Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Kimchi (pogi kimchi) dengan tips yang Bisa Manjain Lidah

Dipos pada July 22, 2018

Kimchi (pogi kimchi) dengan tips

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Kimchi (pogi kimchi) dengan tips yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kimchi (pogi kimchi) dengan tips yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Kimchi (pogi kimchi) dengan tips, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Kimchi (pogi kimchi) dengan tips enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kimchi (pogi kimchi) dengan tips sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kimchi (pogi kimchi) dengan tips memakai 16 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saya suka banget kimchi. Krn saya penasaran pengin coba bikin sendiri, saya browsing resep sana sini dan cari info cara buatnya. Pogi kimchi terbuat dari sawi putih yg dibelah 4. Pembuatannya memang butuh usaha lebih daripada mak-kimchi (easy kimchi). Katanya sih rasa yg dihasilkan plg sedap. Resep ini adaptasi dari resep Maangchi dan Koreanbapsang. Klo takaran bumbu etc saya sesuaikan selera saya yah ngga terlalu pedas, hasilnya sesuai yg saya harapkan. Jika buat sesuai resep ini, rasa kimchi yg dihasilkan cukup tajam. Saya suka bawang putih dan kecap ikan maka saya buat sesuai resep mereka, kasi banyaak. Plus daun bawang juga 😁😁 trus saya lebih suka agak asin ya. Klo suka yg biasa dikurangin garam waktu awal menggarami sayurnya. Jika mau rasa lebih lembut silakan dikurangin bawang putihnya. Happy cooking ^^ #PejuangGoldenApron3

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kimchi (pogi kimchi) dengan tips:

  1. 2,5 kg sawi putih (sy uk 1 besar dan 2 medium)
  2. 3 lt air
  3. 260 gr garam
  4. Bubur kental:
  5. 65 gr tepung beras ketan putih
  6. 65 gr gula pasir
  7. 500 ml air
  8. Isian lain:
  9. 200 gr wortel, serut (3 buah uk sedang)
  10. 1/2 buah lobak,serut
  11. 8 batang daun bawang
  12. Bumbu:
  13. 10 siung bwg putih
  14. 1/2 cm jahe
  15. 6 sdm kecap ikan
  16. 50 gr bubuk cabe kasar (gochugaru)

Langkah-langkah untuk membuat Kimchi (pogi kimchi) dengan tips

1
Potong sawi putih pada bagian pangkal secukupnya sampai bisa dipegang tangan, lalu tarik perlahan sehingga jadi 2. Potong kembali pangkalnya jangan sampe putus. Lihat foto ya.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 1
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 1
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 1
2
Larutkan 3lt air dengan setengah bagian garam (130gr). Sisihkan dulu. Siapkan baskom lain yg diisi air. Celupkan 1 bagian sawi ke air di baskom, angkat tiriskan, lalu taburi garam perhelai nya dengan sisa garam yg tidak dilarutkan. Jika sudah masukkan ke larutan garam. Lakukan hingga semua sawi selesai digarami. Beri garam lebih banyak di bagian batang sawi ya.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 2
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 2
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 2
3
Taruh pemberat diatas baskom sawi hingga sawi terendam semua. Saya pake cobek batu 😁Diamkan selama 2 jam. Sesekali pindahkan posisi, sawi yg dibawah jadi di atas dan sebaliknya. Saya pindah 3x.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 3
4
Setelah sawi siap, tandanya batang sawi menjadi mudah di bengkokkan. Lihat foto ya. Tarik sawi di potongan nya hingga jadi 1/4 bagian pada saat ini. Cuci sawi dibawah air mengalir sebanyak 3x, sambil dibuka buka helai daunnya. Pastikan garam bersih. Lalu rendam air matang dingin selama minimal 30 min. Kemudian peras dengan lembut dan tiriskan sawi, sisi potong menghadap ke bawah. Tunggu cukup kering.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 4
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 4
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 4
5
Sewaktu menunggu sawi digarami, buat bubur kental nya. Campur tepung beras ketan dan air. Aduk rata. Masak diatas api sambil diaduk2 dengan whisk. Ketika uda panas masukkan gula pasir. Aduk terus hingga mengental dan meletup. Matikan api. Dinginkan dulu.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 5
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 5
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 5
6
Kupas wortel dan lobak cuci bersih kemudian serut. Cuci bersih bawang daun kemudian potong sepanjang 1cm. Sisihkan dulu. Saya serut lobak dan wortel pakai alat seperti di foto. Jika tidak ada boleh diparut atau potong manual bentuk korek api.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 6
7
Campurkan bubur kental, bawang putih dan jahe parut, bubuk cabe, minyak ikan. Aduk rata, kemudian masukkan daun bawang iris. Aduk rata.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 7
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 7
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 7
8
Ambil 1 bagian sawi, balurkan bumbu ditiap helainya. Jika sudah tekuk sawi ke arah dalam. Balur bagian terluarnya, lalu tata dalam wadah. Boleh plastik kontainer/ glass jar. Sebaiknya pakai sarung tangan plastik supaya tangan ga kepanasan.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 8
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 8
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 8
9
Lakukan hingga sawi habis. Tekan2 dengan telapak tangan supaya tidak ada gelembung udara. Tutup wadah dan simpan di tempat yg gelap pada suhu ruang. Fermentasikan selama 1 hari. Kemudian bisa simpan di kulkas.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 9
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 9
10
Tips: - Jangan mengisi wadah terlalu full, beri ruang utk sirkulasi. - Jika hasil kimchi keasinan menurut selera anda, bisa dibetulkan dengan langsung menambah potongan lobak (tanpa digarami) ke kimchi langsung. - Tanda fermentasi berlangsung baik jika muncul gelembung2 buih dan kimchi berair. - Sebaiknya tidak dibuka-buka saat pertama fermentasi. - Semakin lama fermentasi semakin asam rasanya. Bagi saya pas 24jam. Kalau ingin tidak terlalu asam fermentasi 12 jam saja lalu dikulkas.
Kimchi (pogi kimchi) dengan tips - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam

