Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Lontong/Ketupat Sayur yang Anti Gagal

Dipos pada March 9, 2022

Lontong/Ketupat Sayur

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Lontong/Ketupat Sayur yang unik? Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Lontong/Ketupat Sayur yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lontong/Ketupat Sayur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lontong/Ketupat Sayur ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Lontong/Ketupat Sayur biasanya untuk 3 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, waktu yang diperlukan dalam memasak Lontong/Ketupat Sayur diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong/Ketupat Sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong/Ketupat Sayur memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lontongnya sy pakai lontong instant ya, tinggal cuci dan rebus pakai garam + daun pandan sampai matang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong/Ketupat Sayur:

  1. 300 g labu siam, potong korek
  2. 100 g wortel, potong korek
  3. 3 lbr daun salam
  4. 1 batang sereh, geprak
  5. 3 cm lengkuas, buang kulit iris tipis2 jgn putus
  6. 2 sdt kunyit bubuk
  7. Secukupnya garam + gula
  8. 200 g udang kupas kulit kecil, beri sedikit garam
  9. 150 ml santan kental (sy pakai kara)
  10. Bahan bumbu halus :
  11. 3 buah cabe merah besar
  12. 8 buah bawang merah
  13. 5 siung bawang putih
  14. 2 sdt ketumbar, sangrai sampai harum
  15. 5 biji kemiri, geprak kemudian sangrai sampai harum
  16. 2 sdm ebi, rendam

Langkah-langkah untuk membuat Lontong/Ketupat Sayur

1
Tumis bumbu halus beserta daun salam, lengkuas dan sereh sampai harum. Masukkan udang, aduk2 sampai udang berubah warna.
2
Masukkan semua sayuran, aduk2 sampai sayuran tercampur bumbu. Tambahkan air dan santan, aduk dan masak sampai semua bahan matang.
3
Kekentalan kuahnya diatur sesuai keinginan masing2.
4
Bisa disajikan dgn sambal balado teri Medan, telur rebus atau sayur tauco.
Lontong/Ketupat Sayur - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sayur labu siam untuk ketupat

Sayur labu siam untuk ketupat

Uda mau lebaran, walaupun saya non muslim, tp kami selalu ikutan merayakan dengan makan ketupat tiap tahunnya... Untuk sayur ketupatnya ini menurut suami ku yg paling pas dan enak...jadi mau aku upload aja resepnya di cookpad ini.

5 orang
Ketupat (Tips)

Ketupat (Tips)

Pernah lihat ketupat-ketupat yang warnanya merah? Kurang cantik ya dilihat. Saya mau sedikit memberikan tips aja supaya ketupat kita cantik. Pertama masukkan ketupat hanya setelah air mendidih. Kedua ketupat sebaiknya direbus dengan banyak air dan semua permukaannya terendam sempurna. Ketiga tambahkan air mendidih jika air berkurang. Keempat celupkan ketupat ke dalam air suhu ruang sesaat setelah diangkat. Jadi ketupatnya bersih, nggak lengket juga.

Ketupat Rice Cooker

Ketupat Rice Cooker

Tetiba pengen ketupat sayur, kebetulan ada si amang manjat pohon kelapa yasudahlah sekalian diambilin daun kelapa nya.

Ketupat Sayur Idul Adha

Ketupat Sayur Idul Adha

Menyambut Hari Raya Idul Adha baiknya bikin kupat sayur yang enak dan gurih. Tapi tetap mudah dibuat!

Opor Manuk khas NTB Versi Pedas yang nagih bangettt

Opor Manuk khas NTB Versi Pedas yang nagih bangettt

Sebetulnya resep ini ga ada rencana dishare.soale waktu bikin aku ndak foto step2nya.lagi ribet waktu itu aku mikire next time aja lah kalo pas luang,tak foto2 baru share.. Sore ini,laper buka kulkas masi ada sisa opor manuk tua yang kedinginan 3hari di kulkas..wkwkwwk..akhirnya cepet2 ta angetinn.. trus tak foto dengan kondisi seadanya+sisa dikit aja.. mendadak bener2 pengen share karena menurutku UENAK bingit!! Foto step2 menyusul ajaa.. Yang penting resep nongol duluan (share resep curi2 sm mainan ma krucils+nemenin hubby yak xixi) Suami jg bilang enyakkk.. rasanya segerr unikk nagihh..bedanya sama opor biasa,opor khas NTB ini beraroma kencur..nahh ituu..hmm... Aku sengaja maem sama nasi hangat taguyur kuah rada banyak,ga enegg sama sekalii apalagi ta bikin pedes+banyak rawit merahnya kletus2 rasanya :D Bikinnya gampang pake buangett tinggal didihkan santan,masukkin daging,cemplungin bumbu alus.DONE!! Recomendedd buat variant oporlover yaa.. Cusss resep dari koleksi buku saya 120 resep ayam Yasaboga team ;)

4 porsi
60 menit
Ketupat sayur labu siam

Ketupat sayur labu siam

Iseng2 pengen bikin ketupat sayur abang2, yg rasa santan nya ga terlalu berat, krn ga terlalu suka ketal santen juga.

