Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor ayam special yang Menggugah Selera

Dipos pada February 20, 2022

Opor ayam special

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor ayam special yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Pada umumnya Opor ayam special yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor ayam special, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam special di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam special sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam special memakai 16 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Menutup menu ramadhan dengan Opor ayam 😍 Makanan wajib si kecil setelah sholat ied. Biasanya dari malam sebelumnya dia sudah ramai mengingatkan untuk membuat opor kesukaannya. Dan opor ini memang lebih lezat rasanya saat sudah di inapkan semalaman 😁 #Ramadan #Idulfitri #Oporayam #Indonesianfood #Ayam #Phiekitchen

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam special:

  1. 1 ekor ayam
  2. 10 bawang merah
  3. 5 siung bawang putih
  4. 5 butir kemiri
  5. 2 ruas jari kumyit
  6. 1 sdt ketumbar
  7. 1/2 sdt jinten
  8. 1/4 gula merah bulat
  9. 2 lembar daun salam
  10. 2 lembar daun jeruk
  11. 2 batang sereh
  12. 2 ruas jari jahe
  13. 2 ruas jari lengkuas
  14. 3 sdt garam
  15. 2 sdt kaldu bubuk
  16. 750 ml santan

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam special

1
Siapkan bahan bahan. geprek lemgkuas,sereh dan jahe. Goreng bawang merah, bawang putih, kemiri dan kunyit agar lebih mudah dihaluskan dan baumya harum
Opor ayam special - Step 1
Opor ayam special - Step 1
Opor ayam special - Step 1
2
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan daun salam, daun jeruk, sereh geprek, jahe geprek dan lengkuas geprek. Tumis hingga harum. Masukkan ayam. Aduk aduk hingga bumbu tercampur rata pada pernukaan ayam. Masukkan Air dan santan. aduk rata.
Opor ayam special - Step 2
Opor ayam special - Step 2
Opor ayam special - Step 2
3
Biarkan mendidih dan meresap bersama bumbu hingga ayam empuk. Tes rasa. Angkat. Sajikan. Yummy
Opor ayam special - Step 3
Opor ayam special - Step 3
Opor ayam special - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

8-10 porsi
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Lagia ada promo ayam kampung jadi beli dehh hhaa.. Ini beli 1 ekor separo buat opor sisanya buat ayam goreng bumbu ungkep biar praktis klo mau makan tinggal goreng. Resep ayam gorengnya uda di share buunn .. Skrg tuk cuss ke resep opor 😍😍😍

Opor Ayam

Opor Ayam

Weekend ini anak sulung sering ngeluh sakit gigi tiap kali ngunyah. Puyeng dan sedih banget kalau anak sudah ngeluh sakit gini, dan nafsu makan berkurang. Akhirnya sy belain agak ribet sedikit meres santan plus ngulek buat bikinin opor ayam kesukaannya. Resep ini layak dicoba, anak dijamin suka 😊

90 menit
Opor ayam kuning

Opor ayam kuning

Ini dah lma bikin nya pas selametan bwt antar2 ke tetangga..rasanya wow bangt

4 porsi
1jm
Opor ayam Kentang

Opor ayam Kentang

Cuaca Mendung , Jadi Buat Lauk Yang bisa Dipanasin Biar Tetap Hangat Makan nya . Ini Opor Versi Dapur Saya ,jadi Kalau Ada Yang Beda Cara Dan Bumbu nya itu memang Tergantung Dengan Selera Masing Masing .

5 orang
40 Menit
Opor kuning ayam kampung

Opor kuning ayam kampung

#bikinramadanberkesan

Terik Bola Sapi

Terik Bola Sapi

Menu saya hari ini terik bola sapi. Lebih cepat dan praktis dibanding memasak terik daging sapi. Bagi yang tidak suka sapi, bisa diganti daging ayam ya. Terik sendiri agak berkuah dan rasanya asin, gurih dan manis. Sajikan dengan nasi putih hangat dan sambal bajak udah enak banget. Ditambah tahu juga enakkkk… Anak-anak kecil biasa suka menu beginian. Apalagi yang hobi makan opor, boleh sekali-sekali coba masak terik.

6 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

Bingung antara bikin soto atau opor ayam. Walau keduanya sama2 pake ayam πŸ˜‚ (apa hubungannya coba). Karena belum pernah bikin opor ayam, maka dibuatlah opor ayam ini. Soto lain kali yaa.

πŸ²πŸ”πŸ—Opor Ayam Spesial Untuk KeluargaπŸ—πŸ”πŸ²

πŸ²πŸ”πŸ—Opor Ayam Spesial Untuk KeluargaπŸ—πŸ”πŸ²

Yap, jadi ini adalah hasil ujian praktik saat tahun akhir di SMA. Ingin sharing dengan pembaca, karna kata guru penilainya enak wkwkπŸ˜‚

6 porsi
1 jam
Terik Ayam - Telur

Terik Ayam - Telur

Ini kesukaan anak saya ☺️, tinggal di Kuwait bikin saya berusaha masak makanan kesukaan anak saya supaya dia betah, karena saya jg ngga terlalu suka masakan arabic..

4-5 porsi
Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Opor ini hanya memakai bumbu yang biasanya ada di dapur, tapi rasanya mantab kata pak suami.. Alhamdulillah suami dan anak suka. Capeknya ngulek bumbu dan masak hilang melihat mereka makan dengan lahap.

Opor ayam bumbu Praktis enak

Opor ayam bumbu Praktis enak

Suka makan sama yang berkuah dan malas kupas bawang serta ngulek ccok nih.. Pakai bumbu dari indofood juga udah enak sedap ko...

3/4 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Bikin ketupat rasanya ada yang kurang ya kalo gk di bikinin temenya yaitu opor ayam πŸ₯

1piring 3 menu (dadar jagung,opor,plus sambel baby cumi pete)

1piring 3 menu (dadar jagung,opor,plus sambel baby cumi pete)

Semoga dapat menispirasi bagi bunda bunda.😘 #intipisipiringku #cookpadcomunity_magetan

Opor Nangka + Ayam (sedikit πŸ˜…πŸ˜…)

Opor Nangka + Ayam (sedikit πŸ˜…πŸ˜…)

Ini masak edisi ngasal bu ibu, bingung ceritane punya nangka 1 bungkus yang udah dipotong2 ma penjualnya kita tinggal ngerebus + dicuci bersih lagi sebelum diolah, mau dimasak apa ya??? Diolah jadi gudeg udah pernah, disayuran kaya rumah makan padang ya udah (resep keduanya sudah saya share) ya wis lah tak opor wae. Dicampur 2 ceker, 1 pala ayam ma kerongkongan ayam, jadi deh tuh opor ala saya. Tapi kata pak suami ma 2 jagoanku enak, alhamdulilah yang penting keluargaku suka. Ini resep opor ala emak aku ya, dimasak versi anake tapi sekarang 😊😊. Ini resepnya semoga bermanfaat.

Opor Ayam Ceritanya

Opor Ayam Ceritanya

Pas ditinggal ibu pulang kampung jadi aku yg masak buat semua karyawan + suami dan ank aku. Dlu krn emng pernah wartegan sm ibu jd tau lah sedikit masakan ibu..

7 orang