Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Rendang Jengkol Sunda yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 18, 2020

Rendang Jengkol Sunda

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Rendang Jengkol Sunda yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Rendang Jengkol Sunda yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Rendang Jengkol Sunda, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang Jengkol Sunda ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol Sunda sekitar 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, perkiraan waktu untuk memasak Rendang Jengkol Sunda diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol Sunda sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol Sunda memakai 19 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini resep mama mertua, yg bikin saya jd suka jengkol. Awalnya saya anti jengkol, krn pernah mkn jengkol dan bikin sakit perut. Tapiii setelah nyobain jengkol olahan mama mertua ternyataa enak yaa 😁dan gk pake sakit perut (mungkin krn cara ngolahnya yg bener). Oia klo mkn jengkol jgn takut bau, justru itu bonusnyaπŸ˜‚... Okee...Check it out! (ikut2 yg di tipi2 ceunah...πŸ˜‚πŸ˜‚)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol Sunda:

  1. Bahan2 :
  2. 1 kg jengkol
  3. 4 lbr daun salam (utk merebus)
  4. 1 genggam Abu gosok (utk merebus, saya gk pake krn lg gk ada)
  5. Air secukupnya utk merebus
  6. 200 ml Santan
  7. 2 sdt garam
  8. 1 sdt gula pasir
  9. 1 sdt kaldu bubuk
  10. secukupnya Minyak goreng
  11. Bumbu Halus :
  12. 13 siung bw.merah
  13. 7 siung bw.putih
  14. 4 butir kemiri
  15. 1 ruas jahe
  16. 1 ruas kunyit
  17. 100 gr Cabai rawit merah (disesuaikan selera pedasnya)
  18. Pelengkap :
  19. Bawang Goreng utk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol Sunda

1
Rebus jengkol bersama daun salam dan abu gosok (fungsi abu gosok supaya jengkol gk bau). Rebus hingga empuk. Angkat dan tiriskan.
2
Kupas jengkol, lalu geprek hingga pipih.
3
Siapkan bumbu2 yang akan di haluskan.
Rendang Jengkol Sunda - Step 3
Rendang Jengkol Sunda - Step 3
4
Panaskan minyak diwajan, tumis bumbu halus, masukkan sereh dan daun jeruk. Tumis hingga harum.
5
Setelah bumbu harum, masukkan jengkol, garam, gula pasir, kaldu bubuk, aduk2 hingga merata. Tuangkan santan, aduk kembali. Lalu biarkan hingga mendidih.
6
Setelah mendidih, koreksi rasa, biarkan santan meresap dan mengental kurang lebih 10 menit.
7
Setelah mengental, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang jengkol demi cinta

Rendang jengkol demi cinta

Hihihi.. Demi cinta apapun bisa dilakukan termasuk masak makanan favorit suamiku yg satu ini, walaupun nggak suka dan nggak makannya tetap masak demi Suami tercinta, meskipun setelah usia pernikahan sudah hampir 6 tahun baru kali inilah saya masak rendang jengkol

4 porsi
20 menit
Rendang jengkol enakk praktis bumbu instan

Rendang jengkol enakk praktis bumbu instan

Karna saya penggemar berat masakan jengkol..dan mmpung harga nya lagi turun juga..😁

Rendang ayam

Rendang ayam

Ngak ada daging sapi daging ayam pun jadi,,,, tp maaf aku buatnya pakai bumbu jadi yg dari bambu

Rendang ati sapi

Rendang ati sapi

Ini maaf ya kebanyakan poto saya alakadarnya ahaha. Saya gak bs moto yg bagus dn menggoda selera Tapi tak apalah yg penting emang hasil masak sendiri πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Jadi rendang ati sapi ini aku pake nemenin makan nasi kuning yg td aku share resepnya.

30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Iniii endesss bangetttttttt ciyusan deh buibuuuuu 😍😍😍😍

Rendang babat #rindu Kampung

Rendang babat #rindu Kampung

Bosan dengan olahan daging akhirnya pilihan jatuh ke babat, gak apa-apa makan jeroan sekali-sekali.

Rendang ala rm padang

Rendang ala rm padang

Ini pertama kalinya aku bikin rendang. Alhamdulillah sesuai harapan. Kata suami, malah rasanya kayak RM Padang Sederh***. Duuuh jadi geer. Hahaha... Aku emang suka banget sama rendang yang coklat gini. Kata temenku yang asli padang, rendang itu kalo makin gelap, makin enak. Dan bener, aku angetin rasanya makin legit. Oiya tips dari ku klo bikin rendang gini, jumlah lengkuas ga perlu banyak ya, karena nanti jadi pait. Terus karena aku biasa masak pakai minyak kelapa, mungkin temen2 yang mau coba, aku saranin pake minyak kelapa juga ya. Karena aku pernah baca dimana gitu, orang padang masakannya enak enak karena pake minyak kelapa. Selamat mencoba yaaa :)

Rendang ayam sederhana

Rendang ayam sederhana

Tiba2 suami pgn rendang ayamm... Padahal klo d mskin ayam gak bgtu.....

Rendang Padang

Rendang Padang

Orang tuaku asli Minang, Ibuku sering memasak rendang untuk kami, hampir setiap lebaran pasti Ibu membuatnya, sekarang Ibu sudah sepuh sehingga tugas membuat rendang dialihkan pada saya meski tidak seenak buatan Ibu...Hehehe....

Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Jengkol makanan terlezat dibanding daging πŸ˜™πŸ˜™ bisa lahap makannya.. hmmmm yummmyy so mari kita masak rendang jengkol dengan bumbu praktis gk pake ribet.. πŸ˜‰πŸ˜‰

Rendang daging Medok

Rendang daging Medok

#13#bikinramadhanberkesan Numpang savemenu 😁😁 bikinya sih kemarin tp males bgt mau ngetik panjang kali lebar wkwkwkw Bumbu yg ak pake itu 3ribu beli dipasar tukang bumbu giling trs drmh ak tambah sendiri bumbu sesuai judul jadi medok.. 😎😎

Rendang Sunda

Rendang Sunda

Bumbunya ga sebanyak rendang asli padang

8-10 porsi
90-120 menit