Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Lontong Opor Liburan (^.^) yang Enak

Dipos pada March 2, 2022

Lontong Opor Liburan (^.^)

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Lontong Opor Liburan (^.^) yang lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Lontong Opor Liburan (^.^) yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Lontong Opor Liburan (^.^), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Lontong Opor Liburan (^.^) di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Lontong Opor Liburan (^.^) yaitu 10 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong Opor Liburan (^.^) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong Opor Liburan (^.^) memakai 18 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lagi ngumpul, kangen suasana lebaran.... Aku coba masak opor, biar nuansa ngumpulnya 'nonjok' 😊😊😊😊😊😊

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Opor Liburan (^.^):

  1. Bahan Lontong
  2. 1 kg Beras
  3. Daun Pisang
  4. Bahan Opor
  5. 1 kg Ayam
  6. 1000 cc Santan
  7. 1/2 Ons Bawang Putih
  8. 1/2 Ons Bawang Merah
  9. 1/4 sdt Ketumbar
  10. 1/4 sdt Merica
  11. 1 ruas Jahe
  12. 1 ruas Lengkuas
  13. 1 batang Serai
  14. 3 lembar Daun Salam
  15. 3 lembar Daun Jeruk
  16. 7 biji Cabai Merah
  17. 1 sdt garam
  18. secukupnya Gula Jawa

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Opor Liburan (^.^)

1
Langkah membuat Lontong Cuci bersih beras, tiriskan. Bersihkan daun pisang, bentuk menjadi lonjong (saya gunakan kayu agar bentuknya bagus). Setelah jadi, isi dengan beras setengahnya saja agar hasil lontong bisa bagus. Siapkan panci, masukan bahan lontong penuhi dg air. Rebus sampai mendidih. Tunggu sampai kira-kira 30 menit. Tambahkan air, tunggu sampai mendidih lagi. Diamkan sementara, tunggu sampai mendididih. Angkat tiriskan.
Lontong Opor Liburan (^.^) - Step 1
2
Langkah membuat Opor a. Rebus ayam sampai mendidih, buang airnya. Tiriskan b. Haluskan semua bumbu, kecuali jahe, lengkuas dan serai cukup digeprak saja. c. Tumis bumbu sampai harum masukan daun salam, daun jeruk garam dan gula jawa. Masukan ayam sampai bumbu meresap. d. Tambahkan santan sedikit demi sedikit, aduk rata tunggu hungga mendidih.
Lontong Opor Liburan (^.^) - Step 2
3
Siapkan wadah opor bisa ditaburi dengan daun bawang dan seledri atau sesuai selerai. Jangan lupa sambalnya, biat tambah laziiiis.
4
Step membuat lontong memang harus sabar, air dan api yang pas jadi kuncinya. Setelah mendidih dan air berkurang bisa ditambah air lagi agar lontong matang maksimal.
5
Selamat mencoba bunsay. Memasak menjadi hal menyenangkan untuk keluarga tercinta. ☺☺☺☺☺

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Lontong opor sederhana dan enak

Lontong opor sederhana dan enak

Bingung tiap x ada acara masaknya itu itu ajh, jdi ada ide dari misua buat lontong opor mi:)

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Resep Dari Bunda , Foto seadanya ya, soalnya kalo udah masak-memasak so serius, gk sempet foto foto πŸ˜‚. hehee .. Rasa Dijamin Mantap .

Opor Ayam ala #DapoerVirgie

Opor Ayam ala #DapoerVirgie

First time I made this, specially for my husband❀

4 porsi
Opor Ayam Pedes

Opor Ayam Pedes

Source dr resep mb tika.a dgn judul yg sama,, tapi ada yg aq gk pake dan ada yg aq tambah bumbunya,, hasilnya si mantaap jiwaa kata anakku 😍

β™‘opor ayam+telurβ™‘

β™‘opor ayam+telurβ™‘

Pertama kali bikin opor.. karena saya gak suka opor dari dulu.. suami n anak kalo makan opor paling pas kerumah mamah saya.. bosen dengan olahan yang digoreng.. beraniin diri buat bikin opor sendiri.. ternyata opor enak juga... hihihi...

Opor Tahu Tempe

Opor Tahu Tempe

Salah satu alternatif mengolah tahu dan tempe sebagai opsi menu makan di rumah sehari-hari

10 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

About Me 😊 I'm just an ordinary housewife who is always accompanied by two adorable kids – πŸ‘¨Kitaro and πŸ‘©Aiko Connect with me ❀ Instagram : lindacantik_812 Twitter : @lindacantik_812 Facebook : Linda Putri Mada Youtube : @lindacantik_812

Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Inilah masakan perdana ku yang pake santan dan porsinya cukup besar πŸ˜€

10 porsi
60 menit
Terik Daging Telur Tahu

Terik Daging Telur Tahu

Tips: (1) pilih daging yg berlemak, punyaku kurang lemak, i reckon kalo berlemak lebih enak hasilnya. (2) setelah telur direbus, siram dgn air dingin agar mudah dikupas. Liat gambar teriknya ci Tintin Rayner langsung bertekad eksekusi. Setelah beli daging langsung deh dicoba. Enak πŸ˜‹ sekilas mirip opor, bumbunya jg mirip kok, gak susah bikinnya. Lets cook!

5 porsi
Opor ayam

Opor ayam

selmat mencobaaa πŸ™Œ

8 porsi
45 menit
Opor telur ayam maknyuusss

Opor telur ayam maknyuusss

awalnya bikin opor ayam.Tp lupa ngg d foto..Eehh keburu abis deh. Berhubung tamu nya masih pd dateng,lauk ny abis.Akhirnya masak lg deh telor.Karena pd suka dg opor ayam saya,akhirnya saya coba deh bikin opor telor.Cara nya sama ko sama resep bikin opor ayam..

8 porsi
40 menit
.: Opor Terong Tahu Telur :.

.: Opor Terong Tahu Telur :.

Recook resepnya mbak heny rosita dengan sedikit modifikasi

2 porsi
45 menit
Opor jantung pisang & ceker ala mahce

Opor jantung pisang & ceker ala mahce

Kepasar dan bingung ΠœΜ…Μ²ΒͺΕ― masak apa, buat kluarga keciL q, akhirnya mata tertuju pada jantung pisang Akhirnya punya ide untuk masak opor jantung pisang & ceker !

4 orang
30 menit
Ceker dan Kacang Kuah Opor #rabubaru

Ceker dan Kacang Kuah Opor #rabubaru

Biasanya opor isinya ayam, tapi ini coba isinya ceker dan kacang dul supaya agak beda dikit :) Bikin ini sekalian setor utk arisan recook ke Teh Renie Wisra. Source: Renie Wisra

Opor Bebek Bumbu Kuning

Opor Bebek Bumbu Kuning

Hari ini lagi pengen olahan bebek... kebetulan punya bebek dikandang belakang rumah potong atu gak papa kali yah 😁😁😁

8 porsi
45 menit
Opor rasa rendang

Opor rasa rendang

Tadinya mau bikin rendang tapi malah jadinya oporπŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