Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Biji Salak Ubi Orange yang Lezat

Dipos pada September 10, 2018

Biji Salak Ubi Orange

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Biji Salak Ubi Orange yang praktis Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Biji Salak Ubi Orange yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Biji Salak Ubi Orange, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Biji Salak Ubi Orange ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Biji Salak Ubi Orange adalah 5 porsi (50 pc). Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Perlu diingat, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Biji Salak Ubi Orange diperkirakan sekitar 90 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji Salak Ubi Orange sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji Salak Ubi Orange memakai 14 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Fitri Sasmaya Sering disalahartikan dengan candil yg berasal dr daerah Jawa, sebetulnya biji salak ini adalah kuliner khas Betawi lho. Judulnya biji salak itu pake ubi sama tapioka, klo candil pakenya tepung beras ketan. Diulang ya. Jadi klo menurut pakar kuliner, judulnya candil tidak pake unsur ubi sama sekali. Yg pake ubi, namanya ya si biji salak. Cuma praktiknya jadi tumpang tindih. Demikian teori singkatnya. Nah drpd kembali dituduh 'kebanyakan teori kagak ada hasil', sok lah kita coba bikin si biji salak ini ya. Klo gak krn ada challenge mingguan dr regional #CookpadCommunity_Tangerang yg bertajuk #CocomtangPost_KreasiUbi mah mungkin juga gak bakal tau 'kisah' semacam ini. Dibarengin aja ya sama #BelajarBarengCookpad walaupun gak dpt join kelas basrengnya yg #TetepKenyangTanpaNasi. Dan sekalian juga #ComboNgabibita_KreasiUmbi, biar tambah rame.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji Salak Ubi Orange:

  1. Bahan candil
  2. 250 gr ubi kukus, haluskan
  3. 100 gr tepung tapioka
  4. 1/4 sdt garam
  5. Rebusan gula merah
  6. 1 lt air
  7. 200 gr gula merah, disisir
  8. 2 sdm gula pasir
  9. 2 lbr daun pandan, disimpul
  10. 3 sdm tepung tapioka, larutkan dgn 2 sdm air
  11. Kuah santan
  12. 300 ml santan (saya: 65 ml santan kemasan + air)
  13. 1/8 sdt garam
  14. 1 lbr daun pandan, disimpul

Langkah-langkah untuk membuat Biji Salak Ubi Orange

1
Candil: campur semua bahan, aduk rata & uleni hingga kalis. Bulat2kan @7 gr, sisihkan.
Biji Salak Ubi Orange - Step 1
Biji Salak Ubi Orange - Step 1
2
Air gula: campur semua bahan lalu rebus hingga mendidih. Saring, jika perlu.
Biji Salak Ubi Orange - Step 2
3
Masak candil dgn air gula yg telah mendidih. Setelah semua mengambang, aduk lalu tuang larutan tapioka. Aduk rata, angkat.
Biji Salak Ubi Orange - Step 3
Biji Salak Ubi Orange - Step 3
4
Kuah santan: masak semua bahan hingga mendidih.
Biji Salak Ubi Orange - Step 4
5
Penyajian: tuang bubur candil ke dlm mangkuk saji, lalu tuang santan. Sajikan.
Biji Salak Ubi Orange - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kolak biji salak

Kolak biji salak

Pokoknya nagihin dah ...ciuss Yukkk dicoba 😘

6 porsi
45 menit
Kolak Biji salak ubi ungu

Kolak Biji salak ubi ungu

Beberapa hari lalu beli ubi ungu, tapi bingung mau dibuat apa🤭. Hari ini hujan, enak makan yg hangat2, Jadilah akhirnya saya buat kolak biji salak ubi ungu aja. Enak alhamdulillah anak2 juga suka. Source resep mb citra #cookies_citra #cookpadcommunity_tangerang #cocomtangpost #dapoerliandra #donatkentang #pekanposbar #donatkentang #cooksnap

Biji Salak 1st time

Biji Salak 1st time

Pertama kali bikin!

4-5 orang
1 jam
Bubur Ayam sederhana

Bubur Ayam sederhana

Bikin bubur ayam sederhana walaupun ayam nya ga ada... Kemarin stok ayam di yang jual sayur keliling nya habis, jadi apa yang ad az.. Capcipcyuus..

