Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan bihun lontong opor minggu ceria yang Lezat Sekali

Dipos pada March 2, 2022

bihun lontong opor minggu ceria

Anda sedang mencari inspirasi resep bihun lontong opor minggu ceria yang lezat Cara membuatnya tidak terlalu susah. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Pada umumnya bihun lontong opor minggu ceria yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Biasanya setiap masakan akan ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi cita rasa dari bihun lontong opor minggu ceria, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan bihun lontong opor minggu ceria bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Kira-kira porsi penyajian bihun lontong opor minggu ceria yaitu 10 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sekedar tambahan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat bihun lontong opor minggu ceria diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan bihun lontong opor minggu ceria sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat bihun lontong opor minggu ceria memakai 13 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

hari minggu pulang dari gereja, siang siang laper, nikmatnya makan bihun lontong opor..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat bihun lontong opor minggu ceria:

  1. 300 gram Bihun Jagung
  2. 1 kg Lontong
  3. 1 kg Daging Ayam
  4. 500 gram Kentang
  5. 10 biji Bawang Merah
  6. 1 siung Bawang Putih
  7. 1 ruas Jahe
  8. 2 ruas Kunyit
  9. 3 batang Serai
  10. 3 sendok makan bumbu serbaguna
  11. 300 ml Santan Kental
  12. 300 gram Sambal Cabai
  13. 12 butir Kemiri

Langkah-langkah untuk membuat bihun lontong opor minggu ceria

1
rebus air, masak bihun jagung 10 menit, tiriskan
2
masak lontong (kalau menggunakan beras biasa, bukan beras instant, sebaiknya 1 hari sebelum bihun ontong opor di buat terlebih dahulu lontongnya, karena prosesnya lama), atau jika tidak mau repot bisa membeli di pasar atau supermarket terdekat. karena sy di kampung, harus membuat sendiri, dibantu mama, karena rumit.
bihun lontong opor minggu ceria - Step 2
3
bersihkan ayam, rebus 15 menit, agar empuk
4
kupas kentang, rendam dalam air agar tidak hitam, potong-potong, tiriskan, rebus kentang sampai matang
bihun lontong opor minggu ceria - Step 4
5
haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, kemudian masukan bumbu serbaguna bu rohaye.jika tidak ada, bisa menggunakan bumbu serbaguna lain.
6
tumis bumbu halus bersama serai yg telah dikeprek, sampai kekuningan, dan harum. masukan ayam yg telah di rebus, bolak balik 5 menit, masukan santan kental, diamkan selama 5 menit, kemudian tambahkan air 700 ml. masak sampai daging empuk, 20 menit, masukan kentang, masak 10 menit lagi.masukan garam dan kaldu ayam bubuk secukupnya.
bihun lontong opor minggu ceria - Step 6
7
sajikan dengan menata lontong terlebih dahulu di dalam mangkuk, kemudian diatasnya ditaruh bihun jagung, dan disiram dengan opr bersama kuahnya.
bihun lontong opor minggu ceria - Step 7
8
tumbuk cabe, bawang merah 1 biji, bawang putih 1 bji, masukan garam dan gula. beri perasan jeruk sambel. untuk pendamping bihun lontong opor
9
ayam harus terlebih dahulu direbus, dan di buang air kaldunya, karena biar daging empuk dan obat-obat yg terkandung pada ayam keluar, dan terbuang, walaupun tidak 100%, tetapi mengurangi, khusus ayam potong, kami jarang menggunakan kaldu pertamanya, karena kurang sehat, makanan ayam ini tidak alami, selain itu selalu disuntik hormon di pertenakan, sehingga dalam 1 minggu biasanya ayam sudah besar seberat 500gr bahkan 1 kg. mama selalu mengajarkan untuk merebusnya terlebih dahulu dan membuang airnnya, agar tidak mudah terkena alergi.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Terik pehu belimbing

Terik pehu belimbing

Cuaca hujan terus jadi males ke pasar.. cek kulkas cuman ada tahu tempe dan di halaman belakang pohon belimbing berbuah dgn lebatnya..baiklah kita kombinasikan dan ternyata.. seggeerr banget πŸ˜ƒ

Opor ayam minim santan πŸ˜‰simple

Opor ayam minim santan πŸ˜‰simple

Gegara anjuran bidan,, "puasa2 jgn byk makan santan yaa bu,," jadi deh opor pake kacang untuk lebih kental πŸ˜… karna msh "mabuk" bau masakan tetep demi anak2 pake bumbu jadi aja, simple kan?

Terik Daging Sapi

Terik Daging Sapi

Ceritanya lagi nyidam masak daging terik ini tadi. Cus langsung beli deh daging sapi di pasar tadi pagii.. Dan hasilnya alhamdulillah enaakk..πŸ‘

3 porsi
60 menit
opor sayur udang

opor sayur udang

Resep ini saya buat dari kreasi sendiri . Selamat mencoba yah...(&_&).

6 porsi
30 menit
Opor ayam istimewa

Opor ayam istimewa

Ini masakan paling mudah, lezat, dan mudah dimakan oleh toddler yang giginya masih sedikit...

Opor rasa rendang

Opor rasa rendang

Tadinya mau bikin rendang tapi malah jadinya oporπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Opor Ayam MPASI (Menu Keluarga)

Opor Ayam MPASI (Menu Keluarga)

Krn anak lagi GTM efek tumbuh gigi 4 sekaligus, aku coba masakin yang gurih2 😌 Kebetulan ada stok ayam potong & ati ayam di kulkasπŸ—

6 kali makan
Opor telur ceplok

Opor telur ceplok

Ini permintaan paksu....

opor

opor

pagi yang malas, yuukk bikin opor instan :))

1 porsi
10 menit
Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

2 orang
1 jam
MPASI Opor ayam labu siam

MPASI Opor ayam labu siam

Pertama aura nyobain santan dan rempah yang agak banyak,alhamdulillah mulusssss

Opor Ayam πŸ“

Opor Ayam πŸ“

Lebaran masih 2 bulan lagi, tpi sayah udah gag sabar makan opor ayam 😣 masak sendiri aja lah yaaa daripada ngiler2 bayangin opor 😁

2 porsi
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Ini opor ayam ala mama ngga pernah pakai kunir tp bs cantik warna kekuningan ini pakai aja ayam yg masih ada telur ayam kuningnya kecil gt..