Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Biji salak yang Menggugah Selera

Dipos pada September 14, 2018

Biji salak

Sore-sore begini enaknya membuat Biji salak yang gampang Proses dan cara membuatnya pasti simple dan menyenangkan. jangan terburu-buru ya, kalau salah proses dan bahan rasanya nanti tidak enak. Padahal Biji salak yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Biji salak, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Jangan terlalu repot dalam penyajian Biji salak sebaiknya di rumah sendiri terlebih dahulu agar lebih percaya diri dan yakin.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Biji salak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Biji salak memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Biji salak:

  1. 500 gram ubi orange
  2. 250 gram tepung tapioka
  3. 1 sdm gula pasir
  4. 1 sdt garam
  5. Kuah gula
  6. 2 liter air
  7. 3 buah gula merah ukuran sedang
  8. 3 sdm gula pasir
  9. 1 bks vanili
  10. 3 sdm tepung maizena
  11. Saus santan
  12. 300 ml air
  13. 1 bks santan kara
  14. 1 sdt garam
  15. 1 sdm tepung maizena

Langkah-langkah untuk membuat Biji salak

1
Kukus ubi sampai matang, angkat, haluskan
2
Campur ubi ungu dengan tepung tapioka, garam, gula pasir, uleni sampai kalis dan bisa di bentuk, bulatkan. Bisa ditambahkan tepung lagi kalau kandungan ubinya lebih banyak air. Saya sengaja tambahkan gula dan garam, agar bola-bola biji salaknya nanti ada rasanya.
Biji salak - Step 2
3
Rabus air, bersama gula merah, gula pasir, vanili dan garam sampai mendidih, bisa di tes rasa ya, kalau kurang manis bisa di tambah gula pasir. Setelah mendidih masukan bola-bola biji salaknya.
Biji salak - Step 3
4
Tunggu hingga mendidih kembali dan pastikan bola-bola biji salaknya sudah terapung semua ya. Masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, aduk2, pastikan sudah matang, lalu matikan api.
Biji salak - Step 4
5
Masukan 300 ml air, santan kara, garam. Masak hingga mendidih sambil terus d aduk. Setelah mendidih, masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan, setelah matang, matikan api.
Biji salak - Step 5
6
Sajikan kolak biji salak dengan saus santan, selamat menikmati.
Biji salak - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bubur biji salak homemade

Bubur biji salak homemade

Lagi pengen yang manis2 mari eksekusi mumpung my suami libur kerja mari masak ๐Ÿ‘ฉโ€๐Ÿณ๐Ÿ˜˜

Kolak pisang+biji salak ungu

Kolak pisang+biji salak ungu

#TetepKenyangTanpaNasi #CocomtangPost_KreasiUbi #CookpadCommunity_Tangerang Krn lagi melimpahnya ubi..apalagi ubi ungu yakkk yang wrna nya cakep bener.yo wisss bikin bijin salak deh.bisa untk frozen food.jd bisa digunakannya seperlunya saja gaes๐Ÿคญ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค— Biasanya sy klo lg melimpah ubi.jk sdh dibuat macem2 dn biji salak jg.saya buat aga banyak.dan digunakan seperluanya jika ingin memasaknya baru menggunakannya.selebihnya aman deh jd frozen food๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿ˜ Cuzz

Kolak biji salak (candil ubi)

Kolak biji salak (candil ubi)

karena hari ini bertepatan dengan tgl 10 bln muharam...jd pingin buat ta'jil..biar serasa bulan ramadhan gituuu...kbetulan ada ubi cuman satu satunya lg di dapur..berkreasi dehhh jadilah candil simpel dan superrrr iriiit.....

2-3 porsi
Mpasi 7+ boster BB (bubur beras merah sup jagung telur ayam)

Mpasi 7+ boster BB (bubur beras merah sup jagung telur ayam)

Menu MPasi ini tercipta karena EL sedang BAPIL dan BB nya menurun. Bia lagi pengen ngasih menu yang beda apalagi maemnya anget2 dan berkuah. Hmmm yummiii ๐Ÿ˜Š Alhamdulillah El sukaaaa banget, semangkok ludes padahal porsi lumayan banyak..

Kolak Biji Salak (+ Jahe)

Kolak Biji Salak (+ Jahe)

Walaupun lagi puasa harus tetep semangat masaknya yaaa โœŒ๏ธ

8 porsi
1.5 Jam
Biji salak ubi Ramadhan

Biji salak ubi Ramadhan

Setiap Ramadhan tiba,biji salak ini menjadi jualan andalan dan laris manis๐Ÿ˜„ Alhamdhulillah...

kurleb 20 porsi
Biji Salak Menu Buka Puasa

Biji Salak Menu Buka Puasa

Inspired by tiktok haha

Kolak Biji Salak

Kolak Biji Salak

untuk jualan/bakulan dirumah dikala Ramadhan...sklian wat takjil keluarga๐Ÿ˜๐Ÿ˜

Biji salak pandan

Biji salak pandan

Nyoba bikin bubur biji salak rasa pandan dan hasilnya enak juga wangi pandan kenyal pejuangGoldenApron2 #bijisalakpandan

4 porsi
Bubur ketan black n white

Bubur ketan black n white

Menggunakan bahan yg ada dirumah secara lagi stay at home jadi eksekusi ini aja yg simple utk sarapan

4porsi
Bubur Tempe ayam mpasi 6+

Bubur Tempe ayam mpasi 6+

Ceritanya masih mau habisin stok yg di kulkas, mamah telat bangun juga, jadi pas bangun langsung aja cemplung-cemplung bahan yg ada. Ternyata si bayi suka, ludes tanpa sisa, alhamdulillah... ๐Ÿ˜˜

Biji salak

Biji salak

Emak mo bikin kolak ubi kuning, tp krna kelamaan rebus ubinya, jadinya banyak yang ancur

Jenang Biji Salak

Jenang Biji Salak

Sore-sore makan jenang biji salak mantapp bangetโ€ฆ Saya ingat betapa mama banyak menghabiskan waktunya di dapur, sehingga saya selalu menemani mama disana. Saya duduk manis dan menonton mama memasak. Adonan biji salak teksturnya mirip dengan malam atau play doh. Jadi waktu kecil, saya suka banget bantu mama buat bola-bola nya. Saya buat kecil-kecil imut dan nanti setelah jenang ini matang, saya suka pilihin bola-bola buatan saya.