Debellin Premium Fry pan

Cara Gampang Membuat Opor Ayam Sederhana dan Nikmat yang Lezat

Dipos pada January 23, 2022

Opor Ayam Sederhana dan Nikmat

Penasaran dengan rasa yang diwarung tempo hari, yuk kita berkreasi membuat Opor Ayam Sederhana dan Nikmat yang unik? Cara membuatnya sedikit repot. Harap diperhatikan langkah-langkanya dan waktu pembuatannya agar rasa yang dihasilkan sempurna. Padahal Opor Ayam Sederhana dan Nikmat yang pas akan mengeluarkan aroma dan rasa yang sedap.

Beberapa faktur yang bisa mempengaruhi rasa dari Opor Ayam Sederhana dan Nikmat, seperti takaran, banyaknya bahan, banyaknya bumbu, pemilihan bahan yang baik, hingga cara memasak dan menyajikannya. Lakukanlah hal gampang dalam penyajian Opor Ayam Sederhana dan Nikmat ada baiknya dilakukan ditempat yang bersih dan higienis.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Opor Ayam Sederhana dan Nikmat sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Opor Ayam Sederhana dan Nikmat memakai 17 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Opor Ayam Sederhana dan Nikmat:

  1. 1 Ekor Ayam
  2. Cabe Jablay (10 butir utuh)
  3. Bumbu :
  4. 5 butir Bawang Merah
  5. 7-8 butir Bawang Putih
  6. 4 butir Kemiri
  7. 2 ruas Kunyit
  8. 1 bungkus Ketumbar (secukupnya)
  9. secukupnya Lada
  10. 65 ml Santan (saya menggunakan KARA)
  11. Penyedap Rasa (saya menggunakan Royko)
  12. secukupnya Gula
  13. 3 lembar Salam
  14. 1 batang Sereh
  15. Jahe geprek
  16. Lengkoasa geprek
  17. Minyak untuk menumis

Langkah-langkah untuk membuat Opor Ayam Sederhana dan Nikmat

1
Potong2 ayam menjadi 14 bagian, lalu cuci bersih.
2
Cabe merah, bawang merah, kunyit, kemiri, dan ketumbar di haluskan. (Saya di blender menggunakan air secukupnya).
3
Panaskan minyak, lalu tumis bumbu yg sudah di aluskan tadi, dan bumbu2 yg di geprek seperti lengkoas, jahe, sereh dan salam hingga berbau wangi, masukan ayam yg sudah di cuci bersih, lalu di aduk2 dan masukan caba jablaynya, setelah itu masukan air secukupnya biarkan hingga mendidih. Lalu masukan penyedap rasa, lada dan gula. Aduk2 kembali, lalu masukan santan aduk jangan sampai pecah. Hingga matang.
4
Masakan siap di sajikan. Bisa di nikmati buat anak dan dewasa. Jika ingin pedas... Pencet cabe jablaynya di piring saji.
Opor Ayam Sederhana dan Nikmat - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Opor ayam kampung

Opor ayam kampung

Selama covid19 ini kita diam dirumah saja, jadi kita manpaatkan apa yg kita punya ,kita potong ayam sendiri,bisa djual sebagian gulai ayam kita jual onle.

3 mangkok
1jjam (
Opor Ayam Bumbu Merah

Opor Ayam Bumbu Merah

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Diedit ulang. Siapa yang ngga suka dengan daging ayam??!! Sebagian besar pasti suka dengan olahan daging yang satu ini. Nah termasuk ibu ku dia paling suka dengan opor ayam & selalu masakin buat keluarga nya apalagi kalau ada acara besar dirumah. Buat menu makan siang jadi masak opor ayam tpi aku modif dengan pake cabe merah supaya warnanya nyala krn biasanya ibu ku bikin opor kuning 😊😋😋 Kenapa pake cabe merah??? Dibalik itu masih inget banget lebaran kmren sempet diketawain sama sodara dket yg mungkin dia merasa dia udah paling jago masak (ko masak opor pake cabe merah sambil ketawa ngejek). Tapi dari kekeliruan & bermodalkan tekat (krn wktu itu lagu pulkam kerumah mertua & susah sinyal untuk tlp mamah), barakallah opor nya enak & langsung ludes dalam sehari padahal masaknyaa banyak. Sampe akhirnya sekarang jadi menu andalan dirumah apalagi suami juga suka banget Inilah pencapaian yg luar biasa menurut sy krn dari kejadian itu bikin sy lebih rajin masak & mengasah kemampuan saya. 📆 20 Desember 2019 #SemuaTentangIbu #DagingFavoritIbu #DariPengenJadiBisa #TeamTrees #SatuResepSatuPohon #PejuangGoldenApron2 #BerburuCelemekEmas #CookpadId #CookpadIndonesia #ComBo #CookpadComunity_Bogor

