Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Sambal soto & opor yang Sempurna

Dipos pada February 28, 2022

Sambal soto & opor

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal soto & opor yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Sambal soto & opor yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Sambal soto & opor, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal soto & opor bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Jangan lupa ya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Sambal soto & opor diperkirakan sekitar 15 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal soto & opor sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal soto & opor memakai 5 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Suamiku doyan bgt makan sambal, kebetulan mertuaku ngasih sayur ayam buat makan (padahal aku udah mau masak yang lain, alhamdulillah ini yg namanya rejeki. Hemat uang belanja!πŸ˜‚πŸ˜…). Gak afdol rasanya kalo makan sayur ayam gak pake sambal. Yasuds, cuss bikin sambel resep dari ibu ku 😜

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal soto & opor:

  1. 1 buah tomat
  2. 2 buah cabai merah
  3. 1 siung bawang merah
  4. 8-10 buah cabai rawit
  5. 1 buah jeruk limau

Langkah-langkah untuk membuat Sambal soto & opor

1
Rebus tomat cabai merah cabai rawit dan bawang merah kira-kira 5 menit
2
Ulek semua bahan yang tadi direbus hingga halus, tambahkan garam dan gula lalu tes rasa
3
Tambahkan jeruk limau (aku pakai setengah)
4
Kalau perlu, tambahkan 1-2 sdm dari kuah soto atau opor atau sayur ayam yang kamu buat
5
Sambal siap disajikan 😜

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam telur

Opor ayam telur

Hari ini kepengen makan opor.. ini resep dari mamah dan pasti jadi andalan setiap lebaran, teman lontong sayur

Terik daging

Terik daging

It is one of favourite food for javanese people.it's usually made when some funeral celebrations like idul adha.the process takes some hours but you will not sorry for the result.this food is made from beef with many kind of seasonings and herbs.very rich of taste surely..wanna try?

Opor Ayam Nanas

Opor Ayam Nanas

Resep mama

Ayam opor jawa

Ayam opor jawa

Ceritanya lagi pengin masak yang gurih2 tp tetep basah, dimakanya pakai nasi putih hangat. Opor ini sengaja kuahnya biar meresap ke daging ayamnya agar saat di makan ayamnya saja tetap enak.

Opor Ayam Simple

Opor Ayam Simple

Cuacanya lagi adem banget nih.. Pagi2 udah ujan aja.. Hanya tukang ayam yang lewat. Ternyata eh ternyata suami Beli ayamnya (yg nulis resep lg beres2 di belakang). Karena masih ada kelapa, okelah marut kelapa sendiri biar kekinian... Hiii kemarin seharian mati lampu juga.. Duhh udah ujan mati lampu lagi. Mantap bgt dehh

8-10 porsi
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Ada yang mau datang nanti malam, seseorang yang istimewa 😍, minta dibuatkan Opor Ayam,tapi ayamnya dimasak utuh tanpa dipotong 😁😁

Opor Ayam Kampung Enak

Opor Ayam Kampung Enak

Opor ayam kampung kalau dirumah ibu saya di jawa, biasa disajikan disaat Idul Fitri bersama ketupat sayur dan jg sambel goreng ati kentang, ayamnya tinggal diambil dari kandang sendiri, benar2 asli ayam kampung makanya memasaknya sedikit lebih lama daripada ayam negri, tapi rasanya jauh lebih enak ditambah bumbu yang komplit sangat pas disajikan untuk keluarga tercinta...😍 Yukk.. dicoba Bun, jangan lupa kirim foto recooknya ya, terimakasih..πŸ™

12 potong
Ayam masak kuning tanpa santan (bukan opor)

Ayam masak kuning tanpa santan (bukan opor)

Masakin anak yg lagi ngga enak badan,, biar nafsu makan,, ini bukan opor ayam ya,, masakan ini ngga pake santan,, enak, gampang masaknya sehat tentunya,

opor

opor

pagi yang malas, yuukk bikin opor instan :))

