Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" yang Anti Gagal

Dipos pada March 24, 2022

Soto Banjar... "tanpa ayam kampung"

Sore-sore begini enaknya membuat Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Soto Banjar... "tanpa ayam kampung", mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" sekitar 8 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" memakai 37 jenis bahan dan 17 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Soto banjar itu memang paling enak jika menggunakan ayam kampung. Nah, gara2 nya susah nemu ayam kampung di pasar karena memang ga setiap hari tersedia. Jadi mesti indent dulu jika mau beli... Sudah gitu harganya mahal lagi... Masak se ekornya 90 ribu??? itu tanpa kepala, kaki juga tanpa jeroannya loh... 😬 Mahal kannn Katanya bisa diganti dgn ayam petelor yg jauh lebih murah.. Ternyata susah juga nemu di pasar... Sdh di order sama para penjual soto katanya... Weleh weleh... 😠😒#sedikitcurhat Nah, pas disebelah ada ibu2 yg kasih saran... Bikin kuah soto pake tulangan ayam sama cekernya juga enak...bukan ayam kampung loh, tapi ayam ras atau lebih dikenal dengan ayam khusus pedaging (broiler)! Apa ga bau amis ntar kuahnya? Kata beliau, tulangan ama ceker kan bebas lemak, nah yg bikin bau amis itu lemak2 yg ada pada daging ayam ras tadi (biasanya ngumpul di bawah kulit serta dibagian ekornya)... Betul juga sih! Terus bikin ayam suwirnya juga pake ayam ras tapi direbus tersendiri. Kaldunya jangan di pake... Untuk kuahnya ya pake tulangan + ceker tadi... Betul juga! Mana murah lagi, 1 ekor tulangan ayam + 5 buah ceker cuman 7000, sudah bisa dapat sepanci kuah soto hehehe... . Akhirnya saya coba deh buat Soban tanpa ayam kampung... Agak dag dig dug buatnya.. Alhamdulillah hasilnya memuaskan, ga ada bau amis sama sekali...πŸ™Œ . Yuks mari mari yg mau nyoba #soto_dianaaz

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Banjar... "tanpa ayam kampung":

  1. 1/2 ekor ayam ras (bisa diganti dgn ayam kampung/petelur)
  2. 1 ekor tulangan ayam
  3. 5 buah ceker ayam
  4. 2,5 liter air
  5. secukupnya jeruk nipis/jeruk purut (kuit)
  6. 2 buah kaldu maggi blok rasa ayam (1 bks royco ayam)
  7. 1 batang bawang prei (iris halus)
  8. 1 sdm margarin
  9. 1 sdm bawang putih goreng
  10. secukupnya garam, gula pasir dan penyedap rasa
  11. secukupnya minyak goreng untuk menumis
  12. 2 butir bunga lawang/pekak
  13. 6 butir kapulaga
  14. 4 butir cengkeh
  15. 5 cm kayumanis
  16. πŸ’  Bumbu Halus πŸ’ 
  17. 10 butir bawang merah
  18. 6 siung bawang putih
  19. 2 ruas jahe
  20. 1/4 sdt pala yg diserut
  21. 12 butir merica
  22. 1 sdt adas manis (sangrai)
  23. 1 sdt kas-kas (sangrai)
  24. 2 lembar gaganti (direndam air panas hingga lunak)
  25. πŸ’  Bahan Pengental Kuah πŸ’ 
  26. 1 butir telur ukuran kecil
  27. 50 gram kentang rebus @1 buah ukuran kecil
  28. πŸ’ Pelengkap Soto πŸ’ 
  29. 4 buah ketupat besar
  30. 4 butir telur itik (di rebus)
  31. 1 bungkus soun @100 gram (di rendam air hingga lunak, lalu ditiriskan)
  32. 2 buah wortel (di rebus)
  33. 3 batang seledri (dicincang kasar)
  34. secukupnya bawang merah goreng
  35. secukupnya kecap manis/asin
  36. Sambal Bawang
  37. Perkedel Kentang

Langkah-langkah untuk membuat Soto Banjar... "tanpa ayam kampung"

