Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Jengkol Setengah Rendang #Agust22 yang Lezat Sekali

Dipos pada February 26, 2020

Jengkol Setengah Rendang #Agust22

Anda sedang mencari inspirasi resep Jengkol Setengah Rendang #Agust22 yang simple Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Jengkol Setengah Rendang #Agust22 yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Jengkol Setengah Rendang #Agust22, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Jengkol Setengah Rendang #Agust22 di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Jengkol Setengah Rendang #Agust22 kira-kira 1 porsi besar. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, biasanya waktu yang dibutuhkan untuk memuat Jengkol Setengah Rendang #Agust22 diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Jengkol Setengah Rendang #Agust22 sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Jengkol Setengah Rendang #Agust22 memakai 18 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bagi saya rendang itu ya yg kelapanya sampai kering dan warnanya hitam persis rendang padang. Nah karena ini ga sampai kering, masih nyemek2 jadilah setengah rendang hihi. Empuk dan bumbunya meresap.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Jengkol Setengah Rendang #Agust22:

  1. 500 gr jengkol tua (cuci bersih)
  2. 2 bungkus kara (kemasan 65ml)
  3. 200 ml air
  4. 4 lembar daun salam
  5. 1 batang sereh (geprek)
  6. 1/4 sdt merica
  7. sesuai selera Kecap
  8. secukupnya Garam
  9. secukupnya Penyedap rasa
  10. Air secukupnya (untuk merebus jengkol)
  11. Minyak secukupnya untuk menumis
  12. πŸ‘Œ Bumbu Halus :
  13. 10 siung bawang
  14. 6 siung bawang putih
  15. 5 buah cabe rawit merah
  16. 3 buah kemiri
  17. 1 buah tomat (ukuran kecil)
  18. 1/2 buah pala

Langkah-langkah untuk membuat Jengkol Setengah Rendang #Agust22

1
Siapkan panci. Masukkan air 3/4 panci. Masukkan jengkol yang sudah di cuci bersih. Tambahkan 2 lembar daun salam dan 1/2 sdt garam. Rebus hingga empuk. Saya rebus 30 menit. Lama merebus tergantung kondisi jengkol ya. Angkat lalu tiriskan.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 1
2
Kupas kulit jengkol yang masih menempel. Siapkan ulekan. Ambil sebelah bagian jengkol, geprek hingga sedikit pipih. Sisihkan. Lakukan hingga seluruh jengkol habis.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 2
3
Siapkan blender. Masukkan semua bahan bumbu halus ke dalam blender. Blender hingga halus. Sisihkan ke dalam mangkok
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 3
4
Siapkan wajan. Masukkan sedikit minyak untuk menumis. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan merica bubuk, sereh, daun salam, kecap, garam dan penyedap rasa. Tumis hingga semua tercampur.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 4
5
Masukkan jengkol. Aduk rata.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 5
6
Tambahkan santan dan 200ml air. Masak hingga mendidih sambil terus di aduk. Lakukan hingga air sedikit surut.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 6
7
Air sudah sedikit surut. Tes rasa.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 7
8
Jengkol setengah rendah siap di pindahkan ke dalam mangkok saji.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 8
9
Jengkol setengah rendang siap di santap.
Jengkol Setengah Rendang #Agust22 - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang kentang hati ampela

Rendang kentang hati ampela

Rendang sederhana, gampang masaknya, enak rasanya.

Rendang Daging #selasabisa

Rendang Daging #selasabisa

#BikinRamadanBerkesan

4 porsi
Rendang kering

Rendang kering

Rendang masakan terpaporit seantero jagad hee.. Kali ini special penutup kesempurnaan dr pencarian celemek sakti ditutup dg cooking rendang #BikinRamadhanBerkesan #30 membuat rendang dalam kondisi sadar alias semua bumbu di racik sendiri Yeaay.. berhasillll Resep intip ci jun xanderkitchen tp ada bumbu yg diskip krn ga pnya stok dan udah nyari dipasar ga ketemu juga Tapi alhmdulillah tetep great result Oya, utk daging sy pake bagian otot setengah dan setengahnya lagi daging mulus biar anak anak bisa makan ga pake alot. Klo pengen ga pedes banget 250gr pake cb besar semua dan bijinya dibuang Klo resep dibawah recomended buat pedes lover

Rendang#FestivalResepAsia#Indonesia#Daging sapi

Rendang#FestivalResepAsia#Indonesia#Daging sapi

Request anak sulungku ini pas banget di hari idul adha. Daging qurban langsung dimasak rendang. Bela-belain kumasak malam-malam biar jd surprise esoknya buat anakku yg doyan banget ama rendang.Untung saja bumbu2nya sudah punya stok dan bumbu dapur lainnya sdh kutanam di pekarangan depan rumah😁.

