Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor ayam ala rumahan yang Menggugah Selera

Dipos pada January 11, 2022

Opor ayam ala rumahan

Anda sedang mencari inspirasi resep Opor ayam ala rumahan yang simple Cara membuatnya sedikit repot. Pengerjaan harus hati-hati dan perlahan agar rasanya nikmat. Umumnya Opor ayam ala rumahan yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor ayam ala rumahan, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor ayam ala rumahan di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Perkiraan porsi dari bahan dibawah untuk membuat Opor ayam ala rumahan adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang dibutuhkan untuk membuat Opor ayam ala rumahan diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam ala rumahan sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam ala rumahan memakai 14 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

mencoba masak opor ayam dgn santan asli kelapa.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam ala rumahan:

  1. 500 gr ayam
  2. Bumbu opor:
  3. 5 bawang merah
  4. 4 bawang putih
  5. 2 cm kunyit
  6. 2 bh kemiri
  7. 1 sdt ketumbar
  8. sedikit jintan (boleh di skip)
  9. 4 cm lengkuas
  10. 2 btg serai
  11. 2 daun salam
  12. 400 cc santan murni
  13. secukupnya garam
  14. secukupnya gula putih dan gula merah

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam ala rumahan

1
Uleg halus bumbu (bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, ketumbar, jintan). untuk lengkuas, serai di geprek.
Opor ayam ala rumahan - Step 1
Opor ayam ala rumahan - Step 1
Opor ayam ala rumahan - Step 1
2
Tumis bumbu sampai harum.
3
Masukkan ayam ke dalam tumisan,.kemudian beri air.
Opor ayam ala rumahan - Step 3
Opor ayam ala rumahan - Step 3
4
Setelah ayam sudah setengah matang, masukkan santan kemudian aduk (agar tidak pecah pati). tunggu sampai santan meresap.
Opor ayam ala rumahan - Step 4
Opor ayam ala rumahan - Step 4
5
Masukkan garam, gula putih dan merah. koreksi rasa
Opor ayam ala rumahan - Step 5
6
Berikan taburan bawang merah goreng di atas opor ayam

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam Padang

Opor Ayam Padang

bikin opor ajja ya buat buka, ntar makannya ditemenin kerupuak sanjai balado hmmm ๐Ÿ˜ #resep from my mom ๐Ÿ‘ตโค

*opor ayam*

*opor ayam*

Kamis 13-08-2020... Dah lamaaa banget pengen buat opor ayam ini...tapi dirumah pada kurang suka sama opor ayam, yah dari pada nanti aku nya ngeces karena opor ayam...jadi apa boleh buat masak juga deh akhirnya dengan 1/2 ekor ayam aja. Dan langsung aja yuuk kita belanja ayam potong negeri dan santan instannya dipasar Cookpad yang udah disiapin sama mamah kita tercintah..terus lanjut buat opor ayamnya dan semoga opor ayam ini bisa dapat bonusnya sarung tangan Cookpad dari mamah ๐Ÿค—. #BelanjaIdeDiPasarCookpad #SarungTanganCookpad #GA_TheNextLevel #CookpadCommunity_Depok

