Debellin Premium Fry pan

Bagaimana Menyiapkan Rendang daging yang Sempurna

Dipos pada January 19, 2020

Rendang daging

Sore-sore begini enaknya membuat Rendang daging yang simple Cara membuatnya tidak terlalu susah. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Rendang daging yang lezat akan mengeluarkan aroma dan cita rasa yang akan membangkitakan selera.

Kemungkinan ada beberapa sebab yang biasanya bisa mempengaruki kenikmatan dari Rendang daging, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Rendang daging ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Rendang daging sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Rendang daging memakai 20 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Rendang wajib ada saat puasa pertama, lebaran atau saat idul adha. Karena bikinnya yang lama jadi hanya di waktu-waktu tertentu saja. Jika kepengen rendang biasanya beli di rumah makan padang.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Rendang daging:

  1. 1 kg daging sapi
  2. 1/2 kg kentang kecil
  3. 3 butir kelapa tua
  4. 3-4 liter air
  5. 4 sdm cabe merah giling
  6. 1 batang serai, gebrek
  7. 6 helai daun jeruk
  8. 2 helai daun kunyit
  9. Bumbu halus:
  10. 150 gr bawang merah
  11. 50 gr bawang putih
  12. 6 cm jahe
  13. 4 cm lengkuas
  14. 1 sdt ketumbar
  15. 1 sdt merica
  16. 4 butir cengkeh
  17. 1 buah pala
  18. 3 cm kayu manis
  19. 1 buah peka
  20. 5 buah cabe rawit besar (optional)

Langkah-langkah untuk membuat Rendang daging

1
Peras santan kelapa dengan 3-4 liter air atau lebih. (Kalau saya biasanya diperas di wadah bening yg tidak terlalu lebar, jd saat menyiapkan bumbu, santan kental akan naik ke atas dan diambil seberapa banyak yg dimau)
2
Bersihkan kentang dengan ampas kelapa dengan cara digosok2. Setelah bersih, potong 2 kentang tapi tidak sampai putus, supaya nanti bumbunya meresap ke dalam. Cuci sampai bersih, tiriskan.
3
Siapkan semua bahan bumbu dan blender semua smpai halus. Yg mau agak pedas bisa tambah cabe rawit.
4
Tumis semua bumbu halus, setelah harum masukkan cabe giling, tumis sebentar dan masukkan serai, daun kunyit dan daun jeruk.
5
Setelah harum masukkan santan, aduk terus biar santan tidak pecah. (Ambil santan kental dlu, jika kuah kurang bisa tambah dengan santan jalang)
6
Setelah mendidih, masukkan daging, aduk terus. Setelah daging setengah empuk masukkan kentang, aduk lagi sampai kuah berkurang. (Ketika daging dan kentang sudah matang, biasanya saya keluarkan dulu, supaya mudah untuk mengaduk. Kuah sudah byk berkurang baru masukan lagi)
7
Masak sampai kuah berkurang dan berwarna hitam. Sajikan di piring.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Rendang daging sapi

Rendang daging sapi

Masih ada stok daging kurban dan kali ini maunya direndang saja. #Cabeku #bamasakjosantan

Rendang ayam

Rendang ayam

#rendang #rendangayam

Tahu dan Tempe Bumbu Rendang

Tahu dan Tempe Bumbu Rendang

Di kulkas ada tahu sama tempe. Bosen kalo digoreng atau dibikin bacem. Akhirnya bikin masakan ini.

5 porsi
20 menit
Rendang daging

Rendang daging

Masak rendang buat sahur

Bumbu Rendang Stok||Spezie di Rendang Indonesiano

Bumbu Rendang Stok||Spezie di Rendang Indonesiano

Dari duluuu pingin punya stok simpanan bumbu fresh yang langsung siap pakai saat mau masak-masak. Tapi karena kendala banyak hal yang salah satunya malas hihi... jadi lama teralisasinya. Mumpung rajin, cuzz bebikin bumbu rendang tanpa daun kunyit (maklum, seantero Modena susah binjit nyari penjualnya). Ternyata gampang dan cepet, simpan di frezer pun aman dan tahan lama. Kalaupun nanti mau masak tinggal tambah santan dan pritilan lain. Oya, bumbu versi saya ga terlalu pedas ya, karena memang disesuaikan sama lidah keluarga. Untuk link resep asli milik mbak @dapur_imaimey saya sertakan juga sebagai perbandingan. ~~~ É un piatto piccante a base di carne originario dei Minangkabau (un gruppo etnico Indonesiano) ed ora comunemente servito in tutto il paese. È uno dei piatti più caratteristici della cultura Minangkabau ed è servito durante le feste religiose e per onorare gli ospiti. Il rendang viene servito abitualmente anche in Malaysia, a Singapore, nei Brunei e nel sud delle Filippine. Gli esperti culinari descrivono il redang come “ un manzo cotto alla Sumatra al curry caramellato”. Ma ora faccio solo il condimento e si conserva a lungo in freezer. Source: @dapur_imaimey https://cookpad.com/id/resep/14998567-rendang-ayam?ref=you_tab_saved Modified: Carolina #BumbuRendangStok #PosbarIDAMAN #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadIndonesia #CookpadItalia #IndonesianSpice #Imaimey #Carolina

