Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Lontong Sayur yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 29, 2022

Lontong Sayur

Bagaimana membuat Lontong Sayur yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Lontong Sayur yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari Lontong Sayur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Lontong Sayur ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Kira-kira porsi penyajian Lontong Sayur kira-kira 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong Sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong Sayur memakai 19 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pelengkap hari lebaran ya bun, kudu mesti wajib dianjurkan ada lontong 😆, padahal mah gak jugaa... Ini resepnya paling simpel dan tinggal cemplang cemplung aja bun, beli bumbu halus racikan dipasar tradisional aja, beli 3rb juga uda dpt banyaaak bisa jadi 10 porsi.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Sayur:

  1. 1 kotak Sun kelapa 200ml
  2. 1 balok tempe
  3. 1 buah labu siam
  4. 2 buah wortel
  5. Optional : ayam, udang atau daging
  6. 1000 ml air
  7. 2 bungkus kecil rempah gulai
  8. 2 sdm bumbu halus gulai racikan
  9. 2 batang serai di geprek
  10. 1 lembar daun salam
  11. 3 lembar daun jeruk
  12. 3 buah bawang merah, iris
  13. Secukupnya garam
  14. Secukupnya kaldu bubuk
  15. Secukupnya gula pasir
  16. 5 sdm minyak goreng
  17. Lontong :
  18. 1 liter beras lontong
  19. 10 lembar plastik/ketupat

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Sayur

1
Pertama, buat lontong nya dulu. Beras di cuci kemudian di rendam selama kurleb 2 jam. Tiriskan.
2
Masukkan ke plastik, untuk takarannya bunda isi beras sekitar setengah plastik, dan kurangi selebar 1 jari, rekatkan dengan panas api pada salah satu sisi. Lalu tusuk2 plastik nya dengan lidi merata, ups jangan sampai berasnya keluar ya. Rebus di panci hingga matang, dan angkat.
3
Setelah diangkat konsistensi lontong pasti lunak sekali, jgn khawatir, diamkan saja sampai dingin, maka lontong akan kenyal. Kalau saya kerjain malam, pagi nya baru disajikan bun.
4
Kedua, kita masak kuah nya
5
Tumis irisan bawang merah hingga warna berubah kuning keemasan, lalu masukkan rempah, tunggu hingga harum.
6
Masukkan bumbu halus, serai, daun jeruk dan daun salam, tumis hingga harum.
Lontong Sayur - Step 6
7
Tambahkan air, santan, garam, kaldu dan gula, aduk hingga rata. Di aduk terus hingga mendidih. Koreksi rasa.
Lontong Sayur - Step 7
8
Masukkan tempe, labu siam dan wortel, plus ayam atau yg lain kalau mau. Biarkan hingga matang sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah. Untuk kuah sudah jadi bun.
9
Sajikan lontong sayur bersama taburan bawang goreng 😊 lebih endes lagi jika ditaburkan sambal teri dan kacang 😅
Lontong Sayur - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Soto banjar

Soto banjar

Ya allah wangi masakan nya enak banget,jadi pengen makan cepet" dan alhamdulillah,yang ada d rumah pada suka,namanya saja soto banjar,orang sukabumi juga suka ko.jadi pengen nambah lagi,hehe. #Pekan-Banjar #cookpadcommunity-Sukabumi.

utk 5 porsi
20 mnt
Soto Banjar Ala Ummi Hana

Soto Banjar Ala Ummi Hana

Baca inbox Ada event #Pekan_Banjar n kebetulan di kulkas ada iga nganggur, kelapa juga. Rencana si mau bikin gulai iga lagi. Namun, beralih cobain bikin Soto Banjar ala ala deh.. padahal mungkin ini bukan soto Banjar sih. Maksa banget berharap bisa beruntung dapat hadiah 😂 #cookpadcommunity_Pekalongan

Soto Banjar ala Azizah snack dan cookies

Soto Banjar ala Azizah snack dan cookies

Resep soto banjar ini ku buat pada waktu lebaran lalu dan baru lebaran kali ini aku buat soto ayam karna biasanya slalu buat ketupat opor ayam dan pengalaman bikin soto banjar memang sama sekali tidak ada cuma karna kami sekeluarga sangat suka dengan sop ayam dan aku berpikir mungkin tidak jauh beda resep nya dan untuk memenuhi tantangan dari cil mimin maka ku buat lagi lah soto banjar versi kami ini #Tantanganminggu2 #SOTOBANJAR #Wanilahmeolah #Cookpadcommuty_Martapura

Lontong Sayur

Lontong Sayur

Sedap di santap dengan telor bumbu merah atau ikan haruan ( ikan gabus ) bumbu merah dan ketupat

Lontong Sayur Labu Siam

Lontong Sayur Labu Siam

Salah satu sarapan favorit keluarga saya..

