Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam yang Lezat Sekali

Dipos pada February 28, 2022

Opor ayam

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor ayam yang praktis Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Umumnya Opor ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor ayam, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya bingung mau bikin lauk apa lagi buat Resha kesayangan mamakkk... Tapi inget kalo encha suka sama opor oke kita eksekusi opor aja yaaa....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam:

  1. 1/2 ekor ayam
  2. 3 siung baput
  3. 5 siung bamer
  4. 1 ruas jari kunyit
  5. 1 ruas jari jahe
  6. 2 butir kemiri
  7. secukupnya ketumbar
  8. 2 lembar daun jeruk
  9. 2 batang sereh
  10. secukupnya gula merah
  11. secukupnya garam
  12. sedikit gula putih
  13. sedikit penyedap (aku pake royco rasa ayam)
  14. 1 bungkus santan (aku pake kara)

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam

1
Siap kan bahan bahan dan haluskan boleh di blender tapi kalo q lebih suka di ulek
Opor ayam - Step 1
2
Tumis semua bahan
Opor ayam - Step 2
3
Masukan air tunggu sampe mendidih dan masuk kan ayam
Opor ayam - Step 3
4
Setelah ayah empuk masukkan santan dan penyedap jangan lupa di cicipin yaaa
Opor ayam - Step 4
5
Opor siap di hidangkan
Opor ayam - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Opor Ikan Telang & Kulit Sapi

Awalnya saya ingin masak opor ikan telang saja, tapi kata paman sayur ada kulit sapi murah bisa dicampurin. Akhirnya, saya coba dan enak banget. Itu aja sih.

Opor Ayam Praktis

Opor Ayam Praktis

Lebaran idul adha kali ini stay drmh aja.. Si ayah pengen makan ketupat biar makin kerasa ala ala lebaran nya.. Nah untk temen ketupat yg paling ngangenin nuansa lebaran yaitu opor ayam nya.. Cuuss kepasar sbntar cari ayam, plg olah2 jadii deh.. Dan rasa nyaa mantaap 😁 si ayah sm si kakak lahaap bgt makan nyaa.. 😁😁

8 (orang)
45 menit
Opor Ayam Goreng

Opor Ayam Goreng

Sebenernya ini menu agak bingung sih karena pagi mau ke pasar kesiangan. Di kulkas ada ayam sisa br diungkep bentar aja blm dibumbuin. Mau digoreng krispi takutnya hambar bumbunya g masuk sampai dalem. Jadinya digoreng tp diungkep bumbu dulu deh. Bumbunya jg agak meraba-raba trus kata Ibu 'kok km kyk mau bikin opor? hmm.. tp kurang lengkap bumbunya' Aku pikir yaudahlah ya, yg penting mateng dan layak dimakan apapun namanya.

OPOR AYAM KUNING

OPOR AYAM KUNING

Resep opor ayam ini kesukaan suamiku yg biasa dibikinin sama nenek suami. Beda dari opor ayam umumnya tapi sangat sedap! Yuk di coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Opor ayam makanan kesukaan keluarga kami. Terutama di hari raya lebaran, menu ini adalah menu favorit. Gurih dan tidak pedas, sehingga anak anak pun bisa ikut menikmati..

5 porsi
30 menit
Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Opor Ayam Kampung dan Tahu Putih

Si sulung suka banget masakan yg berkuah santan. Terutama opor ayam. Dan ini merupakan menu utama di rumah ibukku saat lebaran. Disajikan dengan ketupat atau lontong Nyummy... Yg aku buat kali ini ditambah tahu krn di kulkas ayamnya hanya ada sebelah hehe. Kalau di rmh ibuku hanya ayam saja dan masaknya 10 ekor bahkan lebih. Ditambah lauk2 pendamping lainnya. Ketupatnya pun dibuat hingga 200 buah. Krn selain utk keluarga besar, jg utk tamu2 yg datang silaturahim. Jd opor ayam ini menu special di keluarga kami. Yg mau coba bikin opor ayam ala keluarga kami, ini dia resepnya.

4 porsi
60 menit
Opor kuning jantung pisang

Opor kuning jantung pisang

Dapat jantung pisang kepok dari teman, hmmm.. Langsung deh bikin sayur, kt anak2 enak kaya makan opor ayam😊😊

Opor ayam ala ala bujang

Opor ayam ala ala bujang

Punya bumbu jadi opor merk bamboe, diolah dan ditambah supaya lebih enak

Opor ayam kampung tahu tempe

Opor ayam kampung tahu tempe

Mumpung Dady dirumah pengin masak opor bun.. Suruh kasih tempe.. Karena Dady pecinta tempe 😁

4 porsi
1jam
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Udah lama gak masak opor ayam, hari ini masak opor ayam tp saya tambahkan tahu dan kentang, supaya rame ada temennya hehehe

Terik Manis Hati Sapi

Terik Manis Hati Sapi

Resep ini merupakan resep favorit turun temurun dari keluarga :D

6 porsi
60 menit