Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Ayam Terik yang Sempurna

Dipos pada March 1, 2022

Ayam Terik

Sore-sore begini enaknya membuat Ayam Terik yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Ayam Terik yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Ayam Terik, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ayam Terik enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Sekedar tambahan, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Ayam Terik diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ayam Terik sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ayam Terik memakai 14 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kalo bikin terik lebih suka yg nyemek- nyemek. Rasanya lebih gurih sedep. Enak juga kalo ayamnya bagian sayap ato ceker dipotong kecil. Ngresep gurih sampe tulangnya πŸ˜‚πŸ˜‚

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ayam Terik:

  1. 1/2 kg ayam, potong bersihkan
  2. 8 potong tahu goreng jangan terlalu kering
  3. 6 siung bawang merah
  4. 4 siung bawang putih
  5. 4 buah kemiri
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 2 cm kunyit
  8. 3 lbr daun salam
  9. 2 buah sereh, geprek
  10. 15 buah cabe rawit
  11. 1 bks santan kara 65gr
  12. sesuai selera garam
  13. sesuai selera gula
  14. secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Ayam Terik

1
Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, garam, gula, kunyit
2
Tumis hingga harum. Masukkan ayam biarkan hingga airnya keluar lalu airnya berkurang. Tambahkan sereh, dan daun salam. Tambahkan santan dan sedikit air, saya lebih suka nyemek- nyemek gak terlalu berkuah.
3
Tambahkan tahu biarkan hingga mendidih dan air berkurang/ keluar minyaknya. Tambahkan cabe rawit. Matikan api. Sajikan

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam khas NTB

Opor ayam khas NTB

Lezaaaaaattt dan enak banget

Opor Ayam

Opor Ayam

Horeee balik lagi mulai kedapur, sebelomnya males binti lemah ke dapur, poko nya gk suka ama segala peralatan yg ada didapur,karna lagi hamil 3 bulan moms..ada aja malesnya, kdg mabok, kdg gk suka bau ikan, bawang goreng, ah warna warni hamidun begitu.. Skrg udh nginjak trimester dua udh mulai ke dapur lagi deh hehee, nyoba buat opor ayam walo lebaran masih sebulanan lagi wkwkwk pemanasan dulu deh.. Yuk dicobaa

Bubur Lemu Terik Tahu (bubur nasi)

Bubur Lemu Terik Tahu (bubur nasi)

Ceritanya gigi geraham saya baru numbuh jd gusi sakit pakek banget kl buat maem, jadi bikin bubur lemu biar ga perlu ngunyah tinggal telen😊😊😊

Bubur Lemu Sayur Terik

Bubur Lemu Sayur Terik

Bubur ini saya buat untuk sarapan tadi pagi, bubur lemu yang saya buat ini khas dari kota Solo, biasa disajikan bersama sayur tumpang, sayur krecek atau juga sayur terik. Saya memilih menyajikan dengan sayur terik. Sayur terik di Solo biasa memakai tahu putih atau kuning. Karena saya tidak punya, maka saya ganti dengan tahu coklat. Soal rasa, sama enaknya.

6 porsi
90 menit
Opor ayam ala ala bujang

Opor ayam ala ala bujang

Punya bumbu jadi opor merk bamboe, diolah dan ditambah supaya lebih enak

Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
Opor ayam ala momy irham

Opor ayam ala momy irham

Bosen dengan ayam krispy,hari ini ganti sama opor ayam indofood 😊

Opor Ceker Ayam #Ketopad_CP_CekerAyam

Opor Ceker Ayam #Ketopad_CP_CekerAyam

#WeekendChallenge untuk minggu ini yaitu Sabtu , 14 April 2018 dengan tema Ceker Ayam . Berikut manfaat mengkonsumsi ceker ayam : 🐀 Kaya akan KOLAGEN (berguna untuk elastisitas kulit) . 🐀 Memelihara sendi . 🐀 Mengurangi resiko tulang rapuh . 🐀 Mempercepat penyembuhan cedera . 🐀 Menyehatkan saluran pencernaan . 🐀 Menjaga kesehatan kuku . 🐀 Menyehatkan gusi . 🐀 Meningkatkan sistem kekebalan tubuh . 🐀 Membentuk probiotik alami . 🐀 Menyeimbangkan hormon tubuh . 🐀 Mencegah kerusakan jaringan tubuh . Dan berbagai manfaat lainnya .

2 mangkok
Opor ayam

Opor ayam

Ceritanya bingung mau bikin lauk apa lagi buat Resha kesayangan mamakkk... Tapi inget kalo encha suka sama opor oke kita eksekusi opor aja yaaa....

Opor ayam (pelengkap Sego liwet)

Opor ayam (pelengkap Sego liwet)

Opor ayam bisa disajikan dengan lontong atau nasi putih/nasi liwet. Kali ini saya buat utk teman nasi liwet, biar lebih sedap dan legit.

8 - 10 porsi
30 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Abon (anak bontot) saya hobbynya makan ayam. Kali ini dia minta dibuatin opor ayam. Biasanya opor ayam berwarna putih tapi kali ini saya beri kunyit sehingga berwarna kuning biar "eye catching" kalo difoto πŸ˜†

8 potong
OPOR PEPAYA MUDA campur TETELAN & TAHU (gandul santan)

OPOR PEPAYA MUDA campur TETELAN & TAHU (gandul santan)

Kenapa dinamain opor, karena bumbunya bukan bumbu santan yang biasanya saya masak, ada tambahan kencur,lengkuas,dan ketumbar yang ikut partisipasi ^_^ simple, gurih, enak.

4 porsi
30 menit
Opor Ayam SimpelπŸ’•

Opor Ayam SimpelπŸ’•

Resep ala ibu ini enak, lezaaat, & tanpa MSG.. Yuk cobaπŸ‘

Opor Ayam

Opor Ayam

Source : Bunda Ei @cookpad "Opor Ayam" πŸ™ Haturnuhun resepnya ya Bunda 😊😘 Selama ini sy ganti2 resep setiap kali bikin opor, hehe. Alhamdulillah dg resep Bunda Ei ini paksu merasa cocok dan pas katanya πŸ‘Œ Sehingga sy simpan dalam gallery resep sy. Berikut bahan sesuai yg ada di rumah ya. Resep asli mohon mengunjungi akun Bunda Ei di atas πŸ™πŸ˜‡ β–ͺWed.18/Apr.2018β–ͺ

Kicik/terik daging sapi resep mertua

Kicik/terik daging sapi resep mertua

Ini resep turun temurun dari mertua..masakan khas yg slalu ada di setiap hari raya dan semua kelg sudah pasti menanti masakan ini untuk segera disantap..lbh nendang kalo makan nya sambil nyolek sambal goreng bawang tomat...boleh aja loh kalo mau nyoba..ga bakalan nyesel deh.