Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi yang Menggugah Selera

Dipos pada February 12, 2020

1. Resep Rendang Asli Bukittinggi

Hari ini saya akan berbagi resep 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi memakai 18 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Resep ini adalah resep asli dari ibu saya. Kampung saya tepat di kaki gunung merapi di bukittinggi sana. Ini adalah resep orisinil Randang. Kenapa sy bilang resep orisinil? Karena kebanyakan orang sekarang membuat Randang dengan berbagai tambahan bumbu, spt : cengkeh, merica, kapulaga, dsb... Padahal, randang yg enak dan orisinil itu hanya menggunakan beberapa rempah dasar, itu menurut kami ( keluarga saya).

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi:

  1. 1 kg daging sapi segar, dipotong agak besar dan tebal
  2. Santan kental dr 5 butir kelapa tua (perasan pertama)
  3. Ditambah dengan santan perasan kedua
  4. 1 kg Kentang kecil2 khusus untuk randang
  5. Bersihkan kentang dgn ampas kelapa parut, tusuk dgn garpu
  6. Lalu bilas kentang dengan air mengalir
  7. Bahan rempah aromatic :
  8. 2 btg sereh, memarkan
  9. 1 lembar daun kunyit, potong 2
  10. 3 lembar daun salam
  11. 5 lembar daun jeruk
  12. 2,5 sdm garam halus
  13. Bumbu yg dihaluskan :
  14. 100 gr bawang merah
  15. 100 gr bawang putih
  16. 65 gr jahe
  17. 65 gr lengkuas
  18. 200 gr cabe merah keriting

Langkah-langkah untuk membuat 1. Resep Rendang Asli Bukittinggi

1
Baca Basmallah sebelum memulai proses memasak. Bersihkan daging yg sudah dipotong2 sebelumnya, keringkan dan sisihkan.
2
Tuang santan kental dan santan perasan kedua ke dalam panci atau kuali yg agak besar. (Sy pakai kuali dengan diameter yg agak besar).
3
Masukkan bahan rempah aromatic dan bumbu yg dihaluskan ke dalam santan, masak dengan api besar, aduk2 terus sampai santan mendidih dan keluar minyak dr santannya. Sy tidak memakai gula sedikitpun, karena nanti akan keluar sendiri rasa manisnya, dr daging, santan, dan rempahnya.
4
Setelah minyak santan keluar, masukkan daging, kecilkan api (api sedang jika pakai kompor gas).
5
Jika daging baru masuk, jangan terlalu sering diaduk, hati2... jangan sampai lengket ke panci.
6
Pastikan minyak santan sudah keluar, karena kalau terlalu cepat memasukkan daging ke dalam santan, daging bisa cepat hancur nantinya.
7
Setelah agak kecoklatan, baru masukkan kentang kecil2, perhatikan.. jangan sampai lengket, kecilkan api kompor sedikit lagi, agar matangnya sempurna, dan jika ingin membuat randang dgn warna hitam, aduk sesering mungkin dengan api kecil, insyaa Allah... hasilnya lebih sempurna.
8
Sy membuat randang ini dari jam 2.30 sore sampai jam 9 malam, tapi belum sampai ke tahap Randang hitam, karena anak2 sy masih kecil2... Lumayan capee... Hehehe
9
Selamat mencoba. O ya.. foto yg sy upload adalah foto ketika kentang sudah sy masukkan.. tp ketika matangnya sy lupa foto.. hampir hitam. Alhamdulillah.. proses masak randangnya sudah selesai, selamat menikmati.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang Daging

Rendang Daging

prepare menyambut Ramadhan

Rendang telur + kacang merah

Rendang telur + kacang merah

Masakan sahur tadi. #SiapRamadan

Rendang jengkol

Rendang jengkol

#5resepTerbaruku

Rendang sapi sederhana

Rendang sapi sederhana

Pnya daging wat lebaran kmren bru dmsak skrg gra2 mlm takbirn ny bnyk yg anterin msakanπŸ˜„πŸ˜„

Rendang Dada Ayam Pedas

Rendang Dada Ayam Pedas

Alhamdulillah,, punya kesempatan bikin olahan dada ayam,, ini endeus bgt,, semoga nyanthol ya 🀭🀭🀭 #ahlinyaayam #siapramadan #parcelramadancookpad #berburucelemekemas #resolusi2019 #cookpadcommunity_salatiga

6 porsi
60 menit
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Bingung awal ny bikin apa ,pas lht kulkas lengkap akhir ny jdi rendang suami suka bgt menu ini #siapramadan

Rendang sapi kokita

Rendang sapi kokita

Lagi jalan jalan ke supermarket liat bumbu masak instan kokita rendang. Gampang banget jd pengen masak..

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Masih edisi Munggahan,tadi sambal goreng kentang sekarang rendang daging sapinya..

Rendang sapi campur tempe

Rendang sapi campur tempe

Punya stok daging yg udah direbus sama tempe, masih punya juga bumbu siap pakainya cuss tinggal masak gausah ribet dan gaperlu ngulek2 tinggal oseng aja , simpel tp rasanya enakk #siapramadan #AntiRibet

Rendang Jengkol Empuk

Rendang Jengkol Empuk

Ini Resep dari mertua, di jamin empuk dan ga kerasa bau jengkol, dari dulu ga pernah suka yang namanya jengkol karna rasanya pahit da bau, pas nyoba resep ini, langsung ketagihan 😍 agak ribet dan memakan waktu 2 hari sih prosesnya, tapi rasanya endeesss berasa makan rendang daging.

Rendang daging praktis

Rendang daging praktis

RENDANG Daging yang praktis dan anti gagal πŸ˜…

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

dikasih daging sama mertua sisa lebaran idul adha, bingung diapain lagi secara pas dirumah mertua makan daging mulu.

Rendang Daging Sapi Enak

Rendang Daging Sapi Enak

Ibu mau berkunjung kerumah. Pengen dibikinin Rendang daging yang dimasak dengan penuh cinta katanya. Hehehehe... Ini pertama kali bikin rendang, sudah gitu dengan porsi besar lagi. Puas dengan hasilnya, enak banget...^^ Terimakasih buat resep "Rendang daging sapi"-nya Ardita Buana di cookpad. Dengan sedikit modifikasi bahan dan takarannya. Rendang daging ini bisa disimpan agak lama dalam wadah tertutup dan disimpan dalam lemari es. Tinggal diangetin aja kalau mau makan. Jadi ga ribet lagi bikin lauk dadakan. Ya sudah, yuk simak resepnya...^^ #AntiRibet #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity #SiapRamadan #resepcecil30

Rendang daging

Rendang daging

#SiapRamadan #AntiRibet

Rendang

Rendang

Ada daging sapi yg saya beli di supermarket ,yg kata penjualnya ,daging ini import dr Australia jadi harganya lebih murah krn frozen,terus saya penasaran dan ingin tahu gimana rasa daging import ini krn harganya kalo sapi lokal lebih mahal gitu.... Ternyata enakkkkkkkk bingittt Monggo dipun cobi