, kulit gyoza, isian/filling, mangkuk kecil dengan air, dan wadah untuk menaruh gyoza. Masukkan filling ke setiap kulit gyoza kurang lebih 1/2 sendok makan dan bentuklah gyoza.
Classic Japanese Gyoza - Step 3
4
Cara melipat gyoza: Berikan tepung ke tangan dan area kerja agar tidak lengket. Taruh kulit di telapak tangan. Masukkan isian. Dengan menggunakan telunjuk, beri lingkaran air ke pinggiran kulit. Lipat kulit menjadi dua. Mulai dari tengah membentuk lipatan ke dalam. Selesai di kanan, mulai dari tengah ke kiri. Pastikan gyoza dapat berdiri sendiri dan tertutup rapat diatasnya. Simpan di wadah dan ulangi sampai kulit habis.
Classic Japanese Gyoza - Step 4
Classic Japanese Gyoza - Step 4
5
Jika mau langsung semua dimasak silahkan. Jika mau disimpan, taruh di nampan yang sudah diberi tepung dan susun gyoza (jangan saling menempel) dan bekukan di freezer sekitar 2 jam. Jika tidak, kulit gyoza akan saling menempel dan akan robek jika ingin dipisahkan. Setelah beku, baru bisa disusun menumpuk di wadah dan simpan di freezer (bisa tahan sebulan).
Classic Japanese Gyoza - Step 5
Classic Japanese Gyoza - Step 5
Classic Japanese Gyoza - Step 5
6
Untuk memasak, siapkan gyoza (beku ataupun pada suhu ruang). Gunakan wajan non-stick dengan tutup dan beri sedikit minyak (1-2 sdm untk 10 gyoza). Masak gyoza di api sedang selama 3-4 menit (6 menit untk gyoza beku) sampai bagian bawah gyoza coklat (golden brown). tips: cek bawah gyoza beberapa kali agar tidak gosong dengan sumpit.
Classic Japanese Gyoza - Step 6
Classic Japanese Gyoza - Step 6
7
Masukkan air 50 ml lalu tutup agar gyoza terkukus dengan uap. Kecilkan api dan biarkan selama 5 menit. Angkat tutup dan biarkan sampai air menguap semua.
Classic Japanese Gyoza - Step 7
Classic Japanese Gyoza - Step 7
Classic Japanese Gyoza - Step 7
8
Tuang perlahan (drizzle) minyak wijen ke semua gyoza dan biarkan kulit bawah gyoza garing selama 2-3 menit lagi. Jangan lupa untuk cek bagian bawah gyoza (jangan sampai gosong). Matikan api, angkat, dan sajikan.
Classic Japanese Gyoza - Step 8
Classic Japanese Gyoza - Step 8
9
Untuk dipping sauce, campur semua bahan di mangkuk kecil. Karena rasa kecap asin beda2, bisa tambahkan garam jika dirasa kurang asin. Chili flakes juga bisa diganti bon cabe.
Classic Japanese Gyoza - Step 9
Classic Japanese Gyoza - Step 9
10
Resep ini akan pas untuk mengisi satu bungkus kulit gyoza (sekitar 36 pcs). Untuk setiap 4 gyoza, terdapat 221 kalori didalamnya. Cocok disajikan bersama ramen atau hidangan jepang lainnya. Sangat disarankan untuk dimakan ketika baru matang dan masih panas! *tabel nutrisi ini hanyalah perkiraan dan akan bervariasi dengan penggunaan bahan yang berbeda
Classic Japanese Gyoza - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

TUMIS BUNCIS Ala Restoran Popeye's

TUMIS BUNCIS Ala Restoran Popeye's

Aku mulai suka menu tumis buncis Restoran Popeye's sejak aku tinggal di Okinawa Jepang. Popeye's adalah restoran cepat saji mirip dengan KFC, dengan menyajikan menu utama ayam goreng dari daerah New Orleans, Lousiana, US. Saat ini, Popeye's sendiri telah membuka beberapa cabang di Jakarta. Menurutku, ayam gorengnya lebih renyah dan bumbunya lebih terasa dibandingkan ayam KFC. Setelah mendengar bahwa sebetulnya menu tumis buncis ini menggunakan ham dan bacon (oh no !), aku putuskan mencari resepnya dan memutuskan mengganti salah satu bahannya dengan beef bacon halal yang bisa dibeli di market asia di Sacramento, California. Kalau kamu tingga di Jakarta, akan mudah mendapatkan beef bacon di supermarket lokal. Pertama kali mencoba membuat sendiri, aku menggunakan terlalu banyak buncis kalengan dan tidak memasaknya terlalu lama, sehingga bumbu tidak meresap dengan baik ke dalam buncis .... benar-benar agak kecewa deh !! Saranku, gunakan saja sedikit buncis segar - sekitar 1/2 kg atau 1 buah buncis kalengan pada saat pertama kali memasak resep ini.

