Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Pecel Ontong / Jantung Pisang yang Sempurna

Dipos pada June 9, 2019

Pecel Ontong / Jantung Pisang

Bagaimana membuat Pecel Ontong / Jantung Pisang yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Pecel Ontong / Jantung Pisang yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pecel Ontong / Jantung Pisang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Pecel Ontong / Jantung Pisang di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Pecel Ontong / Jantung Pisang adalah 4 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Pecel Ontong / Jantung Pisang diperkirakan sekitar 20 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel Ontong / Jantung Pisang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel Ontong / Jantung Pisang memakai 9 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini menu sederhana mom, sudah mulai jarang yang masak, berhubung kangen dengan almarhum mbah putri, saya bikin ini. Cepat dan mudah buatnya. Makan sambil mengenang masa lalu itu endezz mom. hehehe.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel Ontong / Jantung Pisang:

  1. 1 buah ontong ukuran sedang, kupas hingga bagian putih saja
  2. 1 ons kacang tanah
  3. 2 siung bawang putih
  4. 3 lembar daun jeruk
  5. 10 cabe rawit (boleh dikurangi jika tak suka pedas)
  6. 1 buah cabe merah besar
  7. 1/2 ruas kencur
  8. Secukupnya Taoge, kemangi, irisan kacang panjang, ketimun (untuk garnish)
  9. Secukupnya gula merah, penyedap rasa dan garam

Langkah-langkah untuk membuat Pecel Ontong / Jantung Pisang

1
Kukus ontong/jantung pisang hingga empuk, kira-kira 10 menit, masukkan taoge ke dalam kukusan, langsung angkat dari kompor.
2
Goreng kacang tanah dengan api kecil, bolak balik terus dalam wajan, perhatikan, setelah hampir matang, masukkan bawang putih, daun jeruk, kencur, cabe (yg telah dicuci bersih0 oseng2 hingga matang. Haluskan di atas cobek, beri garam, penyedap dan gula merah serta air hangat, bumbu pecel sudah siap.
3
Penyet-penyet ontong/jantung pisang diatas bumbu pecel diatas cobek tersebut, beri garnish ketimun, kemangi, taoge dan tambahkan lauk ikan asin atau pindang juga gorengan Tahu Tempe. dimakan dengan nasi hangat, subhanallah, nikmatnya nendang mom, hehehe.
4
Kalau ingin lebih cepat lagi, bisa gunakan bumbu pecel jadi, tapi kalo saya lebih suka bikin sendiri mom, ada juga yang ditambahkan santan agar lebih berkuah, kalau saya suka kering. Nah, selamat mencoba.
5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal Pecel Uti

Sambal Pecel Uti

Sejak merawat ortu/mbah kung yg sakit sdh 7 th ini, sy selalu masak sendiri kesukaan mbah atas saran dan masukan dari dokter yg merawat mbah. Jadilah sambel pecel tanpa minyak dgn rasa nano2 ini ala2 sy 😂 sering nyetok jg krn suami dan anak jg ikutan suka.

Nasi pecel

Nasi pecel

Sayuran menu wajib setiap hari.

4 porsi
Sambel pecel sangrai

Sambel pecel sangrai

Dikeluarga pada doyan sambel pecel dimakan pakai krupuk. Kemarin bikin ada tetangga yang ngicipin, ehh katanya enak jadi pada mau dibikinin. Alhasil bikin banyak dehh😄#5resepterbaruku

Mie pecal medan/mie pecel🍝

Mie pecal medan/mie pecel🍝

Banyak varian ya di Indonesia,mkn pecel kl di kota kelahiran sy pke oges,kl di solo pake gendar,kl di kota suami pake mie,sebutannya mie pecal,kbtlan duo kesayangan lg bapil,hari ini hari yg melelahkan,blm sarapan,kdu antre ke apotek cuz blnja,krn suami lg pngen mam mie pecel ktanya,duo kesayangan kl skit mlah maemnya war biasa.yg anak wedok minta rawon tpi pke ayam,jd wes sbuk bngt,skrg br smpet sarapan curhat dicookpad😅#Sarapanku#cookpadcommunity_jaksel.

Sambel terasi ala pecel

Sambel terasi ala pecel

Bingung mau bekelin suami apa😅 Jadi buat sambel dan ayam kuning gitu deh.. Buat sambel itu sedikit crucial di pas kasih garam dan gula.. Jadi si gula itu harus lebih dikit dr si garem, 1 : 0,25 gitu deh kira kira. Nah, pemberian si garem dimulai dr 1/2 sdt ya, trus dikit2 ditambah di ksh sejumput sejumput klo kurang asin.. Si gula mah kasih aja deh 2 - 3 jumput.

