Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Bubur/ Ketupat Sayur yang Anti Gagal

Dipos pada March 10, 2022

Bubur/ Ketupat Sayur

Sore-sore begini enaknya membuat Bubur/ Ketupat Sayur yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Bubur/ Ketupat Sayur yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bubur/ Ketupat Sayur, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Bubur/ Ketupat Sayur enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Bubur/ Ketupat Sayur yaitu 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bubur/ Ketupat Sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bubur/ Ketupat Sayur memakai 27 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mungkin bagi beberapa orang ketupat sayur sudah biasa. Namun bagaimana jika kegemaran suami lebih suka bubur dari pada ketupat? Akhirnya saya membuat resep ketupat sayur dengan mengganti bahan ketupat menjadi bubur. Jadilah bubur sayur untuk sarapan kami pagi ini. Perpaduan ini ternyata nikmat diluar dugaan saya, dan tentunya suami mengatakan " enak kan pake bubur, hehehe"

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bubur/ Ketupat Sayur:

  1. 1 bh labu siam, potong memanjang 1,5cm
  2. 6 bh buncis
  3. 3 cm lengkuas, geprek
  4. 1 batang sereh, geprek
  5. 2 lbr daun salam
  6. 1 sachet santan instan
  7. 2 sdm garam, (santan dapat menyerap rasa asin garam. maka harus berani koreksi rasa garam yang sedikit lebih banyak)
  8. 1,5 sdm gula pasir
  9. 1 sdm kaldu bubuk
  10. 600 ml air matang
  11. Bumbu Halus :
  12. 5 bh bawang merah
  13. 3 bh bawang putih
  14. 5 bh cabe merah keriting
  15. 3 bh cabe rawit
  16. 3 cm kunyit
  17. 3 sdm minyak goreng
  18. 1 bh kemiri, di oseng kasar tanpa minyak terlebih dahulu
  19. Bahan Bubur :
  20. 600 gram nasi matang
  21. 1 lt air
  22. 1 sdt garam
  23. 1 sdt lada bubuk
  24. 1 sdt kaldu bubuk
  25. Bahan Pelengkap :
  26. Telur Balado
  27. Kerupuk

Langkah-langkah untuk membuat Bubur/ Ketupat Sayur

1
Langkah Masak Bubur : Masak dalam panci nasi matang dan berikan air. Aduk terus hingga nasi mulai mencair dan lunak. Setelah tekstur nasi melunak berikan garam, lada, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa dan tiriskan. (Untuk 2 orang)
2
Langkah Masak Sayur: Bumbu halus ditumis hingga harum di dalam wajan. Tidak lagi menggunakan minyak goreng, dikarenakan saat menghaluskan bumbu sudah disertai dengan minyak goreng. Fungsi menumis agar warna kuah sayur tetap menjadi merah oranye bukan kuning.
3
Setelah bumbu halus di tumis harum, masukkan daun salam, sereh, lengkuas dan kembali di aduk rata. Kemudian masukkan air matang kembali di aduk rata, lalu masukkan santan.
4
Aduk merata kuah sayur yang telah dimasukkan santan. Lalu masukkan buncis dan masak hingga setengah matang, berikan garam, gula, dan kaldu bubuk. Koreksi rasa. (Disini santan bersifat menyerap rasa garam, dan gula. Maka harus berani bermain garam dengan tetap sering dikoreksi rasa hingga yang di inginkan).
5
Saat rasa sudah sesuai, masukkan labu siam yang sudah di potong. Labu siam masuk terakhir agar tidak hancur. Masak hingga labu siam matang, tiriskan.
Bubur/ Ketupat Sayur - Step 5
6
Langkah Penyajian : Letakkan bubur, siram dengan kuah dan sayur. Sajikan dengan telur balado dan kerupuk. Siap di hidangkan.
Bubur/ Ketupat Sayur - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

10. Ketupat

10. Ketupat

Makanan wajib dikeluarga saya setiap merayakan hari raya idul Fitri / idul adha.

Ketupat Sayur Betawi

Ketupat Sayur Betawi

Pas saat lebaran ❀️🀣 (kalau ga ada pepaya mengkel, labu siam pun bisa) #PejuangGoldenApron2

1-3 orang
15-30 menit
Sayur Ketupat Betawi Asli

Sayur Ketupat Betawi Asli

Bismilahirrahmanirrohim......sayur pepaya ini semakin dihangatkan semakin enak. Resep ini didapat dr ibu mertua 😍. Dan dengan bahan dasar pepaya muda ini tidak mudah hancur sayurnya . 😍 #kualiemak #KampoengRamadan #cookpadcommunity_bekasi #cookpad_id

Ketupat sayur

Ketupat sayur

Lg pgn banget mkn ketupat sayur, tp krn lg bulan puasa jd gk buka, y udh jd masak aja πŸ˜…