Lontong opor praktis

Lontong opor praktis

#kangenkampungindonesia Resep untuk yang lg kepepet. Pengen opor tp bumbu terbatas. Takaran bawang2an disini disesuaikan sm kondisi saya yg lg di Geneva, yg bawang putihnya disebut "ail" dan wangiiii bgt, bawang merahnya saya lupa disebut apa (tp.bukan "oignon" ya. Kl oignon itu lbh ke bawamg bombay) lbh gedhe & lebih wangi jg. Bawang2an ini cm diiris2 krn ga punya uleg-an dan kl make blender pagi2 atau malam2 bs ditimpukin bantal sama tetangga krn berisik. Kl di Indonesia jmlh bawang putih kalikan 3 atau 4 ya, bawang merah kalikan 5, trus diuleg aja atau diblender. Saya saat ini tinggal di Swiss. Resep2 yg saya kasih tagar #kangenkampungindonesia ini isinya resep2 masakan2 indonesia tp pakai bahan2 yg disini susah dicari atau bahkan ga ada sama sekali. Misalnya kemiri. Atau jahe (yg sbnrnya disini ada tp mahal, ga tega mau belinya). Atau ebi (disini adanya udang segar, itupun mahal banget). Atau mie telur (disini ada sih yg bernama "mie telur", tp beda rasanya. Dan spageti lbh murah). Jadi masakannya ga otentik yah. Tapi rasanya ya diusahakan semirip mungkin dg masakan yg pake bumbu2 yg benar. Tapi bukan berarti teman2 yg di Indonesia ga bs make resep ini loh ya. Kl yg pengen praktis atau krn wabah corona jd ga pengen keseringan ke warung/supermarket nyari bumbu2 spesifik bs banget make resep ini ya. Semoga bermanfaat.

Opor ayam kampung resep mertua

Opor ayam kampung resep mertua

udh lama ga pulkam paksu kangen masakan mamak (mertua saya) dan kebetulan ad yg ngasih ayam kampung d bikinlah ini.๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

11. Opor Ayam

11. Opor Ayam

Pelengkap makan ketupat salah satunya ya ini opor ayam. Kali ini saya menggunakan ayam petelur/ayam merah. #TiketMasukGoldenApron3

Opor ayam fiber creme

Opor ayam fiber creme

Lagi PSBB gini jadi tidak bisa ke rumah teman untuk ikut merayakan Lebaran. Jadi diniatin untuk coba buat opor ayam beserta temannya. Walaupun minim banget bikinnya ๐Ÿ˜…. Bikin opornya pakai pengganti santan. Lumayan mirip santan rasa fiber creme, tidak seperti susu juga rasanya. Boleh dicoba supaya ga berasa bersalah karena terlalu banyak makan santan ๐Ÿ˜† Selamat hari raya idul fitri Mohon maaf lahir batin Source : dailycookingquest #cookpadcommunity_jakarta #GA_thenextlevel

Opor Ayam

Opor Ayam

Masakan khas lebaran tapi saya bikinnya pasca lebaran. Ayamnya saya rebus dengan campuran kunyit terlebih dahulu. Karena saya suka tekstur ayam yang lebih matang dan gurih, ayam tersebut saya panggang sebentar dengan mentega hingga agak kecoklatan di bagian luarnya. Hasilnya, gurih banget!

2 porsi
1 jam
Opor bebek mlangi

Opor bebek mlangi

#SuguhanLebaran #cookpadcommunity_yogyakarta Opor bila kita mendengar kata tersebut yang terlintas di otak kita pasti kuah santan yang gurih dengan isian ayam. Ya seperti itu juga bayangan awal saya saat pertama kali ditawari makan opor bebek, Namun bayangan saya tentang opor langsung hilang ketika yang tersaji di depan saya adalah bebek utuh dengan kuah bening dengan rasa bawang, asam dan asin yg berpadu. Ya opor bebek disini bukan opor santan melainkan kuah bening yang hanya memakai 3 bumbu saja. Aneh, adalah kata pertama yang saya ucapkan. Tentu saja karena baru disini di kampung suami saya menemukan makanan ini. Pertama mencoba makan tidak terlalu buruk wlaupun belum bisa dibilang suka dengan taste yang benar benar baru dilidah saya. Namun ketika saya makan untuk kali ke 2 saya sudah mulai jatuh cinta dengan opor bebek ini apalagi saat dimakan dengan sambel cabe rawit mentah dan kerupuk.. Rasa asam, asin dan atoma bawang serta sambal yang pedas berpadu pas di mulut bahkn sensasi menyedot (nyesepi klo di jawa) kuah opor bebek dari tulang tulangnya begitu menggugah selera. Inilah opor bebek mlangi menu otentik kampung santri Mlangi. Menu yang tidak akan di jumpai di daerah lain, bahkan mungkin di jogja tidak semua kenal dengan menu opor bebek ini. Menu ini adalah menu wajib saat lebaran dan menu kebanggaan masyarakat mlangi.

