Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana yang Sempurna

Dipos pada February 6, 2022

Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana yang gampang Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana yaitu 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, waktu yang diperlukan dalam memasak Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana memakai 21 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Jadi ceritanya dua hari ini saya kesiangan dan gak ketemu abang sayur. Sebelumnya udah sempet beli kentang ½ kg rencana mau bikin balado kentang. Kebetulan abis belanja bulanan bareng paksu dan beli telur ½kg. Karena lagi menyusui, saya mikir masak apa ya yang ada kuahnya. Tiba-tiba kepikiran opor telur, sekalian aja tambahin kentang deh. Ini pake bumbu seadanya di rumah, ada bumbu dapur tapi nggak lengkap, tapi soal rasa tentu gak jauh beda dengan resep yang bumbu full 😋 #SiapRamadan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana:

  1. 4 butir telur ayam
  2. 1 bh kentang ukuran sedang
  3. 1 bks santan instant (saya pakai santan bubuk sasa)
  4. 250 ml air
  5. Secukupnya minyak goreng
  6. Bumbu halus
  7. 5 siung bawang merah
  8. 3 siung bawang putih
  9. 1 jari kelingking kunyit
  10. 1 ruas jahe
  11. 1 sdt ketumbar
  12. 1 butir kemiri
  13. Bumbu Tambahan
  14. 1 ruas lengkuas, geprek
  15. 2 lembar daun salam
  16. 5 bh cabe rawit merah
  17. 1 batang sereh (saya diskip)
  18. 2 lembar daun bawang (saya skip juga)
  19. Bumbu Tabur
  20. Secukupnya garam, merica bubuk, penyedap rasa dan gula
  21. 5 butir bawang merah, iris lalu goreng

Langkah-langkah untuk membuat Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana

1
Rebus telur ayam. Saya menggunakan metode rebus 5-30-7 agar lebih cepat matang. Setelah itu, kupas kulitnya. Sisihkan.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 1
2
Kupas kentang. Saya pakai kentang ukuran sedang lalu saya belah menjadi 8 bagian. Cuci bersih, tiriskan. Siapkan 5 butir bawang merah, kupas lalu iris tipis.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 2
3
Siapkan minyak goreng secukupnya. Goreng bawang merah terlebih dahulu, lalu sisihkan. Setelah itu baru goreng kentang hingga matang kemudian goreng telur hingga kulitnya bertekstur. Bisa juga kalau tidak suka, telurnya tidak perlu di goreng lebih dulu.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 3
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 3
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 3
4
Sisihkan bahan. Lalu siapkan bumbu.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 4
5
Ulek bumbu halus dan siapkan bumbu tambahan lainnya.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 5
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 5
6
Larutkan santan bubuk. Saya pakai santan bubuk sasa, dilarutkan dengan air 250ml.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 6
7
Dengan wajan berbeda, gunakan api kecil, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus, lengkuas dan daun salam hingga harum dan matang agar tidak langu kunyitnya. Lalu setelah bumbu matang, masukkan larutan santan. Aduk-aduk perlahan hingga mendidih agar santan tidak pecah.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 7
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 7
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 7
8
Setelah santan mendidih, masukkan bumbu tabur. Tes rasa. Setelah itu aduk-aduk kembali. Masukkan bahan utamanya, telur ayam dan kentang goreng. Juga masukkan cabai rawit merah. Tunggu sebentar sebelum matikan api. Terakhir taburi bawang goreng. Siap disajikan.
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 8
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 8
Resep Opor Telur Ayam dan Kentang Sederhana - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Sumber: Blog Diah Didi ( https://bit.ly/2MgJOfo ) Opor ayam, makanan klasik khas Indonesia ini mayoritas pasti ada ketika Lebaran telah tiba... Paling afdol makan opor ayam memang didampingi lontong/ketupat dan sambal goreng kentang/ati ampela... Saya memakai ayam kampung supaya lebih gurih dan menambah cita rasa opor itu sendiri, karena opor ayam yang saya kenal dari kecil juga pasti memakai ayam kampung... Saya memang jarang sekali masak opor ayam, sampai-sampai belum pernah menerbitkan menu ini di akun cookpad saya... Tetapi bagi saya dan suami yang lahir di Jawa Tengah dan keturunan orangtua Jawa Tengah juga, opor ayam begitu kental menemani perjalanan hidup kami... #Tak lupa saya dan keluarga mengucapkan, "Selamat Hari Raya Idul Fitri - Mohon Maaf Lahir & Batin." 🙏🏻 #BerburuCelemekEmas #Resolusi2019 #SiapRamadan #AhlinyaAyam #HidanganAyamLebaran