Halo... Seperti biasa ikut seru-seruan aja di weekend challenge utk #semarak_clover dan cookpad. Kali ini tema semaraknya hitam putih yg idenya dari mbak Annie Aprilia jadi saya buat Bubur Ketan Hitam saja. Kebetulan makanan ini kesukaan ibu saya, jd saya persembahkan utk ibu saya sebagai peringatan hari ibu pd 22 desember 2020 nanti. Saya memakai resep ibu yg simpel ala rumahan. Semoga dapat menginspirasi. #MasakanUntukIbu #GAHitamPutihMakananKu #Semarak_GAHitamPutihMakananKu #CookpadCommunity_Palembang #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #Sabtu_191220

Bubur Candil

Bubur Candil

#jajanantempodoeloe Kalau soal memasak makanan berat, almarhum ibu juaranya, tapi kalau soal bikin bubur candil, Bu Dhe saya gak ada yang ngalahi. Terkenal se Wates ( nama kampung saya), kalau bubur candil buatan beliau bener bener legit, top markotop lah. Rahasianya ada pada pemilihan bahan. Bu dhe selalu memilih bahan segar dan terbaik. Santan kelapa harus diparut manual, gak laku tuh kelapa parut dari pasar apalagi santan instan, tepung ketan diselep sendiri, dari hasil panen ketan sendiri ( pake acara njemur padi ketannya dulu beberapa hari sebelumnya lho). Jadi abis dijemur 2 hari, diselep jadi beras, trus baru diselep jadi tepung. Gulanya pake gula aren terbaik, beli langsung dari pengrajinnya di daerah Boja. Masaknya pake kayu bakar lagi. Aromanya jelas beda. Saya sendiri sering bantu bantu buletin candilnya. Bulet bulet sesukanya, sambil ngobrol di depan api ( kemringet...). Ohya, dibeberapa resep yang beredar banyak yang mencampur tepung ketan dengan tepung lain, tapi kalau resep bu dhe saya ini gak pake campuran apa apa, modalnya cuma tepung ketan, santan, gula aren, garam dan daun pandan. Tradisional sekali ya? tapi soal rasa, boleh diadu kok sama yang lain.

5 porsi
30 menit
Bubur Candil - Sumsum

Bubur Candil - Sumsum

Turut meramaikan bulan puasa, saya buat bubur candil - sumsum, resep asli dari @Lysa Tangkulung, dengan beberapa modifikasi

Bubur sumsum candil

Bubur sumsum candil

Selalu suka dengan bubur ini. Di medan ini di percaya bisa memulihkan letih saat kita sangat lelah 😊

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Kesukaan aku sama sianak lanangku...bubur hitam...

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Lagi musim hujan jadi pengen makan yang hangat2 kuku hehehe

Bubur kacang ijo ketan putih

Bubur kacang ijo ketan putih

Bahan sedikit jadinya banyak banget😍

5 orang
1 jam
Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam

Kepengen makan bubur ketan hitam, sepertinya saya β€˜ngidam’ beneran kali iniπŸ˜…. Beneran dibela2 in bikin walaupun makannya cuman seicip, pake slow cooker biar bisa ditinggal bubu. Kalo mommies mau bikin dimasak diatas kompor, silahkan saja, takaran resepnya kurang lebih sama, mungkin diawasi airnya saja, ditambah bila kurang, karena kalo masak diatas kompor, volume air akan berkurang, sedangkan di slow cooker tetap. Oh iya, kalo masak diatas kompor, mesti rajin2 aduk yaa, biar ga gosong, dan pakai api kecil cenderung sedang sajaπŸ‘

