Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Membuat Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang yang Enak Banget

Dipos pada September 20, 2019

Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang

Bagaimana membuat Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang yang pasti lezat Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang memakai 37 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Untuk nasi liwet ala nasi gorengnya saya modifikasi sendiri..Untuk resep ayam popnya saya recook atau cooksnap dari mbak @ratriridhani Terimakasih banyak ya mbak atas resepnya πŸ™πŸ™πŸ˜ŠπŸ˜Šβ€οΈβ€οΈMohon maaf jika masih ada kekurangan πŸ€­πŸ€­πŸ™πŸ™ Ayamnya enak banget dan makin mantap disajikan dengan nasi gurih ini.β€οΈβ€οΈπŸ˜ŠπŸ™ For the Liwet rice, i modified the recipe by myself. For the recipe of Chicken Pop, i recooked from Miss @RatriRidhani.. Thank you Miss for the recipe πŸ˜Šβ€οΈπŸ™ Please appologized if there is any imperfection πŸ€­πŸ™πŸ™ The chicken is so delicious and its more tasty if served with the rice..πŸ˜ŠπŸ˜Šβ€οΈβ€οΈπŸ™ #PejuangTiketGoldenBatikAppron #CookpadCommunity_Jakarta #NasiLiwetalaNasiGorengdanAyamPopKhasMinang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang:

  1. Untuk nasinya :For the rice :
  2. 200 gr beras cuci bersih/ 200 gr rice, wash nicely
  3. 200 ml santan kental instan / 200 ml coconut milk
  4. 200 gr teri Medan/ 200 gr anchovies
  5. 150 gr kacang tanah/ 150 gr peanuts
  6. 10 buah cabe rawit merah/10 chillies
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng dan menumis bumbu/ oil
  8. Garam, gula pasir dan kaldu bubuk/ salt,sugar, chicken powder
  9. Bahan bumbu nasi liwet : Ingredients for Liwet Rice:
  10. 3 siung bawang merah/ 3 red onion
  11. 2 siung bawang putih/ 2 garlic
  12. 3 lembar daun jeruk/ 3 lime leaves
  13. 4 buah kemiri, sangrai/ 4 candlenut, roasted
  14. 2 lembar daun salam/2 bay leaves
  15. 1 ruas lengkuas, dimemarkan/ 1 galangal, crushed
  16. 1 buah sereh dimemarkan/ 1 lemon grass crushed
  17. 2 SDM kunyit bubuk / 2 tbsp turmeric powder
  18. Jika mau pakai kunyit batang, 1 ruas kunyit, bakar lebih dulu
  19. 2 lembar Pete, kalau mau
  20. Bahan ayam Pop :The ingredients of Chicken Pop :
  21. 1 ekor ayam, potong - potong / 1 chicken, cut into pieces
  22. 10 butir bawang merah/ 10 red onion
  23. 5 butir bawang putih/ 5 garlic
  24. 3 butir kemiri sangrai/ 3 candlenut roasted
  25. 2 ruas jahe/ 2 gingers
  26. Bumbu Cemplung untuk ayam Pop : Floating spices for chicken pop
  27. 15 lembar daun salam/ 15 bay leaves
  28. 5 lembar daun jeruk/ 5 lime leaves
  29. 1 liter air kelapa/1 liter coconut water
  30. Garam, gula pasir dan penyedap/ salt, sugar, chicken powder
  31. 2 batang sereh, dimemarkan/ 2 lemon grass, crushed
  32. 2 ruas lengkuas, dimemarkan/2 galangal crushed
  33. Bahan pelengkap lainnya:Another ingredients:
  34. 4 butir telur, buat dadar/4 eggs make ommeletes
  35. Sambal Terasi dan lalapan timun/ Terasi Sauce, cucumber
  36. Rempeyek udang kalau ada/prawn cracker, if you have
  37. Bawang goreng secukupnya untuk taburan/ fried onion for sprinkle

Langkah-langkah untuk membuat Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang

