Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Ketupat sayur yang Lezat Sekali

Dipos pada March 12, 2022

Ketupat sayur

Sore-sore begini enaknya membuat Ketupat sayur yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Ketupat sayur yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ketupat sayur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Ketupat sayur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat sayur memakai 18 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lg pgn banget mkn ketupat sayur, tp krn lg bulan puasa jd gk buka, y udh jd masak aja πŸ˜…

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat sayur:

  1. Sedikit tetelan, rebus hingga empuk.
  2. 2 buah labu siam uk sedang, kupas..potong bentuk korek api
  3. 4 lonjor kacang panjang, potong kecil2
  4. Sedikit tempe, potong kotak kecil
  5. 1 buah kentang uk sedang, potong kotak kecil
  6. 1 lembar daun salam
  7. 2 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  8. 1 batang serai, geprek
  9. Secukupnya garam, kaldu bubuk, lada halus
  10. 1 buah santan kara yg kecil
  11. Bumbu halus
  12. 3 buah cabe merah (rebus terlebih dahulu)
  13. 4 siung bawang merah
  14. 2 buah bawang putih
  15. 1/2 ruas kunyit (sy pk kunyit bubuk)
  16. Sedikit ebi
  17. Sedikit terasi
  18. 2 butir kemiri (sangrai dulu)

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat sayur

1
Rebus tetelan, buang air rebusan pertama untuk menghilangkan kotoran dan bau..lalu rebus kembali hingga empuk...
2
Selagi kita menunggu, tetelan empuk..tumis bumbu halus bersama daun salam, daun jeruk dan serai, hingga benar benar harum..setelah benar2 harum..masukkan dlm rebusan tetelan, apabila air sudah menyusut tambahkan air lagi, tunggu mendidih. Masukkan kentang dan tempe..garam, kaldu dan lada..tunggu hingga kentang setengah empuk, masukkan lagi kacang panjang dan labu..tunggu hingga mendidih..masukkan santan, aduk kembali..tunggu hingga semua matang dan bumbu meresap...
3
Setelah matang, cek rasa..sajikan dengan ptongan ketupat taburi bawang goreng..maknyoooos πŸ˜†

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat simple

Ketupat simple

pngn bngt bikin ketoprak,tpi lom prnh bikin ketupat sblmnya tdinya mau pke nasi aja tpi kta si mbeb "masa ketoprak pke nasi",ya sdh aku nekatkan untk bikin stlh kubek"inet aku simpulkan bikin dngn sprti ini tpi alhamdulilah jadi jga ye......

Sayur Ketupat Simple

Sayur Ketupat Simple

Cocok untuk lebaran sebagai kuah ketupat, dan teman makan uli/ulen kalau sudah surut airnya jadi bebeye (nama dikampungku). Isinya bisa pepaya muda dan kacang panjang, labu atau kentang. Saya tambahkan tetelanπŸ˜‹ Ini resep asli nya dari Dapur Ade #RememberGenkPeDa_DapurAde https://cookpad.com/id/resep/14936002-sayur-ketupat-simple-cocok-buat-lebaran?invite_token=otu2eYzYkYcdJwFqkwW68F2c&shared_at=1619652535 Tips dari Mamak Ade mamaknya #GenkPejuangDapur notes: - pepaya muda bisa diganti labu siam - gunakan kacang panjang yg besar2 dan berwarna hijau muda, bukan kacang panjang utk tumisan - ebi bisa diganti rebon, sebagian orang senang pakai terasi, saya tidak suka terasi😷dan krn ada bau khas terasi yg ga match sm sayurnya, kembali ke selera☺️ - kalau mau lebih awet, semua sayur dikukus dulu. - untuk lebih pedas bisa ditambahkan cabenya, usahakan cabe merah keritingnya agak banyak spy warnanya cantik. Seru2an turut meramaikan #GASpesialRamadanPeDa di #GenkPeDa_Eksis dengan tema makanan khas lebaran daerah πŸ₯° buat nongkrong di #KampoengRamadan #KampoengRamadhan #CookpadCommunity_Depok #PekanPosbar #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

Opor AYAM

Opor AYAM

Sumber vemale.com

5 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung, Tofu, dan Telur

Opor Ayam Kampung, Tofu, dan Telur

Saya selalu beli ayam kampung buat dibikin kaldu lalu dikemas dlm plastik, simpan di freezer. Ayamnya yg sdh pasti super duper empuk (krn direbus api kecil sejam lebih) akan saya olah lg jadi masakan lain, salah satunya dibikin opor ayam, tinggal ditambah telor dan tahu, makan pake lontong, nikmatnya berasa kayak lebaran #dipoto telornya uda ludes duluan πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Kukis Ketupat

Kukis Ketupat

Alhamdulillaah, ketupatku udah mateng, tapi dalam bentuk kukis, maaaak .. βœŒπŸ˜‚

