Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Sambal Pecel Uti yang Sempurna

Dipos pada June 9, 2019

Sambal Pecel Uti

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Pecel Uti yang unik? Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Sambal Pecel Uti yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Sambal Pecel Uti, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Sambal Pecel Uti bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Pecel Uti sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Pecel Uti memakai 8 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sejak merawat ortu/mbah kung yg sakit sdh 7 th ini, sy selalu masak sendiri kesukaan mbah atas saran dan masukan dari dokter yg merawat mbah. Jadilah sambel pecel tanpa minyak dgn rasa nano2 ini ala2 sy 😂 sering nyetok jg krn suami dan anak jg ikutan suka.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Pecel Uti:

  1. 500 gram kacang tanah
  2. 3 butir bawang putih
  3. 8 lembar daun jeruk iris2
  4. seruas jari kencur (nemunya seukuran bola bekel 😂sy pake semua)
  5. asam jawa (sy pake kira2 2 kepal)
  6. secukupnya Gula merah
  7. 2 sdt garam/selera
  8. Cabe rawit sesuai selera (klo sy pk 3 cabe/pedes level cemen 😂)

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Pecel Uti

1
Sangrai kacang tanah sampe matang kemudian kupas. Tadi sy remas2 kulitnya pd kabur sendiri.
Sambal Pecel Uti - Step 1
Sambal Pecel Uti - Step 1
Sambal Pecel Uti - Step 1
2
Haluskan kacang tanah sangrai, lebih enak klo pake ulekan rasa kacangnya masih nempel di lidah. Tp tadi sy blender aja biar cepet, jd hasilnya terlalu halus menurut sy.
Sambal Pecel Uti - Step 2
3
Haluskan bawang putih, cabe, daun jeruk yg udah diiris2 tadi, kencur setelah halus masukkan asam. Diuleg pelan2 sampe biji2nya pd keluar sendiri. Trs diambilin bijinya. Agak ribet sih tp hasilnya lebih seger drpd asamnya direndam air (tp tetep kembali ke selera masing2). Gmn baiknya aja ya 😊
Sambal Pecel Uti - Step 3
Sambal Pecel Uti - Step 3
Sambal Pecel Uti - Step 3
4
Masukkan garam dan gula merah, haluskan kembali
Sambal Pecel Uti - Step 4
Sambal Pecel Uti - Step 4
5
Campurkan bumbu2 yg sudah dihaluskan ke dalam panci yg berisi kacang tanah halus tadi secara merata. Diuleg2 lg/dicampur2 biar menyatu antara bumbu halus dan kacangnya sambil koreksi rasa. Kalo sudah pas rasanya simpan dlm wadah kering yg ada tutupnya. Klo sy terus sy simpan di kulkas.
Sambal Pecel Uti - Step 5
6
Bumbu pecel homemade siap digunakan. Biasanya sy kolaborasikan dgn berbagai macam sayuran yg ada.
Sambal Pecel Uti - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu Pecel

Bumbu Pecel

Pokoknya resep ini sudah mentok ukuran bumbu2nya karena ini resep dari mamak saya jadi saya kalau bikin ya pakai resep ini sampai sekarang aku slalu ikutin ..bumbu ini bisa tahan sampai sebulan moms,jadi kalau mau makan ambil aja seperlunya , pakai mangkok siram dg air panas/air matang aduk jangan keenceran selebihnya simpan lagi taruh dalam wadah tertutup dan simpan di rak kulkas jangan di friser, soal pedasnya selera ya moms misal mau ditambahin cabe silahkan,tapi gulanya ini menurutku udah pas.. #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #Cookpadindonesia #Cookpadcommunity_Purwokerto #Minggu_ke11

Spaghetti Bumbu Pecel

Spaghetti Bumbu Pecel

Punya 3 orang anak cowok yg lagi seneng2nya makan tuh menuntut saya untuk bener2 kreatif.. Dan mereka tuh pecinta pasta, mau dibuat dengan saus carbonara, bolognaise ataupun aglio olio pasti langsung habis. Kali ini saya bikin pasta dengan menggunakan bumbu pecel, rasanya pedas, manis, gurih hmmm pokoknya kalau kata anak saya mah enak... #sarapanku #berburucelemekemas #resolusi2019 #Cookpadcommunity_Tangerang

Ikan Tongkol bumbu pecel pedas

Ikan Tongkol bumbu pecel pedas

Masih ada sisa ikan tongkol 2 ekor, ama terong 2 buah.. cuss lah d bumbu pecel aj,, 😉😉

Untuk 6 porsi
Miehun bumbu pecal

Miehun bumbu pecal

Setelah Baca inbox klo sy dapet parcel ramadhan jd semangat lg ni share masakan, walaupun mskn sy alakadarnya ya hihihi..