8 porsi
40 menit
Rendang kerang

Rendang kerang

Gak jelas juga ini kerang dara atau remis. Yang pasti belinya udah yang dikupas. Dikit aja. Cuman seprapat kilo. Jangan banyak banyak. Kolesterolll...πŸ˜¨πŸ˜… Karena dikit, bikinnya juga jangan yang ribet. Yang model instant aja. Pakai @bumbuspesial.indofood rasa Rendang. Tinggal buka , gosreng bentar. Pas udah harum masukin kerangnya. Tumis tumis terus tambah santan. Koreksi rasa. Tambahin apa yang kurang. Masak api kecil-sedang sampai santan mengering. Makin kental santan makin enakkk... Kalo kurang pedes tambahin cabe

3 porsi
20 menit
Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Menu andalan di bulan Qurban.. Jangan Bosan karena eman kalo tidak di olah menjadi menu makanan.

5 porsi
Rendang daging sapi (dg keterbatasan santan πŸ˜‚) #KitaBerbagi

Rendang daging sapi (dg keterbatasan santan πŸ˜‚) #KitaBerbagi

bikin rendang ini butuh waktu hampir 3jam, karena keterbatasan santan yg hari ini susah sekali di cari, karena kehabisan πŸ˜‚. akhirnya dlm kurun waktu 3jam rendangnya jd jg. harus putar otak agar rendang ini harus jd..... & taraaaaa... alhamdulillah jd juga 😁😁😁

8-10 orang
-+ 3 jam
Rendang

Rendang

Source DapurVy Enak dan mudah... karna semua bumbu di haluskan, hasil akhirnya bumbunya kental😍. Recommended buat dicoba.. Edisi late post hehe

Rendang sapi ulala

Rendang sapi ulala

Ini pertama kali aku bikin rendang sapi.. rasanya kurang pede buatnya..tapi pas aku coba.. ala2 aku.. rendangnya nendang juga.. apalagi kalo daging sapinya di presto.. makin ulala 😁 Monggo silakan dicoba

Ayam bumbu rendang

Ayam bumbu rendang

Maksud hati kepengen bikin rendang ayam, apadaya jdinya malah begini, tpi tetp aj ayam.. πŸ˜‚πŸ˜‚

Rendang bola bola telur

Rendang bola bola telur

Telur ternyata bisa dibikin rendang, rasanya maknyusss

1 Porsi
2 jam
Rendang Jengkol

Rendang Jengkol

Masakan penghabis nasi πŸ˜‚

Rendang Ati Ampela

Rendang Ati Ampela

Beberapa teman bertanya kenapa sy masaknya porsi kecil/sedikit.yes..bukannya pelit ya..tp biar ga mubazir jd sy masak kadang untuk sekali makan atau untuk dua kali makan.untuk porsi 2 org.termasuk ini nih rendang ati ampela cuma 4 buah ati ayam yg sy rendang sy makan berdua sm suami untuk makan siang dan sore jd sehari langsung habis ga perlu anget angetin dan besoknya ganti menu lain.

Rendang ayam tahu no santan

Rendang ayam tahu no santan

Pingin banget masakan ayam tahu yg full bumbu di makan sama nasi anget bareng suami ..muncul deh ide buat ayam tahu bumbu rendang..😘

26. Lumpia isi Indomie Rendang

26. Lumpia isi Indomie Rendang

Bikin makanan super cepet aja nih. Lumpia isi indomie rendang. Karena donat mie sudah tidak aneh hehehee ... #BikinRamadanBerkesan untuk menu takjil buka puasa.

Rendang jengki (jengkol)

Rendang jengki (jengkol)

Wuendesss..masih gak suka jengki, pdhl bisa diolah empuk dan tidak bau πŸ˜‰gak tau ini mengandung berapa ribu kalori ya πŸ˜€jgn lupa olahraga aja deh...