Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor ayam+tahu yang Bikin Ngiler

Dipos pada February 28, 2022

Opor ayam+tahu

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor ayam+tahu yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Opor ayam+tahu yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor ayam+tahu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor ayam+tahu bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor ayam+tahu biasanya untuk 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor ayam+tahu diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam+tahu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam+tahu memakai 19 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

lngs aja ya mom, resep dr mertua πŸ˜‹

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam+tahu:

  1. 4 potong sayap ayam negri
  2. 4 buah tahu
  3. santan(ak pake kara 40 ml)
  4. secukupnya air
  5. 1 buah daun salam
  6. secukupnya lengkuas geprek
  7. 3 lembar daun jeruk
  8. secukupnya gula jawa
  9. 1 batang serai geprek
  10. bumbu yg dihaluskan :
  11. secukupnya bwng merah
  12. secukupnya bwng putih
  13. 2 ruas kunyit bakar
  14. 2 biji kemiri sangrai
  15. secukupnya ketumbar sangrai
  16. secukupnya jinten
  17. secukupnya merica
  18. pelengkap :
  19. bawang goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam+tahu

1
Tumis bumbu halus, tambahkan serai, daun salam, lengkuas, daun jeruk
2
Masukkan ayam, tumis sampai berubah warna
3
Masukkan juga tahu, tambah air dan santan, masukkan garam, kaldu bubuk, gula jawa
4
Kalau sdh matang, taburi bawang goreng

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam kampung tidak alot

Opor Ayam kampung tidak alot

Nihaw Mommy semua seleruh indonesia ,kali ini saya mau bahas opor ayam kampung.Mommy pasti banyak yang ngalamin rebus ayam berjam-jam alhasil masih alot😌. Nih saya mau bagi ilmu masak ayam kampung tanpa di rebus tapuli daging nya lunak sekali gigit langsung lepas dari tulangnya.tanpa di rebus tanpa metode 5307 juga.

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
Opor Telur Puyuh

Opor Telur Puyuh

Opor resep Ibu sy bedaaa banget sama resep opor yg biasa sy makan d Jakarta. Kalau punya ibu kuahnya sedikit pedas dan merah serta ada cengkehnya. Kalau yg d sinikan kuning. Punya ibu juaraaa bngt lho. Apalagi klw pake ayam kampung...hmm...jd kangen masakan ibu. Opor telur puyuh ini nggak pake cabe yaa karena yg makan anak2. Si kecil soalnya doyan makanan berkuah gurih spt ini, rawon dan soto jg doyaaan. Resepnya sederhana aja. Yg mewah cintanyaa...hihihi

Bumbu Opor

Bumbu Opor

Ceritanya kemaren dikasih temen aneka bumbu, ada bumbu opor, balado, soto dan bisti. Nah semenjak ada tu bumbu masak berasa lebih praktis dan tentunya kita pun semangat masak hihiii.... Berhubung sekarang sdh habis tu bumbu makay kita nyoba bikin sendiri, tentunya dgn resep ma tu temen wkwkwkw Seperti biasa supaya saya ingat makay di simpan di sini🀭

Opor ayam putih

Opor ayam putih

Resep ini merupakan gabungan dari resep-resep favorit saya. Pala, jinten, cengkeh dan daun jeruk memberikan cita rasa yang sangat membuat resep opor ini berbeda dari resep-resep yang lain. Kunci dari masakan ini adalah takaran garam dan gula yg tepat. Jangan memasaknya terlalu kental, matikan api sesaat sebelum kuahnya mengental karena akan mengental saat opornya dingin.

4 - 6 porsi
60 menit
Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Suamiku lbh suka telur bebek n diceplok, lha si kecil saya masakin opor telur kampung rebus...jd rebus vs ceplok deh :-)

4 porsi
30 menit
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Ceritanya saya lagi kepengen banget makan opor ayam nih, karena jujur sejak ibu saya gerah (baca: sakit), beliau enggak pernah lagi masak opor ayam kalau Lebaran tiba 😒 Padahal masakan apapun kalau yang masak ibu pasti selalu enak, karena dimasak dengan cinta, bener kan bunda? 😊 Untuk mengobati rasa kangen saya pada opor buatan ibu, saya cari resep dari website MasakApaYa.com dan lihat ada resep opor tahu telur. Kenapa enggak pake ayam, karena sebelumnya sudah masak ayam, jadi kali ini opornya pakai tahu dan telur saja, biar beda.. Resep saya modifikasi sedikit ya..

Ngidam opor ayam

Ngidam opor ayam

Kpngn bngt opor tpi pngn bkin sndriii

Opor Ayam

Opor Ayam

Menu masakan siang ini... Dimasak dengan hati dan cinta Alhmdulillah nikmat...🀀

12 potong
Opor ayam

Opor ayam

60 menit
Ketupat Kuah Opor Kuning

Ketupat Kuah Opor Kuning

Sebelum berangkat upacara hari kesaktian pancasila td pagi ada yg ngodeee...pulang upacara enak kali yaa mih makan ketupat pke opor...hahhhhaa...niat hati weekend kali ini mau nyantaiii, istirahat dr dunia masak memasak tp apalah dayaku klo bapak negara udh ngodeee...g berani nolak takut g dikasih duit bulanan😜😜😜akhirnya plng upacara di polres langsung ngacirrr ke pasar...nyampe pasar udh siang 😀😀😀 g kebayang ntr mateng jam berapa, yowes akhirnya aku putuskan kuah ketupatnya pake kuah opor aja, g usah pke sayur2 ketupat segala...kelamaan nti masaknya...πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚kuah opornya aku buat agak encer klo kekentelan yg ada nti malah enek sama santan...

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Opor ayam resep ibuku

Opor Ayam Tempe Kuning

Opor Ayam Tempe Kuning

Pengen banget makan opor ayam, contek resep di sajian sedapku, cuma ditambah koropelik dan tempe saja, langsung eksekusi di dapur. Suka banget rasanya beneran kayak opor. Dulu bikin opor kadang rasanya malah jadi gule ayam. Karena yang ini sudah pas banget dilidah, catat aja deh di cookpad.

16 porsi
20 menit
OPOR PEPAYA MUDA campur TETELAN & TAHU (gandul santan)

OPOR PEPAYA MUDA campur TETELAN & TAHU (gandul santan)

Kenapa dinamain opor, karena bumbunya bukan bumbu santan yang biasanya saya masak, ada tambahan kencur,lengkuas,dan ketumbar yang ikut partisipasi ^_^ simple, gurih, enak.

4 porsi
30 menit
Opor Ayam Putih Simple

Opor Ayam Putih Simple

Menu lebaran kemarin, abis sholat Ied langsung makan bersama, sekalian syukuran ultah Mas (anak sulung). Tp sekeluarga doang sih yg makan2 πŸ˜€πŸ˜€. Walopun namanya opor putih tp tetep make kunyit walopun ga sebanyak opor kunibg, biar aroma apek ayam hilang, dan menambah aroma masakan...