Debellin Premium Fry pan

Langkah Mudah untuk Membuat Opor ayam pedas yang Sempurna

Dipos pada January 23, 2022

Opor ayam pedas

Sore-sore begini enaknya membuat Opor ayam pedas yang unik? Cara membuatnya tidak terlalu susah. Usahakan relax dan santai membuatnya ya, agar rasa yang dihasilkan menjadi nikmat dan sempurna. Biasanya Opor ayam pedas yang sempurna akan terlihat sedap dan terasa sangat enak dan sempurna rasanya.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Opor ayam pedas, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Opor ayam pedas bisa dirumah atau rumah keluarga, karena lebih menguasai situasi penyajian dan dapat lebih maksimal.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor ayam pedas sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor ayam pedas memakai 20 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Raya menu 😁 endullll

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor ayam pedas:

  1. 1/2 kg ayam
  2. 4 buah tahu kuning (optional)
  3. Lada bubuk
  4. Penyedap rasa (saya masako)
  5. Saori saus tiram
  6. Jinten bubuk
  7. Salam
  8. Laos (geprek)
  9. Sereh (geprek)
  10. Secukupnya gula
  11. 1 bks Santan kara
  12. Bumbu halus
  13. 6 siung bawang merah
  14. 4 siung bawang puti
  15. 5 buah kemiri
  16. 1 sdt ketumbar
  17. 1 ruas jahe
  18. 2 ruas kunyit
  19. 5 buah Cabai setan (optional bagi yg mau hasilnya pedes)
  20. 5 buah Cabai merah kriting (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Opor ayam pedas

1
Haluskan bumbu tapi saya suka ga terlalu halus.
Opor ayam pedas - Step 1
2
Panaskan minyak masukan bumbu halus (pastikan bumbu sampai benarΒ² matang karena akan mempengaruhi hasil akhir). Tambahkan penyedap, saori, daun salam, gula, sereh, jinten dan aduk hingga matang.
3
Setelah bumbu matang, masukan ayam dan oseng kembali hingga ayam setengah matang. Beri sedikit air agar bumbubtidak gosong.
Opor ayam pedas - Step 3
4
Setelah ayam sudah setengah matang, masukan kurang lebih 250 ml air (bisa di kiraΒ² banyaknya yg penting ayam hampir tenggelam). Kemudian tambahkan tahu Biarkan di rebus bersama bumbu halus sampai ayam lembut.
Opor ayam pedas - Step 4
5
Setelah ayam sudah lunak tambahkan santan kara, dan terus aduk biar tidak pecah santan. Koreksi rasa
6
Sajikan dengan taburan bawang goreng agar jadi lebih nikmat 😁 selamat mencobaaa
Opor ayam pedas - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam telor tanpa santan

Opor ayam telor tanpa santan

#CookpadComunity_Jakarta.#Dirumahaja

Opor Ayam

Opor Ayam

(resep 59) Kali ini bikin opor ayam sedikit aja, karena kayaknya yg makan cuma umi, abi dan bontot, sedangkan sulung dan tengah ga bakalan makan. Secara gitu ayamnya yg selama ini di-eman2 sama si mas akhirnya dipotong. Lah gimana ga dipotong, makin gede ya makin alot deh hehe... Itu kira2 kalo di pasar dihargai 40rb 😁 yg masih hidup, jadi langsung ke tempat pemotongan ayamnya. #pejuanggoldenapron2 #cookpadcommunity_tangerang #cookpadcommunity_id #onerecipeonetree #saturesepsatupohon #teamtrees

Terik ayam tahu

Terik ayam tahu

Salah satu menu dari daerah mama saya , rasax manis dan gurih khas dari jawa tengah . Isianx bisa menggunakan telur ayam rebus, daging sapi atau tahu tempe.