3orang
25menit
Opor Ayam Tahu Telur

Opor Ayam Tahu Telur

Resep ini sering aku buat sewaktu lebaran atau acara selamatan di rumah. Untuk resep yang lumayan banyak bahan rempahnya, aku coba buat versi yang sesimple mungkin untuk dipraktekkan khususnya untuk pemula, tapi pasti enaaak..Agar lebih mudah diingat juga, step2nya aku buat seringkas mungkin..Isinya boleh divariasi sesuai selera yaaa..

4-5 orang
1 jam
Opor (putih) ayam

Opor (putih) ayam

Kurang afdol rasanya kalau lebaran tanpa ada ketupat opor, kali ini aku membuat opor ayam yang cukup banyak kuahnya, tapi tetep endeuz #PejuangGoldenApron2

Opor Ayam

Opor Ayam

Alhamdulillah,,setengah perjalanan sudah Ditantangan #PejuangGoldenApron2 ... meskipun resep-resep yang ditulis masih resep-resep sederhana,semoga kedepannya lebih baik lagi,dan yang paling penting,,,bisa melalui setengah perjalanan yang tersisa,,🥰🥰🥰🥰🥰 #PejuangGoldenApron2 #CookpadCommunityBanjarmasin

4 T (Terik Tahu Tempe Telur)

4 T (Terik Tahu Tempe Telur)

Bikin lauk hantaran untuk mertua. Ibu mertua tak bisa makan yg keras dan pedas, jatuhlah pilihan menu pada TERIK. Terik ini bercitarasa manis gurih. Biasanya dipadukan dengan bubur nasi atau jenang lemu dan gudeg. Supaya lebih segar, kali ini Mbak Bojo menambahkan sedikit tomat dalam bumbu uleg.

5 porsi
30 menit
Opor Ayam

Opor Ayam

Resep ibunda lainnya. Ternyata masak opor semudah ini loh teman-teman!

3-4 porsi
Opor Tahu Telur

Opor Tahu Telur

Lgi pengen opor.. klo inget opor pasti inget keluarga saat lebaran terutama ibu di kampung. Sebagai anak rantau pasti banyak banget yg di kangenin tentang ibu, terutama masakannya. tpi kali ini aku gak pake ayam 😁 jadi pke telur dan tahu ajah.. #PejuangGoldenApron2 #SemuaTentangIbu #SatuResepSatuPohon #WanilahMeolah #Cookpadcommunitybanjarmasin

Lontong opor

Lontong opor

3 porsi
Opor ayam

Opor ayam

Lebaran identik dengan masak daging maupun ayam yaaa. Lebaran pertama masak opor ketupat, ini menu wajib sebagian umat untukss dimakan waktu lebaran bersama keluarga.

7 porsi
30 menit
Opor Ayam Sehat

Opor Ayam Sehat

Jadi gini, saya sedang menerapkan hidup sehat. Opor ini jadi salah Satu alternatif buat belajar hidup sehat dan makan enak. Kelemahan di menu ini masih menggunakan santan. Kalau mau lebih sehat lagi, santan bisa di lewati. #FestivalRamadanCookpad #RamadanPenuhIdeMasakan

12 porsi
Ayam Opor Pedas

Ayam Opor Pedas

Sarapan hari ini #dirumahaja #resepdariibuku #CABEKU

4 porsi
Opor Ayam Putih

Opor Ayam Putih

Lebaran nggak kemana akhirnya masak2 aja deh dirumah

Opor Ayam

Opor Ayam

Habis bikin ketupat lanjut masak opor ayam.. Hmmm..sedaapp. #PejuangGoldenApron3

10 porsi
45 menit
Opor Ayam Bumbu Kuning

Opor Ayam Bumbu Kuning

Belajar bikin opor ayam bumbu kuning dari resep Ibu Julie Kustianingsih. Mudah membuatnya dan cantik warnanya kuning. #AksiDutaRecook #DutaRecookPontianak #Cookpadcommunity_Pontianak

16 potong
50 menit
Opor Ayam Non Lebaran

Opor Ayam Non Lebaran

Jenuh akibat lockdown Corona, akibatnya cari kegiatan masak

4 Porsi
Opor Ayam Eyang Uti

Opor Ayam Eyang Uti

Resep opor ala Ibu Eni, H-8 Lebaran #CookpadCommunity_Bogor #TiketMasukGoldenApron3 #FestivalRamadhanCookpad