1 porsi
10 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Suka bosen dengan olahan ayam, tapi anak-anak paling suka ya ayam. Ini salah satu menu yg disukai asal ayamnya harus sampai copot-copot alias empuuk... Repotnya mantan pacar malah kurang suka, jadi harus dikombain buat ayah ayam digoreng biar kesat ga lembek dan anak-anak harus lembek. Kebayangkan... kalau makan opor harus dua type πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Alhamdulillah... mari masak Mom. (Yang ada di Foto yg versi buat anak- anak 😍😍)

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Opor Ayam Kombinasi Istimewa

Kebetulan hari minggu lalu ada arisan teman-teman kantor suami saya i rumah kami. Salah satu peserta arisan request dibikinkan opor ayam. Saya pesan ayam kampung 2 ekor. Niatan sih yang seekor untuk bikin opor, yang satunya lagi untuk ayam kecombrang dan asem-asem tulang ayam. Pada kenyataannya, karena ketiga anak saya antusias sekali, saya putuskan untuk menambah porsi ayam ke dalam opor menjadi satu setengah ayam untuk bikin opor, sisanya baru untuk masakan lain. Opor saya ini merupakan kreasi saya dengan menggabungkan metode memasak opor khas Sunggingan yang saya lihat di televisi serta bumbu yang saya otak-atik agar menjadi opor yang super gurih namun tidak bikin eneg. Dengan menimbang kebiasaan anak saya yang nomor dua yang sering menolak makan daging serta ada tamu arisan yang cenderung vegetarian, saya pun menambahkan telor puyuh dan kentang dalam opor saya ini. Dan hasilnya, luar biasa enak dan ayam kampungnya empuk sekali. Opornya sudah habis separuh dimakan anak-anak saya bahkan sebelum arisan dimulai. Akhirnya saya harus membeli ayam lagi untuk ditambahkan ke dalam opor saya untuk keperluan arisan.

15 porsi
180 menit
30. Telur Masak Opor Pedas

30. Telur Masak Opor Pedas

Hari minggu Mbak yang biasa bantu-bantu di rumah libur, kebetulan juga saya pas lagi malas belanja keluar. Saya lihat masih ada banyak stok telur di dapur, bumbu-bumbu juga masih lengkap. Gak pake bingung-lah, Bunda kreatif selalu ada ide 😊 Langsung aja eksekusi bikin olahan telur. Resepnya gak beda jauh dari resep Ibu di kampung. Bedanya hanya pada penambahan cabe rawit saja, karena keluarg saya paling doyan pedes. Jadilah si Telur Masak Opor Pedas. Masaknya cepet, rasanya ... "Pasti lezat lah", itu sih kata anak-anak, hehehe 😊

6 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Hari ini dapat bumbu praktis atau bumbu kemasan instant hasil praktek mahasiswa ayah yang telah dikemas menjadi produk, bumbunya pakai rempah alami. Komposisi bumbunya ada bawang merah & putih, kemiri, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan rempah lainnya. Kebetulan pas ngecek kulkas ada ayam, jadi nyoba-nyoba deh buat opor untuk pertama kalinya hihi. Oh iya, karena sebenernya lebih suka pakai bumbu alami jadi saya tetap tambahkan bumbu rempah yang tersedia di rumah. Insya Allah, resep ini bisa membantu dan teman-teman berpikir bahwa buat opor ayam itu mudah, praktis, dan tentu saja enak πŸ˜‹ selamat mencoba!

1 panci
15-30 menit
Opor ayam

Opor ayam

2 porsi
1 jam
Opor Ayam

Opor Ayam

ini salah satu menu terlaris cateringan kami. resepnya ud lamaa banget ambil dr gugel tp lupa blognya punya siapaπŸ’§ maaf yaa yg merasa punya resep ini krn namanya ga sy sebut. yg jelas sy sgt berterima kasih.. semoga dibalas oleh allah dgn kebaikan yg banyak.. aamiin..

12 porsi
Opor Daging Elk

Opor Daging Elk

Ukuran dibawah hanya kira-kira saja yak! :)