Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rendang Jengkol yang Enak Banget

Dipos pada January 17, 2020

Rendang Jengkol

Anda sedang mencari inspirasi resep Rendang Jengkol yang pasti lezat Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Rendang Jengkol yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang Jengkol, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Untuk gampannnya dan tidak terlalu repot penyajian Rendang Jengkol enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Rendang Jengkol kira-kira 5 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Untuk diperhatikan, waktu yang diperlukan dalam memasak Rendang Jengkol diperkirakan sekitar 60 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang Jengkol sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang Jengkol memakai 23 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang Jengkol:

  1. 1/2 Jengkol
  2. 1 buah kelapa
  3. 15 buah cabe merah
  4. 15 buah cabe rawit
  5. 15 buah cabe merah kering
  6. 5 siung bawang putih
  7. 12 siung bawang merah
  8. 1 ruas lengkuas
  9. 1 batang sereh
  10. 1 ruas kunyit
  11. 1 sdm ketumbar
  12. 1 sdt adas
  13. 1 sdt jintan
  14. 1 ruas jahe
  15. 8 sdm kelapa gongseng
  16. 5 lembar daun jeruk
  17. Secukupnya daun kunyit
  18. secukupnya Gula garam
  19. 1 buah bunga lawang
  20. 1 buah kayu manis
  21. 3 butir cengkih
  22. 3 butir kapulaga
  23. Bahan rebusan jengkol: daun pandan, daun salam, sereh

Langkah-langkah untuk membuat Rendang Jengkol

1
Cuci cabe merah kering lalu rendam cabe merah kering dengan air panas 10 menit. Sisihkan. Cuci bersih cabe, bawang,jahe,lengkuas,kunyit,juga sereh. Tambah jintan,adas,juga ketumbar. Haluskan.
Rendang Jengkol - Step 1
Rendang Jengkol - Step 1
2
Cuci bersih bumbu pelengkap. Daun jeruk, daun kunyit, kayu manis, cengkih, bunga lawang, dan kapulaga
Rendang Jengkol - Step 2
3
Cek jengkol yang sudah direndam 1 malaman dengan 3 sendok kopi hitam bubuk. Cuci jengkol lalu presto selama 30 menit. Tambahkan daun pandan, daun salam, juga geprekan sereh.
Rendang Jengkol - Step 3
Rendang Jengkol - Step 3
4
Setelah 30 menit. Buka presto lalu buah kulit ari jengkol. Pipihkan jengkol.
Rendang Jengkol - Step 4
5
Campur bumbu halus dan bumbu pelengkap dalam wajan. Peras kelapa dan ambil santan kentalnya saja. Masukan ke dalam wajan. Lalu aduk. Tambahkan bumbu pelengkap. Aduk rata hingga mendidih.
Rendang Jengkol - Step 5
Rendang Jengkol - Step 5
6
Setelah mendidih masukan jengkol. Aduk lagi. Hingga agak mengental santannya. Tambahkan gula garam secukupnya. Tambahkan kelapa gongseng. Aduk merata lagi. Hingga berkurang santannya dan jadi deh rendang jengkol kita. Biarkan beberapa menit dengan api kecil agar lebih meresap dan tahan lama. Setelah cukup. Matikan api lalu sajikan.
Rendang Jengkol - Step 6
Rendang Jengkol - Step 6
Rendang Jengkol - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang ayam padang

Rendang ayam padang

Tonton caranya dichanel YouTube Ku Mama Azka Kitchen

Rendang Daging

Rendang Daging

Rendang daging salah satu makanan terenak di dunia. Untuk bisa menikmati rendang daging butuh waktu cukup lama saat memasaknya tapi sebanding dengan rasa akhirnya. Memang sungguh ga ada yang sia sia kalau bersabar.. dalam memasak kalau sabar dengan prosesnya insya allah hasil dijamin enak. Setidaknya enak untuk mengenyangkan perut sendiri 🀣 karena selera orang tentunya berbeda beda. Yuk melatih kesabaran melalui masak ☺️ #DirumahAja #KeDapurAja #PejuangGoldenApron3

2 Jam
Rendang makyos (balita able)

Rendang makyos (balita able)

Bingung. Mau buat rendang tp pengen si kakak (4thn) bisa makan. Alhasil buat lah ini. Alhamdulillah si kakak sukaaaa

Nasi Goreng Bumbu Rendang

Nasi Goreng Bumbu Rendang

Bismillah.. Karena ada sisa bumbu rendang di kulkas yg dagingnya udah habis, jadi mau pake bumbu rendangnya aja buat nasi goreng, tinggal tambahin telur dadar dan kerupuk. Alhamdulillah nikmat...

