Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Menyiapkan Rendang sapi yang Enak

Dipos pada January 27, 2020

Rendang sapi

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang sapi yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Umumnya Rendang sapi yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Rendang sapi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Rendang sapi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang sapi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang sapi memakai 23 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pertama kalinya masak rendang dengan bumbu bikin sendiri.. alhamdulillah anak² suka..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang sapi:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 2 ltr santan kental + 1 ltr santan cair dari 3 btr kelapa tua
  3. secukupnya Garam
  4. Bumbu halus :
  5. 15 bh bawang merah
  6. 8 sg bawang putih
  7. 10 bh cabe merah keriting
  8. 3 ruas jari lengkuas
  9. 2 ruas jari jahe
  10. 1 bh serai, putihnya saja
  11. 2 sdt ketumbar bubuk
  12. 1 sdt jintan bubuk
  13. 1 sdt merica bubuk
  14. 1/2 sdt pala bubuk
  15. Bumbu geprek :
  16. 4 lbr daun salam
  17. 8 lbr daun jeruk
  18. 2 btg serai, memarkan
  19. 1 lbr daun kunyit
  20. 4 cm kayu manis
  21. 6 bh cengkeh
  22. 4 btr kapulaga
  23. 1 bh bunga lawang

Langkah-langkah untuk membuat Rendang sapi

1
Potong-potong daging dengan ukuran sedang.
2
Campur santan cair, bumbu halus dan bumbu geprek dalam wajan. Masak dengan api sedang hingga santan mendidih.
3
Masukkan daging. Beri garam secukupnya. Masak dengan api kecil.
4
Jika kuah sudah menyusut hingga setengahnya, tambahkan santan kental.
5
Masak hingga kuah mengental, menyusut dan keluar minyaknya. Saya memasak rendang ini kurleb selama 4 jam.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang sapi

Rendang sapi

Suka bngt makan rendang.. Tiap kali mau masak sndiri..malas d prepare nya.. #PejuangGoldenApron2

8 porsi
90 menit
Rendang daging kambing

Rendang daging kambing

Dapat daging kurban dari musola dekat rumah,coba d bikin rendang daging saja😁 #BancakanOnlineBarengCookpad #ebook #Dirumahaja #cookpadersmalangkabupaten

Rendang jengkol

Rendang jengkol

#MakananFavoritIbu #SemuaTentangIbu Sebagian seorang anak yang lahir dan besar di kampung makan tak asing lagi dengan si bau namun food booster. Masa kecil selalu akrab dengan bahan makanan ini baik untuk lalapan untuk buah yang muda maupun di sayur untuk buah yang sudah tua. Dahulu ibuku sering sekali memasak ini jika pohon pohon di kebun samping rumah sudah berubah dan tua. Malah lebih nikmat jika si bau ini sudah dikubur di tanah dan jadi bedeh itu bakalan lebih legit lagi dimasak. Sejak kelas 4 SD setiap hari minggu sudah tugasku untuk bantu masak di pawon(dapur)memasak dengan kayu bakar. Masakan yang sering beliau masak dengan bahan si bau ini adalah rendang tapi lebih ke kalio karena masih berkuah.. Sebenarnya ga disebut rendang juga bagi masyarakat kami.. Namanya yg bersantan ya "Jangan santan". Nanti dimakan bersama sego gaplek(nasi tiwul/oyek) lalapan daun singkong dan sambel terasi yang lagi2 semua bahan diambil dari pekarangan rumah. Oh ya si bau namun nikmat itu namanya JENGKOL. Biasanya ibu masak jengkol yg sudah jadi bedeh.. Direbus dahulu lalu direndam kemudian dibuang airnya terus direbus lagi dengan rempah rempah agar mengurangi baunya. Baru setelah proses panjang itu jengkol di pukuli pake ulekan agar legit kenyit kenyit dan nantinya bumbu meresap. Baru setelah itu dimasak dengan kayu Bakar yang akan menambah citarasa masakan.. Love u mamake.... Kangen seperti ini karena aku sudah ikut suami di jogja..

