Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Menyiapkan Opor Ayam Kuning yang Sempurna

Dipos pada January 21, 2022

Opor Ayam Kuning

Bagaimana membuat Opor Ayam Kuning yang gampang Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Padahal Opor Ayam Kuning yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Kuning, antara lain: kualitas bahan, metode memasak, proses memasak, kualitas bumbu, dan proses penyajian. Jangan terlalu repot dalam penyajian Opor Ayam Kuning di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Opor Ayam Kuning kira-kira 6 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Jangan lupa ya, kira-kira waktu penyiapan Opor Ayam Kuning diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Kuning sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Kuning memakai 22 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Lebaran tidak afdol kalau tidak ada Opor dan Ketupat,,,,,terlebih lagi masih ada stock ayam kampung di freezer,,,,Alhamdulillah bisa dinikmati pd hari Raya Idul Adha kali ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Kuning:

  1. 1 Ekor ayam (8 potong)
  2. 1 sachet Santan kara @65ml
  3. 1 liter Air
  4. Daun salam
  5. Daun jeruk
  6. Serai, memarkan
  7. 5 cm Lengkoas, memarkan
  8. 2 butir Kapolaga
  9. 3 butir Cengkeh
  10. Bawang goreng
  11. Bahan2 yang dihaluskan
  12. 6 siung bawang merah
  13. 4 siung bawang putih
  14. 7 butir kemiri
  15. 2 cm jahe
  16. 3 cm kunyit
  17. 1/4 sdt jinten
  18. Secukupnya pala
  19. Garam
  20. Lada
  21. Gula
  22. Kaldu jamur

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Kuning

1
Potong ayam menjadi beberapa bagian, cuci bersih, kemudian beri jeruk nipis. Didihkan air, masukkan ayam, buang kotoran yang muncul di permukaan rebusan ayam tsb.
Opor Ayam Kuning - Step 1
2
Haluskan bumbu2 kecuali lengkoas, daun2an, serai, kapolaga, cengkeh. Kemudian tumis hingga harum.
Opor Ayam Kuning - Step 2
3
Masukkan bumbu yg sudah ditumis ke dalam rebusan ayam, masukkan garam, lada, kaldu bubuk jamur. Rebus hingga mendidih sambil diaduk, kemudian masukkan santan instan, lalu test rasa.
Opor Ayam Kuning - Step 3
4
Opor ayam siap dihidangkan dengan bawang goreng.
Opor Ayam Kuning - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor Ayam

Opor Ayam

Ada banyak versi opor, tapi ini jadi resep andalan yang paling aku suka. Karena sederhana bahannya tapi mantap di lidah :)

4-6 porsi
Opor tuna for kids

Opor tuna for kids

Anak saya alergi ayam, jadi kalau mau bikin opor untuk dia sya buat pake tuna. Bahan dan caranya sama seperti opor biasanya, biasanya sya pakein kentang. Tapi kentang sedang habis, dan sedang stay at home karena corona. Semoga virus segera berakhir 🙏

Daging Terik

Daging Terik

Resep Keluarga dari Mbah Ti Ngawi n Kediri.

Opor Ayam Tahu Telur

Opor Ayam Tahu Telur

Resep ini sering aku buat sewaktu lebaran atau acara selamatan di rumah. Untuk resep yang lumayan banyak bahan rempahnya, aku coba buat versi yang sesimple mungkin untuk dipraktekkan khususnya untuk pemula, tapi pasti enaaak..Agar lebih mudah diingat juga, step2nya aku buat seringkas mungkin..Isinya boleh divariasi sesuai selera yaaa..

4-5 orang
1 jam
Terik tahu dan telur kukus

Terik tahu dan telur kukus

Punya baby twins usia 10bln..hrs ekstra kreatif buat bikin menu makanan utk mereka...terik tahu dan telur kukus memenuhi semua asupan gizi buat si kecil yaa bund..tahu (prona), telur yampung (prohe), wortel (sayur), santan dan bellcune (lemak tambahan) disajikan dgn bubur atau nasi lembek (karbo)

Opor ayam kuah putih

Opor ayam kuah putih

saya lebih suka opor yang berkuah putih drpd kuah kuning. lebih seger aja menurut saya. makanan wajib pas lebaran buat pasangan ketupat dan sambel goreng. tp buat menu harian temen makan nasi pun juga oke. tinggal tambahin sambel terasi dan kerupuk udh nyamannnnn....