Rendang Telor

Rendang Telor

Rendang identik dengan daging.Gara gara lihat stok telor yang kebanyakan...mamak lupa kalo habis belanja telor eee belanja telor lagi πŸ˜‚πŸ˜‚ so olah olah telor dibumbuin rendang.Mbak Tata...Rendang telornya enak lhoh makannya sama nasi panas plus krupuk dan es teh kampul duuuhh nikmat yang haqiqi #CookpadCommunity_Solo #Klapa_KlangenanKu #WongSoloMasak #PejuangGoldenApron3 #CeritaMasakHannah

Rendang Ayam, tempe & kentang

Rendang Ayam, tempe & kentang

Dari judulnya kepanjangan banget hehe ini hanya ide saya aja campurin tempe sama kentang biar jadi banyak lagi pula saya mempersingkat memasakan aja. Oh ya rendang ini banyak kuahnya karena suami saya ngga suka kering makanya kuahnya saya banyakin.

Nasgor rendang simple

Nasgor rendang simple

Resep nasgor nusantara yang simple, mudah, praktis, hemat waktu banget.

2 orang
5menit
MPASI 11+ Rendang hati ayam ala bunda

MPASI 11+ Rendang hati ayam ala bunda

Masak singkat rasa enak

1 mangkuk
30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Bosen dengan daging, cobain pake bahan ayam, praktis kok moms cuss yuk

Rendang ala Kampung Kotogadang

Rendang ala Kampung Kotogadang

Resep ini diambil dari resep kampung, lalu saya buat modifikasi sendiri, tapi rendang yang enak harus di diamkan semalam lalu besok baru digoreng, hasilnya lebih enak dibandingkan langsung dimakan.

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Bicara Rendang adalah bicara tehnik memasak, ada banyak versi dan tehnik memasak rendang yang semuanya telah teruji keberhasilannya. Kali ini saya menggunakan versi yang dimasak dua kali, hasilnya rendang berwarna lebih hitam tahan lama di suhu ruang. #CookpadCommunity_Bogor #dagingsapi #rendang #santan #rempah

25. Randang / Rendang Ayam Sayur Paku (Pakis)

25. Randang / Rendang Ayam Sayur Paku (Pakis)

Randang / Rendang adalah salah satu makanan favorit saya dan keluarga. mau itu randang ayam, randang daging, randang tongkol, randang udang, randang belut, dll.. πŸ˜† pokok nya selalu di favorit 😘☺️ Sering di tanyain tetangga, tiap hari masak masakan padang terus apa ga bosen?? Jawaban nya: TIDAK πŸ₯°πŸ₯° Mungkin karna sejak kecil udah di cekokin masakan padang terus sama orang tua. jadi lidah nya udah terbiasa dengan masakan berbumbu dan berempah kuat, santan2an, balado2an 😁. Walaupun udah merantau jauh sampe ke Malang sama suami, tetap masakan padang paling istimewa di hati. Jadi sebelum nikah, udah belajar dulu sama mama bagaimana cara masak Randang yang enak. Kata Mama gadis minang kalo ga bisa masak rendang ga afdol πŸ˜†πŸ˜† resep ini saya pelajari dari mama, setiap orang beda2 cara masak rendang dan beda-beda pula bumbu yang dipake yaa , 😁 Alhamdulillah sering juga dapat orderan rendang khas padang dari ibu2 komplek dan temen2 kantor suami. Hari ini pengen bikin Randang Ayam pakai sayur Paku / pakis. Kemaren di Pasar nemu ada yang jual sayur pakis, entah kenapa kepikiran banget pengen bikin rendang ayam. hihihihi, karna ini cuma rendang ayam, saya cuma make 2 butir kelapa saja. kalo rendang daging biasa saya pake 3 butir kelapa. Walaupun masak rendang itu lamaaa banget. Tapi kalo udah niat mah ga jadi masalah. Semoga resep saya ini bisa menginspirasi πŸ₯°πŸ₯° Tadi sengaja saya timbang2in berat bumbu2nya. karna saya kalo masak ya di takar2 saja tanpa di timbang. ✌️

8 porsi
3-4 jam
Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Masih ada stok daging kurban dan kali ini maunya direndang saja. #Cabeku #bamasakjosantan

Rendang Padang

Rendang Padang

Rendang buatan si mama tuh paling the best laahh.. menu wajib bangett setiap lebaran. Sekarang cusss eksekusi sendiri..

Rendang daging resep mintuo

Rendang daging resep mintuo

hari pertama sahur dtemenin rendang daging khas minang kabau biar sahur suami & anak" makin semangat ❀️ #festivalRamadanCookpad

Rendang Pedas Sunda Presto

Rendang Pedas Sunda Presto

Rendang Pedas Sunda Presto