Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Soto Ayam Kampung Kuah Santan yang Bikin Ngiler

Dipos pada March 21, 2022

Soto Ayam Kampung Kuah Santan

Anda sedang mencari inspirasi resep Soto Ayam Kampung Kuah Santan yang gampang Cara membuatnya memang susah-susah gampang. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Soto Ayam Kampung Kuah Santan yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Ada beberapa hal yang akan mempengaruhi kulitas dari Soto Ayam Kampung Kuah Santan, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Soto Ayam Kampung Kuah Santan enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Soto Ayam Kampung Kuah Santan yaitu 5 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, perkiraan waktu untuk memasak Soto Ayam Kampung Kuah Santan diperkirakan sekitar +/- 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Soto Ayam Kampung Kuah Santan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Soto Ayam Kampung Kuah Santan memakai 24 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kembali datang lagi tantangan #LihaiRecook8_Yogyakarta dan kali ini dg tema Soto asal Jawa Tengah-Yogyakarata. Sudah lama banget gak makan soto Ani di Purwokerto, kuah sotonya bersantan ditambah sepiring potongan ati ampela & kepala yg diberi kecap dan ditaburi bawang goreng. Wuuuiiihhh .... Nah kebetulan ketemu dg resep Soto Ayam Santan dari "Mimi" (panggilan akrab mbak Nur Sabatiana), jadi saya modifikasi penyajiannya (menggunakan ketupat sebagai ganti nasi dan menggunakan bumbu kacang seperti soto khas Banyumas pada umumnya). Sekali dayung 2 pulau terlampaui.....(cie...cie...) satu sisi bisa ikutan tantangan #LihaiRecook8_Yogyakarta dan disisi lain bisa mengobati rasa kangen dg Soto Bu Ani... Eeiitttss....😱 ada yg lupa dan tahunya pas dah selesai yaitu telur kecapnya ketinggalan gak ikut pocan πŸ˜…πŸ˜… Terimakasih inspirasi resepnya Mimi... πŸ™πŸ™ Source : Nur Sabatiana Link : https://cookpad.com/id/resep/534298-soto-ayam-santan-lesah?via=search&search_term=soto%20ayam%20santan%20jawa%20tengah #LihaiRecook8_Yogyakarta #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #ResepSoto #ResepSotoAyam #SotoAyamKampung #DiRumahAja #MasakItuSaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Soto Ayam Kampung Kuah Santan:

  1. 1/2 ekor ayam kampung
  2. 200 gram taoge, rendam sebentar dlm air mendidih
  3. 100 grm soun (aku pake vermicelli), rendam sebentar dlm air mendidih
  4. 7 lmbr daun salam
  5. 4 iris lengkuas
  6. 2 btg serai
  7. 2 lmbr daun jeruk
  8. bawang goreng dan daun bawang utk taburan
  9. 500 ml santan dr 1/2 butir kelapa
  10. 1500 ml air
  11. 3/4 sdt garam
  12. 1 sdt kaldu jamur bubuk (saya : totole)
  13. 1/4 sdt merica bubuk
  14. 1/2 sdt gula pasir
  15. 1/2 sdt gula merah
  16. Bumbu-bumbu yg dihaluskan
  17. 4 siung bawang putih
  18. 3 siung bawang merah
  19. 5 butir kemiri
  20. 1 sdt ketumbar butir
  21. 1 cm jahe, kupas lalu geprek
  22. 1 cm kunyit, kupas
  23. Pelengkap : Ketupat, taoge, soun, telur kecap/telur pindang, bumbu kacang, sambel, jeruk nipis
  24. Hati & kepala goreng

