Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Rendang yang Enak Banget

Dipos pada February 25, 2020

Rendang

Hari ini saya akan berbagi resep Rendang yang mudah Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Rendang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Rendang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang memakai 20 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ceritanya lagi ngidam makan rendang, trus dibeliin suami, pertama rendangnya kepedasan, kedua kalinya, dagingnya amis dan keasinan. Namanya bu ibu hamil ya, pasti blm puas klo blm ketemu rasa yg diinginkan sama lidah, browsing sana sini, ketemu deh resepnya xanderskitchen. Enak bgt, cocok sama lidah. Cuma ada beberapa bumbu yg aku skip, ganti dan tambahin. Kayak daun kunyit dan Adas aku gak nemu di pasar, jd aku skip. Kelapa parut nya aku ganti kara, krn santannya gak mau kluar, mungkin gegara aku masukin freezer 2 hari sebelumnya. Aku tambahin kelapa parut sangrai trs aku halusin pk blender, sama nambahin daun jeruk, krn wkt beli daun salam bonus daun jeruk, jd aku masukin sekalian aja.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang:

  1. 1/2 kg daging sapi
  2. 400 ml santan kara + 200 ml air
  3. 3 batang sereh memarkan
  4. 5 lembar daun salam
  5. 2 lmbar daun jeruk
  6. 2 genggam kelapa parut, sangrai hingga coklat dan blender halus
  7. Bumbu Halus:
  8. Cabe merah dan rawit secukypnya (aku skip)
  9. 100 gr bawang merah
  10. 4 btr bawang putih
  11. 1/2 sdt jinten
  12. 1/2 btr pala
  13. 3 btr cengkeh
  14. 2 btr kemiri
  15. 1 sdm ketumbar
  16. secukupnya Merica
  17. 1 ruas jahe
  18. 1 ruas kunyit
  19. 3 irus lengkua
  20. secukupnya Garam dan gula

Langkah-langkah untuk membuat Rendang

1
Lumuri daging yang sudah di potong dg bumbu halus dan kelapa sangrai. Diamkan hingga 15 menit. (enggak dilumuri jg gpp sih)
2
Masak santan kara dengan ditambahi air 200ml, masukkan daun salam, jeruk, dan sereh. Aduk terus hingga mendidih kemudian masukkan daging yg sudah dilumuri bumbu tadi.
3
Aduk daging selama 5-10 menit, kemudian pindahkan daging dan setengah kuah santan ke slow cooker selama 1 jam atau lebih kalo mau lebih empuk dengan mode auto.
4
Tujuan pake rice cooker adalah karena males aduk, soalnya lemes duluan kalo mikir harus aduk terus menerus hingga berjam2 dg berliter2 air. Sementara dg slow cooker aku cm total 600ml santan+air.
5
Setelah 1 jam keluarkan dr slow cooker, trus pindahkan lagi ke kuali beserta sisa santan tadi, aduk hingga kering dan minyaknya keluar. Jadi deh rendangnya. Proses ini aku cm butuh 30 menit. (pake slow cooker itu airnya gak bs kering makanya harus di aduk lg dikuali) total proses dr siapin bumbu sampe jadi palingan 2 jam lebih dikit2.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sambal ijo temen rendang ๐Ÿ˜ƒ

Sambal ijo temen rendang ๐Ÿ˜ƒ

Resep rendang udh ada za.cek aja bunda diresep sbelumnya

Rendang daging kurban #FestivalResepAsia #indonesia #dagingkurba

Rendang daging kurban #FestivalResepAsia #indonesia #dagingkurba

dapet jatah kurban..biasanya lgsung dsate dan tulangnya dibuat SOP.... berhubung aku dan anak2 LG meriang jadilah daging di potong dadu masukin freezer.. sbnernya kurang begitu suka sama daging2an apalagi daging kambing..mungkin karena gak bisa masaknya kali yah๐Ÿ˜….. ceritanya pagi ini mau eksekusi..tp bingung dijadikan apa ini.. cari resep sana sini..saking banyaknya resep yg di baca dan disimpan mlh semakin bingung *mak..tolong aku* sampe pusing ni kepala..pdhl belum makan daging yaa๐Ÿ˜‚. langkah pertama kewarung..dan belilah bumbu2an.. ayoo kakak kakak.. mba..mbaa.. ibu ibu.. yg msh pemula banget boleh di coba resep ini.. antara bumbu rebusan dan bumbu rendangnya hampir sama loh..jd lebih gampang Lagi.. cocok jg buat ayam,kentang,jengkol.. #FestivalResepAsia #indonesia #dagingkurban #dagingkambing #dagingsapi