Ketupat

Ketupat

masih suasana lebaran ajaaa 😍😍 Ellen's Kitchen mengucapkan Taqobalallahu minna waminkum, Taqobbal yaa Karim πŸ€—πŸ₯° mohon maaf lahir dan bathin πŸ™πŸ½πŸ™πŸ½πŸ™πŸ½ hari raya Idul Fitri 1442 H jatuh pada tanggal 13 Mei 2021 saat sehari sebelum hari raya yaitu tgl 12 Mei 2021 saya sudah membuat ketupat, dan di tgl 14 Mei 2021 Ketupat masih baikΒ² saja alias tidak basi, udah gitu saya masak.nya 2 tahap perebusan jadi hemat waktu juga hemat gas dengan metode 15.30.15 semoga menjadi inspirasi bagi temanΒ² cookpaders lainnya 😚β™₯️ note : saya masak ketupat ini hanya menggunakan panci kukusan biasa ya temanΒ², share.nya sesudah lebaran 🀭 sorry..πŸ™πŸ½πŸ˜š

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Menikmati opor tidak mesti nunggu lebaran ya ☺ Yuk bikin opor ayam

Ketupat

Ketupat

Karena g mau ribet nambahin air terus. Saya masak ketupat ini dgn magic com. Rasanya g kalah enak dgn ketupat yg dimasak dgn dandang.

180 menit
Pulen nya ketupat lebaran presto isi kacang merah

Pulen nya ketupat lebaran presto isi kacang merah

Membuat ketupat klu jaman sy msh kecil bikin nya lamaaa banget...u jaman sekarang semua serba gampang n mudah seiring dgn berkembangnya tehnologi... saya sll membuat ketupat menggunakan PANCI PRESTO..juga saat bikin nasi ayam hainnan ... cepat...gampang dan tdk ribet..rasanya juga puleeennn buangettt... Saat anak saya msh kecil sy suka membuat makanan yg menarik perhatian nya biar dia lahap makan nya...salah satu nya ketupat... sy coba bikin ketupat yg tdk polos saja...tp ada isi nya..akhirnya sy masuk kan kacang merah di dalam ketupat..sy tambah garam saat merebusnya..jd rasanya tdk hambar...alhamdulillah si kecil saya yg wkt itu msh SD sangat menyukai sampai sekarang ...yg mana si kecil sdh dewasa dan sdh bekerja..dia sll minta ketupat isi klu lebaran Ketupat yg saya buat menggunakan presto hanya setengah jam kemudian setengah jam lg...rasanya puleeeennnn ...enak pake buangetttt...bisa awet sampai 3hr... Langsung cuzzz yuuuk

10 ketupat
1 jam
Ketupat Betumis a.k.a Ketupat Sayur

Ketupat Betumis a.k.a Ketupat Sayur

Bismillah Minggu terakhir di bulan ramadhan 28 hari sudah menjalani ibadah puasa Menu ini tersaji setelah 1 Minggu berpuasa, Abah rindu masakan bersantan karena kebiasaan sarapan lontong setiap pagi 😁 Alhamdulillah saya membuat dengan porsi banyak karena memang niat untuk berbagi πŸ€— dan bisa untuk berbagi tetangga dan saudara . . . #PejuangGoldenApron3 #PekanPosbarSayurLebaran #BamasakBaimbai #BahariRaya #KualiEmak #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Kalsel #CookpadCommunity_Borneo

Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

tadi pagi kepengin ketupat sayur , akhirnya eksekusi , setelah matang malah jadi kepengin baso urat πŸ˜‚ duhh piye iki

Opor Ayam

Opor Ayam

4 porsi
60 menit
Ketupat

Ketupat

Ketupat salah satu menu yg wajib ada dirmh tiap hari raya Idul Fitri, kalau lebaran gak ada ketupat rasanya ada yg kurang. Buat yg blm prnh bkn ketupat, pasti takut hasilnya nanti keras & berbentuk spt nasi. Alhamdulillah dg cara yg diajarin mama ini, tiap kali bikin ketupat sendiri​ sll berhasil, ketupatnya lembut, pas gak terlalu lembek/keras. Udah gitu awet gak gampang basi moms, bs bertahan smp 2-3hr lho 😁

20 buah
Ketupat Hemat Gas metode 5.30.7

Ketupat Hemat Gas metode 5.30.7

Penasaran bingiit sama resepnya Mimi 4A Cookery/Novi dan ngerasa ga yakin.. Karena biasanya saya merebus ketupat minimal 1 jam dengan panci presto. Niatlah saya buat nyoba eksekusi sebagai pendamping Sayur Pepaya kemarin. Dan ternyataaa... asli bagus banget hasilnya.. 😍😍 Pulen banget ky ketupat yg biasa saya rebus ngabisin gas itu.. 🀭🀭 Aseeekk.. jd Lebaran besok InsyaAllah udh pnya resep ketupat baru deh yg ga boros gas.. Makasih resepnya Mimi Novi.. β™₯️β™₯️ #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya #CookingWithHeart

Ketupat metode 15.30.30

Ketupat metode 15.30.30

Bismillahirrahmanirrohim.....ingin bikin sendiri ketupat yg gak pake lama...boleh jg cara seperti ini. Selain ngirit waktu jg ngirit gas 😁😍 #kualiemak #KampoengRamadan #cookpadcommunity_bekasi #cookpad_id

20 bh ketupat
Sayur ketupat khas Cilegon

Sayur ketupat khas Cilegon

15 hari Romadhon buat ketupat sayur. Walaupun kulit Tangkil harganya mehong, tetep wajib pake. Katanya itu khas Cilegon. Okelah kita eksekusi...biar misua suka.

Ketupat / Lontong Sayur Ekonomis

Ketupat / Lontong Sayur Ekonomis

#deebelindacooks

3 orang
20 menit