Bubur Sumsum

Bubur Sumsum

Karna akhir pekan jd saatnya berkreasi dirmh. Buatnya sich td pagi tapi baru share nya sorean🀭 Bubur sumsumnya enak bangat d menurut aq, cuma dr source resep nya kemanisan jd kalo sist n bro dirmh gak suka kemanisan, gulanya bs dikurangin ya😁 Source : CR Cook

Banyak
1 jam 30 menit
20. Bubur ketan hitam vs Bubur sum sum

20. Bubur ketan hitam vs Bubur sum sum

Menepati janji mama pda anaknya...tiyap hari selalu d tagih kapan d bikinin Bubur jdi meskipun mamanya Lgi skit dngan kekuatn seadanya tetep semangat uprek d dapur😊... #cookpadcommunity #cookpadkab_malang #pawoen_mungil #13022020

Bubur Ketan dan Kacang Kijau

Bubur Ketan dan Kacang Kijau

#PejuangGoldenApron2 #minggu24

Bubur Kacang Hijau&Ketan Hitam (slow cooker)

Bubur Kacang Hijau&Ketan Hitam (slow cooker)

Biasanya kalau mau masak bubur kacang hijau, suka keseringan lupa kalau punya kacang yang direndam dari semalam. Kalau kelamaan direndam, akhirnya bentuk kacang hijaunya sudah seperti mau jadi toge, kalaupun tetep dimasak, rasanya sudah beda. Akhirnya setiap mau bikin bubur kacang, saya pakai slow cooker punya anak saya (hehehe...Bunda nebeng ya, nak). Kacang ga perlu direndam, langsung masukkan ke slow cooker, di set ke posisi low kurang lebih 4 jam (bisa ditinggal sambil bebenah). Buliran kacangnya pun terasa lebih pulen, lebih lembut dan tetap utuh (tidak pecah). Hasil akhirnya, bubur jadi kental tanpa tambahan cairan tepung (kalau suka yang berkuah, bisa tambahkan takaran air). Begitupun untuk ketan hitam, bisa dimasak tanpa direndam. Masak bubur kacang hijau dan ketan hitam bisa digabung atau terpisah secara bergantian (saya dipisah). Takaran air, 1:4. 1 gelas kacang hijau/ketan, menggunakan 4 gelas air (bisa ditambah/kurangi sesuai selera). Untuk santan, saya masak di atas kompor. Atau bisa juga menggunakan santan yang siap pakai. Menu ini bisa dimasak di atas kompor, jangan lupa direndam dulu agar lebih cepat empuk. #Tips menghemat merebus kacang hijau: masak di atas kompor, setelah 15 menit matikan kompor, tutup panci, biarkan selama 30-60 menit. Kemudian nyalakan kembali kompor, masak kurang lebih 15-20 menit (tergantung kompor masing-masing). Lumayan bisa menghemat gas, hehehe...

Bubur ketan hitam

Bubur ketan hitam

Resep dr mama cookpad smw n dari kreativitas sendiri..

1/2 kg ketan hitam
1jm lebih
Bubur Madura

Bubur Madura

Bismillah.. Awalnya sih cuman pingin bikin Bubur ketan hitam yang atasnya dikasi santan. Udah gitu ajah.. Ehh tiba2 triingg ✨ kenapa gak sekalian bikin bubur Madura aja yaah?? Kan isinya lebih rame, lebih seru lebih berwarna, eaaaaa! 😁😁 So gak pakai nunggu bulan puasa dehh, kelamaan! Langsung cuss turun ke dapur diniatin buat excusi, caiyoo! πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ˜„ Pakai resepnya mba Ge Adhian 😘😘 Pas udah jadi.. Uwow imejing, puas banget rasanya.. Sukaakk! πŸ˜πŸ˜πŸ‘ #PejuangGoldenApron3 Week 28

Bubur kacang hijau+ketan hitam

Bubur kacang hijau+ketan hitam

yang hangat, yang hangat. Cocok disantap pagi hari atau saat hujan.

7 porsi
70 menit
Bubur Ketan Hitam Gampang #Agust28

Bubur Ketan Hitam Gampang #Agust28

Source : Tutyhryt Lagi ga enak body. Nemu resep teh tuty langsung recook ga pake cookmark lagi hihi. Udah ga usah ditanya lagi rasanya, enaakk.. hangat hangat, bergizi dan gampang pula bikinnya.

5 porsi kecil
30 menit
Bubur Ketan Hitam

Bubur Ketan Hitam

Udara dingin enaknya makan yg anget2 yah bunds.. hehe😁 Ada sisa bahan ketan hitam, yyuk gas buat bubur ketan hitam bunds pasti langsung teringat masakan ibu dirumah hehe.. πŸ˜‰ yuk ceki2 yah bunds..

3 porsi
1 jam