Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Ketupat Sayur Bakso yang Enak Banget

Dipos pada March 6, 2022

Ketupat Sayur Bakso

Hari ini saya akan berbagi resep Ketupat Sayur Bakso yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Ketupat Sayur Bakso yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ketupat Sayur Bakso, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Ketupat Sayur Bakso bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Ketupat Sayur Bakso kira-kira 10-20 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ketupat Sayur Bakso sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ketupat Sayur Bakso memakai 30 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Dalam hitungan jam..umat muslim di dunia akan merayakan hari kemenangan Idul Fitri. Bunda bunda di rumah sudah menyiapkan menu special andalan keluarga belum ? Nah buat yang masih bingung mau masak apa? Tenang...Kali ini saya mau share menu lebaran yang simpel dan anti mainstream. Sekalian setoran buat challenge #komunitaspaders yang minggu ini temanya *Hidangan Lebaran* . Nama menunya "ketupat sayur bakso". Menu ini paling pas buat lebaran kali ini. Kenapa ? Karena menu ini praktis dan lengkap banget karena sudah ada karbohidrat, protein, sayuran, tahu dan telur. Rasanya juga ga' kaleng kaleng loh..enak pake buanget dehπŸ˜‹. Resep ini saya recook dari resep chef Devina Hermawan di youtube. Disini saya modifikasi di ketupatnya saja. Ketupat yang saya gunakan adalah ketupat rebus pelepah kelapa. (Resep ketupat sudah tayang sebelumnya) Source : Chef Devina Hermawan #GA_TheNextLevel #GoDa_Parsel #GoyangDapurRamadhan #Parsel_week4 #Goda_Paders #Parsel _nidarudi #KomunitasPaders #Cookpad_Paders #Cookpadcommunity_Balikpapan #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_id #CookpadIndonesia #dutarecookberaksi #dutarecookbalikpapan

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ketupat Sayur Bakso:

  1. Secukupnya ketupat yang sudah matang
  2. Bumbu halus :
  3. 8 btr bawang merah
  4. 5 siung bawang putih
  5. 3 btr kemiri
  6. 5 cm kunyit
  7. 3 cm jahe, iris
  8. 4 cm lengkuas,iris
  9. 1 btg serai, ambil bagian putihnya saja, iris
  10. 5 bh cabe keriting merah
  11. 2 sdt ketumbar
  12. Secukupnya minyak goreng
  13. Bahan lainnya :
  14. 1 bh labu siam ukuran sedang
  15. 1 bh wortel ujuran sedang
  16. 5 bh tahu ukuran sedang, potong potong, goreng kering
  17. 6 bh cabe keriting hijau
  18. 3 bh cabe hijau besar, potong serong, (tambahan dari saya)
  19. 2 lmbr daun salam
  20. Secukupnya air
  21. 6 bh bakso sapi
  22. 3 bh telur ayam, rebus matang, kupas kulitnya
  23. Secukupnya garam
  24. Secukupnya gula pasir
  25. Secukupnya kaldu jamur
  26. Secukupnya lada bubuk
  27. 250 ml santan kental
  28. Pelengkap:
  29. Bawang goreng
  30. Emping/kerupuk

Langkah-langkah untuk membuat Ketupat Sayur Bakso

1
Kupas abu siam dan wortel,lalu potong potong memanjang (seukuran korek api). Cuci bersih, sisihkan dahulu.
Ketupat Sayur Bakso - Step 1
2
Haluskan semua bahan bumbu halus, kemudian tumis bumbu hingga kering, harum dan matang.
Ketupat Sayur Bakso - Step 2
Ketupat Sayur Bakso - Step 2
3
Tambahkan air secukupnya, biarkan sampai mendidih. Kemudian masukkan daun salam, cabe rawit merah, cabe hijau keriting dan cabe hijau besar. Aduk rata. Tambahkan secukupnya garam, gula pasir, kaldu bubuk dan lada bubuk. Aduk rata.
Ketupat Sayur Bakso - Step 3
Ketupat Sayur Bakso - Step 3
Ketupat Sayur Bakso - Step 3
4
Masukkan bakso sapi, aduk rata. Kemudian masukkan telur ayam. Aduk rata kembali.
Ketupat Sayur Bakso - Step 4
Ketupat Sayur Bakso - Step 4
5
Tuang santan. Aduk rata.masak sampai bumbu meresap dan cek rasa sampai pas. Angkat. Sajikan dengan potongan ketupat, bawang merah goreng dan emping/kerupuk.
Ketupat Sayur Bakso - Step 5
Ketupat Sayur Bakso - Step 5
Ketupat Sayur Bakso - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Ketupat sayur seadanya