Rendang Ayam kentang

Rendang Ayam kentang

Menu buka puasa bunda rendang ayam kentang no ribet dan instan. #RamadanPenuhIdeMasakan #FestivalRamadanCookpad

Rendang Tempe

Rendang Tempe

14/11/19 Bismillah... Pertengahan bulan pengen makan rendang tapi budget pas-pasan ? Don't worry,kita buat rendang tempe saja yuuuk,gak kalah enak juga loh dengan yang pakai daging atau ayam,modalnya pun gak lebih dari 15 ribu,sudah bisa untuk 3 porsi,murah meriah kaaan ? Semua bahan-bahannya juga mudah kita dapat di tukang sayur langganan,berikut saya sertakan daftar belanja dan harganya ya : Tempe 5000 Kelapa untuk santan 2000 Cabe merah besar 2000 Bumbu lainnya pakai sedikit seperlunya saja harganya kira-kira gak sampai 6000 Source : Fitri Sasmaya #WeekendChallenge #AbangTukangSayur #MasakModalLimaBelasRibu #BerburuCelemekEmas #Mingguke45 #CookpadCommunity_SumbawaBarat

3 porsi
30 menit
Rendang Ayam

Rendang Ayam

Anak2 makan lahap nambah2.. 6 cup beras ga cukup buat 2x makan 😂😂,sy gunakan cabai keriting dan rawit supaya agak pedas

Rendang Jengkol Pedas Endeuss

Rendang Jengkol Pedas Endeuss

Musim jengkol menyerang 😂 ya udah ikutan masak mr jengki meskipun ga begitu suka,tapi suami doyan banget😁 . . #PejuangGoldenApron2

Rendang Daging Sapi

Rendang Daging Sapi

Masak rendang paling menyenangkan, uleg bumbu nyalakan api tinggal tunggu sampai matang. Saya pake takaran kira2, kali ini berat daging 0.35gr saya potong kecil...mempermudah menyuapi anak 😁

Rendang sapi baby kentang

Rendang sapi baby kentang

#CookpadComunity_Jakarta #PejuangGoldenApron3 #DiRumahAja Minggu ke :26 Ini menu lebaran di rumah aku ya aku masak rendang juga kare ayam ya begini aja udah seneng lah semua ya,soalnya lebaran kali ini memang gak kemana mana,gak pulkam juga hanya bisa vicall sama mamah papah...semoga corona cepat musnah dari muka bumi ini dah kita semua manusia bisa hidup dengan normal lagi #selamat hari raya idul Fitri#mohon maaf lahir dan batin 🙏#

Rendang jengkol

Rendang jengkol

Dari kemarin udah penget banget mau mengeksekusi ini jengki😀gegara liat postingannya #BundaPashalenko yang bikin ngiler..emang rada ribet sih ya mengolah ini jengki mulai dari proses pengupasan perebusan perendaman biar harum semerbaknya jengki gk kebangetan saat buang air kecil😀 Semoga jengki membawa keberuntungan bisa lolos di #AudisiDutaRecook Yuk intip bumbu bumbu apa aja yg aku pake. #DutaRecookPontianak #CookpadCommunity_Pontianak #CookpadCommunity_Borneo #PashalenkoSQUAD

10orang
1jam 30menit
Indomie Goreng Rendang Campur Sambel Ijo

Indomie Goreng Rendang Campur Sambel Ijo

Baca note nya yaaa , di langkah akhir👇 Sarapan mau yg instan, terus punya sambel ijo gak pernah di makan

Rendang ayam

Rendang ayam

Silahkan di coba resepnya bunda 😊

Rendang Daging Kacang Merah

Rendang Daging Kacang Merah

Sudah lama sekali gak masak rendang daging.Kebetulan karena masih ada daging kurbannya,dimasaklah rendang campur kacang merah..Walau buatnya sangat lama dan ribet banyak sekali bumbu2nya..hehehe..tapi hasil akhirnya memuaskan..Dagingnya empuk dan bumbunya meresap..

15 orang
2.5 jam
Rendang Daging

Rendang Daging

Kangen Rendang Ibuk di Rumah

5 Porsi