Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Onde-onde yang Enak

Dipos pada December 12, 2019

Onde-onde

Bagaimana membuat Onde-onde yang praktis Cara membuatnya tidak terlalu susah. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Pada umumnya Onde-onde yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Onde-onde, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Onde-onde bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Onde-onde sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Onde-onde memakai 15 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ondey mandey.... kesukaan anak bujang, tiap jajan minta dibelikan onde-onde, kebetulan bahan² lengkap, cuss bebikin lah Alhamdulillah bocil & suami cocok Recipe by: NCC (bu Fatmah Bahalwan)

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Onde-onde:

  1. Bahan kulit:
  2. 300 gr tepung ketan
  3. 80 gr gula halus
  4. 50 gr kentang kukus, haluskan
  5. 200 ml air hangat
  6. Bahan isian:
  7. 100 gr kacang hijau kupas (sy kacang hijau biasa)
  8. 75 gr gula pasir
  9. 100 ml santan kental (sy pakai santan kemasan)
  10. 1/4 sdt garam
  11. 1 lembar daun pandan
  12. Bahan lain:
  13. Secukupnya wijen
  14. Secukupnya air
  15. Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Onde-onde

1
Siapkan isian: Rebus kacang hijau sampai empuk, tiriskan kemudian blender. Tuang ke dalam panci/wajan, tambahkan gula, santan dan daun pandan. Aduk² sampai menyusut dan bisa dibentuk. Timbang 10gr atau sesuai selera, bulat²kan.
Onde-onde - Step 1
2
Siapkan kulit: Campur tepung ketan, gula halus dan kentang kukus yg sudah dihaluskan. Masukkan air sedikit demi sedikit sampai adonan bisa dipulung. Timbang 30 gr atau sesuai selera.
Onde-onde - Step 2
3
Pipihkan adonan kulit, beri isian, bulat²kan. Lakukan sampai selesai. Masukkan onde² ke dalam air, kemudian guling²kan ke wijen. Goreng sampai matang.
Onde-onde - Step 3
Onde-onde - Step 3
Onde-onde - Step 3
4
Tips: Tuang minyak goreng ke penggorengan, disini minyak harus banyak ya. Panaskan sebentar sampai minyak hangat menggunakan api kecil, masukkan onde², kalau sudah mengapung besarkan api goreng sampai onde² berwarna kuning kecoklatan.
Onde-onde - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pukis empuk ekonomis

Pukis empuk ekonomis

Pukis ekonomis cocok untuk teman ngopi apalagi dimakan selagi hangat.

12biji
15menit
Getuk Ubi Jalar

Getuk Ubi Jalar

Ceritanya paksu lagi cuti, naaahh berhubung udah setahun gag pulang ke rmh bumer jadilah skr liburannya bareng bumer aja,. Di rmh mertua itu bawaannya males kerja tapi laper mulu 😅 Kebetulan liat bumer ada stock ubi hmm intip² deh resep mba @ikha_thea1 yang menang arisan #GenkPejuangDapur #RememberGenkPeda_IkaSulistianingsih daann ketemu makanan satu ini. Cocok nih buat aku yg pemalas ini, tinggal kukus² tumbuk makan... Simple kan.. Hahahah Semoga mba Ikha serta keluarga senantiasa sehat ya mba 🤗😘 Source : @ikha_thea1 #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanUbiMamiFay

Ketimus / Lemet

Ketimus / Lemet

Resep: Mamih Tiwi @Pratiwi250796 Cemilan sehat lg, beli singkong 1 kg, sebagian dibuat getuk, sebagian lg dibuat ketimus. Saya bikin setengah resep dr aslinya. #cookies_pratiwi #cookpadcommunity_tangerang

Onde-onde sederhana

Onde-onde sederhana

Pingin sekali makan ini...alhamdulillah suami suka

rame-rame
suka"😊
Lupis ketan

Lupis ketan

Halo.. Selamat datang di Dapoer Mak Mel's 😊🤗

4 orang
1 jam 30 menit
Cenil Kanji

Cenil Kanji

Entah kapan terakhir kali makan jajanan tradisional ini, kangeeennn. Biasanya selain cenil ada teman2nya seperti gatot, tiwul, lupis, sawut. Di pasar juga jarang lihat yang jual jajanan ini, jadi kalau kangen harus berselancar cari resep deh😊. Pas banget diminta mamah Cookpad buat bikin jajanan tradisional, ketemu lah resepnya Nyak Haikal @dapurnyak yang kelihatannya simpel banget ternyata bikin cenil itu😁. Jadi deh ngobatin rasa kangennya😍 Saya gak pakai kuah kinca, hanya dengan taburan gula pasir aja biar gak terlalu manis😋 Resep aslinya di sini ya : https://cookpad.com/id/resep/15129721-cenil-kanji #PekanPosbar #Pais_Jajanan #CookpadCommunity_Bandung #PekanCooksnap

Risoles Isi Sayur

Risoles Isi Sayur

Lagi PPKM bikin mulut pengen ngunyah terus bun... tp mau jajan d luar kok agak worries soal ke higienis an nya ya.. apalagi di masa pandemi gini... so kita coba bikin camilan enak buat keluarga drumah yuk...