Langkah-langkah untuk membuat Soto Ayam Kampung Kuah Santan

1
Rebus air dg panci dan beri 3 lmbr daun salam. Sambil menunggu air mendidih, cuci bersih ayam dg air yg diberi sedikit cuka, bilas dg air lalu tiriskan airnya. Setelah air mendidih, masukkan ayam dan masak hingga kotorannya keluar (+/- 10 menit). Matikan api, buang airnya dan bilas dg air bersih hingga kotorannya hilang.
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 1
2
Rebus 1500ml air, sambil menunggu air mendidih, haluskan bumbu (saya diuleg manual/bisa juga diblender). Bila air mendidih masukkan 4 lmbr daun salam dan ayamnya.
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 2
3
Tumis bumbu halus dg sedikit minyak hingga harum, masukkan laos, sereh dan jahe. AdukΒ² agar tidak gosong, tumis bumbu hingga benarΒ² matang lalu matikan api.
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 3
4
Masukkan tumisan bumbu kedalam panci yg berisi rebusan ayam. Bumbui garam, kaldu jamur, gula pasir dan merica bubuk, aduk rata. Tuang santan dan tambahkan gula merah, aduk rata. Masak dg api kecil dan sesekali diaduk agar santan tdk pecah. Lakukan test rasa.
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 4
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 4
5
Bila ayam sudah empuk, angkat, tiriskan airnya. Goreng sebentar lalu suwirΒ² (anakΒ² saya lebih suka yg tdk dogoreng, jadi saya tdk menggorengnya). Siapkan juga soun dan taoge.
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 5
6
Sajikan soto: ketupat-soun-tauge- ayam suwir -telur-tuang kuah-bumbu kacang-kecap-kerupuk. Taburi dgn irisan daun bawang dan bawang goreng. Sajikan dg πŸ’•πŸ’• (resep bumbu kacang ada dilampiran)
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 6
Soto Ayam Kampung Kuah Santan - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Coto Makasar

Coto Makasar

Source : Vifya_Kitchen Duluuu nian, pernah nyicipi coto makasar. Dan sudah lupa gimana rasanya🀭 Pas dapat inboxkan dari mimin #ComboNgabibita_KuahBerempah dari #CookpadCommunity_Bogor bahwa pekan ini bertema soto. Jadi penasaran pingin bikin coto makasar #PekanPosbarSoto Berikut resep aslinya: https://cookpad.com/id/resep/14022371-97-coto-makasar?invite_token=iFR7w9Xq3avogg69f28M6Wz1&shared_at=1616902093

Gado gado cikini

Gado gado cikini

10 porsi
60 menit
Sayur Godog Labusiam Telur Kukus

Sayur Godog Labusiam Telur Kukus

Punya sisa putih telur? Biasanya dekat lebaran, pasti punya sisa putih telur cukup banyak bukan? Sebagai bahan sisa dalam pembuatan kaastengel dan nastar Kadang aku membuat kuker lidah kucing atau bolu putih telur dari sisa putih telur tersebut. Atau bisa dikukus kalau sedang mepet waktunya, lalu dimasak sambel goreng bersama kentang. Tapi kali ini kukusan putih telurnya tidak banyak, dimasak sayur godong bersama Jipang (labusiam/jipang, dlm bahasa Jawa) biar si labusiam tidak kesepian di mangkuk sendirian 🀣. Sayur godog sebagai pelengkap menu lebaran bersama ketupat dan opor, biasanya dimasak mama bukan dari labusiam tetapi dari kacang panjang yang di iris halus, tanpa bahan pelengkap lain (gaya betawi). Tetapi bagi aku tetap sama enaknya sayur godog kacang panjang atau dengan jipang dan pelengkapnya ❀ Source dapurVY #SayurLebaran #PekanPosbarSayurLebaran #PejuangGoldenApron3 #mingguke49 #cookpadCommunity_Solo #Timlo_TimKomunitasCookpadSolo #WongSoloMasak #ResepRhymerwid_RusticKitchen #cookpadindonesia #cookpad #cookpadcommunity #cookpadcommunity_id 

5-6 porsi
45 menit
Kerang kelapa (ketupat arang serabut kelapa)

Kerang kelapa (ketupat arang serabut kelapa)

Mamak ku inspirasiku. Saat SD aku udah diajarkan bikin cangkang ketupat. Tiap ada acara di daerahku, baik itu idul fitri ataupun peringatan lainnya mamak syuka bikin ketupat yang wennak bnget. Akhirnya aku ingin bisa mulai dari membuat cangkangnya.

20 porsi
7 jam
Soto / Sroto Sokaraja

Soto / Sroto Sokaraja

4 porsi
1 jam 30 menit
Lontong Sayur Nangka

Lontong Sayur Nangka

wahh tinggal meghitung hari nih untuk sampai di Hari Raya Idul Fitri. Sajian Lontong ataupun Ketupat Sayur pasti harus ada dong yaa di meja makan. Gak lengkap rasanya kalo Lebaran tanpa Lontong sayur. Kebetulan juga si Mamah ngadain #pekanposbar lagi nih, kali ini #PekanPosbarSayurLebaran jadi tema minggu ini. Yuk kita langsung eksekusi aja. #PejuangGoldenApron3

Soto banjar

Soto banjar

Masakan khas urang Banjar, Kalimantan Selatan... kuahnya ringan, segar, dengan aroma rempah yang khas... tidak pernah bosan menikmatinya πŸ˜‰

Kupat tahu

Kupat tahu

4 orang
30 menit
Sate Kikil Bumbu Kacang

Sate Kikil Bumbu Kacang

+/- 18 Tusuk
1,5 Jam
Kupat Tahu Bandung

Kupat Tahu Bandung

Lagi kangen kupat tahu Cijulang yang pedes, pake kerupuk pink. Coba bikin yang gak pedes karena baru sembuh radang.

