Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Soto Banjar Ayam kampung yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada March 31, 2022

Soto Banjar Ayam kampung

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Soto Banjar Ayam kampung yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Soto Banjar Ayam kampung yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Soto Banjar Ayam kampung, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Soto Banjar Ayam kampung sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Soto Banjar Ayam kampung diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Banjar Ayam kampung sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Banjar Ayam kampung memakai 38 jenis bahan dan 13 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Soto banjar adalah menu yang biasa disajikan diacara acara besar,menu yang juga selalu hadir dihari lebaran.soto banjar menu favorit kami sekeluarga anak2 dan suami suka sekali sama soto banjar begitupun juga aku.dulu dulu sekali aku tak pernah terpikirkan untuk bisa membuatnya yang aku hanya bisa cuma menyantapnya.seiring dengan waktu yang berjalan aku yang dulu nya tidak paham dengan segala rerempahan dapur ini, lalu mulai memberanikan diri untuk bisa membuatnya sendiri tanpa bantuan dari mama.Walau jatuh bangun dalam membuatnya tapi aku ga pernah nyerah untuk terus belajar sehingga benar2 bisa membuat soto sama persis kek penjual soto pada umumnya.dulu kuahnya cuma bening2 aja sekarang aku coba tambahkan susu dan rasa pun aku terus perbaiki dalam setiap membuat soto aku tanya pak suami apa ada yang kurang rasanya,jawaban pak suami pun selalu berbeda beda ada yang kurang garam lah, kurang bumbu lah,sewaktu kurang bumbu aku ingat waktu itu aku lupa menambah jahe di bumbu halus.alhasilnya rasanya juga kurang.membuat soto banjar dalam tantangan ini bukan hal pertama kali bagiku aku sudah terlalu sering membuatnya,namun tetap saja bagiku ini hal yang menarik karena persiapannya benar2 full.semoga resep ku ini bisa bermanfaat bagi yang ingin membuatnya. #wanilahmeolah #sotobanjaricha #cookpadcommunityid_kalsel #cookpadcommunity_banjarmasin #berburucelemekemas #resolusi2019

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Banjar Ayam kampung:

  1. 1 ekor ayam kampung
  2. 2500 ml air
  3. Bumbu halus
  4. 25 biji bawang merah
  5. 10 biji bawang putih
  6. 4 biji merica
  7. 2 cm jahe
  8. 1 cm pala
  9. 1 sdm kas kas
  10. 1 sdm adas manis
  11. 2 lembar ganti2 rendam air hangat
  12. 2 biji kenari
  13. 15 biji kapulaga
  14. Bumbu dan bahan cemplung
  15. 1 batang kayu manis
  16. 3 biji bunga lawang
  17. 4 biji cengkeh
  18. 3 biji Bawang putih goreng
  19. 1 biji kentang yang dihaluskan
  20. 1 butir kuning telur
  21. 100 ml susu sop atau 2 sdm susu bubuk dancow ditambah air
  22. 1 batang daun bawang iris2
  23. 2 maggi blok
  24. 2 bungkus royco rasa ayam
  25. Garam
  26. Gula
  27. Penyedap/vetsin
  28. Pelengkap soto
  29. Ketupat
  30. Ayam suir
  31. Telur rebus bebek/ayam
  32. Perkedel kentang/singkong
  33. Wortel (bisa di skip)
  34. Soun
  35. Daun sop
  36. Bawang goreng
  37. Limau kuit
  38. Sambel

