Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ikan tongkol simpel yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada February 25, 2022

Opor ikan tongkol simpel

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor ikan tongkol simpel yang simple Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Umumnya Opor ikan tongkol simpel yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor ikan tongkol simpel, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ikan tongkol simpel di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ikan tongkol simpel sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ikan tongkol simpel memakai 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Siang bunda semua kemarin saya beli ikan tongkol dan biasanya hanya digoreng dan balado kali ini mau coba menu yg beda tarraaaa munculah ide mau membuat opor ikan yang notabenenya favourite dirumah langsung eksekusi aja di dapur yuk mari dicoba bagi penyuka ikan ....

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ikan tongkol simpel:

  1. 1 kg ikan tongkol besar
  2. bumbu yg dihaluskan atau giling.
  3. 7 buah cabe rawit hijau
  4. 4 buah cabe keriting hijau
  5. 4 siung bawang merah
  6. 2 siung bawang putih
  7. 1 ruas jahe
  8. 1 ruas kunyit
  9. 1 ruas lengkuas
  10. 5 buah kemiri utuh
  11. secukupnya minyak untuk goreng dan tumis
  12. secukupnya air
  13. 1 bks santan instan
  14. secukupnya garam/ penyedap
  15. 2 batang sereh(geprek)

Langkah-langkah untuk membuat Opor ikan tongkol simpel

1
Bersihkan ikan beri garam dan jeruk nipis lalu sisihkan sebentar agar meresap kemudian setelah itu goreng ikan tongkol, sambil menunggu ikan matang digoreng
2
Giling semua bumbu kecuali sereh kemudian sisihkan setelah ikan matang digoreng
3
Siapkan wajan bersih tumis semua bumbu serta sereh tadi beri air secukupnya lalu setelah mendidih masukan santan instan serta garam atau penyedap kemudian masukan ikan tongkol yang tadi digoreng....dan setelah matang
4
Sajikan dengan nasi hangat,selamat mencoba bunda semua....

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Bismillah ummah.... Berhubung saya lagi pengen banget makan opor bebek jadilah masak opor...Tapi karnA disini nyari bebek susah jadinya pake daging ayam. Sebenarnya kalo untuk opor saya pribadi lebih suka pake bebek karnA dagingnya bisa lumer lengket2 empuk dimulut. Tapi gpp lah pakai daging ayam juga lumayan.. silakan dicoba ya ummah..

6 porsi
60 menit
Opor Ayam Bumbu Indofood

Opor Ayam Bumbu Indofood

2 porsi
30 menit
Opor Ayam Kering

Opor Ayam Kering

Galau di pagi hari .. Binggung mau masak apa buat bekal suamiku Ke kantor .. Akhirnya masak opor ayam ini deh .. Alhamdulillah suami suka ... \^^/

3 porsi
30 menit
Opor ayam putih

Opor ayam putih

Resep ini merupakan gabungan dari resep-resep favorit saya. Pala, jinten, cengkeh dan daun jeruk memberikan cita rasa yang sangat membuat resep opor ini berbeda dari resep-resep yang lain. Kunci dari masakan ini adalah takaran garam dan gula yg tepat. Jangan memasaknya terlalu kental, matikan api sesaat sebelum kuahnya mengental karena akan mengental saat opornya dingin.

4 - 6 porsi
60 menit
Opor Ayam Labu Siam

Opor Ayam Labu Siam

Opornya ga pedas ya... Supaya praktis pedas2nya (rawit utuh) di jadikan satu, jadi tidak usah buat sambal lagi. Jika ingin pedas tinggal penyet cabenya. Labu atau waluhnya ditaburi garam setelah di kupas dan diserut bentuk korek kemudian remas2 hingga layu, cuci kembali dan tiriskan. Cara ini dilakukan agar labu atau waluh ketika di masak tidak mudah hancur...ok langsung di coba ya resepnyaπŸ˜†

Opor Ayam

Opor Ayam

Pas liat ayam nangkring di kulkas, langsung terbayang opor ayam 😁😁

Opor dadakan

Opor dadakan

Pengen masakin suami dan mama tercinta tapi pake bahan yg ada aja, mumpung telor lagi banyak langsung kepikiran bikin opor aja :)

5 porsi
30 menit
Opor ayam istimewa

Opor ayam istimewa

Ini masakan paling mudah, lezat, dan mudah dimakan oleh toddler yang giginya masih sedikit...

Opor Macaroni tanpa santan for Kids

Opor Macaroni tanpa santan for Kids

Anak saya berumur 2 tahun 3 bulan baru sembuh dari demamnya. Lalu saya kepikiran untuk membuat dia semangat makan, karena biasalah anak-anak kalau sakit pasti males banget untuk makan. Lalu saya searching-searching deh di internet bahan makanan yang aman untuk balita. Kepikiran deh untuk buat kreasi dari macaroni (karena terbuat dari gandum, bukan terigu 😊). Jadi deh. Opor makaroni tanpa santan, di ganti sama susu formulanya sikecil. Rasanyanya gurih manis. Si kecilpun lahap makannya.

2 porsi
30 menit
Opor ayam sederhana tapi mantap

Opor ayam sederhana tapi mantap

Si dedek paling suka yg namanya ayam kuning gak pedas, al hasil dari pada tiap hari beli kali ini nyoba buat yg sederhana aja dg bahan seadanya. Lagian papanya juga suka ayam

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

#Javanese #jawa #IdulFitri

Jawa
Opor ayam nangka

Opor ayam nangka

Menyambut hari raya idul fitri, suami minta d buatkan opor ayam campur nangka muda. Seperti di kampung halaman kami, pekalongan. sebagai obat rindu kami yg tak bisa pulang kampung..

8 porsi
60 menit
Opor Ayam (bumbu instan)

Opor Ayam (bumbu instan)

Lebaran tiba, suami minta dimasakin opor ayam. Lantaran dia suka ayam cuma bagian dada, ya yg dipake dada filet aja. Paha ayam, supaya semarak aja. Hahah.. Dan karena males ribet, jadilah beli yang serba instan tapi tetep tambah bumbu supaya makin sedap.

4 porsi
30 menit