Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Lontong Pecel Sayur yang Sempurna

Dipos pada July 2, 2019

Lontong Pecel Sayur

Ada ide oke hari ini, kita akan membuat Lontong Pecel Sayur yang pasti lezat Dijamin ga bakalan terlalu repot untuk membuatnya. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Biasanya Lontong Pecel Sayur yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Lontong Pecel Sayur, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Lontong Pecel Sayur di dapur dan menggunakan peralatan yang baik untuk penyajian.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lontong Pecel Sayur sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lontong Pecel Sayur memakai 29 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Setiap hari selalu membuat menu masakan yang berbeda-beda supaya tidak bosan.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lontong Pecel Sayur:

  1. Bahan sayur :
  2. 1/4 tauge
  3. secukupnya Kol
  4. 3 buah wortel
  5. secukupnya Kacang panjang
  6. Untuk lalapan saya pakai timun
  7. Bahan peyek kacang hijau :
  8. 100 gr tepung terigu
  9. 150 gr tepung beras
  10. Kacang hijau
  11. 4 lembar daun jeruk
  12. 3 siung bawang putih
  13. 1 sendok teh ketumbah bubuk
  14. 1 ruang kunyit
  15. secukupnya Garam
  16. Minyak goreng
  17. Bumbu pecel :
  18. Kacang tanah
  19. 2 lembar daun jeruk
  20. 3 siung bawang putih
  21. Kencur
  22. Gula merah
  23. Garam
  24. Cabe setan
  25. Bahan lontong :
  26. secukupnya Beras
  27. Garam
  28. Air
  29. Plastik makanan ukuran 1/4kg (karena susah mencari daun pisang)

Langkah-langkah untuk membuat Lontong Pecel Sayur

1
Kupas wortel,lalu iris-iris menjadi bentuk stick. Cuci bersih dengan air yang mengalir. Potong-potong kacang panjang dan kol. Lalu cuci bersih dengan air yang mengalir. Cuci bersih tauge dengan air yang mengalir lalu taruh disebuah wadah,siram dengan air panas. Diamkan sebentar. Lalu tiriskan. Wortel,kol,kacang panjang kukus sebentar.
2
Membuat peyek kacang hijau,sebelumnya kacang hijau dicuci bersih lalu direndam semalaman terlebih dahulu supaya cepat empuk ketika direbus. Rebus sebentat kacang hijau. Haluskan bumbu2 peyeknya. Siapkan baskom untuk mencampur tepung terigu, tepung beras,bumbu,air. Buat adonan jangan terlalu encer dan terlalu cair.Aduk rata. Taburkan irisan daun jeruk dan kacang hijau yang sudah direbus. Aduk rata.
3
Panaskan wajan berisi minyak goreng untuk menggoreng adonan peyek. Ambil 1 sendok makan adonan lalu tuang dibagian pinggir wajan. Tunggu sampai adonan terlepas dari wajan sambil disiram-siram minyak goreng. Lakukan hal yang sama sampai adonan habis. Jangan lupa dibolak balik saat menggoreng peyek supaya tidak gosong.
4
Membuat bumbu pecel,siapkan wajan untuk menggoreng kacang tanah. Goreng hingga matang. Jika sudah matang tiriskan. Siapkan ulekan. Ulek bumbu pecel sampai halus. Untuk cabe,pakai sesuai selera tingkat pedasnya. Beri gula merah. Ulek sampai halus. Masukkan kacang tanah,uleg lagi tetapi jangan sampai halus supaya ada tekstur kacangnya.
5
Ambil mangkok,taruh bumbu pecel yang sudah jadi tambahkan air panas. Jangan terlalu banyak,supaya tidak keenceran. Laku lumatkan.
6
Membuat lontong. Cuci bersih beras. Isi kedalam plastik berukuran 1/4kg. Isikan kedalam plastik kira-kira 1/4 dari plastik. Laku rekatkan plastik menggunakan api (lilin). Tusuk2 plastik subaya berlubang kecil. Panaskan air disebuah panci hingga mendidih beri sedikit garam.Masukkan plastik yang berisi beras.Usahakan plastik tenggelam diair.Tutup panci.Rebus kurang lebih 15 menit.Jika sudah,lalu matikan api.Diamkan beras yang sudah direbus kira2 15 menit.
7
Setelah itu berikan sedikit air,rebus kembali kira2 15 menit lagi. Jika sudah matang,lalu angkat.
8
Cara menyajikan : potong lontong,taruh diatas piring. Taburkan sayur-sayurannya. Bumbui dengan bumbu pecel. Aduk rata. Berikan irisan timun dan peyek kacang hijau.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sate Ayam

Sate Ayam

Suka kesel kalo beli sate ayam..irisan dagingnya kecil2,,gak puas...Bikin sendiri biar hemat, Yuk Moms cobain...β˜ΊοΈπŸ‘ #sate ayam #cookpad_community_jombang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Ini pertama kalinya saya masak sate..kenapa saya memilih sate ayam?karena mudah cara bikinnya dan sate ini pas bgt di mkn dgn bumbu kacang ..TOP BGT lah 😁😁😁