1 - 2 orang
Gendar pecel

Gendar pecel

untuk 2 porsi
Cilok Bumbu Pecel

Cilok Bumbu Pecel

Berikut ini saya buat cilok dengan kuah bumbu pecel #5resepterbaruku

4.Lontong pecel #BikinRamadanBerkesan

4.Lontong pecel #BikinRamadanBerkesan

lg pengen lontong pecel bun buat buka puasa.. #BikinRamadanBerkesan😁

Tahu Susur (Tahu Brontak) mix Bumbu Pecel

Tahu Susur (Tahu Brontak) mix Bumbu Pecel

Di daerah rumahku, tahu isi sayur atau tahu susur ini dikenal dengan istilah tahu brontak. Cemilan berat nan sehat andalan ibu ini, bisa divariasikan dengan dengan sesuatu yang manis pedas berasal dari gula merah dan kacang tahan. Taraaaaa..... Selain diisi tumis sayuran, ditambah bumbu pecel menarik juga untuk dicoba! Bumbu pecel asli dari tanah air, Indonesia. Sekalinya buat tahu brontak ini, muncullah julukan "juragan (gorengan) tahu" Aamiin, siapa tahu dari jajanan tahu bisa jadi pengusaha sukses ya... Maklum, jarang ada gorengan halal di tanah rantau ini. Apalagi gorengan cita rasa nusantara ala abang-abang pinggir jalan. #BikinRamadanBerkesan Hiroshima, Jepang.

20 buah tahu susur
1 jam
Sambel pecel

Sambel pecel

14/2/2019.tak terasa waktu begitu cepat berlalu.banyak kenangan tercipta dalam hidup ini.dan salah satu kenangan yg sampai sekarang tetap teringat adalah memasak pertama kali untuk keluarga.waktu itu aku masih kelas 1 SMP.ceritanya,aku dan 2 orang adikku di tinggal bapak dan ibuk menghadiri suatu acara di kantor kecamatan.dari pagi sampe sore baru pulang.di rumah tidak ada masakan ,ibuk gk sempat masak jd sarapan sama nasi goreng.jam 3 sore adek lapar katanya.akhirnya aku pergi ke dapur sambil berpikir aku harus buat apa?(waktu itu).aku liat ada bahan" untuk buat sambel pecel(di dapur ibuk memang selalu ada).akhirnya aku buat lah sambel dengan takaran kira-kira waktu itu.jam 5 sore ibuk dan bapak pulang.di lihat di meja makan kok ada sambel pecel siapa yg buat.trus ibuk nanya ke aku "kamu yg buat?". Aku jawab iya,tk ku sangka ibuk bilang enak katanya,bapak jg bilang begitu.tk bisa di lukiskan senangnya hati ini bisa menyuguhkan masakan untuk keluarga,baru pertama kali masak langsung dapat pujian.akhirnya sampe sekarang anak-anakku kalau pengen pecel,aku buatin sendiri.kata anak-anak enakan buatan ibuk daripada beli😁. #BringBackMemories #berburucelemekemas #resolusi2019

Pecel Ontong (Jantung Pisang)

Pecel Ontong (Jantung Pisang)

Seharian belum makan nasi, suami minta bikinin mie goreng pke telor. Eh, Bunda inget klo punya jantung pisang di kulkas. Diintip, semua bumbu komplit. Langsung eksekusi aja..

305.Ayam Goreng Bumbu Ungkep {Pecel Ayam Kaki lima}

305.Ayam Goreng Bumbu Ungkep {Pecel Ayam Kaki lima}

Ayam goreng adalah salah satu olahan ayam yg nikmat dan banyak yang suka Untuk bumbunyapun bisa kita sesuaikan dengan keinginan kita bisa berbumbu agak manis mirip bacem atau kuning gurih, seperti ayam goreng yg dijual kaki lima( pecel ayam) Untuk cara olahnya ada yg direbus lebih dulu.baru dibumbui atau langsung diungkep bersama bumbu,setelahnya baru di goreng Dan kali ini mau bikin ayam goreng yang langsung diungkep dengan bumbu seperti ibuk dikampung.baru kemudian digoreng. Dan bisa dinikmati dengan lalapan dan sambal tomat.seperti ayam goreng kaki lima..alias Pecel Ayam. Semoga bisa ikut Pekansemarak dan SiapRamadan,Ahlinya Ayam. 18/5/2019 Ce Re M19 #SiapRamadan #AhlinyaAyam #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Kakilimarasabintanglima #Semarakramadan #Tidaksekedarmemasak #Cookingwithhearteatingwithlove #Clovercookinglover. #Cookpadcommunity #Cookpadcommunity_bekasi

PeceL sederhana

PeceL sederhana

Manu wajib kalo ada arisan di rumah

Pecel Sayur

Pecel Sayur

2-4 porsi
Pecel Terong Gulung dan Telor Dadar

Pecel Terong Gulung dan Telor Dadar

Biasanya terong krispi dimakan dengan Sambel. Pernah lihat waktu ke Jawa Timur, terong ini dinikmati seperti makan pecel. Kelihatan enak... 😋... ternyata, nasi hangat plus terongnya aja sdh nikmat, ditambah pelengkapnya, jadi lebih top markotop. utk Bumbu kacangnya saya pake yang sudah jadi ya, krn masih punya stok dari yang saya bikin bbrp hari lalu. Atau klo ga mau ribet, bisa pake Bumbu pecel instan. Next time, sy share resep Bumbu pecelnya... #berburucelemekemas#minggu_2 #resolusi2019# #cookpad_community#

1 porsi