Opor ayam spesial

Opor ayam spesial

6-8 porsi
Opor ayam suwir

Opor ayam suwir

Supaya gampang makan nya karena sy punya anak kecil jadi ayam nya ta suwir2 😊

7.Jangan terik ndeso jipan ndog

7.Jangan terik ndeso jipan ndog

Terik ndeso labu siam telorπŸ˜€#berburucelemekemas #pejuanggoldenapron2 #PejuangGoldenAppron2 #CookpadCommunity_Kudus

138. Opor Kuah Kuning Isi Telur, Tahu & Ayam #CABEKU #Telur3in1

138. Opor Kuah Kuning Isi Telur, Tahu & Ayam #CABEKU #Telur3in1

#CABEKU #Telur3in1 #CookpadCommunity_Bogor Minggu 66 Walaupun #DiRumahAja, weekend kali ini masih bisa tetep seru sama anak-anak. Apalagi memasak lauk kesukaan mereka, si telur πŸ€—. Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, saya akan berbagi resep opor ayam kuning turun temurun dari Ibu saya dan trah sebelum-sebelumnya. Karena kami selalu kumpul Keluarga besar, biasanya kami masak porsi banyak sekalian. Dan isian opornya ga cuma ayam, tapi bisa telur, tahu bahkan tempe πŸ˜…. Tapi tenang takaran resep kali ini hanya untuk satu potong ayam, setengah kilo telur dan tahu. yg biasa dimasak sehari-hari. Tips : β€’ Saya lebih suka telur dikukus. Karena telur tidak pecah kulitny. Lalu setelah dikukus selama 20menit, telur di rendam di air dingin. Sehingga mudah mengupas kulit telurnya. β€’ Tahu juga dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan pengawet pada tahu.

10 orang
60 menit
Opor Ayam Pejantan

Opor Ayam Pejantan

Suami pulang kerja beli ayam pejantan, minta dibuat opor ayam...tanya-tanya ibu resepnya, lalu eksekusi~ 🐣

10 porsi
Opor Ayam

Opor Ayam

ga kebeli ayam? ganti aja pake tahu coklat sama telor ayam/puyuh, lauk sedikit gpp, yg penting kuahnya banyak hehee 😁 kelupaan beli salam sereh. cabenya dipisah atau gabung, sesuai selera #PejuangGoldenApron2 #Cookpadcommunity_Jakarta

Opor Ayam

Opor Ayam

#SemuaTentangIbu #IbuKangenKampung #SatuResepSatuPohon

Terik Daging

Terik Daging

Masakan yang pasti disukai anak-anak apalagi yang tua πŸ˜„

5-7 porsi
Ketupat opor diet

Ketupat opor diet

Masih di nuansa lebaran ya buibu...minal aidzin wal Faidzin semuanya.....πŸ™πŸ™πŸ™πŸ₯° Bru smpat posting,sibuk nelfon sanak sodara,orang tua di Jawa..krna anak rantau ga bisa mudik..😭😭. pengin banget stelah romadhon usai, ingin makan opor sekenyang2nya..πŸ˜…,tp takut bb naik lagiπŸ˜”. Alhamdulillah dpt solusi bikin ketupat beras merah dan opor ayam fibercream.😍😍 Ttap di nuansa diet juga ya buibu...jd beneran lebaran,bukan LEBARan..🀭. #lebarandirumahaja #antimudiksebelumcoronahilang

banyak
Opor ayam

Opor ayam

Masakan favorit anak saya, kalau sudah masak yg satu ini, jadi andalan ndk mo makan keluar, pastinya makan nambah dan lahap sekali, sdh lama ndak masak opor ayam, kali ini sambil masak dan berbagi resep, untuk rasa busa di sesuaikan dengan selera masing-masing, lanjut cuss ke dapur siapkan bahan dan di eksekusiπŸ€”

10 porsi
1 jam
Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Suami suka makanan bersantan apalagi opor makanan favorit nya jadi pertama kali nyoba buatnya tidak mengecewakan karna enak katanya

2-3 orang
1jam
Opor Ayam ala Rumah Makan Gudeg Yu Nap

Opor Ayam ala Rumah Makan Gudeg Yu Nap

Diresep aslinya punya mb @fridajoincoffe, ayam nya direbus dulu sampai keluar kaldu, baru dimasukkan tumisan bumbu & santannya. Tapi untuk mempersinggat waktu & proses masak, ayam nya tidak saya rebus, tapi langsung saya masukkan ke tumisan bumbu baru kemudian menyusul santan. Tapi biarpun metode memasak yg berbeda rasanya tetap enak, cuma mungkin tidak selembut kalau ayamnya di tumis duluan. #PejuangGoldenApron3 #week_4 #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak

Opor ayam + tahu

Opor ayam + tahu

Sikakak lagi minta dimasakin opor ayam Jadi langsung dibikinin aja buat kakak yang susah makan mumpung lagi minta dibikinin Alhamdulillah pada suka