Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Pecel petek (pecel ayam) yang Bikin Ngiler

Dipos pada June 21, 2019

Pecel petek (pecel ayam)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Pecel petek (pecel ayam) yang mudah Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Padahal Pecel petek (pecel ayam) yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Pecel petek (pecel ayam), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Pecel petek (pecel ayam) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pecel petek (pecel ayam) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pecel petek (pecel ayam) memakai 21 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Masakan khas banyuwangi,biasanya dulu hanya bisa dinikmati saat acara adat saja, sekarang kapanpun mau bisa buat sendiri.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pecel petek (pecel ayam):

  1. 1 ekor ayam kampung muda saya potong jadi 4
  2. 1 buah kelapa parut sedang (tdk tua dan tdk terlalu muda)
  3. Air kelapa
  4. 1 buah jeruk sambal
  5. 1 sendok teh terasi yang sudah dikukus atau disangrai
  6. Bumbu ungkep ayam:
  7. 3 buah bawang putih
  8. 2 butir kemiri
  9. 1 ruas jahe
  10. secukupnya Garam
  11. secukupnya Gula pasir
  12. secukupnya Penyedap rasa
  13. Bumbu yang dihaluskan :
  14. 8 buah bawang merah sedang
  15. 5 buah bawang putih sedang
  16. 6 buah cabai keriting
  17. 4 butir kemiri
  18. 1 ruas kencur
  19. secukupnya Gula pasir
  20. secukupnya Garam halus
  21. secukupnya Penyedap rasa

Langkah-langkah untuk membuat Pecel petek (pecel ayam)

1
Siapkan bumbu ungkep yang sudah dihaluskan beri sedikit air cicipi rasa lalu masukkan potongan ayam kampung yang sudah dibersihkan,panaskan kompor tunggu hingga matang kurang lebih 1/2 jam kl mengguanakan presto cukup 10 menit dr awal bunyi presto berdengung.
2
Setelah ayam lunak tiriskan dan bakar diatas pemanggang atau teflon agar sedikit gosong kecoklatan.
3
Pecel pitik siap dinikmati bersama dg nasi hangat.
4
Siapkan bumbu halus yang sebelumya sudah digoreng lalu haluskan bersama dg terasi.
5
Masukkan kepala parut kedalam wadah lalu campur dengan bumbu halus beri sedikit air kelapa agar tidak terlalu menggumpal dan tidak mudah basi kelapanya.
6
Beri perasan jeruk sambal,aduk2 dan cicipi rasa,jika sudah pasasukkan ayam kampung bakarnya (agak disobek2 ya dagingnya biar merata dg kelapa).

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pecel

Pecel

Sebenarnya kalau mau praktis, beli aja bumbu pecel yang udah jadi, tapi kebetulan lagi punya kacang tanah , jadi selain dipakai campuran tempe kering, saya bikin aja bumbu pecel sendiri....suami suka pedes yaa, jadi say banyakin rawitnya...boleh diskip kalo mau gak pedas.

Pecel terong ๐Ÿ†๐Ÿ†

Pecel terong ๐Ÿ†๐Ÿ†

Habis panen terong ddepan rumah, tnyata gedhe2 jg terongnya.. Bosen klo dibkin balado, pngen yg beda.. Dan akhirnya bikin pecel terong aja.. Ini enak, seger, fresh from tree terongnya ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚..

Sambal pecel kacang panjang

Sambal pecel kacang panjang

Rasanya enak, membuat nya mudah, bahan mudah didapatkan

Sambal pecel

Sambal pecel

Assalamu'alaikum . . . . .๐Ÿ˜‡. Kangen dah lama g main di Cookpad๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ญ gegara kegiatan lagi banyak2nya. Kangen share resep yg mungkin bermanfaat ๐Ÿ˜’๐Ÿ˜ฎdah ah mari cus ke resep . . . .๐Ÿก

2 porsi
Sambel Pecel

Sambel Pecel

Sambel pecel / bumbu pecel buatan sendiri lbh enak, lebih legit. Selalu punya stock dirumah untuk njagani kalau pas ga py byk waktu menyiapkan sarapan atau kalau ada tamu mendadak.