Kolak Biji Salak Simple

Kolak Biji Salak Simple

Dirumah masih ada bahan tepung, dan ubi kuning, kalau di rebus, nggak bisa jadi banyak, untuk dimakan berempat, soalnya cuman 1 buah ubi uk besar... buka2 fb, ada resep kolak biji salak, dan ternyata bahan2 nya ada semua dirumah. yeaaahh, recook deh... Kalau di resep aslinya, kuah santan nya di campur dengan tepung maizena, tapi saya nggak pakai, soalnya kalo di campur dengan tepung maizena nanti jadinya bubur sumsum.... saya nggak begitu suka... Sambil nunggu buka puasa, bikin kolak biji salak bersama anak, jadi lebih menyenangkan dan sekaligus mengajarkan pada anak, supaya sabar dan telaten dalam membuat sesuatu. ❤ #takjilramadan #wongsolomasak #cookpadcommunity_solo #resepsimple #buburcandil #kolakbijisalak #pejuangGolden_Apron3 #cabeku #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #takjilRamadan #Festivalkulinerramadhan #FestivalRamadanCookpad #TanggaResepTerpopuler #DiRumahAja #KeDapurAja #CookpadIndonesia #MasakItuSaya #pejuangGoldenApron3

5-7porsi
30menit
Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

4-5 orang
Bubur Ayam Brokoli Tofu (MPASI-9mos)

Bubur Ayam Brokoli Tofu (MPASI-9mos)

Untuk MPASI si mas saya selalu gunakan slow cooker, maklum working mom.. Jauh dari panduan MPASI yg harus 2 menu berbeda setiap hari.. Tp Syukur Alhamdulillah si mas mau dan gak bosen dengan menu tunggal. Saya selalu variasikan cemilannya seperti buah dan snack biskuitnya.

3x makan
Biji salak ubi ungu

Biji salak ubi ungu

Hujan² dingin enak sekali bikin kolak biji salak😁

Biji salak

Biji salak

Favorit suami, selalu request dibuatkan biji salak 🤭

Biji Salak Ubi Ungu

Biji Salak Ubi Ungu

Suka banget sama ubi ungu, kandungan tepungnya lebih banyak jadi teksturnya gak benyek.Biasanya dikukus aja buat cemilan. Ini masih ada ubi kukus di kulkas, mumpung dingin buat bukoan yg hangat2 aja dari ubi, hmmm biji salak aja yuks. Oya sekalian ikut posbar gluten free,karena punya gerd saya suka buat cemilan yang gak pakai tepung terigu. Ternyata terigu/gandum ada kandungan gluten, dan gluten ini utk pejuang gerd kudu dihindari jika gak pengen kumat gerdnya. Taraaaaa sudah jadi dan yummy hangat2 kenyal.Kuahnya juga kenyal. Yuks coba yuks💜 #PekanPosbar #GlutenFree #PejuangGoldenBatikApron #MingguKe6 #Kopijos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

4 porsi
Kolak biji salak (ubi ungu)

Kolak biji salak (ubi ungu)

Punya ubi ungu bingung mau di apain, tp liat di#pilkadacookpad_bekasi resep mba#april_umihannahani lsg deh kepikiran bikin tp gula nya di ganti gula pasir krn ga ada stock di rumah.#tiketrecookmagic #pilkadacookpad_bekasi

4 orang
1 jam
Kolak biji salak dari ubi ungu with kolangkaling

Kolak biji salak dari ubi ungu with kolangkaling

No santen2an and no gula pasir...jadi lah menu takjil ini..😘😄

Kolak pisang & biji salak

Kolak pisang & biji salak

Ramadhan telah tiba. Musim kolak pun sudah datang. Saya buat dengan pisang & biji salak ubi ungu

4-5 porsi
15 menit
Mpasi Daging Bubur Wortel Kaldu Ayam UB 7 bulan +

Mpasi Daging Bubur Wortel Kaldu Ayam UB 7 bulan +

Daging cincang, bubur, wortel, kaldu ayam kampung, UB

1 porsi
25 menit