1
Pertama, cuci bersih beras dan campurkan dengan santan. Masak dengan panci liwet hingga matang angkat dan dinginkan. Kalau mau masak pakai rice cooker juga bisa seperti memasak nasi biasa. Saya memasak nasinya dengan rice cooker saja. First wash nicely the rice, and mix with the coconut milk. Cook in the liwet work until cooked well. But if you don't have a wok, just use rice cooker. I used a rice cooker.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 1
2
Lalu kocok lepas telur dan buat Dadar, angkat dan sisihkan. Kemudian, cuci bersih teri dan kacang tanah. Panaskan minyak, goreng kacang dan teri hingga kering dan matang. Angkat dan sisihkan. Mix well the eggs, and make the ommeletes. Heat up the oil, and fried the anchovies and peanuts until cruncy and cooked. Take out.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 2
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 2
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 2
3
Siapkan semua bahan untuk membuat bumbu halus. Lalu Haluskan bumbunya, Sisihkan. Cuci bersih cabe rawit dan iris kasar. Prepare all the ingredients to make the smooth paste. Wash nicely the chillies and chopped.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 3
4
Panaskan minyak, tumis cabe rawit hingga harum. Lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk rata hingga harum dan matang. Heat up the oil, cook the chillies until cooked well and the aroma come out. And put the paste of spices, cook until the aroma come out and cooked.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 4
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 4
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 4
5
Masukkan teri dan kacang tanah yang sudah digoreng kedalamnya. Aduk rata. Tambahkan nasi yang sudah matang, beserta garam, gula pasir dan kaldu ayam bubuk secukupnya, aduk rata. Ketika sudah rata nasi dan bumbunya, angkat dan sisihkan. Put the fried anchovies and peanuts, mix well. Add the rice, salt, sugar, chicken powder and stir well.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 5
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 5
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 5
6
Ayam pop : cuci bersih ayam, sisihkan. Haluskan bumbu halus. Dan siapkan bumbu yang lainnya. Panaskan kuali untuk mengungkep ayam, letakkan bumbu Cemplung di dasar kuali. Making the chicken pop, wash the chicken until clean. Then prepare other ingredients as well. Heat up the wok, put the floating spice in the bottom of the wok, then pour the paste of spices,add chicken, salt, sugar and chicken powder, stir well. Cook until it reduce the liquid.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 6
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 6
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 6
7
Tuang bumbu halus, tambahkan ayam dan air kelapa, aduk rata. Bumbui dengan garam, gula pasir dan penyedap secukupnya, aduk rata. Ungkep ayam hingga airnya menyusut.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 7
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 7
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 7
8
Ketika air ayam sudah menyusut. Panaskan minyak, lalu goreng ayam sebentar saja sekitar 10 - 15 detik. Angkat dan sajikan. Heat the oil, fried the chicken only for a while. Only for 10 - 15 seconds. Take out.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 8
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 8
9
Sajikan nasi liwet ya dengan telur Dadar, lalapan, sambal Terasi dan ayam pop, rempeyek udang. Taburi dengan bawang goreng secukupnya. Serve the rice with ommeletes, cucumber, Terasi Sauce, prawn cracker, chicken pop and sprinkle the fried onion on the top of the rice.
Nasi Liwet Ala Nasi Goreng dan Ayam Pop khas Minang - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Urap Sayuran

Urap Sayuran

Bismillahirrahmanirrohim....Urap adalah hidangan berbagai macam sayuran yang dimasak dgn campuran kelapa parut dgn dibumbui sebagai pencipta rasa. Masakan Indonesia ini tepatnya berasal dari daerah Jawa. Sayuran ini biasanya sebagai pelengkap nasi kuning utk nasi tumpeng πŸ˜πŸ˜‹ #urapsayuran #cookpad_id #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity_bekasi

Ketoprak

Ketoprak

5 orang
1 jam
Makaroni Sosis Bumbu Seblak

Makaroni Sosis Bumbu Seblak

Masak makaroni tapi pengen yang pedas segar , enaknya dimasak pakai bumbu seblak ❀🌷 #seblak #makaroni #macaroni #seblakmakaroni #sosismakaroni #makaroniseblak

8 orang
50 menit
Kering Kentang Kacang

Kering Kentang Kacang

Wah baru sempat bikin PR dari simamah,gegara meriang. Alhamdulillah ternyata hari ini sudah mendingan. Cuss eksekusi . Makasih mbak olive bunda Qonita @olive1994 . Enak, gak jadi buat lauk . karena berakhir menjadi cemilan nya si krucil πŸ˜ƒ. Di buat dengan penyesuaian. #Bunda_Lia #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta #RamadanCamp #KeringKentangKacang #CookpadIndonesia #Minggu6 #CeritaDapurHariIni

Kentang Mustofa

Kentang Mustofa

Dari penelusuran di berbagai sumber online, nama kentang mustofa dicetuskan oleh Presiden Soekarno saat mendapati kering kentang tidak terhidang di meja makan seperti biasanya. Beliau menanyakan, "Mana kentang mustofa?" Mustofa sendiri adalah nama koki atau chef istana Cipanas bernama Opo Mustofa. Sang koki mengolah kentang-kentang sisa olahan menu lain dengan potongan korek api, berbumbu pedas manis dan renyah. Resep ini diposting sebagai jawaban tantangan misi pertama #RamadanCamp dengan clue: "Sering terdiam di wadah plastik, kalau dimakan kriuk krenyes-krenyes huh hah." Pilihan jawaban: Kering kentang kacang. Kalau bisa masak ini bekal skill membantu orang hajatan akan semakin bertambah. Proses masaknya tidak serepot yang dibayangkan. πŸ€— Sumber: Hayati MS, (16049085) #RamadanCamp #KeringKentangKacang #CeritaDapurHariIni

Pecak ikan nila

Pecak ikan nila

Bismillah... Mencoba aktif kembali di sini. Setelah sekian purnama vakum. Memanfaatkan draft resep yg belum terposting. Ini pecak ikan dari @RLinda_4814236 Pernah buat ini sekitar 2tahun yg lalu.hehehe. Rasanya enak. Seger dannn cara berbeda menikmati makan ikan. Hehehe. #cookpadcommunity_Tangerang #TiketGoldenBatikApron