6 porsi
1 jam
Serabi Pandan Saus Durian (Serabi Teflon)

Serabi Pandan Saus Durian (Serabi Teflon)

Pada saat ini di Kota Pontianak, Kalimantan Barat sedang musim buah Durian, sehingga memanfaatkan buah Durian untuk membuat saus Durian, sebagai siraman saus untuk serabi. Serabi dan saus Durian diisukai oleh suami dan anak-anak tercinta.

5 orang
1 jam 30 menit.
Dadar Gulung

Dadar Gulung

Allhamdulillah hari ini ngedadar lagi Kulitnya lembut banget moms Inti kelapa nya juga wangi manis nya passs

Kue lumpur ubi ungu

Kue lumpur ubi ungu

Cara buat klik link dibawah https://youtu.be/7SgvRvmo_hM

Kue Mangkok Mekar Tanpa Ragi Instant

Kue Mangkok Mekar Tanpa Ragi Instant

Assalamu'alaikum, teman-teman... Annyeonghaseyo, chingu-deul 😃 Akhirnya setelah hiatus berbulan-bulan, akhirnya saya kembali. Kalau kata dunia per-K-Pop-an, comeback stage nih ceritanya. Halaaah.. Apa sih.. 😅 Baca notif dari mamah Cookpad tema #PekanPosbar minggu ini adalah jajanan pasar. Yaaaayy...!!! Kesukaan saya banget nih! ^o^ Kali ini jajanan pasar yg saya buat adalah kue mangkok. Ngomong² nih, sebenarnya hampir gagal bikin kue mangkok ini karena ternyata stok ragi instant yg saya simpan udah kadaluwarsa 😌 Yaaa.. Salah saya sendiri sih, kenapa nggak dicek dulu. Lalu, apakah saya menyerah? Oow.. Tentu tidak. Saya cari² resep kue mangkok yg nggak pakai ragi, dan ketemu. Akhirnya lanjut dong, sambil berdo'a dalam hati moga² kuenya bisa mekar. Alhamdulillah.. Mekar merekah dooong.. Horeeee...!!! O(≧▽≦)O Source: @cook_5237292 Fridajoincoffee Dapur Heni (YouTube) #alikaikri_kuemangkok #kuemangkok #jajananpasar #PekanPosbar #CookpadIndonesia #CookpadCommunity_Kudus

10 - 12 buah
1 jam
Kue Lumpur Pisang Snack tinggi kalori MPASI 20 bulan

Kue Lumpur Pisang Snack tinggi kalori MPASI 20 bulan

#sayanganak #camilansehat #pejuanggoldenaproan #stayathome #masakpenuhcinta

Bika Ambon

Bika Ambon

Udah lama bgt ga bikin bika ambon,, dulu pernah share resep bika ala NCC,, skr cobain bika ambon ekonomis yg ternyata setelah dicoba hasilnya sangat" memuaskan.. Bika ambonnya empuk dan berserat.. Disimpan sampe esok harinya , msh empuukk.. Bakal jadi resep andalan nih Source : wawawiati

Dongkal / Awug

Dongkal / Awug

#cookpadcommunity_depok #csdepok_kudapandepok #gelartikar_depok #jajanantradisional Kue dongkal adalah salah satu jajanan tradisional masyarakat Betawi yang keberadaannya kian tersisihkan karena tergerus perkembangan zaman. Dongkal terbuat dari tepung yang berasal dari beras yang ditumpuk hingga halus. Tepung ini kemudian diisi dengan gula aren. Kue ini kemudian dibentuk seperti tumpeng dan dikukus. Kue ini biasanya disajikan diatas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa diatasnya. Jajanan pasar ini paling nikmat disantap di kala masih hangat.

2-3 orang
45 menit
Lemet labu kuning

Lemet labu kuning

masih bnyak banget labu kuning di rumah, biasa cuma d bikin bolu,d kukus, kolak, dan d tumis. skrg mau d buat lepat aja, Krn ank2 juga blm pernh coba, dan Alhamdulillah setelah jadi mereka pada suka banget. ☺️

Gethuk In Jar (Dessert Jar Gethuk Melted)

Gethuk In Jar (Dessert Jar Gethuk Melted)

Kalau getuk kayak gitu-gitu aja kadang bosen yah kak. Lidah bocah kekinian lebih suka yg bertopping-topping ria gitu. Muncullah ide membuat gethuk dgn toppingnya.

5 porsi
1 jam
Lemper Goreng

Lemper Goreng

8-10 orang
1 jam 30 menit