Sambel kacang(pecel)Madiun

Sambel kacang(pecel)Madiun

Sudah berkali-kali saya mencoba membuat sambel kacang tapi selalu gagal,rasa dan warna nya benar-benar tidak memuas kan. Tapi kegagalan bukan akhir dari segalanya,kegagalan menuntun saya dalam ke suksesan dan jadi lah sambel pecel madiun saya dan suami saya sangat suka dengan hasilnya kali ini.

4 porsi
10 menit
Pecal

Pecal

Paling suka sama sayuran yg di guyur dengan kuah kacang yg satu ini.

Pecel Lele Khas Lamongan

Pecel Lele Khas Lamongan

Request kakeknya si kecil pagi ini... rencana mau bikin cuwe tongkol pedas mercon terpaksa ditunda dulu karena ada menu request dadakan. Jadi inget.. Dulu Saya dan suami punya satu penjual pecel lamongan favorit...biasanya dulu tiap malam sepulang kerja kami mampir dulu makan disitu... โค Saat ini juga dapet ide bikin sambal pecel karena ingat kenangan itu... setelah browsing browsing resep sambal khas lamongan yang dirasa cocok... mulai deh bikin gak pake nunggu lama... dengan sedikit modifikasi takaran resep, alhamdulillah nemu rasa yang cocok dilidah... miriip banget sama sambal penjual favorit kami itu... hanya saja saya bikin lebih pedeess.. ๐Ÿ˜š Satu aja yang kurang... Ga ada daun kemanginya... ๐Ÿ˜ท

Pecel khas lombok

Pecel khas lombok

Biasa

4 porsi
19 menit
Pecel terong

Pecel terong

ini nih salah satu menu kesukaan aku... gk perlu makan pake nasi cuma di gadoin gitu ehmmm doyan banget..

Pecel sederhana

Pecel sederhana

2 porsi
Pecel Terong Ungu

Pecel Terong Ungu

Menu praktis untuk berbuka puasa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜Š

pecel ayam sambel terasi bunda bojes

pecel ayam sambel terasi bunda bojes

Resep ini saya pelajari dari teman SMA saya

8 porsi
30 menit
Pecel

Pecel

Pecel dalam bahasa jawa, pocal dalam bahasa batak๐Ÿ˜ kalu lagi malas masak ini salah 1 varian biar gak bosen dengan sayur itu-itu aja..ini ala saya yah, tapi ini enak. Kalu untuk sayuran nya sesuai selera aja yah, ini saya pakai yang ada di kulkas aja, yuk ahh dicoba

1 porsi
15 menit
Pecel terong ala ndeso#5resep terbaruku

Pecel terong ala ndeso#5resep terbaruku

Lg bosen masak lodeh.... Pgn yg seger2... D kulkas ada terong๐Ÿ†๐Ÿ† d msk apa y???๐Ÿค”๐Ÿค”๐Ÿค” Keinget ma masakan ibuk dulu... PECEL TERONG.... oke juga nih... Cobain ahh... ๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹๐Ÿ˜‹Dan ternyata suuuegerrr bingiittt....

15menit
Pecel KK (Kangkung-Kecambah)

Pecel KK (Kangkung-Kecambah)

4 porsi
30 menit
Pecel ayam/lele sambal lamongan

Pecel ayam/lele sambal lamongan

Bingung mau makan apa, paksu plg kerja ngjak mkn pecel ayam, eh di kulkas pas cm ada ayam, di eksekusi jd ini deh. jgn lp masak nasi ya...๐Ÿ™Š๐Ÿ™Š

Bumbu kacang / bumbu pecel

Bumbu kacang / bumbu pecel

Ga tau kenapa lebih suka ngulek sendiri ketimbang beli instan.. trus d stok d kulkas.. karna suami suka banget sama rebusan bayam,.di kasi bumbu kacang. Simple