6 porsi
50 menit
Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

Request nya bujangku πŸ˜€

Sate padang

Sate padang

Hai cookpaders... Setor Semarak Clover kali ini , kita masih dari Sumatera Barat.. Hampir tiap minggu saya n keluarga makan sate ini. Rasa yang mantap , menurut saya sih, karena makanan favorit saya πŸ˜€πŸ˜€ , pas bener dengan tema Semarak , wisata kuliner, akhirnya saya memutuskan untuk membuat sate ini πŸ˜€πŸ˜€ Semoga mbak Imas berkenan menerimanya ya 😍😍😍 #KulinerNusantaraku #Semarak_KulinerNusantaraku #CookpadCommunity_Palembang #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CloverCookingLover #PejuangGoldenApron3 #MamiCay #PG3_21

15 tusuk
1,5 jam
Sate Padang

Sate Padang

dikala jauh dr bumi pertiwi, hal yang paling dikangenin tiada bukan adalah kuliner negeri. sebagai seorang maniak masakan padang, pdhal bukan orang awak, kali pertama yang dicoba dibuat adalah sate padang, browsing kanan-kiri, cek bahan kanan-kiri, ternyata semua bahan yg dibutuhkan tersedia di belahan eropa ini. so this is it, sate padang ala 'uni icie' πŸ˜„ menu ini menjadi salah satu menu favorit catering untuk mahasiswa dan soal rasa, walaupun bnyak bahan disubtitusi tp lumayan bisa menjadi pengobat rindu sate padang favorit kami di pasar bendhil jakarta pusat.

10 porsi
120 menit
Sate ayam bumbu kacang

Sate ayam bumbu kacang

#BerburuCelemekEmas #Resolusi2019

2 porsi
45 menit
Sate Ayam Bumbu Kacang

Sate Ayam Bumbu Kacang

4 porsi
60 menit
16. Kerupuk Mi Kuah Sate Padang

16. Kerupuk Mi Kuah Sate Padang

Sebelum pandemi muncul, lumayan sering beli ini sore-sore gitu. Karena harus stay at home dan gak bisa keluar rumah kaya biasanya, jadinya bikin sendiri aja pas lagi kepengen gini wkwkwk

10-15 porsi
40 menit
Sate Padang Homemade

Sate Padang Homemade

Lagi ngidam sate padang tapi disini ga ada yg jual. sy buka youtube lihat di resepnya chef yuda bustara yg menurut sy simpel dan ga banyak printilan. rasa enak dan puas bikin sendiri.

30 tusuk
1 jam
Sate Padang

Sate Padang

Alhamdulillah akhirnya bisa ikut GA, ini resep terinspirasi dari sate Padang milik Uni Sonia😘, mksih say resepnya. Namun ini saya #sekarraduhin dari #cookpadcommunity_bengkulu tambah tambah sedikit bumbu..nya. .. ini resep sate Padang yang madang banget loh... Wajib di cobain. Rasa rasa makan sate Padang udah udah yang jualan .. #endolitalalala #semarak_endolitalalala #cookpadindonesia #cookpad_id #cookpadcommunity #clovercookinglover #tidaksekedarmemasak #cookingwithhearteatingwithlove

Sate Padang

Sate Padang

Bismillah. Assalamualaikum. Daging lembut, kaya rasa dengan saos kental, gurih dan pedas di bayangku mampu membuatku merealisasikannya. Ya Sate Padang membuatku mau mengolah daging ini. Kemarin melihat di CP nya mbak Fransisca Arie langsung niat untuk ekskusi. Alhamdulillah terealisasi. Tidak ada perubahan, cuma cabe nya saja karena di rumah adanya cabe keriting cuma 2 jadi di sambung dengan cabe merah. Dan merebus dagingnya saya pakai metode 5 30 20, lumayan hemat gas. Lainnya sama. Makan sate padang ini sangat kurang kalau tidak ditaburi bawang merah goreng, dan saya ada resep bawang merah goreng, saya lampirkan di resep ya bund. Sekalian dibawa ke #BancakanOnlineBarengCookpad agar dapat #OnlineClass . Monggo bund ikut ekskusi yuuuuk daripada bingung mau diolah apa daging nya... Sumber : Fransiska Arie Oleh : Griya Syar'i #PejuangGoldenApron2

Sate Padang

Sate Padang

aku bukan orang padang dan sebelumnya juga belum pernah merasakan sate padang tp ada yg request ..hayoooooooo di coba siapa takut berhubung susah dapet jerohan sapi aku make daging sapi aja :):):)

1 porsi
60 menit
Sate Padang daging ayam

Sate Padang daging ayam

Karena aku sama suami suka banget sate Padang, jdi kepikiran untuk buat aja😁 meskipun baru pertama buat, Alhamdulillah enak πŸ€—

4 orang
Lontong Pecal Gulai Ikan

Lontong Pecal Gulai Ikan

Saat musim dingin enaknya masak yg seger seger. Bahan seadanya yg ada dikulkas dan didapur aza.

5 porsi
Sate Padang dapur B'wish

Sate Padang dapur B'wish

Ini siaran ulangan karena pernah diposting resep nya☺. Seperti kata sy diresep yang dulu walau sy dan suami bukan orang padang tapi pencinta makanan ini. Makanya sy coba bikin sendiri... kata suami...kata suami sy lhoo sate padang buatan sy maknyus nya kabina binaπŸ˜ƒ yaa iya lah soalnya sy recook resep nya chef Yuda BustaraπŸ˜†...gak percaya???..ayo dicoba resep nya ternyata mudah lho bikin nya. #BancakanOnlineBarengCookpad #VideoMasak #PejuangGoldenApron3 #CookpadCommunity_Bandung

Sate ayam madura

Sate ayam madura

menu andalan disaat bosan dengan segala olahan ayam