8 porsi
Opor Ayam Telur Puyuh

Opor Ayam Telur Puyuh

Cari masakan lain biar gk bosen makan ayam itu2 aja yaa. Kebetulan ada challenge #KapsulAjaib. Naaah berbicara mengenai kanker semua pasti berawal dr makanan, yuuuk mari perbaiki pola makan kita dengan makanan sehat seperti sayur dan buah. Buat yang jarang makan sayur bole diakalin dengan makanan opor ini y.

6 Porsi
25 Menit
Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Malas masak karena bangun siang hehehe (hanya alasan) biasa hawa weekend masih bikin malas gerak. Maunya santai aja kayak dipantai. Tapi sesantainya, seorang Ibu masih lakukan ini itu saking khawatirnya sama anggota keluarga. Kalau gak masak, anak-anak mau makan apa ? Masa ceplok telur lagi.. Mau beli ya malas ribet panasin segala makanannya lagi. Mending masak aja lah, begitu pikirku. Pada akhirnya ya masak juga kan. Masak yang gak ribet, praktis, semua anggota keluarga bisa sama-sama makan dalam satu menu. Yap sepertinya opor ayam bisa jadi salah satu menu yang bisa diandalkan. Maka langsung aja yuk kita bikin opor ayamnyaโ™ฅ #niadev_olahanayam #CookpadCommunity_Bekasi

45 menit
Opor ayam padang

Opor ayam padang

Sengaja masak untuk menymbut Ramadhan๐Ÿ˜‡Resep mama yang sllu aku rindukan dan sllu jd nomer satu๐Ÿฅฐ

Lontong Panci Opor Ayam

Lontong Panci Opor Ayam

kadang mau makan lontong, tapi gak mau repot, maka buatlah lontong PANCI (sy pake panci magicom) #BancakanOnlineBarengCookpad #idulAdha #homecooking

8 org
Lontong dan Opor, 50 menit
Opor Telur anti ribet Fiber Creme

Opor Telur anti ribet Fiber Creme

Eh muncul lagi menu makan siang ala kadarnya tapi mewah... No Santan ya... Kita pke Fiber Creme

Terik Telur Tahu Tempe

Terik Telur Tahu Tempe

#PejuangGoldenApron3

45 menit
60 menit
Opor Putih

Opor Putih

Biasanya mommy males banget bikin bumbu yang ribet2. Selama ada Oma, semua mudah..lol.. Nah sekarang masa pandemi gini, ketemu Oma aja jarang, tapi anak2 minta opor kaya buatan Oma. Baiklah, mommy buatkan aja. Cuma mereka protes, "Mom, kok ga ada warnanya?" Hahaha..iya ini versi opor putih, yang versi kuning, nanti mommy share..

3-4 porsi
Opor Ayam rumahan

Opor Ayam rumahan

Gak harus nunggu lebaran atau hari istimewa untuk bisa makan opor, sehari hari pun bisa donk...pake bumbu yang simple2 aja udh enak kok..๐Ÿ˜. Untuk maksi anak2 bikin ini aja..

Opor Yampung (Ayam Kampung)

Opor Yampung (Ayam Kampung)

Mau makan enak, mesti ribet dlu memang. Butuh durasi yg (agak) lama heheh. Hasilnya tapi , yummy~ Worth it lah ๐Ÿ˜…

Opor Ayam Tidak Mudik

Opor Ayam Tidak Mudik

Tahun ini sudah dipastikan tidak bisa mudik dan kumpul bersama keluarga, karena dampak dari covid-19 yang membuat kita harus #dirumahaja dulu dan tidak dianjurkan untuk mudik. Baiklah, sy sudah bikin opor ayam fav keluarga dikala lebaran. Semoga cukup untuk mengobati kangennya santap opor bersama keluarga besar untuk sementara waktu. Happy cooking ๐ŸŽ‰

banyak