6 porsi
30 menit
Soto Banjar (simple)

Soto Banjar (simple)

Suka bgt sma aromanya , apa lagi bikinnya gk pke ribet , ( saya penggemar soto garis keras 😂 ) semua soto sya suka ( yg penting enak ) 😜😜😜pertama2 seruput kuahnya dlu ya , trs kasih kucuran jeruk nipis , tambahkan sambel yg bnyk , kecap asin mix manis , dijamin tambah semangat mknnya , dgn tambahan ketupat , perkedel kentang dan minum es teh , berasa lgi mkn di warung kn #NikmatManayangKauDustakan🤩🤩🤩🤩🤩

Lotek Bayam

Lotek Bayam

Selamat siang ... Hari ini ngebet bikin seporsi lotek, tapi stok sayur utamanya tinggal bayam, jadinya bikin lotek bayam. Wortel dan kol tinggal dikit, alhasil cuman dibikin buat bakwan sayur. Ketupatnya maksain bikin ketupat rice cooker 😂. Pas uda jadi langsung buru-buru asal foto trus langsung dimaem. Alhamdulillah lotek dg bahan alakadarnya hari ini mengobati rasa kangen pada lotek jogja yg manis dan rasanya sesuai dg selera Saya.hehe.. Selamat beraktivitas. 👩🏻‍🍳❤️ #cookpadcommunity_serang #lotek #lotekjogja #clovercookinglover #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove

1 porsi
Gado gado ala dapoer amih

Gado gado ala dapoer amih

Kadang ada yang bilang menghaluskan bumbu menggunakan blender atai food prosessor itu tidak enak rasanya pahitlah, getir dan banyak lainnya. Kalau saya sih cari praktisnya aja. Apalg kalo pas bikin pesenan 50 porsi gak sangguplah kalo harus ngulek kacang sampe.keluar minyaknya. Apalagi kalo semua dikerjakan sendiri. Enak atau tidaknya tergantung dari cara pengolahan bumbunya itu sendiri. Sedikit tips menghaluskan bumbu menggunakam blender jamgan mencampurkan bumbu dengan air. Tapi gunakan minyak. Kalo pakai fp sih gak perlu tambah apa apalagi lalu masak dengan api kecil sampai bumbunya harum.

50 porsi
Ketoprak

Ketoprak

Ceritanya tadi pagi belanja ke warung kalau misal dapet ketupat aku pengen bikin ketoprak.. dann ternyata dapet dong😁... Inspirasi resep dari ig @resepmasakandankue3 penulis @byviszaj tapi ini ga aku kasih cabe karena dimakan anak2 juga. Yg mau pedes tinggal tambahin cabe aja ya dibumbu kacangnya.. #PejuangGoldenApron2

Sambel Goreng Pepaya / Sayur Pepaya (124)

Sambel Goreng Pepaya / Sayur Pepaya (124)

Kamis, 9 April 2020....Masak simple...1 macam tp isinya dah lengkap...#PejuangGoldenApron2 #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #DiRumahAja #WeekendChallenge

Lontong pecal

Lontong pecal

Utk sayurannya sesuai selera masing2 ya teman2,saya stok yg ada di kulkas aja

Soto Banjar

Soto Banjar

Berbagai macam jenis Soto di Indonesia, salah satu menu populer yg khas di Kalimantan Selatan adalah Soto Banjar. Soto Banjar pun memiliki berbagai macam versi, nah ini adalah Soto Banjar versi mama saya. Tadi siang jadi menu makan bersama kami dihari minggu ☺️ Biasanya kalau keluarga besar berkumpul pada acara Arisan Keluarga, Lebaran, hajatan menu ini termasuk menjadi pilihan #WanilahMeolah #SotoBanjar #CookpadComnunity_Kalsel #CookpadCommunityBorneo #CookpadCommunity_Tanjung #MasakItuSaya #CookpadId

Ketoprak Jakarta

Ketoprak Jakarta

Bagi orang Jakarta pasti engga asing lagi karena menu ketoprak ini banyak dijual di jalanan sepanjang Jakarta. Katanya lebih enak makan yang di pinggir jalan daripada di rumah makan. Setuju kah warga Jakarta??? 😁 Jujur saya baru cobain ketoprak tuh beberapa tahun ini. Kalau di Yogya kebanyakan adanya pecel, lotek dan gado-gado. Saya suka bangettt dan jadi bikin sendiri di rumah berhubung papa ga bisa makan di pinggir jalan, suka gampang banget sakit perut 😅 Salam “Anyone can cook”

Tahu masak banyumas ala grace

Tahu masak banyumas ala grace

Udah lama pengen ngrasain lagi tahu masak banyumas. Tapi karena jauh. Alhasil bikin sendiri dirumah meskipun dengan bahan seadanya.

1 porsi
Sate ayam bakar bumbu serapah

Sate ayam bakar bumbu serapah

makanan ini khas dari daerahku. bali utara, buleleng. bumbunya mirip bumbu sate padang

45 tusuk
25 menit
Soto Daging Sokaraja

Soto Daging Sokaraja

Saya bukan orang banyumas tetapi tertarik untuk membuat soto sokaraja karena menurut saya soto ini mempunyai rasa yang unik dengan adanya tambahan sambel kacangnya. Soto ini biasanya dimakan dengan ketupat tetapi berhubung di kota saya ketupat adanya hanya saat lebaran saja sedangkan mau buat sendiri waktunya gak ada akhirnya beli lontong saja dan untuk kerupuk saya pakai seadanya saja mau goreng kerupuk warna warni juga males 😀

Tahu  kupat  ngawi

Tahu  kupat  ngawi

Karna saya sekarang di belanda dan saya sangat suka sekali masakan tahu kopat.iseng iseng bikin asik jadi dechhh 😍