Langkah-langkah untuk membuat Soto Banjar Ayam kampung

1
Bersihkan ayam kampung (aku beli ayam kampung utuh) potong jadi 2 bagian dada dan paha,kepala dan ceker ayam bersihkan.Didihkan 2500 ml air lalu masukan ayam kepala dan ceker ayam.siapkan bumbu halus lalu ulek atau blender bumbu halus.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 1
Soto Banjar Ayam kampung - Step 1
Soto Banjar Ayam kampung - Step 1
2
Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak goreng,tumis hingga bumbu benar2 wangi dan matang tumis dengan api kecil Hingga mengeluarkan minyak(aku tumisnya lama jadi bumbu benar2 matang).masukan bumbu yang ditumis tadi kedalam air rebusan ayam
Soto Banjar Ayam kampung - Step 2
Soto Banjar Ayam kampung - Step 2
Soto Banjar Ayam kampung - Step 2
3
Aduk rata hingga bumbu tercampur rata dengan air kuah sop,lalu masukan bahan cemplung,masukan kentang rebus yang dihaluskan aduk rata.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 3
Soto Banjar Ayam kampung - Step 3
Soto Banjar Ayam kampung - Step 3
4
Dalam mangkuk kocok kuning telur tambahkan 1 centong air kuah soto aduk rata,tambahkan susu sop kedalam mangkuk kocokan kuning telur aduk rata pastikan tercampur semua.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 4
Soto Banjar Ayam kampung - Step 4
Soto Banjar Ayam kampung - Step 4
5
Kecilkan api masukan kocokan kuning telur dan susu sop tadi aduk cepat jangan sampai bergerindil,pastikan tercampur rata.lalu besarkan api lagi,masukan royco ayam,1 sdt gula pasir, 1 1/2 sdm garam dan 1/2 sdt penyedap/vetsin(bisa pakai kaldu jamur 1 sdt.koreksi rasa. Jika dirasa sudah pas maka matikan kompor. Angkat keluarkan ayam,dinginkan.lalu suwir2 ayam.sisihkan dagingnya. Tulang,sayap dan paha masukan lagi kedalam panci.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 5
Soto Banjar Ayam kampung - Step 5
Soto Banjar Ayam kampung - Step 5
6
Membuat perkedel kentang pilihan perkedel soto bisa menggunakan singkong atau kentang.disini aku menggunakan kentang karena menyesuaikan dengan stok bahan dirumah. Cara:250 gram kentang kupas kulitnya rebus hingga empuk,angkat tiriskan.haluskan 2 biji bawang putih tambahkan sedikit pala bubuk, daun sop iris2,beri garam,gula,kaldu jamur.tambahkan 3 sdm tepung terigu aduk rata koreksi rasa.bentuk bulatan.hasil jadi 7 buah.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 6
Soto Banjar Ayam kampung - Step 6
Soto Banjar Ayam kampung - Step 6
7
Kocok 1 butir telur lalu masukan perkedel kedalam kocokan kuning telur,angkat lalu goreng.goreng hingga matang,Angkat dan tiriskan.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 7
Soto Banjar Ayam kampung - Step 7
Soto Banjar Ayam kampung - Step 7
8
Membuat sambal soto ala icha cara:100 gram cabe rawit + 1 biji cabe merah + 3 biji bawang merah + 2 biji bawang putih + seujung kuku terasi atau secuil(bisa diskip terasi) gunanya terasi disini sebagai penguat rasa aromatik dari sambel.semua bahan diblender tambahkan air kira2 300 ml atau sampai bisa diblender.tuang sambal kedalam rinjing beri garam, gula bisa tambahkan penyedap sesuai selera.tambahkan minyak goreng 50 ml masak hingga sambal matang. Koreksi rasa.
9
Membuat bawang goreng cara: 100 gram bawang merah iris tipis benar2 tipis,taruh dinampan irisan bawang goreng tadi jangan sampai ada yang menumpuk, jemur sebentar kira 30 menit. Taburi bawang dengan 1 sdm tepung maizena ratakan kesemua bawang.panaskan wajan berisi minyak goreng goreng bawang dalam minyak banyak dan panas, aduk terus waktu menggoreng agar bawang tidak gosong. Angkat sebelum bawang berubah warna menjadi coklat. tiriskan alasi dengan tisu. Setelah dingin bawng bisa taruh di toples
10
Membuat ketupat soto cara: 3 biji urung ketupat ukuran kecil.1 1/2 mug beras(pakai mug bekas kaleng susu enak) beras yang digunakan beras unus yang teksturnya jika dimasak tidak lembek. Cuci beras Rendam sebentar beras kira 30 menit,tambahkan garam dan daun pandan.tiriskan beras Masukan beras tadi kedalam urung ketupat kira 3/4 jangan sampai penuh.didihkan air dalam panci masukan ketupat masak hingga ketupat matang kurleb 1 1/2 jam.
11
Pelengkap lainnya: telur bebek rebus. Soun direndam, wortel rebus kemudian iris2,daun sop iris2.
12
Siapkan bahan soto :iris ketupat, tambahkan ayam suir, soun, telur rebus, wortel,tambahkan air kuah soto taburi dengan daun sop dan bawang goreng. Tambahkan perkedel
Soto Banjar Ayam kampung - Step 12
Soto Banjar Ayam kampung - Step 12
Soto Banjar Ayam kampung - Step 12
13
Soto siap disajikan.
Soto Banjar Ayam kampung - Step 13
Soto Banjar Ayam kampung - Step 13

