Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Opor ayam kampung sederhana yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 1, 2022

Opor ayam kampung sederhana

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Opor ayam kampung sederhana yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Opor ayam kampung sederhana yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor ayam kampung sederhana, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor ayam kampung sederhana sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam kampung sederhana sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam kampung sederhana memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Suami potong ayam kampung, katanya pengen opor ayam khas ndeso. Hehee...

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam kampung sederhana:

  1. 1 ekor ayam kampung (potong sesuai selera, saya jadi 12)
  2. 7 siung bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 1 batang kunyit
  5. 1 batang jahe (geprek)
  6. 1 batang laos (geprek)
  7. 3 buah kemiri
  8. 4 lembar daun jeruk
  9. 3 lembar daun salam
  10. 1 sdt ketumbar bubuk
  11. 1 sacet lada bubuk
  12. 2 buah cabe merah
  13. 2 buah sereh (geprek)
  14. secukupnya garam dan gula
  15. secukupnya santan
  16. secukupnya air matang
  17. secukupnya minyak goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam kampung sederhana

1
Bersihkan ayam, rebus sebentar sampai empuk dan setengah matang.
2
Haluskan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, cabe merah sampai halus. Kemudian siapkan penggorengan untuk menumis.
3
Tumis bumbu halus sampai Wangi. Kemudian masukkan sereh, Laos, jahe yg sudah di gerpek dan masukkan daun jeruk. Aduk rata sampai Wangi. Masukkan ayam yg sudah direbus, kemudian tambahkan lada bubuk dan air aduk sampai bumbu rata dan meresap.
4
Setelah mulai meletup2 dan bumbu meresap. Masukkan santan secukupnya dan aduk rata. Tambahkan gula, garam dan daun salam. Aduk rata dan koreksi rasa. Aduk perlahan jangan sampai santan pecah. Kemudian setelah matang, siap disajikan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam sederhana tapi mantap

Opor ayam sederhana tapi mantap

Si dedek paling suka yg namanya ayam kuning gak pedas, al hasil dari pada tiap hari beli kali ini nyoba buat yg sederhana aja dg bahan seadanya. Lagian papanya juga suka ayam

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Buryam Konnyaku with Opor Ayam ala KETO

Sudah 5 bulan menjalani polmak Ketofastosis low carb low sugar. Manfaat kesehatannya bny dan bonus turun BB pastinyaaa. Uda lama ga makan buryam dan tiba2 muncul rindu di dada eaaaa. Alhasil krn konnyaku pesanan sdh dtg maka segera eksekusi buryam. Konnyaku sendiri terbuat dr umbi iles2 low carb low kalori...produk asli Indonesia namun org Indonesia blm bny yg tahu krn produk ini lbh bny di eksport ke Jepang. So, ga heran kl susah carinya. Ini sy lgs pesan dr distributor 4 dus sekaligus bersama mie shirataki. Disini sy hny share cara mengolah konnyaku..utk resep opor sdh bny berseliweran.

30 menit
Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Note : opor dengan kuah santan encer

Opor ayam teLor (Lodho) simpLe

Opor ayam teLor (Lodho) simpLe

Punya sisa telur godok 4 butir di kulkas, punya sisa sayap sama paha ayam juga, kmarenya bikin soto cuma pakek dada saja... mubazir kalo ga dimasak lagi 😁 #BantuMantenBaru

Rame - Rame
20 minutes
Opor Ayam #pr2_masakanbersantan

Opor Ayam #pr2_masakanbersantan

Setor untuk posting rameΒ² ,alhamdulillah ga absen 😊😊 opor ayam ini aku tambah wortel dan kentang ,soalnya si kecil kurang suka kalo cm makan ayam aja ,masaknya jg memang aku lamain ,biar si ayam bisa uempukk ,jd ga kena cuek si kecil jg *bikin slilit gigi soalnya πŸ˜…πŸ˜… yuuu cuss...

Opor ayam endolitaaa

Opor ayam endolitaaa

Ga cuma lebaran aja ko bunda, hari2 biasa juga bisa menikmati opor ayam πŸ‘ŒπŸ˜€

Terik telor tahu

Terik telor tahu

Kepengin aja masak sayur ini..dari kemaren masaknya ayam ama ikan ...hiks gayaaa....πŸ˜…πŸ˜… . Masaknya simple kok bun....πŸ˜„πŸ˜„

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Opor ayam putih khas Banyuwangi

Ceritanya suami pengen banget makan masakan masa kecilnya, sedangkan di Jakarta gak pernah nemu ini opor ayam. Saya coba masak. Dan rasanya enak, persis kayak masakan waktu kecilnya.

8 porsi
Opor ayam tahu bumbu kuning

Opor ayam tahu bumbu kuning

Alhamdulillah pada suka opor ayam tahu buatan ummi... mkasih yah ... malaikat2 kecilku..

Opor Ayam ala Me

Opor Ayam ala Me

Makan siang yg paling gampang di buat dan di sukai ma anak2...

3 porsi
45 menit
Lontong Opor Endesss

Lontong Opor Endesss

Masak opor ayam seperti biasa (resep opor udah pernah aku share yaa guys.. monggo di cek saja pasti ketemu πŸ˜‰) yg beda kali ini adalahhh.. LONTONG ! 😁😁 LAMA saya gag makan lontong.. kebayang makan opor pake lontong pasti endesss.. tapi hujan gag bisa keluar beli daun pisang.. yasudaaa TERPAKSA pakai plastik. Suami sempet komentar.. kok pake plastik mah? πŸ€” Ya ku jawab.. seadanya yah.. sekali sekali lah.. simple easy and yummy.. cusss di simak dan di coba yaa guys.. 😚😚

4 porsi besar
90 menit
Opor ayam

Opor ayam

Masih punya stok daging ayam di freezer pas hari ini bikin ketupat weslah dimasak opor ayam ... hhm nyummy

Opor Ayam TahuπŸ“

Opor Ayam TahuπŸ“

Kali ini aku masak opor ayam tahu untuk suami. Eeits, pakai kerupuk jangan lupa ya. Pasti bakal tambah rame dimulut πŸ˜€πŸ˜Œ masak buat suami emang selalu bikin geregetan yaaaa ❀❀

2 porsi
15 menit
Opor Balungan

Opor Balungan

Di rumah gak terlalu sering masak ayam. Paling kalo masak yaa ayam kampung, dan justru sukanya yg ada tulangnya. Kalo yg terlalu berdaging itu kurang greget menurutku. Di rumah sering dapet hantaran nasi dari orang punya hajat tapi pasti nggak pernah diolah dan berujung di freezer berhari2 baru diolah kasih ke tetangga. Kalo hantaran kan pasti udah digoreng kering jadi mau diolah gak banyak variasi juga gak dimakan pasti. Mumpung tadi ada ayam kampung jadi pengen opor deh. Yuk cek resepnya!

Opor ayam presto bumbu merah

Opor ayam presto bumbu merah

Bosen sama opor putih sama kuning. Kali ini mau bikin opor bumbu merah , tapi ttp gak pedes lho.. mski trlihat merah... menu yang satu ini salah satu fav keluarga kami... pokoknya lahap semua kalo lg ngopor. Apalgi si adek keluar masuk sll nyomot ayam ..di gondolin terus hehehe..