Ketupat sayur seadanya

Habis ngoprek2 storage kitchen, eh ketemu ketupat instant satu bungkus isi 10, yah direbus saja cepat, bikin deh sayur seadanya yg penting endeus.. #dirumahaja #PejuangGoldenApron2

OPOR AYAM ala Sajian Sedap

OPOR AYAM ala Sajian Sedap

Di Sajian Sedap judulnya Ayam masak putih , bagiku sih ini opor putih hehehe

Ketupat Lebaran praktis ga pake lama dan anti gagal

Ketupat Lebaran praktis ga pake lama dan anti gagal

Besok lebaran gaes..kayaknya lebaran ga lengkap ya tanpa adanya ketupat..yuk bikin?dijamin ga pake lama dan ga bakal gagal..

20 buah
2jam
Ketupat Keto

Ketupat Keto

Mengobati rasa kangen ketupat...Apalagi dah mo lebaran gini. Bikinnya juga gampang😊

Ketupat Janur

Ketupat Janur

Bismillah, alhamdulillah ketupatnya ndak keras ndak lembek banget jg. Dan awet sudah 4 hari tanpa dikukus kembali. Tp saran saya tetap dikukus kalau sudah 2-3hr biar lebih yakin dgn kebersihannya. Krn kan ketupat suka di hhinggapi lalat kecil.

Ketupat

Ketupat

In preparation for celebrating Eid Mubarak, tomorrow. #FestivalRamadhanCookpad #dirumahsaja #mudikonline

10 porsi
120 menit
Ketupat sambal goreng ati ampela

Ketupat sambal goreng ati ampela

Karna bawaan orok kali ya kagak doyan nasi, tp pengen bgt maem kupat sambel goreng, untung lahap bgt tanpa mual, krn g ad yg jual sambel goreng ky dijawa akhirnya bikin sendiri

Bubur Ayam kuah Terik Tahu

Bubur Ayam kuah Terik Tahu

Jadi ceritanya, masak nasi kebanyakan air jd lembek . Seperti kata pepatah "nasi sudah menjadi bubur" sekalian aja dikasi pelengkap biar enak dimakan. Jadilah bubur ayam buat sarapan pagi ini :)

Sayur Kupat (lontong sayur)

Sayur Kupat (lontong sayur)

ini masakan khas lebaran dirumah mama saya dari jaman saya kecil. mama bilang sayur kupat namanya. makin gede saya nemu masakan begini sebagai lontong sayur. dengan isian beda2. khas dikeluarga kami ya ini isinya, wortel, kentang, buncis, labu siam dan daun bawang. walopun lontong sayur gampang dicari, anehnya kami tetep sering rindu masakan ini. dan jarang sekali beli lontong sayur.πŸ˜„ mungkin karena tradisi yang terlanjur dia ada dimeja makan wktu lebaran.

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Punya ayam kampung banyak banget bun..stiap hari di lepas n stiap habis ashar di tangkapin masukin ke kandangnya..tapi ada saja ayam yang susah di tangkap sampai" sudah mau magrib pun ayam yang 1 nya masih belum tertangkap,,pas sudah bisa di tangkap langsung saja paginya di potong n di masak opor ayam..