1
Bersihkan ayam ras, buang lemak2 yg menempel pada kulit, buang bagian ekornya juga. Begitu juga dgn tulangan dan ceker juga dibersihkan. Tulangan di potong2. Ceker dipatah dua tp jgn putus. Sisihkan dulu.
2
Siapkan panci, isi dgn air 2,5 liter. Masukkan tulangan serta ceker ayam. Nyalakan api gas, lalu rebus hingga mendidih dan empuk. (jika pakai ayam kampung, rebus pada step ini, lalu kotoran yg mengapung dibbuang, dan kaldu yg jernih siap dipake). >>Catatan : ayam direbus dlm air dingin dulu hingga mendidih adalah supaya pori2 ayam terbuka dikit demi dikit sampai sari pati ayam keluar menjadi kaldu. Teorinya begini jika pk ayam kampung... Saya terapkan juga saat bikin kaldu pk tulangan.."#
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 2
3
Sementara sambil nunggu kaldu mendidih, panaskan minyak, masukkan bumbu halus sekalian juga bunga lawang, kapulaga, cengkeh dan kayumanis. Lalu tumis sampai wangi dan bumbu matang.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 3
4
Saat kaldu sdh mulai mendidih dan ceker mulai empuk, masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan kuah kaldu tadi, aduk rata.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 4
5
Masukkan maggi blok dan margarin. Beri garam, gula pasir dan bumbu penyedap (jika suka). Kecilkan api. >>Sampai disini kuah soto sebenarnya sudah siap disajikan jika tidak mau pakai bahan pengental - tanpa step 6 & 7."
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 5
6
πŸ’ Siapkan bahan pengental : haluskan kentang rebus dan telur dgn cara di blender spy lembut. >>Kalo ga punya blender, kentang bisa dilumatkan baru dicampur dgn telur yg sdh dikocok pkai garpu. >>Bahan Pengental bisa diganti dgn SUSU CAIR atau bisa juga pake KUNING TELUR REBUS yg dilumatkan).
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 6
7
Tuang bahan pengental tadi ke dalam kuah soto sambil diaduk2 agar tidak saling menggumpal.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 7
8
Terakhir masukkan bawang prei dan bawang putih goreng yang sudah diremas-remas, aduk rata. Masak hingga mendidih, lalu matikan api gas.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 8
9
Kuah Soto Banjar is ready....
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 9
10
Dipanci lain, didihkan air. Masukkan ayam ras, rebus hingga empuk dan matang. Buang kotoran yg mengapung. Tiriskan ayam. Dan buang air perebusnya. >>Nah, kalo yg ini kebalikannya : ayam dimasukkan saat air sdh mendidih adalah spya pori2 ayam menutup ketika langsung bertemu panas. Jadi sari pati ayam ga larut semua dan rasa gurih nya ttp terjaga. Yg keluar hanya kotoran2 & lemak yg menempel pd daging ayam. Baru kemudian ayam bisa di olah spt layaknya ayam kampung tanpa bau amis.#
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 10
11
Kemudian suwir2 daging ayam tsb. Sisihkan.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 11
12
Siapkan bahan pelengkap soto lainnya.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 12
13
Menghidangkan : potong-potong ketupat, letakkan di piring. Susun diatasnya secara berurutan : soun, ayam suwir, irisan telur rebus dan irisan wortel rebus. Taburi dgn seledri dan bawang merah goreng. Lalu siram dengan kuah soto.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 13
14
Sajikan dgn pelengkap soto lainnya.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 14
15
Yuks mengenal 10 rempah khas Soto Banjar ala mama saya : (1) Cengkeh; (2) Pala; (3) Bunga lawang/pekak/ kembang sisir; (4) Adas Manis; (5) Merica; (6) Kas Kas; (7) Kenari; (8) Kapulaga; (9) Kayumanis; dan (10) Gaganti.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 15
16
Nah kalo yg ini rempah2 yg saya pake untuk diulek (pala, gaganti, merica, kas-kas dan adas manis) kas-kas lupa ke foto. Sedangkan kenari sengaja saya skip.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 16
17
Kalo yg ini rempah utuhnya : bunga lawang, cengkeh, kayumanis dan kapulaga.
Soto Banjar... "tanpa ayam kampung" - Step 17

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Acar & bakwan - tahu kupat khas solo

Tahu Acar & bakwan - tahu kupat khas solo

Resep tahu acar ini tanpa ketupat dan tahu goreng, cuma pake bakwan saja udah enak banget, cukup mengobati rindu kampung halaman. hehe

Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Pekan inspirasi minggu ini membuat Sroto Sokaraja bersama eyang @eyangbima. Kerupuknya fe order langsung dr Banyumas belum datang jadi pake krupuk yang ada dulu. Pas kerupuknya datang, srotonya sudah habis πŸ˜„ #fe #cookpadcommunity_bandung #pekaninspirasi #pesonakulinerindonesia #kelasinspirasi

4 porsi
60 menit
Sroto Sokaraja

Sroto Sokaraja

Source: @eyangbima Penasaran sama sroto khas sokaraja ,sroto atau pada umumnya di sebut soto ya..ternyata ciri khas soto ini adalah dari sambel nya.. Kalau soto pada umumnya soto dengan sambal cabe yg di rebus, dan sroto ini pakai sambal kacang 😍😍 dengan pendamping ketupat di beri kerupuk merah di atasnya πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜ ini soto juga masuk budget minimalis lhooo sesuai dengan tema semarak minggu ini ide nya mba @Ragil_wulan masak di bawah 50k 😍😍 #PekanInspirasi #KelasInspirasi #KulinerLokalWongKito #GAMasak_50k #SemarakGaMasak_50k #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang #CookpadCommunity_Sumbar #PesonaKulinerIndonesia