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakso lombok uleg ala ala

Bakso lombok uleg ala ala

Ini satu lagi makan bakso simple, cepet ga pake ribet πŸ˜… maklum emak2 mah kerjaan bejibun jadi cari yang simple ya kaaan πŸ˜„

Soto Ayam Banjar

Soto Ayam Banjar

Penampilan tidak seperti umumnya katena menggunakan nasi merah πŸ™πŸ˜Š#resolusi2019 #berburucelemekemas #generasigakpakaimicin #AhlinyaAyam #SiapRamadan

4-5 porsi
Opor ayam 5 bahan

Opor ayam 5 bahan

Sangat mudah bikin opor, cuma perlu 5 bahan utama: ayam, santan, bawang, kemiri & ketumbar, cengkeh. Ini resep turun temurun dari ibu di kampung. Yuk cobain.

Tahu Kupat

Tahu Kupat

Sore weekend pengen ngemil yang agak berat, cek2 kulkas ada bahan buat bikin yg seger2... Udah lama juga gak makan tahu kupat, secara gak ada yg jual seenak tahu kupat Blabak Magelang..

20 menit
Ketoprak Ala Abang2

Ketoprak Ala Abang2

18 porsi diulek satu persatu dimasing2 piring 😌

18 porsi
Ketoprak

Ketoprak

Ceritanya tadi pagi belanja ke warung kalau misal dapet ketupat aku pengen bikin ketoprak.. dann ternyata dapet dong😁... Inspirasi resep dari ig @resepmasakandankue3 penulis @byviszaj tapi ini ga aku kasih cabe karena dimakan anak2 juga. Yg mau pedes tinggal tambahin cabe aja ya dibumbu kacangnya.. #PejuangGoldenApron2

Gado-Gado Jawa

Gado-Gado Jawa

Untuk pertama kalinya bikin gado-gado yang menurutku banyak persiapan banget ya. Tapi demi ramadhan kali ini yang spesial karena nge-gembol calon bayi di perut, semoga jadi berkah ya nyiapin buka puasanya.. 😘 #SiapRamadan

Soto Bumbu Kacang Khas Sokaraja

Soto Bumbu Kacang Khas Sokaraja

makanan kesukaan keluargaku 😁 #5resepterbaruku

20 orang
30 menit
Coto Makassar

Coto Makassar

Udah lama pngen bkin in. klo pulang kampung menu ini pasti slalu jd inceran

Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Intinya mah selalu kangen makanan yang satu ini, tp syg di jakarta sulit nemuin yang rasanya pas di lidah. Makanya coba-coba resep dehh buat penawar rindu. hihiiiiiii

Coto Makassar

Coto Makassar

Masih suasana Idul Qurban,ada daging yg siap untuk dieksekusi....setelah membolak-balik resep untuk olahan daging akhirnya dapet resep Coto Makassar yg saya modifikasi.Di resep asli ada pemakaian Pala namun sy skip dan ganti dengan jahe...Soal Rasa..bs bersaing dengan Coto yg dijual diluar sana....mantapppp pengen nambah terus...

Sate Ayam ala Saya

Sate Ayam ala Saya

5 - 7 porsi
177# Laksa bogor

177# Laksa bogor

Meramaikan posbar combongabibita_anekalaksa ide teringat selagi ada arisan dirumah, saya bikin laksa dan abis tak bersisa hanya tinggal cucian kotornya xixixi... Malah saya disarankan untuk jualan hadeuh... #cookpadcommunity_bogor #combongabibita_anekalaksa

Kupat tahu bumbu kacang (#postingrame2_masakantahu)

Kupat tahu bumbu kacang (#postingrame2_masakantahu)

PR minggu ini adlh tahu. Putar otak cari ide dan baca kitab tahu, syukurlah nemu jg krn saya kurang suka makanan olahan tahu sukanya ya cuma digoreng colek sambel, udah itu top bgt buat saya. Tapi kalo diolah yang lain2 hemmm... mikir panjang dulu krn udah tau pasti ga kemakan baik oleh saya ataupun anggota yang ada di rmh. Menu ini pasti dimkn tapi jg cuma saya n suami kalo anak2 doyannya cuma tempe.. ah sdhlah... gpp yg penting bs ikut rame2an sama para cookpaders...😊😊😊 Beli tahu bolak balik simpan dikulkas udah dr kpn hari dan baru eksekusi sabtu setelah menunggu segenap niat dan semangat pastinya hehehe