8 porsi
60 menit
Resep Sayur Ketupat Spesial untuk LEBARAN #01 πŸ˜πŸ‘ŒπŸŽŠπŸŽ‰

Resep Sayur Ketupat Spesial untuk LEBARAN #01 πŸ˜πŸ‘ŒπŸŽŠπŸŽ‰

#ResepPertamaku #sayurketupat #ketupatsayur #hidanganlebaran #menulebaran #ketupat #sayurlabu #sayurketupatlabusiam #siapramadan #KampoengRamadan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar LEBARAN tlah tiba saatnya membuat yang spesial..hidangan yang wajib ada saat Lebaran biasa selalu kita temui adalah sayur ketupat, sambal ati dan opor ayam.. nah hari ini kita buat salah satunya yaitu Sayur Ketupat spesial untuk Lebaran..yuuu Buat harimu menyenangkan dengan memasak Resep Sayur Ketupat Labu Siam 😍 Youtube : https://www.youtube.com/channel/UCxFi5g9XgwlSSxZQLcsudeg Instagram : https://www.instagram.com/tastyeasy7/

Sayur ketupat labu siam kuah susu

Sayur ketupat labu siam kuah susu

Tradisi lebaran,,kenang buat alm.ibu,,sayur yang selalu sya masak kenang masa kecil...

1 jam 30 menit
Ketupat lebaran

Ketupat lebaran

Ketupat adalah salah satu suguhan menu yang banyak dibuat sewaktu lebaran.Dimana ketupat dicampur dengan gulai dan opor dan ditaburi dengan kerupuk ,menambah nikmatnya makan ketupat sayur,disini saya ingin berbagi resep bagaimana saya membuat ketupatnya.Semoga teman teman suka ...πŸ˜‰ #cookpad community_id #cookpaf community_padang

Opor Ayam Kacang Merah

Opor Ayam Kacang Merah

Nah kalo menu ini favoritnya si ayah dan si adek. Paling gurih kalo pake bagian sayap dan kacang merahnya pake yg segar. Resepnya standar hanya kl keluarga kami paling pas dgn rasa manis

4 porsi
30 menit
Sayur ketupat

Sayur ketupat

Alhamdulilah pada Suka.. Bikin nya lama abis nya cepet saking pada doyan nya πŸ˜†πŸ™Š

#177 Ketupat Sayur dan Mie Kecap Lauk Tanggal Tua

#177 Ketupat Sayur dan Mie Kecap Lauk Tanggal Tua

Lagi ada agenda dari Cookpad regional Yogyakarta ni untuk bikin menu lauk dengan budget 15K. Jadi hitungannya di bahan utama saja, bumbu tidak termasuk. Kebetulan banget minggu lalu pulang jenguk mertua, eh mau balik ke Jogja dibawain telur puyuh. Tetangga mertua lagi ada yang panen 😁. Masih ada sisa kulit mlinjo dan kacang panjang juga di kulkas. Karena aku cm hidup berdua sama suami, jadi kalau belanja sayur tuh aku suka beli 2K tapi aku pake di beberapa jenis masakan. Nah kali ini aku masak ketupat sayur, untuk sayurnya otomatis kan banyak, bisa dipake lauk sehari penuh. Selain ketupat sayur, aku juga masak tumis mie kecap. - Ketupat : Rp 2.000,- dapat 3 bungkus - Pepaya : Rp 1.000,- - Kulit Mlinjo: Rp 500,- (sisa belanja 2 hari lalu 1K) - Kacang Panjang : Rp 500,- (sisa belanja 2 hari lalu beli 1K lumayan dapat 6 lajur) - Santan : Rp 2.000,- - Daun Bawang : Rp 500,- - Mie Dara : Rp 2.500,- - 1 butir telur : Rp 1800,- Untuk tepung, cabe, bamer, baput, aku terbiasa langsung nyetok untuk sebulan. #LaukTanggalTua #CookpadComunity_Yogyakarta

2 orang
Ketupat metode 5-30-7

Ketupat metode 5-30-7

Besok udah mau Idul Adha nih.. Habis sahur tadi subuh kepikiran pengen nyobain bikin ketupat pake metode 5-30-7 ini, banyak yg berhasil ternyata. Alhamdulillah saya juga berhasil nih.. Hasilnya padat dan matang. Walaupun pancinya kurang besar, jadi airnya kepenuhan biar ketupatnya terendam semua. Agak keluar2 airnya pas lagi merebus hehehe.. Tipsnya buat yg mau nyoba pakai panci yg agak besar ya, biar airnya ga kepenuhan dan meleber-leber pas lagi rebus.

1 jam
Sayur warna warni (untuk kupat sayur)

Sayur warna warni (untuk kupat sayur)

Pengin bgt makan kupat sayur tapi suka ga puas klo beli mumpung punya kupat bikin sendiri aja sayur nya