Rendang Daging

Rendang Daging

2nd request dr pak suami... "rendang daging" ๐Ÿ˜ karena kemaren-kemaren menu makannya udah ayam melulu jadi hari ini kita beralih ke daging-dagingan dulu, biar gak bosen ya kaaan... ๐Ÿ˜†

Rendang ayam kampung

Rendang ayam kampung

Rencana sih mau ngrendang daging sapi, eh bunda saya lg hipertensi jadi di gantilah dgn ayam kampung hehe Gampang bgt bikinnya soalnya pake bumbu instan, yuks cus liat step by stepnya ๐Ÿ‘‡

Rendang santai pake rice cooker

Rendang santai pake rice cooker

Paling males masak rendang Karena menyita waktu akhirnya Aku pakai rice cooker biar santai bisa ngelonin si gembul sambil masak rendang.Dan hasilnya pun endess enak pedas nya cukup Karena kebetulan Aku punya anak kecil jadi gak pedes banget

kira2 -/+ 4 jam
Rendang daging

Rendang daging

Hari minggu masak rendang...buat bekal anak anak besok ke sekolah...full day school sih...maklum bapaknya gak suka katringan ...takut msg

Rendang daging pedas

Rendang daging pedas

Ini baru pertama kali bikin rendang,tapi rasanya mantep banget๐Ÿ‘๐Ÿป tapi ini saya bikinnya pedes kalo gamau terlalu pedas tinggal dikurangi aja cabenya

2 jam
Cilok Rendang

Cilok Rendang

Menyambut sahabat sahabat SMA yg mau pada main ke rumah, di bikinin yang pedes pedes nampol ajaaah ๐Ÿ˜

Rendang Daging

Rendang Daging

Rendang daging buatan saya ini versi saya yah.. Karena saya buatnya tidak mengikuti pakem asli rendang padang. Karena biasanya klo bikin rendang wajib pake daun kunyit, tp karena susah nyarinya jadi ga saya pake. Ada juga yang bilang ga perlu pake kunyit, jahe dan gula. Tapi resep yang saya buat ini yang sudah cocok dengan lidah keluarga saya. Silahkan bagi yang ingin mencoba. Happy cooking ๐Ÿ˜๐Ÿ˜˜ Note: utk penggunaan asam kandis boleh diskip/dihilangkan ya.. Karena menghasilkan sedikit rasa asam.

Rendang Ayam

Rendang Ayam

Source : teh Nia Bayens & uni Michico Octavian Ga sengaja loh mau ikutan kontes Festival Resep Asia kali ini..๐Ÿ˜„ Kebetulan kemarinยฒ mamah beli baby potato dan masih ada beberapa potong ayam juga di kulkas yg belum diolah, liat resepnya teh Nia sama mom Michi, cuss.. Bismillah.. ๐Ÿ˜Š *bahan dan bumbu disesuaikan dgn stok yg ada.. #FestivalResepAsia #Indonesia #DagingAyam #Ayam #RendangAyam #MasakanCeuNia

Rendang daging ala mama alin

Rendang daging ala mama alin

besok mau puasa. suami minta di bikinin rendang untuk sahur, langsung eksekusi deh. biar puasa nya semangat. hehehe..

26. Lumpia isi Indomie Rendang

26. Lumpia isi Indomie Rendang

Bikin makanan super cepet aja nih. Lumpia isi indomie rendang. Karena donat mie sudah tidak aneh hehehee ... #BikinRamadanBerkesan untuk menu takjil buka puasa.

Rendang ala bunda JKB #bikinramadhanberkesan

Rendang ala bunda JKB #bikinramadhanberkesan

Lebaran sebentar lagi ๐Ÿ˜‰ ayo ngerendang moms

Rendang ayam ala-ala rumahan (resep ibuk mertua)

Rendang ayam ala-ala rumahan (resep ibuk mertua)

Pertama kali nyobain rendang ayam ini dirumah mertua, sensasi ayam berbeda karna biasanya ayam di goreng, di semur, di balado. Iseng iseng nanya mertua bumbu bumbu nya. Lalu coba bikin dee..

5-6 porsi
Rendang Bumbu Instan

Rendang Bumbu Instan

Tiap hari harus bikin bekal buat kekantor. Puter otak harus masak yg praktis tp enak. Pengen praktis ya pake bumbu indofood rendang aja ๐Ÿ˜. Pernah nyoba juga daging sapi nya ganti jd pake daging ayam dan enak jg klo menurutku. Cm aku pk tambahan bawang merah n bawang putih boar volume bumbunya aga banyakan. Yuuu dicoba sangat2 praktis

10 potong