Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 21, 2019

Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza

Sore-sore begini enaknya membuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza yang lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza kira-kira 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza diperkirakan sekitar 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza memakai 25 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sebenarnya dapat tips cara makan sambel tumpang ini dengan pecel sayur udah lama ya tpi baru di cb hari ini. Ternyata masyaaallah enak banget, yg biasa di Jepara mkn cmn nasi pecel berasa eneg bagi saya, ketika ditambah dengan sambel tumpang jdi gurih enegnya hilang, jdi enjoy makannya hingga tak terasa makan habis bnyak saking enaknya. Dan peyek/gimbal wajib ada ya sebagai teman makan nih sambel.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza:

  1. 200 gram tempe bosok/semangit
  2. 1 buah tahu goreng, potong 4 bagian
  3. 2 lembar daun salam
  4. 1 lembar daun jeruk
  5. 2 cm lengkuas
  6. 2 cm kencur
  7. 4 buah cabe merah
  8. 2 buah cabe rawit
  9. 3 siung bawang merah
  10. 2 siung bawang putih
  11. 1 butir kemiri
  12. 1 sachet santan bubuk Santan Pas
  13. 1200 cc air
  14. Secukupnya garam, gula pasir dan kaldu merang
  15. Bahan pecel:
  16. Bayam rebus
  17. Kecipir iris rebus
  18. Wortel potong korek api rebus
  19. Taoge pendek mentah
  20. Kemangi mentah
  21. Timun cacah mentah
  22. Bumbu pecel
  23. Pelengkap:
  24. Peyek/gimbal
  25. Bothok daging (adanya lauk cuman itu)

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza

1
Rebus tempe, daun salam, daun jeruk, lengkuas, kencur, cabe, kemiri, bawang merah, bawang putih, selama kurleb 20 menit atau sudah matang tempe.
2
Tiriskan tempe, kencur, cabe, kemiri, bawang merah, dan bawang putih, lalu haluskan masukkan kembali ke dalam panci berisi air rebusan tadi.
3
Bumbui dengan garam, gula pasir, dan kaldu merang, aduk rata masukkan tahu goreng, santan bubuk, rebus kembali selama ±10 menit atau sampai bumbu merasuk. Matikan kompor.
4
Tata dalam piring. Nasi, sayuran rebus tuangi bumbu pecel taburi dengan taoge, kemangi, dan timun. Tuangi lagi dengan sambel tumpang dan tahunya, tak lupa peyek dan lauk pendamping lainnya. Cara makannya kudu dicampur jadi nnti terasa manis gurih.
Pecel Sayur Sambel Tumpang DaMuDza - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok bumbu pecel

Cilok bumbu pecel

Postingan sebelumnya kehapus😫

Pecel 3 sayur

Pecel 3 sayur

Pengen bikin sayur yg cepat dan kilat. Bikin pecel aja. Tinggal rebus semua sayur.. Jadi deh.. 😊😁

5 orang
15 menit
Bumbu pecel Bojonegoro

Bumbu pecel Bojonegoro

Tinggal di perantauan membuat saya selalu rindu masakan khas daerah kelahiran. Jadi mumpung ibu main kerumah saya ajak buat bumbu pecel khas Bojonegoro yang rasanya tiada duanya bagi saya.

Pecel nila

Pecel nila

olahan yang mudah dibuat dan cepat tapi rasa tidak mengecewakan

Daging kambing bumbu pecel

Daging kambing bumbu pecel

Dapet daging qurban d bkin dech masakan favorit suami

Indomie rebus spesial saos pecel

Indomie rebus spesial saos pecel

Musim hujan.. Bikin yg anget2

Pecel sayur

Pecel sayur

Cuma puny toge dn bayam bingung mau di apain...akhrny bkin pecel aja dh.lmyn stlh lebaran mknny ga di kontrol serba santan dn jajan bebas.mulai hr ni di coba sdkit2 di kurangi mkn bebasnya. Jngn smpe stlh diet turun bbrp kilo naikny lbh bnyk.haha

.: Pecel Terong :.

.: Pecel Terong :.

Senengnya makan makanan yang ada unsur pedes"nya,, pas ada terong dirumah,, bosan digoreng terus,, alhamdulillah nemu resep ini,, resep asli ada disini : www.resepnasional.com/resep-spesial-pecel-terong-ungu-pedas-nikmat/ ,, yang ini takaran bahannya sudah dimodifikasi,, tapi alhamdulillah tetap enak,, laen kali in syaa Allah mau dicoba lagi,,

4 porsi
30 menit
Resep Sambel Pecel Lele

Resep Sambel Pecel Lele

Hari ini membuat sambel pecel lele Selamat mencoba semoga bermanfaat ☺

4 porsi
30 menit
Sambel pecel

Sambel pecel

Suka g sreg klo beli sambel pecel, enak bkin sendiri bunda.. simple g ribet bs tahab lama bunda. Klo g habis bs disimpan di kulkas,. Buat besok lg..

Sambel Pecel

Sambel Pecel

Resep ini aq dapatkan dr almarhum tante (adiknya bapak). Sebelum meninggal beliau membagikan resep ini ke siapa saja yg meminta. Bahkan banyak yg memperoleh penghasilan dr berjualan sambel pecel ini. Mudah2an ini menjadi ladang pahala buat beliau.. Aamiin

Sego Pecel (#pr_homemadestreetfood)

Sego Pecel (#pr_homemadestreetfood)

Sekali-sekali jadi vegetarian yuk.. Hehehe Setiap memasak pecel, saya selalu ingat masa-masa kecil saya sering ikut alm. Mama ke pasar. Banyak simbok-simbok jualan jajanan pasar, jenang atau bubur dan juga pecel. Mama hampir setiap kali ke pasar membeli pecel dicampur dengan mie sambal 🙂

Pecel lele homemade ala kaki lima

Pecel lele homemade ala kaki lima

Rencana bikin lele pedas ehh... Misua pengen pecel lele Jadi di bagi 2 aja 1/2 kg pecel lele separuhnya besok bikin lele pedas ajach

Pecel

Pecel

Lagi pengen buat salad Jawa yg pedes² nih... Yuk disimak resepnya ya #MurahMeriah #Resolusi2019 #Cookpad_Id

🍁Nasi Pecel🍁

🍁Nasi Pecel🍁

Lagi Bingung mo masak apa...yg gampang n simple ...tinggal rebus2 aduk bumbu jadi..siramkan...inilah nasi pecel seadanya 😁

Bumbu pecel

Bumbu pecel

Pecel yg enak ,recomended dah pokoknya..pas benget klo buat sarapan pagi . Sy bikin 1/2 kg,sy taruh d kotak makn kedap udara,simpan dlm kulkas,,jd enk kalo pingin pecel pagi" tinggal nyeduh pke air panas aja,tinggal tambai rebusan sayur suka"+ goreng tempe,tahu,dll... Ank n paksu sukaa,Alhamdulillah... Takaran yg sy buat ini sdah pas menurut selera sy,,,😄😄pernah berkali" saya bikin,kadang kurang asin,manis,pokok masih nambah" dah...nah klo yg ini pas g usah d tambah" lg..,tinggal taruh beberapa sendok pecel keringnya sedu pke air panas ,,jadi deh😀tp kembali ke selera masing" ya..😁