4 porsi
15 menit
Ketupat Metode 5.30.7

Ketupat Metode 5.30.7

Bismillah (50/52) #PejuangGoldenApron3 #Cookpadcommunity_bandung

Ketupat Sayur Bakso

Ketupat Sayur Bakso

Dalam hitungan jam..umat muslim di dunia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Bunda bunda di rumah sudah menyiapkan menu special andalan keluarga belum ? Nah buat yang masih bingung mau masak apa? Tenang...Kali ini saya mau share menu lebaran yang simpel dan anti mainstream. Sekalian setoran buat challenge #komunitaspaders yang minggu ini temanya *Hidangan Lebaran* . Nama menunya "ketupat sayur bakso". Menu ini paling pas buat lebaran kali ini. Kenapa ? Karena menu ini praktis dan lengkap banget karena sudah ada karbohidrat, protein, sayuran, tahu dan telur. Rasanya juga ga' kaleng kaleng loh..enak pake buanget deh😋. Resep ini saya recook dari resep chef Devina Hermawan di youtube. Disini saya modifikasi di ketupatnya saja. Ketupat yang saya gunakan adalah ketupat rebus pelepah kelapa. (Resep ketupat sudah tayang sebelumnya) Source : Chef Devina Hermawan #GA_TheNextLevel #GoDa_Parsel #GoyangDapurRamadhan #Parsel_week4 #Goda_Paders #Parsel _nidarudi #KomunitasPaders #Cookpad_Paders #Cookpadcommunity_Balikpapan #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_id #CookpadIndonesia #dutarecookberaksi #dutarecookbalikpapan

10-20 orang
Ketupat Sayur

Ketupat Sayur

Alhamdulillah.. Dapat rejeki dari Allah berupa ketupat yg dititipkan tetangga sebelah rumah yang jualan Lotek. Kemudian berpikir, mau disandingkan dengan apa ya ketupatnya? Ahhhhaaaa.. Lalu muncullah ide untuk melampiaskan rasa rinduku akan lonsay alias lontong sayur yang pertama kali saya makan saat kelas 6 SD, saat berlibur di rumah Tante di Tangerang. Karena dikasihnya ketupat, jadi namanya Ketupat Sayur deehhh.. Dengan memanfaatkan teknologi, kemudian saya searching resep si sayur ini di Instagram.. Dengan berbagai referensi, terraciklah bumbu-bumbunya..

8 porsi
Opor ayam lada hitam

Opor ayam lada hitam

cocok untuk yg suka pedes krn rasanya yg seuhaaahh.. *pedes/tidak nya sesuai ukuran cabe/lada hitam masing2 yah*

2 porsi
60 menit
Ketupat

Ketupat

Ketika pak suami minta dimasakin ketupat, padahal kita gak merayakan lebaran loh😂😂 Dimasak satu hari sebelum lebaran ni, Krn banyak yg jual daun ketupatnya.

13 buah ketupat
kreasi ketupat

kreasi ketupat

orang rumah udah bosen sayur santan,mulai lebaran pertama makan sayur santan melulu

5 porsi
30 menit
Ketupat

Ketupat

berhubung hari ini aedekah ketupat jadi semuanya bikin ketupat.. :) sayur ketupatnya di resep berikutnya yaa... :D

20 porsi
180 menit
Ketupat Ketan

Ketupat Ketan

40 sarang
Opor ayam versi pedas

Opor ayam versi pedas

Bkin nafsu mkn saya bertambah mama 🌾

Ketupat kantong plastic

Ketupat kantong plastic

Makan opor enaknya ditemani sama ketupat. Berhubung tidak ada daun kelapa, maka sebagai alternative saya menggunakan kantong plastic sebagai pembungkusnya. Hasil dan rasanya tidak kalah nikmat dengan ketupat dari daun kelapa. Berikut resepnya.

5 porsi
180 menit
Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan

Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan

Saya kerap menggunakan kemiri untuk menggantikan santan dalam masakan sehari-hari. Seperti hari ini, saya ingin makan opor ayam yang gurih, tapi perlu membatasi makanan bersantan karena beberapa hari terakhir secara kebetulan berturut-turut makan hidangan bersantan pekat. Maka pilihan saya jatuh pada “Opor Ayam dengan Kemiri sebagai Ganti Santan”. http://www.komporkecil.com/index.php/2016/03/16/opor-ayam-dengan-kemiri-sebagai-ganti-santan/ Sebenarnya saya bingung, kalau tanpa santan, apakah hidangan ini masih bisa disebut opor? Setahu saya, ciri khas opor adalah pemakaian santan kelapa. Tapi (sepertinya) tidak masalah, hihihi. Yuk, mari dicoba :)