Porsi : 2 porsi
Proses Memasak : 3w5 - 45 Menit
Spinach Bacon Cheese Quiche

Spinach Bacon Cheese Quiche

Mengakali anak tidak mau makan bayam, karena waktu dimakan tidak berasa bayamnya. Cocok untuk sarapan karena sudah lengkap ada telur, sayur, keju, susu. Untuk pie crust nya sudah saya panggang di malam hari sebelum tidur, jadi paginya tinggal siapkan isiannya saja. #Cookpadcommunity_jakarta #PejuangGoldenApron2 #Frenchfood

Spaghetti Aglio Olio Bacon

Spaghetti Aglio Olio Bacon

Lagi lagi ngidamnya pasta.. Mertua juga minta di ajarin bikin aglio olio.. Akhirnya bikin porsi ber2 deh sm mertua #FestivalRamadhanCookpad #FestivalRamadanCookpad #ramadan2020 #CABEKU #Cookpadcommunity_Solo #Cookpadcommunity_Klaten

2-3 Porsi
30 menit
Babi Pedas Kecap (Non MSG)

Babi Pedas Kecap (Non MSG)

Daging babi bisa diganti daging ayam, ikan, sapi atau apapun. Dijamin bikin gagal diet..

2 porsi
15 menit
Korean BBQ (Samgyeopsal)

Korean BBQ (Samgyeopsal)

Happy new year Mom, ini menu tahun baru aku, korbeq pake daging bagian pork belly, aku bikin 3 rasa, masukkin ke selada tambahin ssamjang dan kimchi mantappp sekali. #PejuangGoldenApron3

Babi kecap

Babi kecap

Babi kecap kesukaan orang dirumah dan ini resep andalannya..😊😊😊

Spaghetti bolognese with pork

Spaghetti bolognese with pork

Hi moms. Ini resep pertama saya yang akan saya share di Cookpad. Smoga resep saya bisa diapplikasikan di dapur moms smua ya. Hari ini pengen buat spaghetti di rumah tentunya dengan saus pasta buatan sendiri supaya Lebih sehat. #ResepPertamaku

3portion
Macaroni schotel

Macaroni schotel

Easy recipe for beginners πŸ‘ŒπŸΌ

2-3 porsi
50 mnt
Sweet Sour Pork

Sweet Sour Pork

Masak seperti ini biasanya digoreng tepung crispy dulu dagingnya. Bisa pakai ayam, udang, cumi. Ini versi tidak digoreng biar ngurangin makan gorengan, tapi tetap enak. #PejuangGoldenApron3

3 orang
1 jam
Babi Sambal Kecap Sederhana

Babi Sambal Kecap Sederhana

Tiba-tiba kangen makan daging babi yang dipanggang sama bapak. Berhubung di kontrakan ga bisa manggang, jadinya babi sambal kecap ala-ala emak aja dulu.. Really missing my home..

4 porsi
30 menit
Nasi goreng Maling

Nasi goreng Maling

2 orang
30 menit
Babi Kecap (Pork in Soy Sauce)

Babi Kecap (Pork in Soy Sauce)

Memasaknya tidak sulit dan enak ^^

5 porsi
35 menit
Babi Kecap

Babi Kecap

#PejuangGoldenApron3

Lawar Babi Khas Bali 🐷

Lawar Babi Khas Bali 🐷

Makanan terrrrr..fav 🐽 Untuk pertama kali buat lawar sama Ayah.. Adik...PamanTokir, Papogit. Karna ini bner bnyak bgt bahanya..πŸ˜‚ Dan butuh tenaga extra... Biasanya dibali pada saat HariRaya Galungan kebiasan kebiasan disetiap kluarga di bali..Ngelawar..lalu kita bagikan ke sodara2 (ngejot) Dulu pernah ikut bantu2 diruma nenek..ketika Alm Uwak masih adaπŸ’› Karna Ayah sama sekali ga pernh mau buat diruma sndiriπŸ˜‚πŸ˜‚ (ini Ngelawar perdana diruma, sekalian membicarakan buat Bale bali)πŸ™ Pas bgt ada event #CpBali_Lawar #CookpadCommunity_Bali

10 orang
Babi kecap ala tamy

Babi kecap ala tamy

Karna aku ga suka samcan / kaki nya jd aku bikin daging bagian iga, daging boleh ganti ayam / sapi ya...

Samcan goreng

Samcan goreng

Maaf masak yg ga halal yaa..penasaran aja bikinnya krna kok enak n mahal sih yg dijual2..trnyata gampang loh bikinnya..

Butter carmelized crab

Butter carmelized crab

Pihak dari keluarga mama saya suka sekali dengan kepiting. Dan kalau dulu masaknya selalu menu kare/kepiutng di kukus...lately ada resto yg cukup terkenaL denagn butter carmelized nya di surabaya ini,jadi saya coba bikin dengan resep ala saya yg akhirnya jadi menu favorit keluarga. Suami yg biasa malas banget kalau kopek kulit kepiting pun bilang,ini menu wajib sering diulang πŸ˜„πŸ˜„ happynya dengar seperti itu

3-4 org
1 jam
Roti Daging Lapis Telor

Roti Daging Lapis Telor

Blibet banget ya judulnya, hehe karena yaaa emang ngga tau sih mau diberi judul apa. Makanan ini cocok banget buat sarapan, terutama buat kalian yang ngga suka sarapan pake nasi, ditambah sama teh anget sedep banget. Hehe