Rendang jengkol NO MSG

Rendang jengkol NO MSG

Doyan jengkol pas hamil anak pertama,dulunya anti banget sma jengkol,, Berawal dr suka beli matang tp blm nemu yg cocok dilidah,akhirmya iseng2 masak trus dijual,, Jd ini resep jualan q ya bund,,

Rendang Kacang Merah

Rendang Kacang Merah

Dulu saya suka dikirimin Rendang Kacang merah ini oleh mamanya teman saya setiap bulan puasa. Ini Re-cook dari resep Beliau. :)

Untuk porsi 1 kg Daging
1 - 1.5 jam
Rendang Daging dan Ayam

Rendang Daging dan Ayam

Lebaran kmaren ada sisa daging sapi dan ayam yg sudah di rebus. Karena udah di rebus jadinya nda awet harus segera di eksekusi. Akhirnya jatuh pada rendang hehehe. Tanpa bumBu instan tetap nikmat. Walau rasa ada yg kurang karena kaldu jamur habis -.- tapi tetap nikmat bumbunya kata bos (pencinta bumbu kental).

Ayam saus rendang

Ayam saus rendang

Bikin masakan ini sebenarnya iseng2 aja, pas buka kulkas masih ada daging ayam sedikit sama bumbu rendang instan..dan taaraaa jadilah masakan ala-ala ini...

Rendang in detail n Bumbu Kumplit Hasil Legit

Rendang in detail n Bumbu Kumplit Hasil Legit

Sudah bolbal masak rendang dari hasil ngubek resep sampai lupa resep milik siapa saja yg telah Saya singgahi. Inilah metode yg paling Saya nikmati, komposisi bumbu yg tepat, dan hasil yg Alhamdulillaah juga lezat bin nikmat khususon anak2 yg kurang sreg rendang Padang endess. Berhubung bala kurawa (4 pria di rumah) jadi Saya masak selalu big portion.

10 porsi
2 jam
Rendang jengkol

Rendang jengkol

Banyak peminat nya...jadi saya buat kan deh biar pada lahap ketika makan

10 porsi
1jam
Rendang

Rendang

Masih kalio berlum merendamg

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Rendang daging sapi termasuk makanan kesukaan banyak orang. Biasanya selalu ada di deretan masakan padang. Rendang bisa dibuat tanpa harus membayangkan masak nya bakal ribet. Masaknya mudah rasanya enak gak kalah sama rendang yang dijual di rumah makan padang. Dan saya suka rendang yang bumbunya melimpah.

Rendang Daging

Rendang Daging

Hari ini bertepatan hari ibu, walau aku jauh di kalimantan, ibuku di medan. Tapi rasa rindu selalu menghantuiku. Ibuku suka sekali rendang daging, kalau makan daging sapi masak rendang, suka di tambah kentang atau kacang merah. Sebenarnya sihh, biar jadi banyak 😄😂. Hahahhaha.... Hahahahaa..... Aku rindu ibu, semoga ibu di beri kesehatan. Dan kita bisa berkumpul lagi. Selamat hari ibu.... Love youuu..... #Berburucelemekemas #Resolusi2019 #Cookpadindonesia #Bagikaninspirasimu #Masakitusaya #DagingFavoritIbu #SemuaTentangIbu

Rendang jengkol

Rendang jengkol

4 porsi
Rendang Telur

Rendang Telur

Selama pandemi begini, memang ya Ibu itu dituntut bisa masak enak walaupun dengan bahan seadanya. Kali ini aku buat menu rendang telur, karna mau bikin rendang daging tapi harga daging lumayan, yaudah diganti telur aja.

5 porsi
Rendang anti gagal

Rendang anti gagal

Ini rendangny enak dan gampang bikinnya.. selamat mencoba ❤️

Rendang Jengkol Resep Ibu

Rendang Jengkol Resep Ibu

Rendang jengkol resep dari ibu...ini rendang versi banyak macam bumbu yg dipakai. Cara mengolah jengkolnya pun sesuai ajaran dr ibu yg mesti direbus dan direndam sampai 2 hari, memang terkesan ribet. Tapi kalau sudah matang...rasanya keribetan saat memasak terbayar lunas dengan aroma dan kelegitan dari tekstur si jengkol...penasaran cara mengolah jengkolnya sebelum dimasak...nii aku bagi yaa Note : jengkol direbus 30 menit kemudian rendam sampai besok. Paginya buang air rendaman jengkol ganti yg baru rebus kembali dan rendam lagi sampai hari berikutnya. Dihari berikutnya buang air rendaman ganti yg baru rebus kembali selama 30 menit, buang airnya kemudian geprek pelan2 jengkol agar saat dimasak bumbu bisa meresap, setelah digeprek jengkol siap diolah. . . #berburucelemekemas #resolusi2019 #minggu42 #cookpadcommunity_yogyakarta #pawonwetanratan #yash

Rendang ayam simple

Rendang ayam simple

Biasanya bikin rendang pake santan dari kelapa, berhubung lagi gak ada.. Coba bikin dari santan instan.. Lebih simple