Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Bakar yang Menggugah Selera

Dipos pada January 21, 2022

Opor Ayam Bakar

Hi Mommy, yuk praktek untuk buat Opor Ayam Bakar yang pasti lezat Dijamin tidak bakalan repot membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor Ayam Bakar yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor Ayam Bakar, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Bakar di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Bahan-bahan dibawah akan sangat pas untuk porsi penyajian Opor Ayam Bakar sekitar 8 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Bakar diperkirakan sekitar 40 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Bakar sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Bakar memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Ini adalah menu kesukaan saya, yang namanya lauk opor ayam saya selalu suka, keluarga saya juga menyukai menu ini. Biasa nya hidangan ini sangat populer di hari lebaran, tapi tidak harus menunggu lebaran, kita bisa membuat opor ini kapan saja kita suka. Sebenarnya paling enak jika opor ini menggunakan ayam kampung, tapi berhubung harga ayam kampung lumayan, saya menggunakan ayam biasa saja. Cara membuat nya pun berbeda-beda, baik dari teknik memasaknya atau pun bumbu-bumbunya, tergantung keadaan dan kelengkapan bahan. Di sini saya membakar ayam terlebih dahulu agar aroma ayam nya jos, penasaran seperti apa rasanya? Yuk langsung saja goyang dapurmu. Happy cooking! salam sehat buat kita semua. #PejuangGoldenApron2 #PeracikBumbuKehidupan #AkuMemasakSesuatuUntukmu

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Bakar:

  1. 1 ekor ayam
  2. 1 batang serai
  3. 2 sendok makan minyak sayur
  4. 2 sendok makan santan kara
  5. 100 ml air
  6. Bahan marinasi ayam
  7. 1 sendok tah garam
  8. 1/2 sendok teh merica bubuk
  9. 1/4 buah lemon
  10. Bahan bumbu halus
  11. 3 siung bawang putih
  12. 6 siung bawang merah
  13. 1 ibu jari jahe
  14. 1 sendok teh ketumbar
  15. 1/2 sendok teh kunyit bubuk

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Bakar

1
Siapkan ayam, potong-potong menjadi 12 bagian atau sesuai selera, cuci bersih, kemudian bumbui dengan bahan marinasi aduk rata dan diam kan selama 15-20 menit.
Opor Ayam Bakar - Step 1
Opor Ayam Bakar - Step 1
Opor Ayam Bakar - Step 1
2
Kemudian siapkan bahan bumbu halus, potong-potong bawang dan jahe agar lebih mudah membelendernya. kemudian masukan kedalam blender beri 30 ml air, kemudian belender sampai halus semua bahan bumbu, untuk kunyit anda bisa menggunakan kunyit yang segar jika ada. Kemudian setelah halus sisihkan.
Opor Ayam Bakar - Step 2
Opor Ayam Bakar - Step 2
Opor Ayam Bakar - Step 2
3
Kemudian siapkan teplon beri satu sendok makan minyak sayur, setelah panas panggang/bakar ayam sampai berubah warna. Anda bisa membakar ayam menggunakan bara api agar aroma dan warna yang di dapat jauh lebih baik. Setelah warna ayam cantik terpanggang angkat dan sisihkan dalam wadah.
Opor Ayam Bakar - Step 3
Opor Ayam Bakar - Step 3
Opor Ayam Bakar - Step 3
4
Kemudian tumis bahan bumbu halus sampai harum, atau sampai bau langunya hilang. Kemudian masukan serai yang sudah di memarkan. Lalu tambahkan 100 ml air, masak sampai air mendidih lalu masukan santan kara, aduk rata.
Opor Ayam Bakar - Step 4
Opor Ayam Bakar - Step 4
Opor Ayam Bakar - Step 4
5
Kemudian masukan ayam yang sudah di bakar tadi, aduk rata masak sampai ayam empuk, dan kuah sedikit mengental. Tambahkan garam dan merica. aduk rata, gunakan api sedang agar matang sempurna. setelah di rasa cukup dan ayam empuk matikan api.
Opor Ayam Bakar - Step 5
Opor Ayam Bakar - Step 5
Opor Ayam Bakar - Step 5
6
Kemudian taruh opor ayam bakar dalam wadah dan sajikan.
Opor Ayam Bakar - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Kuning ๐Ÿ“

Opor Kuning ๐Ÿ“

#TeamTrees #SemuaTentangIbu

Opor Ayam

Opor Ayam

Salah satu menu yang wajib ada saat lebaran nih. Selama ini rasa opor ayam itu-itu aja. Sampai saya dapat satu resep opor ayam nendang banget. Ternyata yang bikin rasanya gurih karena pakai daun kunyit.

