Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Opor Ayam Kuning yang Sempurna

Dipos pada February 26, 2022

Opor Ayam Kuning

Bagaimana membuat Opor Ayam Kuning yang mudah Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Biasanya Opor Ayam Kuning yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor Ayam Kuning enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor Ayam Kuning biasanya untuk 8 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuning memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Abon (anak bontot) saya hobbynya makan ayam. Kali ini dia minta dibuatin opor ayam. Biasanya opor ayam berwarna putih tapi kali ini saya beri kunyit sehingga berwarna kuning biar "eye catching" kalo difoto πŸ˜†

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kuning:

  1. 1 ekor ayam (saya tidak pake sayap, kepala dan ceker)
  2. Santan dari 1/4 butir kelapa parut
  3. 1 bungkus santan bubuk
  4. 8 butir bawang putih
  5. 3 butir bawang putih
  6. 1 sdt lada
  7. 1 sdt ketumbar
  8. 3 butir kemiri
  9. secukupnya Garam + gula
  10. 1 ruas kecil kunyit
  11. 1 ruas kecil jahe
  12. 4 lembar daun salam
  13. 1 batang sereh ukuran besar
  14. Sedikit minyak goreng utk menumis bumbu

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kuning

1
Ayam dipotong dan dicuci bersih, masukkan panci presto (karena saya pake ayam kampung) beri bubuk santan yg sdh dicampur air + daun salam + sereh yg sdh digeprek + sedikit garam). Dipresto sekitar 15 menit.
2
Bumbu2 (bawang merah+bawang putih+kemiri+lada+ketumbar+kunyit+jahe) diblender hingga halus
3
Bumbu halus ditumis dengan sedikit minyak goreng tambahkan santan dr 1/4 butir kelapa. Masukkan potongan ayam yg sudah dipresto.
4
Masak hingga mendidih, jangan lupa beri garam dan gula pasir.
5
Opor ayam siap dinikmati dengan nasi panas. Yummy

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lontong opor ayam & sambal goreng hati

Lontong opor ayam & sambal goreng hati

Semalem mimpi makan lontong opor kayaknya enaaaakk.. Yaudah deh hari ini ceritanya mewujudkan mimpi jadi kenyataan.. 😁Mumpung suami libur, minta anter ke pasar buat beli bahan2nya.. . Ini mudah juga bikinnya.. Resep warisan mama.Yuk dicoba..

5 porsi
Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Opor telur kampung rebus vs telur bebek ceplok

Suamiku lbh suka telur bebek n diceplok, lha si kecil saya masakin opor telur kampung rebus...jd rebus vs ceplok deh :-)

4 porsi
30 menit
Kacang Panjang Ungu masak Opor

Kacang Panjang Ungu masak Opor

Awalnya aq dikasih iparku si Vera Kacang panjang ungu sempet bingung sih mau digimanain akhirnya asal2an aja masaknya dannn taraaa... Rasanya seperti opor ayam mantabbbssπŸ‘

kurleb 4 orang
10 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Menu masakan siang ini... Dimasak dengan hati dan cinta Alhmdulillah nikmat...🀀

12 potong
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Dikasi ayam kampung sama tetangga yg baik hati. Bapak yg nyembelih ayamnya, ibuk yg bersihin bulunya, aku yg masak, dan suami yg makan :D Dulu pertama bikin masi kurang gurih dan ayamnya kurang empuk. Yg ini ayamnya empuuk banget, kuahnya gurihh, santannya kentaall.. Hmm yummy

10 porsi
90 menit
Opor ayam

Opor ayam

Lebaran ber 2 sama suami, gak masak apa2 karena nanggung bsk nya mau mudik, mikir nyari mkn susah alhasil bikin opor ayam yg bahan nya gampang2 aja deh

5 porsi
40 menit
Opor Ayam Sehat

Opor Ayam Sehat

Masak apa? πŸ“ πŸ‘¦ : opoooor ayam yaaa Alhasil, langsung keluarin bahan, ulek2 goreng jadi deeh Difoto banyak bawang putih karena paling suka dengan bawang putih.. Dan banyak juga manfaat nya Caranya memang agak ribet, tapi kalau bisa buat gak amis, sehat dan enak. Kenapa enggak..?? Selamaaat mencobaaa

5-10 porsi
20 Menit
Opor ayam susu gurih

Opor ayam susu gurih

opor ayam perdana tanpa santan berhubung idul adha biasanya suka ada opor ayam nih πŸ˜‹

Opor ayam ala mama

Opor ayam ala mama

Aku ibu muda yang gak terlalu jago masak. Ceritanya suami request opor ayam. Tanya resep sama mama dan hasilnya not bad lah untuk percobaan pertama 😁

Terik Tahu

Terik Tahu

Ini pendamping jenang lemu yang saya buat karena belum persiapan tempe semangitnya jika mau masak sambal tumpang 😊

Opor ayam

Opor ayam

Di setiap lebaran keluarga kecil saya pasti selalu identik dengan rendang dan opor. Tapi tahun ini saya skip membuat rendang karena durasi memasaknya cukup lama, h3. Kali ini saya sharing cara membuat opor ayamnya saja ya. Mencoba dengan resep mba Endang http://www.justtryandtaste.com/2013/04/opor-ayam-la-my-mom-best-ever-opor-ayam.html#more yang ternyata rasanya mirip sekali dengan masakan almarhumah mama tercinta. Kekuatan masakan Ibu memang selalu di hati.

8 porsi
90 menit
Terik tahu, tempe, labu

Terik tahu, tempe, labu

Edisi ngabisin isi kulkas,,cuaca dingin juga.. Cocok dehh pake nasi anget. Di gambar,labu nya ga keliatan ya πŸ˜‚

4 porsi