Peyek Kacang Ijo

Peyek Kacang Ijo

Source : @nurikasari #PekanPosbar #OlahanKacangSpesial #Semangcook_CangKacang #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Gulai Sayur ala RM Kapau

Gulai Sayur ala RM Kapau

Menakjubkan melihat perjalanan cooksnap di Cookpad, karena kreativitas dan keterbatasan bahan kadang jadi resep yang berbeda. Resep ini awalnya adalah Gulai Kapau khas Bukittinggi, dari Mbak Een @BerandaAqlan, tidak ada lobak singgalang lalu menjadi Gulai ala RM Kapau di tangan Mbak Ade @dapurade50 yang emang jagoan masak. Di-cooksnap Mbak Retno @Kaianiandra, lalu saya cooksnap. Berusaha sesama mungkin sesuai resep sebelumnya. Aslinya menggunakan santan langsung dari kelapa, tapi saya pakai yang instan. Nggak ada cabe merah keriting, saya pakai cabe ijo (warnanya jadi kurang merah ya), lalu jumlah rawit dikurangi (karena takut pedes). Saya ingat selalu pesan Ibu Sisca di ultah Cookpad, jangan berhenti masak hanya karena satu dua bahan tidak ada. Gulai ini ga sulit buatnya, tersisa sampai besoknya masih enak. #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeda_kaianiandra

Rajang Saus Tiram

Rajang Saus Tiram

Baru tahu masakan enak ini khas bali khususnya daerah badung bali. konon diciptakan seorang koki salah satu hotel yang punya nama dikuta tahun 80an. Yang katanya asli dari daerah kawasan nusa dua/ jimbaran. Namun tidak banyak orang tahu, masakan ini dikira masakan oriental. Saya dapat resep ini dari alm. kakiang ( kakek ) yang menjadi teman kerja siempunya resep. Nama yang punya resep kalau tidak salah dengar pan dogle. Resep aslinya menggunakan seafood seperti : cumi, udang, kerang lambe ( jawa ; kerang belicar) karena dirumah hanya ada cumi dan lainnya saya ganti bakso, aslinya memakai lamtoro saya ganti dengan pete. RAJANG dalam bahasa bali dicincang. Yuk kita kepoin... #cookpadcommunity_bali #cookpad_Id #CookpadIndonesia #Tumis #Oseng #Olahan_Cumicumi #Olahan_Pete #Olahan_Bakso #Olahan_Tahu

5 s/d 6 porsi
10 menit
Jukut Bejek khas Bali

Jukut Bejek khas Bali

Source : Pawonbune_aas Mariii kita jalan2 lagee πŸ˜„, kali ini kita mendarat di Bali ✈, mampir dulu kerumah bunda aas @pawonbune_aas , sambil maem jukut bejek khas bali. Jukut artinya sayur & bejek artinya ditekan2 jadi kita bikin sayur dengan cara ditekan agar bumbunya lebih meresap ke dlm masakan & bener ini enaak & meresap ke dlm kacangnya, g percaya? Kuy cobain ❀ #Rekreasi_Bali #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Tumis kacang panjang tahu saos tiram

Tumis kacang panjang tahu saos tiram

Punya kacang panjang tapi masanya gak mau ribet cus gampang cepat nikmat πŸ˜˜πŸ‘

3orang
15menit
Sambel Tumpang Khas Solo

Sambel Tumpang Khas Solo

Lagi kangeeen Solo nih.. Jadinya masak sambel tumpang..

Bubur Pedas Khas Kalbar

Bubur Pedas Khas Kalbar

10 orang
2 jam
318. Pindang Patin

318. Pindang Patin

Bismillah mulai rutin nulis resepπŸ₯°πŸ’ͺ #CookpadCommunity_Depok

Sate Tahu Kentang

Sate Tahu Kentang

Ada sisaa semur kemarin nih. Ku bikin sate-satean aja deh dibakar kasih bucang (bumbu kacang) dah berezzz πŸ˜‹ #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #SemangcookHokya #CookpadCommunity_Semarang

Pentol ayam bakar bumbu kecap kacang

Pentol ayam bakar bumbu kecap kacang

Sebenernya lagi pengen ngunyah yg agak kenyil kenyil😁 tp bosen cm dicolek sambel. Pas ada kacang di rumah,jd ya dieksekusi aja. Kalo temen temen males bikin sendiri pentol.nya ya beli aja. Temen temen males bakar, ya diteflon ajah.yg penting simpel.setujuuu???πŸ˜€

Sayur UrapπŸ‘©β€πŸ³

Sayur UrapπŸ‘©β€πŸ³

04.01.22...lagi banyak stok sayuran jadi menu siang ini sayur urap sajaπŸ˜‹alhamdulillah di mang sayur juga bawa kelapa jadi tinggal oseng2 jadi deh, yuuks moms cobain buatπŸ‘©β€πŸ³πŸ’œ Sumber resep: @dwiyana_roes https://cookpad.com/id/resep/12949487?invite_token=JKs1SN #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Tangerang #Cookies_Dwiyana #CocomtangPost

4 orang
25 menit