Pecel sayur telor dadar #BikinRamadanBerkesan

Pecel sayur telor dadar #BikinRamadanBerkesan

Menu yg simple dan tasty di mulut dan yg penting mengandung serat protein dan karbohidrat

1 porsi
10 menit
Sambel pecel mantep

Sambel pecel mantep

#5resepterbaruku Udah lamaaaa banget pengen bikin sendiri yang namanya sambel pecel, gegara harga ni sambel mahal, sekilo ada yang nyampek 60rb dan nggak terlalu enak. Orang serumah hobi banget makan krupuk sambel. Ehhhh,,,, alhamdulillah nemu resep mb izza di cookpad ternyata nggak sesulit yang dibayangkan.

48. Pecel Instan

48. Pecel Instan

#Nggandhokku #TryCooking

50.Sambal Goreng Tahu Pecel

50.Sambal Goreng Tahu Pecel

Saya sukanya masak yg praktis, semoga suka#berburucelemekemas#tahu

4-5org
20 menit
Pecel sayur

Pecel sayur

Libur2 masak enak nya yg seger2 💓😊

Pecel sayur

Pecel sayur

Makanan favourite dr kecil, sering bgt bikin. karna praktis. Sebagian Bumbu yg belum di tambah air bisa disimpan kulkas. Jd kalau kepengin tinggal rebus sayuran nya aja, dan bumbu tinggal diseduh air hangat 😁😁😁

Pecel tempe bakar

Pecel tempe bakar

Ini resep legendaris dri keluarga ku , karna dlu minimnya bahan , jdi ini tanpa minyak dan sangat mudah buat nya , monggo d persani 🙋

4 porsi
Bumbu pecel

Bumbu pecel

Dulu terbiasa dibikinkan bumbu pecel ini setiap habis pulang dr rumah mertua di blitar. Sekarang sudah di ajarin resepnya jadi bisa bikin sendiri kapan aja.

Pecel Gambas Sambal Lombok Ijo Kemiri DaMuDza

Pecel Gambas Sambal Lombok Ijo Kemiri DaMuDza

Kenangan pernah dimasakin bulik menu ini. Nggak pake santan diganti kemiri aja.

1 porsi
15 menit
Pecel Sayur

Pecel Sayur

Mamak Zulfa tiap makan sayur rasanya mual-mual mulu, terus tetiba kepingin makan pecel sayur, daripada beli jauh mending bikin sendiri, simple dan cepet masaknya. Soalnya pakai sambal pecel beli jadi. Tapi nanti aku kasih resep sambal pecel ala uti zulfa. Dijamin endess 😄 #mamakZulfa #Cookpad_Community #CookpadCommunity_Magelang #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas

2-3 porsi
25 menit
Pecel Kembang Turi

Pecel Kembang Turi

Lagi merasa bersalah sm badan, pengen banyak2 makan sayuran dulu dah.. aplg menu inih juga kesukaan kang mas. Dia hobi banget sm yg nama sayur mayur baik segar atau di rebus kaya gini. Pernah suatu hari kangmas cerita doi makan di warung pecel judulnya pecel kembang turi, tp kembang turi nya cuman 2 biji. 😆 Jd merasa teringat cerita ntu carilah kembangturi sampe ke 3 tukang sayur baru nemu. (Kesiangan saya belanja nya) Jadi ni sebenernya judulnya PECEL KEMBANG TURI tapi yg mau dibahas bumbu kacangnya aja ya. Pan sayurannya mah tinggal bersihin cuci rebus. Kalo untuk kembang turinya direbus dgn sdikit garam dlm rebusan airnya atau u mengurangi pahitnya bisa membuang bagian putik atau bgian dlm bunga tp ni tdk saya lakukan. Karena saya suka pahit tapi bukan pahitnya kehidupan 😜😜😜 Bbrp waktu yg lalu saya pernah posting bumbu kacang ala mba @fitrisasmaya tapi itu lbh cocok u siomaya atau dimsum. Nah kali ni bumbu kacang untuk pecel kurleb aja sih.. takaran sama tp ada bahan yg dikurang dan ditambah.

Cilok bumbu pecel

Cilok bumbu pecel

Pingin cilok sesuai selera,Nemu resep mbak Fitri,langsung eksekusi aja lah.kebetulan di kulkas masih nyimpen bumbu pecel,jadinya gak umek bikin saus kacangnya.tinggal dikasih air panas bumbu pecelnya+saus sambel+kecap.maksudnya buat cemilan tapi kenyang juga.cobain yuk

Pecel #BikinRamadhanBerkesan

Pecel #BikinRamadhanBerkesan

R7 #BikinRamadhan Berkesan Menu sahur hari pertama bikin pecel aja..semalam habis panen bayam dan terong di kebun mertua..kacang tanahnya juga hasil kebun..langsung uleg2 bikin bumbu kacangx.. Untuk sayurannya biasanya pakai kecambah/tauge,kacang panjang dan lain2..

Sambel pecel rumahan

Sambel pecel rumahan

#SiapRamadan Bumbu pecel ini wajib ada dalam keluarga saya, kl bingung mau masak apa tinggal rebus sayuran terus ambil bumbu pecel campur air panas secukupnya. Siap disantap bareng keluarga/teman"

500 g