6 porsi
1 jam
Terik Daging

Terik Daging

Masakan yang pasti disukai anak-anak apalagi yang tua ๐Ÿ˜„

5-7 porsi
Opor ayam + sambal bawang

Opor ayam + sambal bawang

pertama kali masak ini waktu lebaran idul adha dan udh lama bgt gak masak ini lg jadilah hr ini masak buat bekel bapak dan makan sekeluarga. oia menu ini saya tambahin tahu coklat tp sengaja gak saya ikutkan dlm foto. #kedapuraja

8 porsi
Terik daging sapi n tahu kesukaan ibu

Terik daging sapi n tahu kesukaan ibu

#semua tentang ibu# ini adalah masakan daging kesukaan ibu,,,, selain enak n ini masakan turun temurun dari nenek

Opor ayam

Opor ayam

Opor ayam yg buat liwet solo itu yah moms..jadi putih..๐Ÿ˜˜ saya tambahin tahu putih.

8 porsi
Opor ayam kuah merah

Opor ayam kuah merah

Berhubung moment2 lebaran akhirnya kita buat opor ayam

5-6 porsi
1 jam
Opor telurr ceplok + petee

Opor telurr ceplok + petee

bosenn bikin oporr telorr rebuss jdii di ceplok dehh heheee .. dtmbh petee ny biarr tmbh mantull ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

10. Opor Ayam

10. Opor Ayam

Assalamuakaikum... Tidak terasa Ramadhan tahun ini berakhir. Kali ini saya opor ayamnya berbeda dari sebelumnya. Lagi tidak pengen ribet makan jadi cuma pakai ayam biasa dan di fillet potong dadu dagingnya. Saya lebih senang opor yang bumbu dan santannya kental, jadi berasa lebih gurih. Apa lagi kalau pakai kedelai goreng bubuk. Tapi karena pandemi Covid ini jadi susah nyarinya... So, kita masak seadanya ya. Masak cara saya selera saya ๐Ÿ˜Ž Mari masak... #TiketMasukGoldenApron3 #MenuLebaranNining_86 #tidaksekedarmasak #cookingwithhearteatingwithlove #cookpadcommunity_yogyakarta

Opor Ayam fiber creame

Opor Ayam fiber creame

bismillah.. ikut meramaikan post2get CoComTang tema aneka masakan berwarna kuning. Alhamdulillah setelah beberapa hari cari-cari ide pengen nya bikin bubur jagung atau recook minuman golden milk dari mba Any. tapi akhirnya pilihan jatuh ke opor ayam sekalian buat buka puasa ๐Ÿ˜ masak dg perut yg udh sering kontraksi palsu rasanya nikmat bgt ma syaa Allah.. melawan segala rasa yg ada #cieeh ๐Ÿ˜„Alhamdulillah selesai juga ๐Ÿ˜mohon doanya teman-teman cookpad sebentar lagi in syaa Allah melahirkan anak kedua ๐Ÿ˜Š #CoComTangPost_WarnaKuning #festivalramadhancookpad #ramadhanpenuhidemasakan #cookpadcommunity_Tangerang #dirumahaja

#19. Opor Opor super simple ala ummu yumna

#19. Opor Opor super simple ala ummu yumna

Setiap masak ayam ungkep pasti ku pisahkan antara daging ayam dengan bumbu nya, karena bumbu nya bisa dibuat opor seperti sekarang, lebih hemat kan? Hehe #pejuangGoldenApron3

Opor Ayam Kuning

Opor Ayam Kuning

Lebaran tidak afdol kalau tidak ada Opor dan Ketupat,,,,,terlebih lagi masih ada stock ayam kampung di freezer,,,,Alhamdulillah bisa dinikmati pd hari Raya Idul Adha kali ini.

6 porsi
1 jam
Opor ayam

Opor ayam

Semasa lockdown, mesti atur strategi groceryfood dan weekly meal plan. Walo kadang yg dimasak g sesuai plan, semood nya aja yg penting mamak n 1 rumah happy ๐Ÿ˜ kali ini kita masak opor ya moms. Endeuss inii..

Opor Haruan & Hintalu (Masak Belamak Banjar)

Opor Haruan & Hintalu (Masak Belamak Banjar)

Idul Fitri 1441 H - 24 Mei 2020 Meskipun lebaran kali ini penuh dengan keterbatasan karena adanya #PhysicalDistancing dan #DiRumahAja Menu lebaran harus tetap tersedia dong yaa... ๐Ÿ˜ Masakan yang harus selalu ada setiap kali lebaran di rumah kami itu adalah opor haruan yang disajikan dengan ketupat atau nasi putih. #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Tapin #CookpadCommunity_Rantau #Tapin #Rantau #KalimantanSelatan #PejuangGoldenApron2

Opor Ayam

Opor Ayam

Misua kalau dimasakin opor ayam selalu nambah ๐Ÿ˜…

Opor Ayam Sederhana๐Ÿ”

Opor Ayam Sederhana๐Ÿ”

Edisi menu pelengkap ketupat & man temannya..Minal aidzin walfaidzin buat semua bunda2 di seluruh grup cookpad & semua pihak cookpad yg merayakannya๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™ wlpun kondisi tdk bisa pulang kampung minimal menikmati hidangan lebaran sbg obat rindu kumpul keluargaโ˜บ๏ธ #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad #TiketMasukGoldenApron3 #MasakItuSaya #DirumahAja