Opor Ayam Telur

Opor Ayam Telur

Lebaran di rumah saja...😇 Menu kali ini bikin opor ayam telur...🍗🥚 Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H...💚 #PejuangGoldenApronSeason3

Opor Ayam Kampung Spesial

Opor Ayam Kampung Spesial

Suami usai kerjabakti membersihkan masjid bersama teman-temannya membeli daging ayam kampung krn paham banget bahwa sy sudah stop makan daging ayam boiler. Pulang kantor langsung sy eksekusi jadi opor ayam kampung. Saya buat dengan penuh Cinta

Opor Ayam,telur,tahu

Opor Ayam,telur,tahu

#PejuangGoldenApron2

28. Opor Ayam Kuning

28. Opor Ayam Kuning

Lebaran, bingung mau masak apa untuk menjamu teman2 yang bakal solat Eid di rumah. Buat yang simple n ada kesan lebarannya aja, akhirnya milih opor ayam kuning sebagai menu utamanya 😍 Alhamdulillah, kata teman2 opor ayamnya enak 🤗 duh, semakin buat emak happy aja, nih 🙈 Yuk, langsung eksekusi, Bunda 😍 Resep yang saya tulis dibawah ini untuk ukuran 1kg ayam ya, sementara saya buatnya kemaren untuk 2kg ayam, Bunda tinggal menyesuaikan saja sesuai banyaknya ayam 😘 #PejuangGoldenApron3 #Week9 #BancakanOnlineBarengCookpad #OnlineClass

60 menit
Opor instan nan gurih

Opor instan nan gurih

Masih tema lebaran, buat temen2 yang kejebak di kostn tp pengen bikin opor (telat sih ya, harusnya sebelom lebaran) inih ada resep instan yang ga kalah manteps, atau bisa dicoba buat idul adha nanti

6-8 porsi
3 jam
Opor Ayam Kampung

Opor Ayam Kampung

Di Jogja sudah 4 tahun lebih, baru tahu kalau ada paket rempah-rempah untuk masakan rendang, opor, rawon, tongseng, dan soto. Isinya apa? Lengkap. Mulai dari ketumbar, merica, kayu manis, jintan, dan kapulaga. Harganya pun ekonomis, cukup Rp 500 saja. Daripada beli masing-masing bumbu pawon, tentu saya lebih memilih paketan ini. Sangat praktis. 1 sachet untuk 1 masakan. 🤩😁 Tinggal tambah bawang merah, bawang putih, kunyit, dan kemiri.

Opor Ayam Telor Puyuh Tahu

Opor Ayam Telor Puyuh Tahu

kmrin sy search resep opor, baca2, tp akhirnya tetep berkiblat pd resep dr ibu. hihi... tambahannya cuma kasi jintan aja sedikit, n utk bawang merah dirajang/iris aja, g usah d uleg. lelaahh klo nguleg bwang merah. hihi...endolitaa sesuai harapan, kyk masakan ibu..

7-8 orang
1 jam
Opor Ayam Simple

Opor Ayam Simple

Bismillah, ikutan program Bancakan Online Bareng Cookpad. Opor ayam ini makanan yang identik dengan kuah santan yang memiliki cita rasa yang nikmat dan gurih. Di keluarga kecilku ini menu wajib yang ada setiap idul fitri dan idul adha. Dihidangkan dengan ketupat dan pelengkap lainya #BancakanOnlineBarengCookpad, pingin dapat bonus #eBook

6 orang
Opor Ayam telor puyuh

Opor Ayam telor puyuh

Buat makan bos besar klo udh pulang kerja,smoga lahap makannya...amiin...😋😘

Opor Ayam Tanpa Santan

Opor Ayam Tanpa Santan

Menyempurnakan suasana lebaran menu opor ini sudah jadi tradisi orang Indonesia. Kemarin sudah habis opor dari satu ekor ayam, dan mau lagi tapi yg kali ini saya tidak pakai santan supaya mengurangi rasa bersalah karena makan yang banyak kolesterol sebelumnya. Bumbu juga tidak saya tumis biar tidak terlalu berminyak juga sebab ayam kalau direbus juga akan mengeluarkan minyak.

10 porsi
Opor ayam sederhana

Opor ayam sederhana

Menu simple untuk menyambut hari raya Idul Adha besok..