2 orang
20 menit
Kupat Tahu Magelang

Kupat Tahu Magelang

Yuhuuu.. Uda memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan nih buibuu, yuk ibadahnya dikencengin lagii.. Jangan kasih kendoorr ❀️. Uda segala menu dicobain, kebanyakan kalo saya sih yang pedes2 dan yang santen2. Segala perdagingan sudah eksis rasa2nya mulai bosen yaah.. Pengen cari menu yang simple, light dan menyehatkan deh ya.. Langsung kebayang makan kupat tahu magelang, cari2 resepnya nemulah punya mbak Firly Laily Nuzlia ini, tapi saya modif dikit pake ebi biar lebih gurih ya. #audisidutarecook #cookpadcommunity_sangasanga #lidiasquad #TiketMasukGoldenApron3

3 porsi
Soto Banjar

Soto Banjar

Source : ceu Opi_bun Menu paporite pae ma anak2, terutama anak tengah yg doyan bgt masakan berkuah... Kukmak dr lama.. Kepo2 dr lama.. Tp malah ga masak2.. Pas kebetulan py telor bebek direbus pd ga suka kuning nya kepikiran dibikin soto Banjar ajah... Jadinya dikumpulin jadi deh buat kuah soto banjar yg sedap mantap... Cuss resepnya....

Sayur Labu Siam Santan (Kuah Ketupat) : Trial 2

Sayur Labu Siam Santan (Kuah Ketupat) : Trial 2

Tahun ini nggak mudik T.T Jadilah biar lebarannya tetep berasa beli ketupat (malesnyaa.. haha) dan bikin opor plus sayur labu siam. Opor sukses karena uda sering bikin, nah labu siam santan ini yang agak challenging karna belum pernah masak sebelumnya dan terbebani ekspektasi tinggi 'makanan lebaran harus enak' hahaha.. Hari H lebaran pake bumbu sambel goreng, dann hmm menurutku aneh rasanya.. Kaya nggak nyambung sama opor.. Akhirnya karna masi ada sisa ketupat, hari ini kita coba bikin dengan bumbu yang lain.. haha bumbu ala-ala.. Dan kali ini enakkkk.. (:

4 porsi
Soto Lontong

Soto Lontong

Alhamdulillah Akhirnya bikin juga, soto khas kampung paksu, favorit kalo pulkam ke Karokrok, Patokbeusi, Subang, Jawa Barat Qodarulloh.. bahan2 lengkap, ada bumbu, ada bahan isian sisaan bikin ketoprak (resep ketoprak, ada di postingan sebelumnya) Biasanya makan ini di tukang bubur gerobakan yg mangkal di pinggir sawah di kampung. Si mamang jual 2 macam isian pokoknya, bubur dan lontong.. nah sy biasanya makan 2 2 nya πŸ˜…πŸ˜… Khasnya disana pake kerupuk mie kuning.. tp krn ini menu dadakan yg tercipta dr sisaan bahan ketoprak yg sy bikin utk maksi.. jd minus kerupuknya deh. Karena sy menggunakan bahan sisaan, jd takaran dlm resep sy gunakan bahasa "secukupnya"πŸ˜…πŸ€£ #Cocomtang #CocomtangPost_Nyoto #CookpadCommunity_Tangerang #PejuangGoldenApron3 #PekanRayaSoto

Orem orem

Orem orem

Orem-otem simpel pake ketupat

Tahu Kupat Magelang

Tahu Kupat Magelang

5 porsi
60 menit
Soto Banjar

Soto Banjar

Karena jauh di perantauan kangen masakan Kalimantan yg satu ini Soto Banjar, untung nemu resep nya mba Hanhanny di ig yang rasanya mantap bgt, bumbu nya pas kuah sedap pake Sambel, kecap, dan perasan jeruk nipis πŸ‘ŒπŸ»πŸ˜‹ sy share lagi resepnya

Ketupat

Ketupat

sering di buat di hari raya

1 kluarga