4-5 Porsi
Opor ayam dan telor

Opor ayam dan telor

Berbagi resep yuk

Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillah... #minggu21 #berburucelemekemas #resolusi2019 #siapramadan #ahlinyaayam

Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Biasanya opor ayam itu dimasak pake ayam buras alias ayam kampung. Tapi kali ini sy pake ayam ras. Tips agar ayam buras rasanya gurih kya ayam kampung lumuri ayam sebelum diolah dgn taburan tepung terigu sedikit diamkn kurleb 10 mnt lalu bilas dgn air sampai bersih. Siap utk diolah.

Terik daging sapi tanpa santan

Terik daging sapi tanpa santan

resep dari Mama👩‍👧

Opor ayam homemade

Opor ayam homemade

Menu favorite keluarga saya,dengan resep sederhana.

2porsi
Opor ayam bumbu praktis

Opor ayam bumbu praktis

#AhlinyaAyam Kali ini nyoba bikin opor ayam pakai bumbu yang praktis, ternyata rasanya nggak jauh beda sama bumbu bikinan sendiri, berhubung lagi buru2 dan persediaan bawang habis, jadilah opor ayam praktis ini.

Opor ayam milk

Opor ayam milk

#BerburuCelemekEmas #resolusi2019 #3weekschallenge . . Santan yg di ganti susu ternyata ga kalah enak dan gurih loh bun #HariGiziNasional2019

Opor Putih, Ayam & Tahu (non msg)

Opor Putih, Ayam & Tahu (non msg)

Happy weekend Mom's.. Menu hari ini, cukup simple, sehat, dan endeees.. 😉✌

Opor

Opor

Opor selalu saya tambahkan telur, karena anak saya yang balita lebih suka telur opor daripada ayam opor. Resep yang simple and everybody can cook. #5resepterbaruku #serbaserbiayam #dapurgalia

10 porsi
60 menit
Opor Ayam Wortel (MPASI RF 1+)

Opor Ayam Wortel (MPASI RF 1+)

Pertama kali RF makan dengan bumbu yang rich. Alhamdulillah doyan.

1 porsi
Opor Ayam DaMuDza

Opor Ayam DaMuDza

Anak widhok request ayam opor sejak kemarin, akhirnya eksekusi hari ini. Biar first day of school after a long holiday nya gak bikin dia kaget, dan saat pulang sekolah tersaji menu kesukaannya bikin dia bahagia. #tantanganakhirtahun #masakditahunbaru

30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Bingung mau masak apa buat bekal suami nyangkul 😃😃 Dikulkas masih ada 4potong ayam (paha atas paha bawah) jadilah opor ayam permintaannya suami oiya opor ayam buatan @dapurrenkganis beda resep dari opor biasanya hehe cuma ditambahin kencur sedikit, jadi lebih mantul rasanya shaaay 👍👍👍 Let's get start it ..!

Opor Ayam

Opor Ayam

Lebaran Idul Adha menu wajib tetap Opor ayam dan ketupat. Kalo bikin sate kambing atau sapi itu menu tambahan judulnya😜

Opor Ayam Kuah Susu

Opor Ayam Kuah Susu

Di rumah masih banyak susu. anak anak sekarang udah jarang minum susu terutama anakku yang no 2 kl sm susu putih paling paling anti. saya bingung harus bagaimana caranya supaya bisa minum susu. akhirnya saya kepikiran untuk bikin opor ayam kuah susu. sebenarnya bikinnya minggu kemarin pas kontes hari gizi nasional tapi lupa di upload maklum emak emak repot sama anak anak dan jarang buka hp kecuali malem kl anak anak udah tidur dn kecuali kalau bener bener penting. bismillah ikutan ngeramein #3weekschallenge #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_depok #cookpadindonesia

Opor Telur Tahu

Opor Telur Tahu

Ide singkat menu makan siang wkwk

Opor ayam "jowo" resep simbok😘😘

Opor ayam "jowo" resep simbok😘😘

Resep tiap kali lebaran datang....

15 orang