3-4 porsi
60 menit
Laksa Betawi

Laksa Betawi

Baru kali ini saya masak sendiri Laksa Betawi, langsung kami jadikan menu makan siang bersama keluarga, semua pada suka, cuaca panas cocok makan laksa,segar, gurih, mantep sekali, saya tambah sambal dan jeruk limau. Saya pakai santan segar yang tidak terlalu kental jadi aman buat kita yang lagi diet. Yummy,πŸ˜‹ Source : https://cookpad.com/id/resep/15341194-laksa-betawi?invite_token=oHXR5i77xRqvNg3A158yyWJr&shared_at=1628327453 #GelarTikar_Depok #PekanPosbar #Rekreasi_Depok #POTBERBISIK_LAKSABETAWI #CookpadCommunity_Bekasi

2 jam
Kupat Tahu Solo

Kupat Tahu Solo

Karna kangen sm masakan mbah waktu kecil, jd aku coba buat kupat tahu solo ini, lumayan rasa kangenku sm mbah sedikit terobati. Hehehe tp disini sy tidak pakai ketupatnya maklum masak dadakan πŸ˜† tp kalo pakai juga gpp sesuai selera.

1-2 orang
15 menit
Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Awalnya dari kegemaran makan masakan ini setiap mudik , beberapa waktu yg lalu coba bikin sendiri deh buat mengobati kerinduan pada kampung halaman πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… Selamat mencoba dan mudah2 an enak yaaa ✌️😊

2 porsi
60 menit
Tahu Kupat Solo

Tahu Kupat Solo

Kangen banget tp belum bs ke solo. Akhirnya tanya sini sana buat bumbunya. Yummy

2 orang
1 jam
Soto Banjar Ayam Kampung

Soto Banjar Ayam Kampung

Soto Banjar Ayam Kampung ini menu favorit keluarga saya, tak pernah bosan memakannya. Menu ini juga hampir selalu hadir saat acara keluarga πŸ‘

LonSay β€³ LONTONG SAYUR

LonSay β€³ LONTONG SAYUR

Sengaja memasak yang tak bersantan kental; lebih ringan dan segar untuk sarapan ...

4 orang
35 menit
Sate Padang

Sate Padang

Source : Sajian Sedap Lama tak icip sate padang, karena kepingin, akhirnya nyari resep, buat sendiri. Lumayanlah, ngobatin kangen sama kuliner khas Sumatra Barat ini. Anak-anak juga sangat suka sate padang. Masak sendiri, puas karena bisa makan satu rumah. Resep saya dapat dari website Sajian Sedap.

Kupat tahu

Kupat tahu

Buatnya gampang, rasanya seger...

1 porsi
10 menit
Sate Piaman

Sate Piaman

Mengenang bapak (Rahimahullah), sate ini berasal dari padang pariaman kampung bapak. Sate Piaman atau sate pariaman beda dengan sate padang yang lain, saya paling suka kuahnya yang berlaku langsung dengan kacang hem yummyyy.

50tusuk
Soto Ayam Sukoraja

Soto Ayam Sukoraja

Masih edisi perayaman bikin soto ayam ajaa biar anak² lahap.. Pd dasarx nih soto ttp sama cuma beda d sambel aja.. Sambelx ini yg beda krn sambelx dr kacang tar sya share sambel kacangx setelah sy post d soto ayam yaa 😁 Source : dapur airin #PekanRayaAyam #PekanPosbarAyam #RecookBubuhanKaltim #KulaEtamCoCoK #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Balikpapan #DutaRecookBeraksi #DutaRecookBalikpapan

Sate Kambing Maknyoz

Sate Kambing Maknyoz

karena saya gak suka bumbu, jadi yang digambar adalah bumbunya aku campur pas waktu proses pembakaran daging biar lebih meresap dan maknyozzz

Sate Padang #PR_recookrancakbana

Sate Padang #PR_recookrancakbana

Suka banget ama salah satu masakan padang ini , enak bumbunya kaya rasa rempah Source : Shirley Wijaya

Sayur labu santan (bisa untuk ketupat sayur)

Sayur labu santan (bisa untuk ketupat sayur)

Masaknya gampang, cepat dan murah.

4 porsi
Β±30 menit
Gecot Banyumas / Kupat Tahu

Gecot Banyumas / Kupat Tahu

Asalamualaikum Bunda πŸ˜‡ Seperti biasa Bun, Aku mau share resep makanan lagi, kali ini Aku mau bikin " Tahu Gecot Banyumas / Kupat Tahu ". Bikin ini tuh pas hari Minggu, jadi Mas Bojo libur kerja, lumayan ada yang bantu ulekin, soalnya Dia lebih telaten kalo masalah ulek2 dibanding Aku πŸ™ˆ Oya Bun, sebetulnya Gecot yang kali ini Aku bikin agak berbeda sama Gecot didaerah Aku, karna seharusnya pake Krupuknya itu Krupuk Singkong Merah Putih dan pake Kecambah, berhubung kemaren ke Pasar gak nemu, akhirnya Aku ganti aja deh pake Krupuk Singkong seadanya dan Toge. Tp Alhamdulillah rasanya hampir sama kok 😁 Bunda2 selamat mencoba ya πŸ€—

Rujak kacang madura sedap

Rujak kacang madura sedap

hidup dijawa, istri orang jawa, tiba2 kangen masakan madura,, dicoba enak bgt, lumayan menambal rasa rindu sanak saudara di madura

4 porsi