Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Opor Ayam Telur yang Enak

Dipos pada January 6, 2022

Opor Ayam Telur

Menu praktis dan gampang yaitu membuat Opor Ayam Telur yang lezat Cara membuatnya sedikit repot. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Pada umumnya Opor Ayam Telur yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Telur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Opor Ayam Telur di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Telur biasanya untuk -+ 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Sebagai perhatian, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Telur diperkirakan sekitar -+ 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Telur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Telur memakai 23 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Mas masih sakit. huhuhu.. Trus minta dibikinin opor ayam, langsung teflon mamah tanya resep. Moga mas suka gek makannya banyak biar cepet sembuh.. (~ ̄³ ̄)~

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Telur:

  1. Bahan
  2. Kelapa Parut harga 8k
  3. 3/4 kg Ayam Potong
  4. 10 Telur
  5. Bumbu Halus
  6. 8 Bawang Putih
  7. 15 Bawang Merah
  8. Ketumbar
  9. Merica
  10. 3 Kapulaga
  11. Pala sebesar Gigi
  12. 3 Kemiri
  13. 5 Cengkeh
  14. 1 Jahe
  15. 1 Kunyit
  16. Sejumput Jinten
  17. Kayu Manis
  18. Bumbu Utuh
  19. 2 Sere
  20. 6 Daun Jeruk
  21. Gula
  22. Garam
  23. Bawang Goreng

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Telur

1
Cuci ayam dan telur. Didihkan air untuk merebus telur, masukkan telur setelah air mendidih selama 4 menit, lalu matikan api dan tutup panci selama -+ 10 menit supaya telur matang. Kalau sudah, masukkan telur ke dalam air es, tunggu sebentar, lalu di kupas.
2
Siapkan kelapa parut. Beri air sekitar 2 gelas atau kira-kira paling nggak jangan sampai cair banget, karena ini untuk santan yg kental. Jika sudah di peras dan disaring, lalu wadahnya disendirikan. Kemudian beri air lagi di kelapa parutnya, kali ini banyak gapapa karena untuk kuahnya. Sekitar 3-4 kali perasan sampai sisa airnya udah bening. Dan air yang bening ini jangan dicampur dulu sama yg kental.
3
Siapkan panci. Saring santan yang bening tadi (jaga-jaga supaya kalau ada kelapa yg ikut, bisa kesaring), kemudian nyalakan kompor.
4
Sambil menunggu mendidih, tumis dulu bumbu-bumbu yang dihaluskan tadi. Jika air santan yang tadi dimasak sudah mendidih, masukkan bumbu yang sudah ditumisnya beserta bumbu utuh dan juga ayam. Aduk sesekali.
5
Tunggu sekitar -+ 30 menit, lalu masukkan telur nya dan masak lagi sekitar 10 menit.
6
Terakhir, masukkan santan kental yang sudah diperas pertama tadi ke dalam panci. Kalau sudah ada tanda-tanda mau mendidih, jangan lupa diaduk-aduk terus. Usahakan santan kentalnya jangan sampai pecah. Jadi api cukup sedang saja, tapi sambil diaduk-aduk gitu. Matikan kompor jika santan kental tadi sudah mendidih agak lama (sekitar 3 menit setelah mendidih).
7
Jangan lupa cek rasa nya. Karena opor ini manis gurih, gulanya harus lebih banyak dari garamnya. Beri bawang goreng kalau mau saat penyajian.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam tahu tempe

Opor ayam tahu tempe

siang2 ayah e ngidam dibuatkan ayam dikasih tahu tempe

1 jam 5 menit
Opor ayam kentang cabe ijo

Opor ayam kentang cabe ijo

kemaren udah nyoba resep ayam betutu. rasanya Masya Allah sedap sekali. Lalu tadi liat2 resep opor ayam di ig. jadi inspirasi neh mau masak opor ayam tadi.

Opor Ayam Kentang Kuning

Opor Ayam Kentang Kuning

Perdana bikin opor, bisa nih lebaran bikin sendiri g perlu pesen lg 😅🤭 #RecookDepok_Andhien #CookpadCommunity_Depok #KampoengRamadhan #PekanPosbarProtein

10 potong
50 menit
Opor Telur

Opor Telur

Hanya opor telur sih makanan sederhana tp cukup membuat anak2ku hari ini makan nya lahap..apa karena efek hujan sepanjang hari jd bawaannya laper yaakk...😀😀😀 #pejuanggoldenapron3 #cookpadcommunity_jakarta #telurkumendunia

Opor Ayam Tahu Telur Puyuh

Opor Ayam Tahu Telur Puyuh

#kualiemak #kampoengramadan #cookpadcommunity_tangerang #pekanposbarsayurlebaran #pejuanggoldenapron3 last miniute 😂 Recook dari resep nya mbak crisna m https://cookpad.com/id/resep/9133722-opor-ayam-kampung-resep-diah-didi?invite_token=t1WSzkBv92nUd41yYhJtjoCX&shared_at=1620574079 Source : diahdidi

Opor Ayam Sederhana

Opor Ayam Sederhana

Menu simple dan andalan saat lebaran

7 orang
45 menit
Opor ayam

Opor ayam

3 porsi
1jam
Opor Ayam Lebaran

Opor Ayam Lebaran

Salah satu resep favorit 😍😘. Source : The Hasan Video #CookpadCommunity_Bekasi

MPASI 6+ OPOR AYAM BROKOLI

MPASI 6+ OPOR AYAM BROKOLI

First time kasih Zen menu mpasi santan, dan ternyata Zen lahap bgt makannya.

3x makan
20-30 menit
Opor Kuning Tahu Telur

Opor Kuning Tahu Telur

Salah satu pilihan resep kalau lagi bosan sama ayam. Rasanya sedap gurih, apalagi ditambah taburan bawang goreng... 😋 Untuk kekentalan santannya bisa disesuaikan selera. Sumber: Fitri Sasmaya (resep aslinya Opor Ayam Kuning)

6 orang
30 mnt
Opor Ayam Tahu Rempah

Opor Ayam Tahu Rempah

Kali ini saya ingin membuat opor ayam yg berbeda. Ini rasanya rempah bangett tapi bikin enak makan. Cobain yukss, dijamin ketagihan. #PejuangGoldenApron3

Opor Ayam

Opor Ayam

2-3 orang
45menit
Sayur kacang tempe kuah opor

Sayur kacang tempe kuah opor

Di rumah ada kacang panjang sisa sayur kemarin, karena sedang berhemat jadi langsung eksekusi saja 😁. Bikinnya nggak ribet sih cuma kayak bikin bumbu opor.

8 orang
45 menit
Opor Labu Telur

Opor Labu Telur

Awal bulan yang serasa akhir bulan. Kulkas kosong melompong tapi persedian telur masih banyak. Kalau dibiarkan mungkin telurnya akan menetas hehehe. Jadi bikin opor ya, sekalian latihan menyambut ramadhan yang sebentar lagi tiba~

4 orang
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Ayam bahan masakan yang sangat mudah di dapat dan di olah berbagai macam olahan salah satu nya opor

4 porsi
30 m
Opor Ayam

Opor Ayam

Pingin nyobak buat opor ayam,,,, inget masakan mbah dulu dg kuah yg kental & pedas. #PekanRayaAyam

Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam nya di tambahin telur puyuh karena anak lebih suka opor telur rebus 😁

3 orang
30 menit
Terik Tahu

Terik Tahu

Di Magelang biasanya sayur terik tahu ini di jadikan menu pendamping bubur/nasi.. rasanya gurih dan anak-anak suka..

5 orang
1 jam