30 pcs kukis
1.5 jam
Lontong/ Ketupat Express

Lontong/ Ketupat Express

Suka lontong/ ketupat tapi gak bisa buatnya anyone???? Km gak sendirian (toss!) karena ampe sekarang sy jg belum bisa bikin ketupat sendiri..h ehehe Banyak makanan indonesia yang menggunakan lontong/ketupat sebagai bahan pelengkap atau malah bahan utamanya. Tekstur yang lembut tapi padat emang butuh ketelatenan dan keahlian untuk membuat ketupat ato lontong. Sebenernya di pasar tradisional juga sering liat yang jual lontong/ketupat yang sudah jadi tapi beberapa kali coba beli suka ngerasa kecewa karena ternyata lontong/ketupatnya tidak sesuai harapan. Biar lebih aman dan yakin sehat mending bikin sendiri aja. Hasil googling trnyata ada loo cara mudah bikin ketupat/lontong sendiri,walau memang teksturnya gak sebagus aslinya tapi waktu kemaren bikin sate padang pake ketupat ekspress ini dapet pujian loo dari suami, katanya ketupatnya enak..penasaran? yuuk cobain bikin..

Opor Ayam (Sayap)

Opor Ayam (Sayap)

Suami tiap kali pulang sllu pengen dimasakin opor ayam khusus swiwi kalau org jawa bilang. Indonesianya sayap heheheee..

60 menit
Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Rasanya ngga afdol yaa kalo Lebaran ngga ada ketupat, ayok kita buatπŸ˜πŸ˜‰ #siapramadhan #jemputrejeki

Sayur Kupat

Sayur Kupat

Belum lebaran sih tp gpp kan masak duluan ? Hahaha

Ketupat opor ayam kuah susu

Ketupat opor ayam kuah susu

Ini resep coba-coba, tapi ternyata enak juga opor pake kuah susu, apalagi ditambah rawit merah utuh yang direbus bareng sama kuah nya.

5-7 orang
45-60 menit
Ketupat magiccom

Ketupat magiccom

Karna lebaran dirumah saja jd buat opor ayam sama ketupat dan karna tak ada janurnya alhasil pakai magiccom 🀭

Sayur Ketupat Lebaran

Sayur Ketupat Lebaran

Edisi lebaran nih, karena g bisa mudik jadi bikin sayur lebaran sendiri,hehehehe. Biasanya kalo dirumah pakenya pepaya muda ya, tapi karena ditempatku susah nyarinya jadi ku ganti pke labu siam πŸ˜‚ Karena aku pakenya labu siam, jd agak mirip kaya sayur lodeh ya tampilannya, cuma bedanya yg ini pedes sayurnya, kalo lodeh ga pedes πŸ˜† Aslinya enak pake pepaya muda ya, dia ga cepet lembek/ lodoh gt Terus untuk kuahnya enaknya pake santen asli ya yg kelapa parut, tapi karena daku males marutnya jadilah pake santen bubuk ama santen kara πŸ˜‹ Lontongnya udah beli jadi ya buibu, hehe . Selamat mencoba 😊 #PejuangGoldenApron3 #Minggu50

Bubur/ Ketupat Sayur

Bubur/ Ketupat Sayur

Mungkin bagi beberapa orang ketupat sayur sudah biasa. Namun bagaimana jika kegemaran suami lebih suka bubur dari pada ketupat? Akhirnya saya membuat resep ketupat sayur dengan mengganti bahan ketupat menjadi bubur. Jadilah bubur sayur untuk sarapan kami pagi ini. Perpaduan ini ternyata nikmat diluar dugaan saya, dan tentunya suami mengatakan " enak kan pake bubur, hehehe"

6 porsi
Ketupat Kandangan Khas Kalimantan Selatan

Ketupat Kandangan Khas Kalimantan Selatan

Assalamualaikum. Pagi semuaaa ❀❀Ini makanan salah satu khas daerah dari HSS (Hulu Sungai Selatan) yang sering di kenal Kandangan. Salah satu daerah di Kalsel. Pas bangett nenek berasal dari kandangan. Resep turun temurunπŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„ dan baru kali ini coba bikin buat challenge Kalsel #RasaBanua kami neh😍😍 #RasaBanua #BamasakBaimbai #CookpadCommunityBanjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kalsel #PejuangGoldenApron3

Bakso kupat

Bakso kupat

Kata temen2 "lebaran blm afdol tanpa ngebakso".haha quote ini yg memotivasi bwt bkn bakso sendiri.kebetulan emak jualan daging lebaran ini.ya udah sisain dikit langsung d bawa ke penggiling daging.pas masukin k tukang penggiling jgn lp blg "nda usah pke MSG ya".hehe. Jadi d resep ini ga jelasin bkn pentol bakso nya ya.tp kuah nya sm pelengkapnya.hehe Untuk resep sambel dan tahu bakso akan d post menyusul.

Ketupat, Opor Ayam Telur dan Sambal Goreng

Ketupat, Opor Ayam Telur dan Sambal Goreng

Kalo di Jawa Tengah, seminggu setelah hari lebaran ada tradisi namanya lebaran kupat. Alhasil, ikut2an bikin kupat opor utk ikut melestarikan budaya jawa..

6 porsi
1.5 jam