Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah yang Sempurna

Dipos pada February 28, 2022

Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah

Hari ini saya akan berbagi resep Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah memakai 27 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Udah lama banget pengen makan opor ayam.. saya kalo lagi males masak, nyerahin semua urusan dapur ke si bibi (kecuali makanan adam harus sy yg eksekusi), tapi ya itu masak ayam digoreng truuus, bosen jugaa.. akhirnyaaaa setelah memaksakan diriii kaki diseret -seret kedapur akhirnya masak juga..๐Ÿ˜…๐Ÿ˜… Ini opor aslinya enak gurih bgt, karna saya pake santan kelapa asli yg diperas sendiri oleh yg jual ๐Ÿ˜, sy biasa beli dipasar udah lgsung jadi santannya di tukang kelapa, jelas sangat jauh berbeda kalo pake santan kemasan,. Menurut saya kalo pake santan kelapa asli lebih wangi dan gurih, ada manisnya.. Tanpa panjang lebar yuk eksekusi resepnya.. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜‰

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah:

  1. 500 gr ayam -> sy pake 6 potong
  2. 250 gr pati/sari santan kelapa
  3. 3 btr telur -> bisa ganti/tambah kentang
  4. 3 cabe hijau keriting dibelah tengahny
  5. 3 siung bwg merah iris lalu goreng kering
  6. 1 L air
  7. Bumbu halus:
  8. 7 siung bwg merah
  9. 4 siung bwg putih
  10. 1 sdt ketumbar bubuk
  11. 1/2 sdt lada putih
  12. 1/2 sdt jinten bubuk
  13. 1/2 sdt adas bubuk
  14. 1/2 sdt gula
  15. 2 sdt garam
  16. 3 btr kemiri
  17. Bahan pelengkap:
  18. 2 btr cengkeh
  19. 4 btr kapulaga
  20. 1 btr bunga lawang
  21. 3 cm kayumanis
  22. 2 cm jahe geprek
  23. 2 lembar daun jeruk
  24. 1 lembar daun salam
  25. 1 btg sereh
  26. 1 lembar daun kunyit -> opsional
  27. Minyak utk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Telur Gurih Wangi Rempah

1
Rebus telur sampai matang. Angkat lalu kupas kulitnya. Haluskan semua bumbu halus. Tumis sampe wangi. Masukkan bumbu pelengkap. Aduk sebentar sampe dedaunan layu.
2
Masukkan ayam, aduk sampe ayam dilumuri bumbu. Tutup panci sampai ayam mengeluarkan air. Aduk sesekali agar tidak gosong.
3
Jika ayam sudah empuk, masukkan air, masak sampai mendidih. Koreksi rasa, tambahkan gula garam jika perlu. Masukkan telur yg telah direbus.
4
Terakhir masukkan santan dan cabe, aduk terus agar santan tidak pecah. -> harus ya, karna bagi saya itu mempengaruhi rasa jika santannya pecah.
5
Setelah mendidih matikan api. Hidangkan dengan taburan bwg goreng.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Resep Dari Bunda , Foto seadanya ya, soalnya kalo udah masak-memasak so serius, gk sempet foto foto ๐Ÿ˜‚. hehee .. Rasa Dijamin Mantap .

Opor Ayam

Opor Ayam

Critanya pnya stok lontong dkulkas ud 2 hr, jdlah buat opor ayam untk buka puasa

Opor ayam enak simple tanpa bumbu dapur

Opor ayam enak simple tanpa bumbu dapur

Kesukaan anak anak....enak jg loh kalau pk lontong...

Opor ayam

Opor ayam

Sebelum Lebaran datang saya ingin sekali mencoba membuat opor ayam. Kangen dengan rasa gurih dan manis kuah si opor duhhhhh... Jadi ngiler nih. Dan berikut ini adalah resepnya.

6 porsi
50 menit
Opor Ayam Bunda

Opor Ayam Bunda

Ini requestnya anak2ku untuk menu lebaran bsk .... Opor ayam putih (resep ibuku) yg skrg jd resep andalanku klo bikin opor krn anak2 suka ๐Ÿ˜Š ... Yg pasti rasanya enak bangeet slmt mencoba ๐Ÿ˜‰

5 porsi
60 menit
Opor jantung pisang & ceker ala mahce

Opor jantung pisang & ceker ala mahce

Kepasar dan bingung ะœฬ…ฬฒยชลฏ masak apa, buat kluarga keciL q, akhirnya mata tertuju pada jantung pisang Akhirnya punya ide untuk masak opor jantung pisang & ceker !

4 orang
30 menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Anak anak biasanya paling suka sama opor ayam, semangat deh bundanya masak opor ayam...

Terik Ayam

Terik Ayam

Sebenernya ini resep Terik Kerang.. Tapi, berhubung sy ngga suka kerang, jadilah diganti sm ayam ๐Ÿ˜ Check It Out ๐Ÿ‘Œ

Opor Ayam Lezat

Opor Ayam Lezat

Suamiku adalah penggemar berat Ayam. Mulak dari Ayam panggang, ayam goreng, dan segala jenis masakan berbahan ayam. Tapi satu masakan ayam favoritnya adalah Opor ayam.

8 porsi
45 menit
Terik Tahu, Tempe dan Daging

Terik Tahu, Tempe dan Daging

Resep ini saya dapatkan dari blognya mbak Diah Didi yang saya sesuaikan dengan bumbu yang ada di dapur, asli enak dan sedep aroma rempahnya :)

5 porsi
40 menit
Terik Campur #dapuralamanda

Terik Campur #dapuralamanda

12.04.28 Menu pertama yg mama pilih untuk di recook...resep dari mbak Caecilia dengan sedikit modifikasi...hehehehe...daaannn...Andra makannya lahap ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

5 porsi
30 menit