Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) yang Enak Banget

Dipos pada February 7, 2022

Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan)

Bagaimana membuat Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) yang pasti lezat Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) kira-kira 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) memakai 20 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#5resepterbaruku

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan):

  1. 1/2 ekor Ayam Kampung
  2. 200 ml santan
  3. 500 ml air
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 sdm gula
  6. 1/2 btr gula aren
  7. 2 lmbr daun jeruk
  8. 2 lembar daun salam
  9. 1 buah serai
  10. secukupnya Lada
  11. Ketumbar bubuk secukupnya (saya pakai merk Desaku)
  12. secukupnya Kaldu jamur
  13. 1 sdm margarin (blueband)
  14. Bumbu halus:
  15. 2 butir kemiri
  16. 5 siung bawang putih
  17. 5 btr bawang merah
  18. Bahan tambahan:
  19. Tahu putih
  20. Tempe

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan)

1
Haluskan 5 butir bawang merah, 5 siung bawang dan kemiri. (Saya pakai blender).
2
Tumis bumbu halus dgn 1 sendok margarin. Masukan serai yg sudah di geprek, 2 lembar daun salam, dan daun jeruk yg sudah di sobek agar keluar aromanya.
3
Campur bumbu yg sudah di tumis dgn 500 ml air. Masukan potongan Ayam yg sudah dicuci bersih. Bisa ditambahkan telur, tahu dan tempe. Lalu beri garam, gula, gula aren (optional), ketumbar bubuk,lada, dan kaldu jamur. Cek rasa. Kemudian tuang santan sambil terus di aduk agar tidak pecah. Tunggu sampai mendidih.
Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) - Step 3
4
Sajikan selagi hangat. Beri taburan bawang goreng.
Opor Ayam Kampung Simple (MPASI 21 Bulan) - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

RESEP OPOR AYAM SPESIAL LEBARAN - menu lebaran

RESEP OPOR AYAM SPESIAL LEBARAN - menu lebaran

Resep opor ayam spesial lebaran. Menu lebaran yg satu ini wajib ada ya khusus buat anak-anak. Cara buatnya sangat mudah aku pakai santan instan. Rasanya super enak. Berikut bahan-bahannya. @youtube #1KCreator!

Opor Jantung Pisang

Opor Jantung Pisang

:-)Dikasih jantung sama bos pisang,hatur nuhunn. #SiapRamadan

Opor ayam + tahu

Opor ayam + tahu

Suami sukanya bagian paha ayam, jadi saya hanya beli bagian pahannya saja

30 menit
Opor ayam

Opor ayam

#pejuanggoldenapron2 #weekendchallenge PagiΒ² sekali si mang tukang sayur langganan selalu udah siap aja nih ngamparin dagangannya di jalan depan rumah, jadi gak usah jauh dan beribet kalo beli sayur dan lauk hemat waktu. Pun dg harganya yg lebih murah dari warung yg lumayan jauh. Keingetan dg surat dari mamah Cookpad yg ngasih tantangan dimasakin ayam. Boleh lah Yaaa walaupun bukan hari raya, kita masak oporπŸ˜„. Pilihan hati jatuh ke masakan ini dalam rangka mengikuti #weekendchallenge nya Cookpad. Yuk kita masak..

#26 Opor Telur Kuah Susu

#26 Opor Telur Kuah Susu

28-01-2019. 4-1. Sempat tidak akan mengikuti tantangan cookpad #HariGiziNasional2019, soalnya tidak pernah masak memakai susu. Pas gooegling ternyata susu bisa digunakan untuk mengganti/dipadu dengan santan (kuper banget kan 😬). Tidak pernah berani 'mencampur' bahan yang belum 'umum', takut karena anak pernah kena lambungnya gara2 'salah campur makanan'. Bismillah, hasil gooegling, kepikiran masak opor telur dipadu dengan Kentang dan wortel. Bahan sederhana yang mudah didapat, harga terjangkau dengan bumbu seadanya di dapur πŸ™. Insyaallah, menu ini sudah memenuhi menu 4 bintang, karbohidrat dari kentang, protein dari telur, vitamin dari wortel dan lemak dari susu. Tadinya mau pakai buncis, tapi pagi ini kurang beruntung (gak nemu buncis 😁). Alhamdulillah, anak lahap, rasanya bisa diterima πŸ€—. Semoga resep sederhana ini menginspirasi, masakan sehat tidak harus mahal, tetapi sudah memenuhi kebutuhan gizi anak & keluarga. Semoga beruntung pada tantangan cookpad kali ini, bimillahi πŸ™πŸ€— #HariGiziNasional2019 #Menu4bintang #Resolusi2019 #BerburuCelemekEmas #Mingguke4

1 jam
Opor Telur Ceplok

Opor Telur Ceplok

Gak sempet ke pasar krn si anak bayi lg gak bisa diem bgt dan ketinggalan abang sayur keliling, jadilah masak seadanya tp ada kuah2nya krn anak bayi lg seneng makan yg ada kuah2 gurih gitu dan drmh cuma ada telur, jadilah bikin Opor Telur Ceplok aja deh

4 porsi
Opor Ayam sederhana

Opor Ayam sederhana

Opor Ayam sederhana teman ketupat saat lebaran.

Terik Tahu dan Tempe

Terik Tahu dan Tempe

Bosan dg ikan dan daging mulu,ini bisa jadi alternatif. Dengan bahan sederhana,cukup beli di warung tetangga bisa jadi lauk. Sayur ini gurih dan cenderung manis,karena suami orang Solo. Di Solo biasa dimakan dengan bubur lemu di pagi hari. Selain tahu dan tempe bisa pula diberi telur rebus. Tapi kali ini aku skip,untuk mengurangi kolesterol tentunya. Balita bisa juga mengkonsumsi lauk ini,dg telur tentunya agar lebih bergizi. Yuk simak resepnya.

Terik tempe tahu pedes

Terik tempe tahu pedes

Masak enak ga pakai ribet

Sayur terik

Sayur terik

Pagi2 niat banget masak sayur ini,karena kangen ma masakan ibuk πŸ€—πŸ€—

Opor ayam putih

Opor ayam putih

Anak pertama ku suka sekali opor ini... Keturunan dari mama nya yang juga suka iniπŸ˜ŠπŸ˜ŠπŸ˜‹ cusss lgs ke resep yuk #berburucelemekemas #antiribet

10 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Cocok disajikan dengan lontong, ketupat ataupun nasi

Opor telur

Opor telur

#TantanganAkhirTahun #MasakdiTahunBaru

Opor ayam hari raya

Opor ayam hari raya

Sudah lama sekali tidak nulis resep disini. Mudah2an bisa istiqomah buat nulis2 resep masakan sendiri. Ok diawali dengan opor, opor ini saya gunakan ayam broiler, bisa juga diganti dan akan lebih enak jika menggunakan ayam kampung atau bebek.

Opor Ayam Praktis

Opor Ayam Praktis

Lagi sakit tapi harus buat opor ayam karena besok lebaran haji. Tp kehabisan santan kelapa. Alhasil pake santan instan Kara ajah deh. Dicoba yuk.

30 menit
Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam biasanya dijadikan santapan wajib waktu hari raya lebaran,, #5resepterbaruku